Review Korean Movie Hearty Paws (Heart Is)

23:16

Hearty Paws (Heart Is)



From AsianWiki

Profile

Movie: Hearty Paws (English title) / Heart Is (literal title)
Revised romanization: Maeumee
Hangul: 마음이
Director: Park Eun-Hyung, Oh Dal-Kyun
Writer: Shin Dong-Ik, Seo Shin-Hye
Producer: Kim Min-Ki, Ma Sang-Joon, Lee Seung-Hoon, Kim Oh-Taek
Cinematographer: Park Sang-Hoon
Assistant Director: Choi Sang-Hun
Release Date: October 25, 2006
Runtime: 97 min.
Genre: Drama / Animal / Children
Production Budget: US$ 2.3M
Distributor: Showbox
Language: Korean
Country: South Korea

Plot

11-year-old Chan-yi is looking after his lovely younger sister So-yi, by himself ever since their mother left them to find her own future. Despite their desperate situation of being abandoned by family and neighbors, these kids try their best to carry on life. One day, a little puppy joins this small family as Chan-yi steals it from an old couple's kennel as a gift his sister's birthday. Especially clever, this dog, whose name is “Ma-eum”, returns the love received from his new family with great loyalty and it seems as though their happiness would continue forever only until a sudden accident brings them into collapse.

Chan-yi yang berusia 11 tahun merawat adik perempuannya yang cantik, So-yi, sendirian sejak ibu mereka meninggalkan mereka untuk menemukan masa depannya sendiri. Meskipun situasi putus asa mereka ditinggalkan oleh keluarga dan tetangga, anak-anak ini mencoba yang terbaik untuk melanjutkan hidup. Suatu hari, seekor anak anjing kecil bergabung dengan keluarga kecil ini ketika Chan-yi mencurinya dari kandang pasangan tua sebagai hadiah ulang tahun saudara perempuannya. Terutama pintar, anjing ini, yang bernama "Ma-eum", mengembalikan cinta yang diterima dari keluarga barunya dengan kesetiaan besar dan tampaknya seolah-olah kebahagiaan mereka akan berlanjut selamanya ... hanya sampai kecelakaan tiba-tiba membuat mereka runtuh.



Chan (Yoo Seung Ho) mencuri seekor anak anjing dari sebuah rumah yang dihuni oleh sepasang orang tua. Chan melakukan hal itu karena adiknya, So Yi (Kim Hyang Gi) menginginkan anjing sebagai hadiah ulang tahunnya. So Yi sangat senang. Bersama Chan, ia merawat anak anjing yang kemudian diberi nama Maeumee.

Chan baru berumur 11 tahun. Namun, ia harus merawat So Yi karena ayahnya meninggal dan ibunya pergi meninggalkan mereka. Walau sulit, Chan berusaha merawat So Yi dengan baik.

Suatu hari, Bibi Chan mengatakan jika akan pindah dan tidak bisa membantu Chan lagi. Bibinya berjanji akan mengirim uang pada Chan setiap bulan. Chan berusaha bertahan merawat So Yi. Ia pun berpesan pada Maeumee untuk membantu menjaga So Yi.

"Jika aku tak ada, maka kau lah yang harus menjaga So Yi. Kau adalah oppa bagi So Yi jika aku tak ada." Pesan Chan pada Maeumee.

Suatu hari, Chan mengajak Maeumee dan So Yi bermain di sungai yang beku. Di tengah-tengah bermain, Chan pergi untuk buang air besar. Ia meminta So Yi menunggu.

Maeumee melihat layang-layang putus dan mendekatinya. So Yi sudah melarangnya, tapi Maeumee mengabaikannya. Ketika lapisan es pecah, Maeumee tercebur ke dalam sungai yang dingin. So Yi yang berusaha menolong turut terjatuh karena lapisan es yang ia injak pecah. So Yi tidak bisa diselamatkan dan meninggal.

Setelah So Yi pergi, Chan jadi membenci Maeumee. Ia memutuskan mencari sang ibu ke Busan. Ia memaki-maki Maeumee dan memintanya pergi. Tapi, Maeumee tak mau menyerah dan terus mengikuti Chan. Bahkan, ketika kereta yang membawa Chan berangkat, Maeumee terus mengikutinya hingga sampai ke Busan.



Awalnya saya menebak cerita dari film ini bakalan kayak Hachikō. Si Maeumee bakalan nunggu Chan di stasiun sampai tua dan mati. Ternyata dalah. Maeumee berhasil nyusul Chan ke Busan. Tapi, ketika ketemu, Chan masih mengabaikannya. Walau begitu, Maeumee tetap setia menemani Chan dan menjaga Chan.

Kasihan banget waktu liat Maeumee tetap menjaga Chan walau Chan cuekin dia. Paling sedih tuh pas dia di adu ama Becky, anjing peliharaan Bos Geng (Ahn Kil Kang) yang memanfaatkan Chan dan anak-anak jalanan lainnya untuk mengemis.

Chan ini mengalami kesialan kayak anak kabur pada umumnya. Bergabung sama anak jalanan yang dipelihara preman dan disuruh ngemis. Di Indonesia juga pernah kan ada kasus kayak gini.

Walau fisiknya udah mulai rapuh (hampir buta), Maeumee tetap menjaga Chan. Bahkan ketika Chan akan dibunuh Bos Geng, Maeumee menolongnya dan berakhir membuatnya kritis. Chan membawa Maeumee pulang dan Maeumee mati dalam pangkuannya.

Saya sempet sebel sama So Yi yang manja banget ke Chan. Contohnya pas ia minta es krim ke Chan. Chan udah relain ongkos busnya buat beliin es krim, tapi So Yi malah nangis karena es krimnya mencair. Padahal demi es krim itu, Chan rela pulang sekolah jalan kaki. Nggak naik bus. Suer jengkel banget ke So Yi. Tapu, Chan tetep sabar merawat So Yi yang manja dan kadang bandel.

Udah nahan diri agar nggak nangis. Tapi, di ending pas Maeumee mau mati itu haru banget. Nahan air mata, malah bikin dada nyesek. Tapi, untung nggak sampai nangis. Kekeke.

Ternyata di Dolly, yang jadi Maeumee itu juga main di film Blind. Ketemu Yoo Seung Ho lagi dia di Blind. Anjing pintar ini udah meninggal ya. Kalau di film ini Yoo Seung Ho masih anak-anak, tapi tetep manis. Kim Hyang Gi juga masih bocah. Cute banget. Aktingnya keren, sampai bikin saya sempet kesel sama sosok So Yi.

Film ini saya rekomendasikan untuk ditonton. Walau film lama, kisahnya seru. Chan dan So Yi memang kehilangan ayah dan ibunya. Tapi, mereka mendapatkan Maeumee yang menjadi keluarga baru dan menjaga mereka dengan baik.

Sekian review dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata. Terima kasih. Selamat menonton.

Photo by: Google search


Tempurung kura-kura, 08 Juni 2019.
- shytUrtle -


You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews