4 Cara Sederhana Untuk Mengatasi Migrain

04:04

4 Cara Sederhana Untuk Mengatasi Migrain



Migrain merupakan salah satu dari beberapa jenis sakit kepala yang sering tiba-tiba datang menyerang dan mengganggu aktivitas kita. Rasa sakit yang ditimbulkan melebihi rasa sakit kepala biasa, yang tentu saja dapat menghambat, bahkan membuat aktivitas kita benar-benar harus dihentikan.

Migrain adalah sakit kepala yang bisa tiba-tiba muncul akibat dari adanya perubahan aktivitas pada otak yang menyebabkan timbulnya rasa sakit di kepala dengan sensasi berdenyut yang teramat sangat menyakitkan.

Migrain sering kali diikuti dengan gejala lain seperti mual, muntah, nyeri di bagian belakang mata,  dan rasa nyeri atau sakit pada satu sisi kepala saja. Sensitivitas tubuh terhadap cahaya, suara, dan bau meningkat.

Migrain berbeda dengan sakit kepala sebelah (cluster headache). Migrain sering diikuti rasa nyeri yang teramat sangat hingga membuat penderitanya tak berdaya. Rasa sakitnya berdenyut sering atau berupa rasa sakit ekstrem seperti dihantam oleh benda keras. Migrain memang sering terjadi di satu sisi kepala, namun sensasi sakitnya melebihi sakit kepala sebelah.

Sedang sakit kepala sebelah atau cluster headache adalah jenis sakit kepala yang ditandai dengan rasa nyeri yang tiba-tiba muncul di belakang mata atau area sekitar mata, namun hanya di salah satu sisi kepala. Rasa nyeri bisa bertahan setidaknya 15 menit hingga tiga jam. Berbeda dengan migrain yang bisa bertahan lebih dari tiga jam.

Penyebab migrain bermacam-macam. Ada karena faktor turunan atau genetik, karena makan makanan dan minuman tertentu (makanan mengandung MSG dan minuman yang mengandung kafein), menstruasi, dan stres.

Cara paling sederhana untuk mencegah migrain tentu saja dengan menghindari pantangan. Namun, tentu saja hal itu tidak mudah. Terlebih bagi wanita yang setiap bulan akan mengalami fase menstruasi. Berikut adalah cara-cara sederhana untuk mengatasi migrain.


1. Minum air putih

Dehidrasi atau kurangnya cairan dalam tubuh dapat menyebabkan sakit kepala. Karenanya, penuhi kebutuhan tubuh dengan cukup mengkonsumsi air putih. Idealnya tubuh membutuhkan 2 liter air putih per hari.


2. Hindari tempat bercahaya terang

Jika migrain menyerang, salah satu cara terbaik untuk meredakannya adalah beristirahat di tempat yang gelap dan tenang. Dengan berada di tempat gelap dan tenang, sensasi menyiksa dari migrain akan berkurang.


3. Pijat

Lakukan pijatan pada kening bagian tengah (antara kedua alis) dan kepala bagian belakang (dua titik antara kepala dan leher yang dekat dengan telinga). Bisa juga dengan melakukan pemijatan pada kedua pelipis.


4. Minum herbal tea jahe

Jahe adalah rempah alami yang banyak digunakan untuk pengobatan secara herbal. Salah satunya untuk pengobatan migrain. Minum teh jahe hangat dicampur madu dapat mengurangi gelaja migrain.


Apabila empat cara tersebut di atas tidak dapat mengatasi gejala migrain yang menyerang, ada baiknya segera minum obat. Paracetamol adalah salah satu obat yang paling sering digunakan untuk mengobati migrain.

Rutin berolah raga dan makan makanan tinggi magnesium dapat menjadi salah satu cara pencegahan terjadinya migrain.

Tempurung kura-kura, 12 Mei 2019.
- shytUrtle -

You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews