3 Cara Sederhana Meredakan Rasa Sakit Saat Menelan

06:06

3 Cara Sederhana Meredakan Rasa Sakit Saat Menelan


Rasa sakit saat menelan adalah salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami siapa saja tanpa pandang usia. Penyebabnya pun beragam. Penyebab paling umum adalah adanya radang atau infeksi pada tenggorokan.

Beberapa penyakit sering disebut sebagai penyebab rasa sakit saat menelan yaitu batuk dan pilek, amandel, flu, luka pada kerongkongan, infeksi atau radang pada tenggorokan, asam lambung naik ke kerongkongan.

Sakit saat menelan sering kali membuat aktivitas kita terganggu. Terkadang kita sampai memutuskan untuk minum obat antibiotik saja agar rasa sakit segera hilang. Sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi antibiotik, ada baiknya Anda coba cara sederhana berikut ini untuk meredakan sakit saat menelan.


1. Perbanyak minum air putih

Kurang minum atau kurang cairan dalam tubuh dapat memicu sakit tenggorokan atau sakit saat menelan. Saat tubuh kita kurang cairan, produksi air liur dan lendir pun menurun. Hal itu menyebabkan kondisi kelembaban pada tenggorokan berkurang hingga memicu rasa sakit saat menelan.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh agar kelembaban pada tenggorokan terjaga. Jika selaput lendir tetap terjaga kelembabannya, ia akan bekerja lebih baik dalam melawan bakteri penyebab radang tenggorokan. Sistem kekebalan tubuh pun akan meningkat untuk memerangi penyakit seperti flu, batuk, dan pilek. Air putih adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.


2. Kumur dengan air garam

Larutkan garam secukupnya pada air hangat, lalu gunakan untuk berkumur. Berkumur air garam hangat dapat meredakan sakit tenggorokan atau rasa sakit saat menelan. Bahkan, beberapa orang sengaja menelan air garam hangat untuk meredakan sakit tenggorokan.


3. Minum teh herbal jahe dan perasan air lemon/jeruk nipis

Rebus satu ruas jahe geprek, saring. Selagi hangat, tambahkan madu dan air perasan lemon/jeruk nipis. Minum pelan-pelan. Lemon memiliki kandungan senyawa yang mampu membantu proses pengempisan pembengkakan pada tenggorokan. Rasa asamnya akan membunuh bakteri dan virus yang menyebabkan terjadinya infeksi.

Hindari minum es dan makan makanan pedas selama proses penyembuhan. Konsumsi makanan dan minuman hangat untuk membantu proses penyembuhan.


Jika tiga cara tersebut di atas tidak dapat meredakan sakit tenggorokan atau sakit saat menelan yang Anda alami, ada baiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan diagnosa dan pengobatan yang tepat.


Tempurung kura-kura, 16 Mei 2019.
- shytUrtle -



You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews