Tutorial Membuat Cover Fan Fiction Sederhana Menggunakan PicsArt.

04:10


Tutorial Membuat Cover Fan Fiction Sederhana Menggunakan PicsArt.





Sebenarnya saya juga masih belajar bikin cover dari aplikasi PicsArt ini. Tapi, nggak papa ya berbagi. Biar kita bisa belajar bersama gitu. Ini metode paling sederhana, menurut saya. Tapi, kalau udah menguasai bakalan bisa kok bikin cover yang nggak kalah kece dari bikinan Photoshop. Lebih simpel juga untuk pemula. Dan nyamannya lagi, di ponsel. Jadi, bisa edit sewaktu-waktu.

Langkah pertama, tentu saja harus punya aplikasi PicsArt di ponsel. Download saja di Playstore. Gratis kok. Punya saya kayak yang saya lingkari dalam gambar. Setelah instal, bisa log in pakek Facebook atau mau bikin akun di PicsArt pakek Email juga bisa. Aplikasi ini bisa dioperasikan  offline. Tapi, fitur lebih banyak kalau dioperasikan online. Cuman ya itu, iklan bakalan bermunculan kalau online.



Setelah ada aplikasi, langkah berikutnya tentu saja menyiapkan foto/gambar. Kalau gambar download di Google, usahain nyari yang resolusinya gede atau foto HD. Biar hasilnya nggak pecah. Setelah semua foto siap, tinggal edit-edit dah.

Oya, sebenarnya bikin cover dari PicsArt ini bisa langsung kolase atau gabungin foto. Tapi, di sini saya mau bahas yang pakek dipotong-potong dulu biar ala-ala Photoshop. Tapi, maaf ya garapan saya masih kasar. Hehehe.

Berikut cara membuat cover fan fiction sederhana menggunakan PicsArt.

1. Buka aplikasi PicsArt, lalu pilih tanda + dalam kotak seperti yang saya tandai.


2. Setelah tampilan layar berubah, silahkan klik pilihan semua foto. Ini untuk membuat foto yang dipotong ala-ala Photoshop. Pilih foto yang akan di edit.


3. Tampilan layar akan berubah kira-kira seperti ini. Setelah itu pilih alat dan kemudian potong gambar. Lalu layar akan berganti lagi. Biar lebih cepat, pilih gambar orang di tengah bawah seperti yang saya lingkari. Itu langsung dibantu aplikasi untuk memotong secara rapi. Setelah bagian yang mau dipotong berwarna merah-oranye, klik tanda panah sebelah kiri atas seperti yang saya lingkari.




4. Tampilan layar akan berubah hitam dengan hasil potongan gambar. Pilih simpan. Lalu, akan muncul tanda panah seperti yang saya lingkari. Pilih simpan dan simpan ke galeri. Nanti kalau mau edit lagi bisa. Langkahnya sama. Nanti bagian yang nggak rapi bisa dirapikan dengan memakai pilihan bernama ‘buang’ (gambar gunting). Di bagian bawah ada. Geser-geser aja.









5. Setelah semua foto yang akan dibuat cover di edit dan di simpan, berikutnya balik ke halaman awal lagi untuk lanjut mengedit dengan metode menyatukan semua gambar. Tampilannya seperti di gambar. Pilih kanvas. Ukuran bisa disesuaikan. Untuk background bisa pakai dari PicsArt atau bisa milih background dari foto/gambar yang kita mau.



6. Setelah memilih background, tampilannya akan seperti ini. Berikutnya pilih foto yang sebelumnya sudah di edit. Ambil gambarnya dari alat yang sudah saya lingkari.



7. Setelah gambarnya terpilih, tinggal atur mau di pres gambar atau dibiarkan seperti bikinan aplikasi. Kalau udah sesuai, klik tanda ceklis yang saya lingkari. Layar akan berganti. Untuk mengatur gambar (memperbesar atau memperkecil) tinggal atur dengan menggerakan tanda kotak pada gambar seperti yang sudah saya tandai. Setelah gambar sesuai keinginan, ketuk layar. Maka gambar akan tersimpan dan tidak bisa diubah lagi. Untuk menambahkan gambar berikutnya kembali ketuk bagian (pada gambar di langkah nomer 6) dan lakukan seperti langkah nomer 7.






8. Setelah gambar selesai digabungkan sesuai keinginan, klik tanda panah yang saya lingkari. Lalu pilih edit gambar seperti yang saya lingkari. Di sini bisa memberi efek dan sebagainya. Yang saya jabarkan di sini adalah memberi tulisan.




9. Geser layar dan pada bagian bawah pilih Teks untuk menambahkan tulisan. Ketik tulisan yang mau ditambahkan, kalau udah sesuai, klik tanda ceklis seperti yang saya lingkari.





10. Setelah itu tinggal ubah font, beri warna, dan sebagainya. Untuk menambahkan tulisan, klik tanda + dalam kotak yang ada di atas dan pilih teks. Dengan cara ini kita bisa mengatur semua tulisan jika belum sesuai. Membesarkan dan mengecilkan tulisan tinggal mainkan kotak pada tulisan seperti yang sudah saya tandai. Jika tulisan sudah sesuai, klik tanda ceklis. Maka gambar akan tersimpan.




11. Simpan gambar dengan memilih tanda panah dengan langkah yang sama seperti menyimpan gambar yang dipotong di atas tadi.





Jadi deh cover sederhananya. Masih jauh dari kata sempurna ya. Tapi, kalau terus latihan dan mengetahui trik-trik dalam PicsArt, saya yakin kita bisa bikin cover yang bagus.


Ini cover yang pertama kali saya buat. Setelah beberapa kali percobaan, akhirnya bisa bikin kayak gini.


Kalau ini background-nya pakai gamhar hasil download. Bukan background yang disediakan PicsArt.



Kalau yang ini, sama kayak cara yang saya bahas di atas.




Bagaimana? Mudah, kan? Dengan begini, kita bisa bikin cover untuk fan fiction yang mau kita tulis. Yang biasa pos fan fiction di Wattpad, Storial, Gramedia Writing Project, Sweek dan sejenisnya pasti butuh cover. Pos di blog pakek cover pun juga oke.

Terima kasih Prime Eonni, yang udah dengan sabar bimbing saya via WhatsApp. Maklum, baca tutorial di Internet malah bingung karena tampilan PicsArt-nya nggak sama kayak di hape saya.

Selamat mencoba. Maaf jika ada salah kata. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tempurung kura-kura, 19 Februari 2019.
- shytUrtle -



You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews