3 Manfaat Rendam Kaki Dengan Air Es

06:32

3 Manfaat Rendam Kaki Dengan Air Es


Air es sering menjadi pilihan untuk melepas dahaga. Selain untuk diminum, air es atau air dingin bisa dijadikan terapi untuk menyembuhkan beberapa gangguan kesehatan. Air es terbukti mampu menyembuhkan beberapa keluhan yang sering kita alami.

Terapi ini cukup mudah untuk dilakukan setiap hari. Bahannya pun gampang untuk didapatkan. Bahan yang kita butuhkan hanya es batu dan air atau air yang sudah didinginkan di dalam lemari es.

Caranya, masukan potongan es batu ke dalam ember berisi air. Biarkan es mencair, lalu rendam kaki. Atau tuang air yang sudah didinginkan di dalam lemari es secukupnya ke dalam ember, lalu rendam kaki.

Berikut tiga manfaat merendam kaki dengan air es.


1. Terapi untuk sakit kepala

Salah satu cara untuk mengatasi sakit kepala adalah menempelkan es batu pada tengkuk dan leher. Tapi, jika cara tersebut tidak bisa mengatasi sakit kepala yang kita alami, coba rendam kaki dalam air es selama 10 menit. Merendam kaki dalam air es/air dingin dipercaya dapat merubah peredaran darah ke otak hingga bisa meredakan sakit kepala.


2. Terapi untuk nyeri otot

Jika kita mengalami kaki pegal/ngilu usai seharian beraktivitas, rendam kaki dalam air es selama 5 menit. Pada terapi awal kaki yang ngilu akan terasa semakin ngilu, tetapi keesokan harinya rasa ngilu pada kaki akibat nyeri otot akan hilang. Bisa juga diterapkan untuk bagian tubuh yang lain yang mengalami nyeri otot. Jika bagian tubuh yang nyeri tidak bisa direndam dalam air dingin, maka bungkus es dalam handuk atau sapu tangan untuk mengompres bagian tubuh yang mengalami nyeri otot.


3. Terapi untuk rileksasi

Merendam kaki dengan air es bisa memberikan efek rileks pada otot tubuh. Sensasi dinginnya pun bisa mengembalikan kosentrasi kita usai kelelahan karena padatnya aktivitas yang kita lakukan selama seharian. Jika kondisi tubuh terjaga, kita pun akan terbebas dari stres yang merupakan pemicu utama timbulnya penyakit.


Siap mencoba terapi sederhana namun memiliki banyak manfaat ini? Terapkan dan nikmati hasilnya. Selamat mencoba!


Tempurung kura-kura, 15 Mei 2019.
- shytUrtle -

You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews