[190523] Ngabuburit Di Pasar Sore Ramadan

03:56

[190523] Ngabuburit Di Pasar Sore Ramadan




Happy 23!
Happy World Turtle Day!
Selamat Hari Kura-kura Sedunia!

Yey! Berasa spesial day banget deh! Kekeke. Today everything is good! Alhamdulillah.

Entah kenapa sore ini niat banget buat keluar dari dalam tempurung kura-kura. Padahal ini kepala sakit dari siang tadi. Lha, katanya everything is good! Tapiii kok pusing? Sebenernya sedikit suteresu sih. Agak stres. Tapi, yo wes ben. Jalani bae.

Nah, kan, nah kan. Kalau nongol ke permukaan, keluar di siang bolong dari dalam tempurung kura-kura. Eh, sore ding! Pokoknya keluar di hari terang dah. Kekeke. Pasti ditanyain, Tumben keluar? Heuheuheu. Segitu parahnya kah diriku? Nggak pernah keluar? Hiks!

Kalau udah niat nggak boleh ditunda. Harus dituruti. Siapa tahu pusingnya ilang ya, kan. Bismillah. Berangkat! Jalan kaki, ngabuburit ke pasar sore Ramadan.

Sebenernya pasar sore Ramadan udah bukan hal asing ya di beberapa daerah. Cuman di kampung saya baru berjalan beberapa tahun terakhir. Tiga atau empat tahun lah. Dan, selama itu, seingat saya hanya dua kali saya main ke pasar Ramadan. Parah banget ya? Padahal tinggal jalan kaki doang. Kalah sama si bininya Daneil. Di belain naik motor, sering main ke pasar sore Ramadan di kampung saya. Daebak bener bininya Daniel. Hehehe.

Pertama ngabuburit di pasar sore Ramadan, lupa tepatnya pas tahun berapa. Pokoknya waktu itu pasar Ramadan belum menjamur. Jadi, masih terpusat di kampung kami doang. Jadi, bisa ditebak gimana ramenya. Sampai macet! Pasar sore emang digelar di tepi jalan utama di kampung kami. Waktu itu penjual dan pembeli masih banyak-banyaknya. Pengunjung dari kampung dan desa lain tumpek blek. Jadi rame banget.

Kalau sekarang, pasar Ramadan dah bejibun. Hampir di semua tempat ada. Jadi, di kampung kami penjual dan pengunjung berkurang tahun ini. Tapi, tetep menarik buat dikunjungi saat ngabuburit.

Maaf karena fotonya tidak terlalu bagus dan nggak ada foto makanan yang dijajakan. Sungkan kalau mau mampir buat foto-foto doang. Hehehe. Dan, yang ambil foto bukan saya. Minta bantuan Peri Kecil. Emak Kura malu buat maju foto-foto sendiri. Kekeke.




Pasar sore tempat yang cocok buat ngabuburit. Jalan-jalan, liat jajaran kue-kue, es-es, gorengan, dan masakan. Lelah setelah seharian bekerja bisa di refresh dengan hanya liat pemandangan jajaran makanan. Bukan hanya itu, bisa ketemu sama tetangga, teman, saudara di pasar sore Ramadan. Saling bertegur sapa, bertukar senyum, ngobrol sejenak. Jadilah silaturahmi terjaga. Dapat pahala, iya. Asal jangan nggosip ya. Malah ngrusak ibadah seharian kalau itu mah. Hehehe.

Surga bagi orang yang nggak bisa atau males masak macem saya. Selain makanan ringan, jajanan, dan es. Beberapa penjual menawarkan masakan dan lauk pauk. Kaum nggak bisa masak atau males masak kayak saya nggak perlu takut kelaparan pas buka. Nanak nasi di rumah, tinggal ngabuburit ke pasar sore Ramadan, pilih masakan dan lauk yang disuka, beli. Udah deh! Pulang bawa masakan dan lauk pauk buat berbuka.

Benar-benar membantu banget kan buat kaum single nggak bisa masak atau males masak macem saya. Eh! Ini apaan dah. Kekeke. Tapi, beneran kan? Ibu-ibu dan mbak-mbak yang dagang bantuin kaum kayak kami.

Harganya pun murah meriah. Ramah kantong. Mulai harga Rp. 5.000,- udah bisa dapat masakan favorit. Harga lauk pun murah meriah. Mulai dari Rp. 5.00,- aja. Nggak perlu takut kantong jebol.

Mau cari takjil? Pasar sore Ramadan surganya. Mulai dari makanan tradisional sampai modern ada. Saya tadi nemu ini. Sawut. Jajanan tradisional yang terbuat dari singkong, gula jawa, dan parutan kelapa. Satu mika Rp. 2.000,- doang. Murah kan?


Ada donat pupur juga. Ini jajanan tradisional semi modern yak. Kekeke.


Jajanan jalanan modern macem burger dan hot dog juga ada.


Untuk takjil, deretan es berbagai macam tersedia. Tinggal pilih maunya apa. Selain itu ada sate tahu, sate cilok, sate pentol, salad buah, dan berbagai macam jajanan lainnya. Tinggal pilih. Maaf banget nggak ada foto. Sungkan lah kalau mampir cuman buat foto doang, kan?

Gorengan tradisional macam weci/bakwan, menjes, tahu brontak juga ada. Pengen bakso? Ada. Pokoknya surganya makanan deh. Paling seneng tuh liat warna-warni dari berbagai macam es. Bikin ngiler. Tapi, sayang saya nggak begitu suka es dan belum berani takjil pakek es sih. Hehehe. Itu burger di atas Peri Kecil yang minta, bukan saya. Saya udah happy nemu sawut. Hehehe.

Jalan-jalan sore yang menyenangkan. Apa kabar pusingnya? Alhamdulillah berkurang. Maybe tadi stres dikerjaan dan butuh udara segar ya. Jadi, pas dibawa keluar, jalan-jalan berkurang deh sakitnya. Sehat karena jalan kaki dan happy karena bisa cuci mata sore-sore. Kekeke.

Semoga tradisi pasar sore Ramadan bisa tetep ada untuk tahun-tahun berikutnya. Agar kaum nggak bisa atau males masak kayak saya tertolong. Aamiin...

Selamat Hari Kura-kura Sedunia ya Kurayui, Noli, dan Amber.

Selamat tanggal 23 untuk geng Reed 23!

Semoga semua makhluk berbahagia dan dilimpahi berkah kesehatan. Aamiin.


Tempurung kura-kura, 23 Mei 2019.
- shytUrtle -

You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews