Review Film Korea Don't Click (2012)

02:51

Don't Click


Profile

Movie: Don't Click (English title) / Unidentified Video Clip: Never Click Prohibition (literal title)
Revised romanization: Mihwakin Donghyeongsang: Jeoldaekeulrik Geumji
Hangul: 미확인 동영상: 절대클릭금지
Director: Kim Tae-Kyung
Writer: Hong Geon-Gook, Kim Tae-Hyoung, Choi Kwon-Young
Producer: Kim Yong
Cinematographer: Kim Ki-Tae
Release Date: May 31, 2012
Runtime: 93 min
Genre: Horror
Distributor: Showbox
Language: Korean
Country: South Korea

Plot Synopsis by AsianWiki Staff ©

A video known as the "forbidden video" gains attention on the internet. Jung-Mi asks her sister's boyfriend Joon-Hyuk, who works for a special investigation team for cyber crimes, to download the file. After watching the video a series of strange events occurs to Jung-Mi. It's up to older sister See-Hee now to save her sister.

Sebuah video yang dikenal sebagai "video terlarang" mendapat perhatian di internet. Jung-Mi meminta pacar saudara perempuannya Joon-Hyuk, yang bekerja untuk tim investigasi khusus untuk kejahatan dunia maya, untuk mengunduh file tersebut. Setelah menonton video, serangkaian peristiwa aneh terjadi pada Jung-Mi. Terserah kakak perempuan See-Hee sekarang untuk menyelamatkan saudara perempuannya.


Se Hee (Park Bo Young) bekerja di sebuah pusat perbelanjaan. Suatu hari, ia mendapatkan pesan-pesan aneh. Ia curiga ada yang menyadap CCTV dan mengkonfirmasi pada pihak mall. Namun, Se Hee ditanggapi dengan tidak menyenangkan. Ia pun memutuskan untuk resign karena merasa tak nyaman juga tak aman.


Jung Mi (Kang Byul) adalah siswi SMA yang gemar mengunggah video online. Suatu ketiks videonya yang sedang melakukan tarian perut viral. Ia pun mendapatkan banyak uang dari video tersebut.


Joon Hyuk (Joo Won) adalah kekasih Se Hee yang bekerja di divisi kejahatan cyber di kepolisian. Hubungannya dengan Se Hee sedang tak baik karena ia kedapatan jalan dengan Hyejin, teman Se Hee.

Joon Hyuk meminta bantuin Jung Mi untuk memperbaiki hubungannya dengan Se Hee. Jung Mi setuju dengan syarat Joon Hyuk harus memberinya kopian video dari beberapa situs yang sudah diblokir atau dihapus dari Youtube. Joon Hyuk pun setuju.

Suatu malam Joon Hyung mengcopy beberapa video terlarang ke USB milik Jung Mi. Ia pikir transfer video gagal, ternyata berhasil. Ia pun memberikan USB itu pada Jung Mi.

Jung Mi girang mendapat kopian video. Tapi, ketika ia melihat USB-nya, hanya ada satu video di dalamnya. Ia menonton video yang ternyata berisi sebuah ritual untuk membuat guna-guna. Jung Mi hendak menunjukkannya pada sang kakak, Se Hee. Tapi, saat dicolokan pada laptop Se Hee, file video berubah. Video berganti menjadi video seorang pria yang melakukan pelecehan seksual kepada wanita mabuk. Se Hee mengutuk pria tua itu.

Jung Mi kembali ke kamarnya. Di dalam kamarnya, file video kembali ke file semula. Jung Mi melanjutkan nonton. Di tengah nonton, Jung Mi dihubungi Cutie (Kang Hae In), gadis yang juga gemar membuat video untuk diunggah. Jung Mi menawarkan video jampi-jampi pada Cutie dan terjadi negosiasi. Cutie setuju membeli video jampi-jampi itu dan mentransfer sejumlah uang pada Jung Mi.

Kejadian aneh mulai menimpa Jung Mi setelah menonton jampi-jampi. Ia melihat jari-jari tangannya yang berdarah dan hilang sebagian saat mengetik dan menjerit. Se Hee meminta Jung Mi belajar dan pergi meninggalkan sang adik.

Di tengah belajar, Jung Mi merasa tak nyaman. Ia pun memutar musik dan mulai menari di dalam kamarnya. Lalu, ia melucuti pakaiannya sendiri dan tetap menari-nari.

Cutie merasa ada yang aneh usai menonton video jampi-jampi yang dikirim Jung Mi. Ia berusaha menghubungi Jung Mi, namun gagal. Saat dalam perjalanan pulang, Cutie terbunuh di dalam lift.

Di sekolah menjadi heboh. Video Jung Mi menari-nari sambil melucuti pakaiannya direkam secara online. Jung Mi mengelak. Tapi, publik terlanjur percaya bahwa itu ulahnya. Bahkan, Se Hee pun tak percaya pada alibi Jung Mi yang mengatakan itu ulahnya. Terjadi krisis dalam hubungan kakak beradik itu.

Teror pun mulai menyerang Jung Mi. Ia ketakutan dan lari untuk tidur bersama Se Hee.

Eonni ingat apa yang dikatakan Appa? Jika kau mendengar bunyi di tembok, jangan ikuti. Itu tandanya ada hantu. Sekarang aku mendengar suara aneh itu. Aku takut. Aku tidak mau mati.


Film ini durasinya pendek dan alurnya cepat. Ditulisnya 93 menit. Aslinya satu jam lebih dikit. Tapi, beneran cepet banget.

Sebenarnya saya nggak suka film dengan ending nggantung. Nurut saya film ini pun gitu. Di ending si hantu nggak kalah, pun cerita masih menggantung. Se Hee selamat, tapi masih macem dikejar teror.

Permasalahannya jelas, si hantu adalah gadis yang bunuh diri dengan merekam adegan bunuh dirinya secara online. Bapaknya direkam di stasiun pas nutupin kaki wanita mabuk yang pakek rok mini. Nggak jelas ini si bapak beneran lakuin pelecehan seksual atau nggak. Yang pasti video itu viral dan si bapak kena teror sampai akhirnya bunuh diri.

Ibu dari gadis itu terkena stroke dan mati. Si gadis mencoba bertahan dengan menjelaskan bahwa ayahnya tak seperti itu. Tapi, netizen justru melakukan cyber bullying dan memintanya mati saja. Termasuk Jung Mi yang turut berkomentar pedas. Gadis itu akhirnya bunuh diri. Namun, sebelum bunuh diri ia mengunggah video jampi-jampi.

Detektif mengatakan itu bukan sekedar video jampi-jampi, tapi benar-benar kutukan. Karena alasan itu situs tempat si gadis mengunggah video di blokir. Kalau nggak, bisa banyak kematian karena banyaknya yang nonton video.


Kalau kejadian pas Joon Hyuk mengcopi file trus mouse bergerak sendiri itu masuk akal. Tapi, yang bikin saya bertanya-tanya, itu si Se Hee dapat teror dari sebelum Jung Mi nonton video dari Joon Hyuk. Tapi, saya mikir, mungkin si hantu neror Se Hee karena Jung Mi ikut berkomentar jahat di Internet.

Karena si hantu macem bisa bikin rekaman sebelum membunuh, saya sempet mikir ini bukan ulah hantu. Tapi, ulah orang terdekat si cewek yang pengen balas dendam. Dugaan saya salah. At the end, pelakunya emang hantu.

Jadi, walau boneka jampi-jampinya dihapus, si hantu tetep bisa lakuin teror. Eh kok dihapus, dibakar euy! Mungkin karena bakarnya nggak sampai habis kali ya?

Hantu bisa ngebunuh? Kata Tunjung bisa kalau matinya bawa dendam. Jadi, masih masuk akal kalau hantunya bisa punya kekuatan untuk porak porandain rumah Se Hee dan ngebunuh Joon Hyuk dan Jung Mi. Joon Hyuk dan Jung Mi ini sama-sama nonton videonya ampek kelar.

Jujur saya kurang puas sama endingnya. Kayak yang saya sebut di atas tadi, saya nggak begitu suka film yang endingnya nggantung. Hehehe.

Walau ini pertama kalinya nonton Park Bo Young di film horor, akting dia keren. Maybe karena alasan itu dia jadi banyak meranin film horor.

Walau ada adegan berdarah-darah, saya masih bisa tahan nonton karena nggak terlalu ditampilin sadisnya.

Tetep aja nggak puas. Wkwkwk. Ngarepnya si Se Hee bisa ngalahin si hantu dan teror berhenti. Kekeke.

Sekian review dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata. Terima kasih. Selamat menonton.

Photo by: Google search


Tempurung kura-kura, 03 Juni 2019.
- shytUrtle -















You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews