7 Kue Khas Lebaran Favorit Sejuta Umat

19:04

7 Kue Khas Lebaran Favorit Sejuta Umat


Lebaran sebentar lagi. Datangnya lebaran sudah tinggal menghitung hari saja. Sudah pasti umat Islam yang akan merayakannya mulai bersiap-siap. Selain membersihkan rumah dan membeli baju baru, persiapan yang tak kalah penting adalah menyiapkan kue untuk sajian lebaran.

Saat lebaran, umat Islam akan saling berkunjung ke rumah sanak saudara dan tetangga untuk bermaaf-maafan. Karena itu, rumah-rumah selalu menyediakan kue untuk menyambut para tamu. Kue yang disajikan pun beragam. Umumnya yang disajikan adalah kue kering, baik tradisional atau pun modern.

Berikut adalah kue khas lebaran yang menjadi pilihan favorit kebanyakan orang pada umumnya.


1. Nastar

Kue Nastar khas dengan bentuknya yang bulat, mengkilat pada bagian atas, dan dihiasi biji cengkeh. Rasanya manis dan gurih dengan bagian dalam berisi selai nanas. Belakangan kue Nastar dijual dengan berbagai bentuk. Tidak hanya bentuk bulat bak buah apel saja. Namun, banyak bentuk-bentuk unik dan lucu demi menarik minat pembeli.


2. Kastengel


 Kue yang cocok bagi penggemar rasa asin dan gurih. Kue Kastengel umumnya berbentuk persegi panjang dengan taburan keju di atasnya. Rasanya asin dan gurih. Walau kue Kastengel menjadi kue khas lebaran, kue kering ini sebenarnya berasal dari Belanda lho! Nama Kastengel berasal dari Bahasa Belanda yaitu Kaas yang berarti keju dan Stengels yang berarti batang. Kue ini diperkenalkan di Indonesia ketika Belanda menjajah Indonesia.


3. Kue Kacang


Sesuai namanya, Kue Kacang adalah kue yang dibuat dengan bahan dasar kacang. Kue ini memiliki rasa manis dan gurih dari biji kacang. Bentuknya pun beragam walau umumnya dibuat dengan bentuk hati.


4. Kacang Bawang


Cemilan yang dibuat dari kacang yang digoreng, ditaburi garam dan bawang goreng ini pun menjadi salah satu sajian khas lebaran. Rasanya asin dan gurih, dan digemari oleh sebagian besar masyarakat kita. Karenanya, Kacang Bawang termasuk menjadi sajian yang hampir selalu ada di semua rumah saat lebaran.


5. Rengginang


Rengginang adalah krupuk berbentuk bulat tebal yang terbuat dari ketan. Rasanya gurih. Cemilan tradisional ini pun menjadi salah satu sajian khas lebaran. Yang menjadi favorit kebanyakan orang adalah Rengginang Lorjuk. Krupuk Rengginang dengan taburan ikan Lorjuk yang semakin menambah rasa gurih.


6. Untuk Yuyu


Kue Untuk Yuyu terdiri dari dua rasa yaitu manis dan asin. Bentuknya hampir menyerupai Petulo atau Putu Mayang. Bedanya, Kue Untuk Yuyu terbuat dari tepung terigu dan digoreng. Kue Untuk Yuyu pun menjadi salah satu sajian favorit saat lebaran.


7. Tape Ketan Hitam dan Tetel

7. Tape Ketan Hitam dan Tetel

Walau bukan termasuk kue kering, di beberapa daerah Tape Ketan Hitam dan Tetel merupakan sajian khas lebaran yang disukai banyak orang. Sajian tradisional ini memadukan rasa asam dan manis dari Tape Ketan Hitam dan rasa gurih dari Tetel. Bahan dasar sajian ini adalah ketan hitam dan ketan putih. Di pulau Jawa, Tetel dikenal dengan nama Jadah.


Kue-kue tersebut di atas adalah kue-kue yang disajikan hampir di seluruh rumah-rumah saat lebaran. Nah, kue apa yang menjadi favorit Anda saat lebaran? Pasti sudah tidak sabar untuk menikmati kue-kue khas lebaran favorit ya.


Tempurung kura-kura, 20 Mei 2019.
- shytUrtle -


You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews