4 Makanan Yang Hanya Dijumpai Saat Ramadan

06:39

4 Makanan Yang Hanya Dijumpai Saat Ramadan


Bulan yang hanya hadir satu kali dalam setahun ini selalu dinanti-nantikan oleh umat islam. Bukan hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia. Bulan Ramadan memiliki banyak tradisi khas yang hanya bisa dijumpai di bulan suci ini, seperti sholat tarawih dan tadarus.

Selain memiliki tradisi khas saat bulan suci tiba, ada beberapa jenis makanan yang bisa kita temui hanya di bulan Ramadan saja. Berikut adalah empat makanan yang bisa kita jumpai di bulan Ramadan.


1. Petulo



Petulo adalah jajanan tradisional khas kota Malang. Bentuknya hampir sama dengan putu mayang. Tapi, bahan dasar petulo adalah tepung beras. Petulo biasa disantap dengan kuah santan. Kuah santan yang digunakan sama dengan kuah kolak yang berbahan santan, gula Jawa atau gula aren, dan garam yang direbus dengan sehelai daun pandan.


2. Kurma


Saat ini kurma memang banyak di jual bebas. Di kota-kota besar, kita bisa mendapatkannya dengan mudah. Akan tetapi, pada hari-hari biasa buah yang termasuk sunnah Nabi sebagai takjil ini sulit ditemui. Berbeda jika bulan Ramadan tiba. Kita akan dengan mudah mendapatkan buah kurma karena banyaknya pedagang musiman yang muncul menjajakan buah kurma.


3. Kolang-kaling

Kolang kaling adalah camilan yang terbuat dari buah pohon aren. Bentuknya lonjong, berwarna putih transparan, dan teksturnya kenyal. Pada hari-hari biasa akan sangat sulit menemukan kolang kaling. Akan tetapi saat bulan Ramadan, ketersediaan kolang kaling sangat melimpah. Terutama pada pasar-pasar tradisional. Umumnya kolang kaling disajikan sebagai takjil dengan dicampur pada es/sop buah atau sebagai pelengkap sajian sirup dingin.


4. Timun suri atau timun mas


Timun suri atau timun mas adalah buah yang termasuk dalam suku labu-labuan. Walau dijual secara musiman, timun suri sebenarnya bukanlah buah musiman. Timun suri bisa ditanam dan berbuah kapan saja. Tetapi, timun suri akan banyak di jual pada saat bulan Ramadan saja. Karena alasan itu lah timun suri disebut sebagai buah musiman yang hanya bisa kita jumpai saat bulan Ramadan tiba atau buah khas Ramadan. Pada bulan selain Ramadan, timun suri tetap bisa berbuah. Hanya saja sangat sulit bagi kita untuk menemukan penjualnya. Berbeda dengan ketika bulan Ramadan tiba. Banyak pedagang buah yang menjajakan timun suri sebagai buah yang cocok dijadikan menu buka puasa.


Makanan-makanan tersebut di atas pasti akan sering menemani kita saat bulan Ramadan tiba. Dan, akan sangat kita rindukan saat Ramadan berlalu. Makanan mana yang menjadi makanan favorit Anda?


Tempurung kura-kura, 17 Mei 2019.
- shytUrtle -


You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews