Pasar Sore Ramadan, Tempat Wisata Kuliner Di Bulan Ramadan

18:01

Pasar Sore Ramadan, Tempat Wisata Kuliner Di Bulan Ramadan


Tradisi baru yang muncul setiap bulan Ramadan adalah munculnya pasar sore Ramadan. Mungkin di beberapa tempat fenomena ini merupakan tradisi lama. Tapi, di beberapa tempat lainnya bisa jadi merupakan tradisi yang baru di jalankan sejak beberapa tahun yang lalu.

Sekarang pasar sore Ramadan bisa ditemukan di hampir semua tempat. Terutama di pinggir-pinggir jalan utama. Hampir di semua kota ada pasar sore Ramadan. Makanan yang dijajakan pun tak melulu takjil, tapi semakin beragam.

Yang paling menarik dari pasar sore Ramadan adalah munculnya jajanan-jajanan atau takjil khas Ramadan. Jajanan yang hanya bisa kita temui di bulan Ramadan saja. Kolak petulo, misalnya. Jajanan tradisional khas Malang ini hanya bisa kita temui dengan mudah saat bulan Ramadan saja. Selain di bulan Ramadan, akan sangat sulit menemukan kolak petulo.

Pasar sore Ramadan bisa menjadi tempat untuk ngabuburit sambil berwisata kuliner. Mengisi waktu sore, menunggu waktu berbuka dengan berburu takjil dan makanan lainnya tentu sangat menyenangkan.

Selain itu, pasar sore Ramadan bisa menjadi ajang silaturahmi. Karena, kebanyakan warga datang dan berkumpul di pasar sore Ramadan. Saling bertegur sapa dan tak jarang mengobrol, dapat mempererat tali silaturahmi antar warga.

Pasar sore Ramadan pun memudahkan orang-orang yang tidak bisa memasak atau malas memasak. Karena yang ditawarkan para pedagang tak melulu jajanan atau menu takjil saja. Tapi, ada sayur dan lauk pauk. Harga makanan yang ditawarkan pun relatif murah. Jadi, tidak akan menguras kantong.

Keberadaan pasar sore Ramadan tidak hanya memudahkan warga untuk mendapatkan takjil dan menu makanan untuk berbuka. Tapi, juga membuka lahan usaha bagi warga yang mempunyai hobi memasak dan ingin menjual hasil karya mereka. Pedagang di pasar sore Ramadan berjualan tak melulu demi meraup banyak keuntungan lho! Ada yang sekedar menyalurkan hobi, ada pula yang hanya turut berpartisipasi demi meramaikan tradisi tahunan ini.

Bahkan, di beberapa tempat, saat akhir pekan dalam pasar sore Ramadan biasa digelar konser musik gratis. Event seperti ini biasanya digelar untuk menggalang dana untuk amal. Nah, selain berwisata dan bersilaturahmi, kita bisa sekalian beramal ya.


Tempurung kura-kura, 19 Mei 2019.
- shytUrtle -

You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews