Hari Spesial Pada Tanggal 14 Di Korea

02:57

Hari Spesial Pada Tanggal 14 Di Korea



Korea Selatan memang terkenal dengan idola Kpop yang tampan, cantik, dan berbakat. Tapi, tahu kah Anda jika di Korea Selatan juga punya tradisi unik yaitu peringatan tanggal 14 pada setiap bulannya. Apa saja itu? Yuk simak ulasannya!


1. 14 Januari - Diary Day

Pada tanggal 14 Januari, kaum muda di Korea akan saling bertukar diary. Tidak hanya untuk sepasang kekasih, sesama sahabat pun akan melakukan hal yang sama. Tujuannya untuk saling jujur agar mengerti kekurangan satu sama lain. Tidak hanya itu, dalam diary pun dicatat tanggal-tanggal penting dan momen manis yang kemudian bisa untuk dikenang bersama.


2. 14 Februari - Valentine Day

Momen satu ini tentu tak asing ya. Hampir di seluruh dunia tentu juga merayakan Valentine Day. Tidak jauh beda dengan di Indonesia, pada 14 Februari kaum muda Korea Selatan memperingati Valentine Day dengan memberikan hadiah atau cokelat kepada pasangan. Tapi, kebanyakan di sana para gadis yang memberikan hadiah atau cokelat pada kekasihnya. Biasanya cokelat yang akan diberikan kepada kekasihnya adalah buatan si gadis sendiri lho!


3. 14 Maret - White Day

Tanggal 14 Maret di Korea diperingati sebagai White Day. Hari bagi para cowok untuk membalas perhatian cewek mereka. Jika pada tanggal 14 Februari cewek yang memberi hadiah pada cowok, pada tanggal 14 Maret, gantian cowok yang memberi hadiah atau coklat pada cewek. Bisa dibilang, hari kasih sayang di Korea ada dua, yaitu pada 14 Februari dan 14 Maret.


4. 14 April - Black Day

Black Day (Hangul: 블랙데이) atau Hari Hitam adalah hari yang diperingati tanggal 14 April di Korea Selatan oleh pria dan wanita yang tidak punya pacar dan tidak menerima hadiah di Hari Valentine maupun White Day. Boleh dibilang Black Day adalah hari perayaan bagi kaum jomblo. Mereka akan merayakan Black Day dengan berkumpul, mengenakan baju warna hitam, minum kopi hitam, dan makan Jajangmyeon (mie Korea dengan bumbu saus kedelai hitam).


5. 14 Mei - Yellow Day atau Rose Day

Muda-mudi yang mempunyai pasangan akan kompak mengenakan pakaian berwarna kuning dan bertukar bunga mawar. Sedang kaum jomblo akan pergi bersama teman atau sahabat dan makan kari yang berwarna kuning. Harapannya agar kisah cinta mereka jadi lebih berwarna.


6. 14 Juni - Kiss Day

Hari untuk memberikan sebuah ciuman! Biasanya, untuk merayakan Kiss Day, banyak tempat yang menggelar acara unik seperti kissing contest. Kontes ramai diikuti pasangan muda, karena bagi mereka ciuman pada saat Kiss Day adalah ciuman yang spesial dan penuh perasaan.


7. 14 Juli - Silver Day

Kebanyakan orang Korea menunggu Silver Day untuk memberikan perhiasan perak kepada pasangannya. Hal itu untuk menunjukkan keseriusan mereka dalam membina hubungan. Tak jarang pasangan saling bertukar cincin perak, lalu berdiskusi tentang hubungan mereka, bahkan sampai pada rencana pernikahan.


8. 14 Agustus - Green Day

Pada tanggal 14 Agustus, pasangan muda akan memperingati Green Day dengan berkencan di alam terbuka seperti melakukan hiking atau sekedar berjalan-jalan di taman. Biasanya mereka pun akan memakai kostum kompak berwarna hijau. Kaum jomblo biasanya akan merayakannya dengan pesta Soju. Mereka berkumpul dan minum Soju yang dikemas dalam botol berwarna hijau.


9. 14 September - Photo Day

Selain Photo Day, tanggal 14 September juga diperingati sebagai Music Day. Para pasangan akan memotret satu sama lain atau berfoto saat Photo Day. Selanjutnya, mereka menghabiskan waktu di noraebang (tempat karaoke) untuk berkaroke bersama.


10. 14 Oktober - Wine Day

Pasangan akan berkencan dengan melakukan sebuah makan malam yang romantis. Mereka akan memesan wine dan minum bersama. Cuaca mulai dingin pada bulan Oktober di Korea, minum wine adalah hal yang sangat pas untuk dilakukan. Para jomblo juga melakukan tradisi minum wine ini lho!


11. 14 November - Movie Day

14 November juga diperingati sebagai Orange Day. Biasanya pasangan akan mengenakan pakaian berwarna oranye kemudian nonton bersama di bioskop atu sekedar menyewa DVD dan nonton bersama. Selain pakaian berwarna oranye, cemilan yang wajib dibawa saat nonton barenga adalah buah jeruk. Warna oranye merupakan penegasan dari rasa cinta setiap pasangan.


12. 14 Desember - Hug Day

Perayaan pada 14 Desember ini nggak berlaku untuk pasangan kekasih saja lho! Siapapun boleh berpartisipasi. Sahabat, teman, dan keluarga saling memberikan pelukan sebagai wujud rasa syukur karena ada orang-orang yang menyayangi. Bahkan, orang asing pun akan mendapatkan free hug lho! Sebagai wujud dari rasa cinta kasih kepada sesama manusia.


Menyenangkan ya. Setiap tanggal 14 ada perayaan khusus di Korea. Bukan hanya bagi pasangan, tapi juga untuk kaum jomblo. Semua berbagi kebahagiaan pada setiap tanggal 14.


Tempurung kura-kura, 14 Mei 2019.
- shytUrtle -

You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews