Hindari Makanan Pedas Saat Menstruasi

21:01

Hindari Makanan Pedas Saat Menstruasi


Menstruasi adalah siklus bulanan yang dialami kaum wanita. Pada fase menjelang, saat, dan setelah menstruasi ada beberapa gelaja yang biasa dirasakan oleh perempuan.

Gejala paling umum yang sering dialami sebelum menstruasi adalah perubahan emosi yang menjadi tidak stabil. Mudah tersinggung dan mudah marah. Gejala fisik yang dirasakan biasanya nyeri pada pinggang dan sakit kepala.

Pada saat menstruasi, beberapa perempuan mengalami gejala nyeri haid yaitu nyeri pada perut bagian bawah. Dismenore atau nyeri haid adalah gejala paling umum yang sering dialami perempuan. Mulai dari nyeri ringan, sampai nyeri berat yang bisa mengganggu aktivitas sehari-sehari.

Pernah kah Anda mendapat peringatan dari orang tua tentang jangan mengkonsumsi makanan pedas saat menjelang menstruasi atau saat menstruasi? Padahal umumnya perempuan yang sedang dalam fase PMS (Sindrom prahaid atau premenstrual syndrome) sangat gemar makan makanan pedas.

Penyebab nyeri haid adalah terjadinya kontraksi di dalam dinding rahim. Sebenarnya, sepanjang waktu sering terjadi kontraksi pada otot dinding rahim, namun, secara halus hingga tak terasa. Akan tetapi, saat menstruasi, kontraksi terjadi semakin kuat karena adanya peluruhan dinding rahim.

Aktivitas itu menekan pembuluh darah yang berada pada rahim, sehingga aliran darah dan oksigen ke dalam rahim terputus. Karena tidak adanya oksigen, membuat jaringan di dalam rahim melepaskan bahan kimia yang menyebabkan rasa nyeri.

Rasa nyeri bisa semakin menjadi karena tubuh juga mengeluarkan prostaglandin, bahan kimia yang memicu otot rahim untuk terus berkontraksi. Sebagian wanita memproduksi prostaglandin lebih banyak, sehingga merasakan nyeri lebih hebat dibandingkan yang lain.

Lalu, apakah hubungan makanan pedas dengan menstruasi?

Mengkonsumsi makanan pedas dapat memicu terjadinya hot flashes, yaitu penundaan menstruasi. Biasanya gejala disertai dengan munculnya ruam pada kulit dan jerawat. Selain itu, makanan pedas bisa menimbulkan kenaikan kadar asam lambung dan rawan menyebabkan iritasi pada usus halus. Karena itu, kram perut atau nyeri haid semakin menjadi dan menyiksa.

Demi menghindari gejala nyeri haid yang hebat, ada baiknya kita menghindari makanan pedas sebelum dan saat menstruasi. Walau nafsu makan meningkat drastis saat menjelang menstruasi, sebaiknya kita lebih bijak dalam memilih makanan untuk dikonsumsi.

Tempurung kura-kura, 09 Mei 2019.
- shytUrtle -

You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews