Review Drama Korea Hotel Del Luna (2019)

07:59

Hotel Del Luna




From AsianWiki

Profile

Drama: Hotel Del Luna
Revised romanization: Hotel Delluna
Hangul: 호텔 델루나
Director: Oh Choong-Hwan
Writer: Hong Jung-Eun, Hong Mi-Ran
Network: tvN
Episodes: 16
Release Date: July 13 - September 1, 2019
Runtime: Sat. & Sun. 21:00
Language: Korean
Country: South Korea

Plot Synopsis by AsianWiki Staff ©

Jang Man-Wol (IU) is the CEO of Hotel del Luna. The hotel is situated in downtown in Seoul and has a very old appearance. She made a big error many years ago and, because of this, she has been stuck at Hotel del Luna. She is beautiful, but she is fickle, suspicious and greedy.

Koo Chan-Sung (Yeo Jin-Goo) worked as the youngest assistant manager ever at a multinational hotel corporation. He is a sincere perfectionist. He looks level-headed, but he actually has a soft disposition. Due to an unexpected case, he begins to work as a manager at Hotel del Luna. The hotel's clientele consists of ghosts.

Notes

1. "Hotel Del Luna" takes over the tvN Sat. & Sun. 21:00 time slot previously occupied by "Arthdal Chronicles" and followed by "Arthdal Chronicles" on September 7, 2019.
2. First still images of Yeo Jin-Goo and IU in tvN drama series "Hotel Del Luna."
3. Group poster for tvN drama series “Hotel Del Luna."
4. Lee Joon-Gi to make cameo appearance in tvN drama series “Hotel Del Luna.”

Cast

. IU as Jang Man-Wol
. Yeo Jin-Goo as Koo Chan-Sung
. Cho Hyun-Chul as Sanchez
. Park Yoo-Na as Lee Mi-Ra
. Shin Jung-Keun as Kim Sun-Bi
. Bae Hae-Sun as Choi Seo-Hee
. P.O as Ji Hyun-Joong
. Kang Mi-Na as Kim Yoo-Na
. Jeong Dong-Hwan as No Joon-Seok
. Seo Yi-Sook as God Mago
. Kang Hong-Suk as Death Angel
. Lee Do-Hyun as Ko Choeng-Myung
. Lee Tae-Sun as Yeon-Woo

Additional Cast Members:

Lee Su-A - Yoon-Seo
Jo Hyun-Sik - #404 human customer
Kim Won-Hae - corrupt mayor (ep.1)
Park Ga-Ram - Jung Soo-Jung (ep.3)


Jang Man-Wol (IU) adalah CEO Hotel del Luna. Hotel ini terletak di pusat kota Seoul dan memiliki penampilan yang sangat tua. Dia membuat kesalahan besar bertahun-tahun yang lalu dan, karena ini, dia terjebak di Hotel del Luna. Dia cantik, tapi dia berubah-ubah, curiga dan serakah.

Koo Chan-Sung (Yeo Jin-Goo) bekerja sebagai asisten manajer termuda yang pernah ada di sebuah perusahaan perhotelan multinasional. Dia adalah perfeksionis yang tulus. Dia terlihat berkepala dingin, tetapi sebenarnya dia memiliki kecenderungan yang lembut. Karena kasus yang tidak terduga, ia mulai bekerja sebagai manajer di Hotel del Luna. Pelanggan hotel terdiri dari hantu.




Akhirnya drama ini nyampek ending juga. Hiks! Seneng akhirnya masa penyiksaan selesai sudah. Kekeke.

Kenapa masa penyiksaan? Karena nonton drama ini saat masih tayang di Korea alias ongoing. Jadi, setelah tayang pasti dibikin penasaran ama gimana cerita di episode selanjutnya.

Awalnya saya tidak berniat nonton Hotel Del Luna walau promosi dramanya berseliweran di timeline Facebook dan Twitter. Resiko nonton drama ongoing selain kuras kuota, rasa penasarannya yang bikin nggak nyaman. Bahkan, ketika sudah tayang saya pun belum berniat nonton.

Sampai ketika saya chat sama Kookie Noona, dia bilang kalau Hotel Del Luna kayak Goblin tapi versi cewek. Kebetulan saya sama Kookie Noona juga ada niat nulis fan fiction yang terinspirasi dari Goblin. Makhluk abadinya si cewek. Begitu Hotel Del Luna tayang, kaget lah saya. Ternyata dasar idenya sama; makhluk abadinya cewek.

Saya jadi penasaran dan akhirnya nonton. Alhamdulillah ada bahan riset. Waktu itu saya lagi ada niatan nonton Mama Fairy and The Woodcutter juga sebagai riset untuk proyek fan fiction kami. Jadilah saya nonton Hotel Del Luna dan... tertarik untuk lanjut nonton. Ngikutin deh itu drama ongoing. Siapin kuota, siapin mental juga. Kekeke.

Sekarang saya mau berbagi kesan saya setelah menonton Hotel Del Luna dari episode 1-16. Mari kita sharing!




Hotel Del Luna berkisah tentang sebuah hotel yang diperuntukan bagi para hantu atau arwah yang hendak menyeberang ke alam baka. Hotel tersebut menyediakan berbagai fasilitas untuk hantu atau arwah yang hendak menyeberang. Misalnya fasilitas yang tidak pernah diterima hantu/arwah semasa mereka hidup.

Pemilik Hotel Del Luna seorang wanita cantik bernama Jang Man Wol (IU). Jang Sajang ini penampilannya selalu membuat mulut saya ternganga. Pakaiannya bagus-bagus, mewah, elegan. Top banget dah! Nggak pernah kusut.




Man Wol itu orangnya rada serakah. Gila uang lah. Maklum doi demen hidup bermewah-mewahan. Super kaya deh pokoknya.

Suatu malam ada arwah orang koma yang masuk ke Hotel Del Luna dan hendak mencuri. Man Wol menangkap arwah itu. Sebagai ganti dari perbuatan curang arwah itu, Man Wol meminta kelak anak semata wayangnya pria itu harus mengabdi pada Man Wol. Si pria pun dibebaskan dan diberi banyak uang untuk membesarkan putra semata wayangnya.

Waktu pun berlalu dan si anak tumbuh menjadi pemuda yang pintar. Lulusan Harvard dan bekerja sebagai manajer hotel. Pemuda itu bernama Koo Chan Sung (Yeo Jin Go).




Merasa sudah dewasa dan aman, Chan Sung yang sebelumnya tinggal di luar negeri pun kembali ke Korea. Ia pun mulai mengalami kejadian aneh ketika kembali ke Korea. Terlebih ketika akhirnya ia bertemu Jang Man Wol. Chan Sung jadi bisa melihat hantu.

Dalam mengelola Hotel Del Luna, Man Wol dibantu oleh Manajer No (Jeong Dong Hwan) yang seorang manusia. Manajer No sudah tua dan sakit-sakitan. Karenanya, Man Wol hendak menagih janji dan menjadikan Chan Sung sebagai manajer baru di Hotel Del Luna. Karena itu, ia membuat Chan Sung bisa melihat hantu.

Man Wol juga dibantu oleh tiga hantu yang memilih tinggal di Hotel Del Luna karena urusan mereka yang belum selesai.

Kim Seonbae (Shin Jung-Keun) seorang cendekiawan era Joseon yang sudah tinggal selama 500 tahun di Hotel Del Luna. Ia adalah seorang bartender di Hotel Del Luna.



Gaeksilljang Choi Seo-Hee (Bae Hae-Sun) yang sudah tinggal selama 200 tahun di Hotel Del Luna. Beliau ini semacam kepala pelayan di hotel. Tinggal karena dendam kesumat pada keluarga suaminya. Ia akan pergi setelah keturunan terakhir dari keluarga suaminya mati.



Ji Hyun-Joong (P.O) resepsionis tampan yang sudah tinggal selama 70 tahun di Hotel Del Luna. Ia sengaja tinggal demi menunggu adiknya yang masih hidup.


Awalnya Chan Sung menolak, tapi akhirnya ia luluh juga dan mau bekerja sebagai manajer di Hotel Del Luna. Chan Sung mulai mengenal Man Wol, Kim Seonbae, Gaeksilljang, dan Hyun Joong. Juga mulai terbiasa berurusan dengan hantu.

Oya, ada satu tokoh yang unik. Unik menurut saya karena sebenarnya dia hantu yang tinggal di dalam tubuh seorang gadis bernama Kim Yoo Na. Tokoh ini diperankan oleh Kang Mina Gugudan. Baru kali ini nemu hantu bisa tinggal lama di tubuh seseorang. Hehehe. Makanya saya bilang unik.



Bekerja di Hotel Del Luna dan mengenal Man Wol lebih jauh, Chan Sung mulai bisa melihat masa lalu Man Wol lewat mimpi-mimpinya. Masa lalu Man Wol yang mengerikan dan penuh amarah dan dendam. Dendam yang terus Man Wol bawa bahkan setelah ia hidup abadi selama 1000 tahun di dunia.

Yap! Man Wol terjebak di antara alam manusia dan alam arwah. Dia terikat dengan pohon bulan yang tumbuh di Hotel Del Luna. Ia tidak bisa lari, karena kemanapun ia pergi. Pohon itu akan pergi bersamanya.

Masa lalu Man Wol mulai terungkap. Chan Sung dan Man Wol yang dekat pun mulai tertarik satu sama lain. Benih cinta mulai tumbuh di hati masing-masing. Perlahan Chan Sung mulai merubah Man Wol menjadi manusia yang lebih baik.




Fantasi berbumbu romansa. Man Wol dan Chan Sung saling jatuh hati. Saling membutuhkan, saling menggantungkan. Saling melindungi. Tapi, lagi-lagi saya terkena SLS alias Second Lead Syndrome. Eh? Apa bisa disebut second lead ya? Intinya saya lebih baper ke kisah kasih Man Wol di masa lalu, daripada di masa depan.

Di masa lalu Man Wol jatuh hati pada panglima bernama Ko Choeng-Myung (Lee Do Hyun). Namun, mereka nggak bisa bersatu. Komplotan Man Wol berakhir mati di tangan Choeng Myung, dan Choeng Myung berakhir mati di tangan Man Wol.



Suer itu panglima bikin baper. Saya sempat menduga-duga apakah si kunang-kunang yang tinggal di Hotel Del Luna adalah si panglima—yang awalnya saya sebut hwarang. Soalnya pas hotelnya dipindahin ama Man Wol, itu kunang-kunang berubah jadi siluet kayak si panglima. Makin menjelang ending ternyata beneran itu dia. Cinta saya tidak berubah ternyata. Eh? Kekeke.




Yang unik itu ketika Mago menyatukan dua musuh di masa lalu menjadi sepasang kekasih di masa sekarang. Yaitu reinkarnasi putri dan Yeon Woo (Lee Tae Sun). Putri menjadi Lee Mi Ra (Park Yoo Na) yang ngakunya mantan si Chan Sung. Saking emosinya, Man Wol pernah jeburin Mi Ra ke laut.



Di masa sekarang, reinkarnasi Yeon Woo menjadi seorang polisi. Ia akhirnya pacaran, bahkan berencana nikah ama Mi Ra. Mereka sering cek-cok, tapi saling mencintai. Unik deh kopel satu ini.



Dewa Mago (Seo Yi Sook) yang mukanya sama, tapi penampilan beda-beda. Ada yang penampilannya kayak nenek-nenek demen nenteng anting kayu berisi bunga lily putih. Ada yang nyentrik dengan kostum pink dan rambut pirang. Ada yang sederhana, dan ada yang sangar dengan pakaian serba hitam. Bahkan, ada yang penampilannya bak pengemis.



Malaikat Maut dengan ciri khasnya yang berpakaian serba hitam. Kadang sok cool, tapi kadang iseng juga.



Seribu tahun bersama, Man Wol dan makhluk-makhluk astral yang tinggal bersamanya di hotel pun layaknya keluarga. Saya nangis pas adegan perpisahan ama Hyun Joong. Entah kenapa nyesek banget. Juga pas adegan perpisahan ama Gaeksilljang.

Satu per satu trio pengurus utama hotel pun pergi. Hingga menyisakan Man Wol seorang. Kita akan merasa kehilangan ketika orang yang kita sayangi sudah nggak ada bersama kita. Itu lah yang dirasakan Man Wol setelah Kim Seonbae, Gaeksilljang, dan Hyung Joong pergi. Btw, CMIIW ya soal 'gaeksilljang'. Seingat saya itu sih nama julukannya. Maaf jika saya salah.



Oya, ada satu tokoh yang macem... apa ya, ibu peri? Yaitu Sanchez (Cho Hyun Chul). Kang pizza yang udah kayak hyung sendiri buat Chan Sung.


Drama ini komedinya ada, romansanya ada, tragisnya yang bikin mewek juga ada. Selain itu bertabur cameo. Sebut saja Mas Junki. Eh, maksud saya Lee Junki Oppa. Lalu, dedek emesh yang jadi penunggu sumur satu ini.


Selain bertabur cowok tampan mulai dari oppa sampai dedek emesh, drama ini juga bertabur cameo cewek-cewek cantik. Sebut aja yang jadi Veronica dan Sulli. Bahkan, ada Kim Soo Hyun juga. Doi nongol bentar di episode 16. Jadi pemilik sangraloka bulan yang baru yang dia kasih nama Hotel Blue Moon. Dari siluetnya sih udah nebak itu Kim Soo Hyun. Ternyata beneran. Kekeke.

Saya puas setelah mengikuti dan menonton drama ongoing ini. Hotel Del Luna tidak menyisakan kesan buruk bagi saya. Semua konflik terselesaikan. Ending-nya pun jelas menurut saya. Jadi, sebelum ditolong Yeon Woo di masa lalu, Man Wol bertemu anak laki-laki dan ayahnya. Anak laki-laki itu lah yang menolong Man Wol pertama kali. Anak laki-laki yang di masa sekarang adalah Chan Sung. CMIIW.

Lalu, bagaimana dengan adegan Chan Sung bertemu Man Wol di tamans setelah Man Wol menyeberang? Kayaknya si writer pengen membuat penonton menyimpulkannya sendiri. Kesimpulan saya sih, itu hanya mimpi Chan Sung. Karena keduanya berjanji akan bertemu di kehidupan berikutnya. Keduanya yakin ada cara. Bisa juga itu adalah kehidupan berikutnya bagi Man Wol dan Chan Sung. Hehehe.

Drama bagus dengan ost-ost yang keren juga. Silahkan ditonton sendiri. Selamat menonton.




Sekian review dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata. Terima kasih. Selamat menonton.

Photo by: Hancinema.


Tempurung kura-kura, 02 September 2019.
- shytUrtle -

You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews