Story of Parfume and Me.

03:56


Story of Parfume and Me.


Saya nggak terlalu suka melukis wajah dengan make up (baca; tidak bisa mengaplikasikan make up di wajah), tapi saya sangat menyukai parfum.

Kekeke. Apa banget kalimat pembukanya ini! Kalau saya sebut no make up, itu salah! Karena saya masih pakai pelembab wajah. Itu masuk make up, kan? Tapi, saya di sini bukan mau sharing tentang make up. Saya pengen berbagi cerita tentang kegilaan saya pada parfum. Bukannya saya nggak suka make up, cuman sekeras apa pun saya berusaha belajar melukis wajah, tetep hasilnya nggak maksimal. Jadinya kalau ke kondangan atau acara khusus, mentok pakek bedak sama lipstick. Kalau ada yang mau make over sih nggak nolak. Hehehe.

Woy! Kita kan mau bahas parfum. Bukan make up!

Menurut saya, sama kayak make up, parfum pun menjadi kebutuhan bagi setiap wanita. Masa iya muka udah cetar dandanan udah oke, tapi bau badan. Buat beberapa orang mungkin fine aja ya. Tapi, inget dong! Kita kan makhluk sosial yang walaupun super penyendiri pasti ada kalanya keluar buat ketemu orang. Kita bisa fine sama bau badan kita sendiri, tapi gimana dengan orang lain?

Kalau nggak mau pakek parfum, setidaknya pakek deodorant lah. Nggak suka deodorant? Pakek yang alami, tawas. Biar keringetnya nggak bau dan nggak ganggu orang lain. Sering banget ngalamin kayak gitu. Dibikin mampus karena nyium bau badan orang lain. Salah loe sendiri nyium bau badan orang, kura! Lha gimana ndak nyium, wong baunya terbawa udara. Udaranya saya hirup. Mampus nggak tuh!

Pernah ngalamin suatu ketika di rumah sakit, pas nganterin kakak sama adek sepupu periksa kandungan. Pas di loket pendaftaran, kebetulan saya yang daftarin, pas lagi nunggu proses pendaftaran selesai, saya berdiri deket counter desk. Lalu, ada wanita cantik, ibu muda gitu kayaknya. Berhijab, bajunya juga kece, make up cetar. Pokoknya dari penampilannya, saya yakin orang yang melihatnya bakalan menyimpulkan she's a rich woman. Atau, dia bukan wanita biasa.

Melihat penampilannya, saya terkesima sampai tersenyum dan memujinya dalam hati, cantik banget. Wanita itu sampai di loket pendaftaran, berdiri tak jauh di samping kiri saya, lalu mengangkat kedua lengannya dan di letakkan di atas counter desk. Kening saya berkerut, seketika itu aroma tak sedap itu menyebar memenuhi udara di sekitar kami. Petugas loket pendaftaran sampai merapatkan maskernya. Satu petugas lainnya bahkan dengan terang-terangan menutup hidung sambil menulis entah apa. Saya? Karena kebetulan nggak pakek masker dan nggak bisa meninggalkan loket pendaftaran, saya pun hanya bisa berjalan merapat ke jendela. Saya merubah posisi menghadap jendela yang nggak bisa terbuka lebar itu dan terus menghirup aroma kerah jaket yang saya pakai.

Biasanya saya selalu bawa minyak kayu putih, hari itu kebetulan nggak bawa karena lokasi rumah sakitnya dekat dan saya pikir prosesnya nggak akan lama. Habis kehujanan di jalan, badan agak kedinginan, ditambah aroma keringat yang suer bikin mabok sampai pengen muntah. Kombinasi yang sempurna. Ketika duduk di kursi antrian, saya sengaja menaruh tas di kursi kosong dekat saya agar tidak diduduki oleh wanita cantik tadi. Masih banyak kursi kosong. Saya GR aja sih. Takut wanita cantik itu duduk deket saya. Kan gawat kalau duduk deket saya sepanjang menunggu antrian. Jahat ya saya? Nggak kan? Lebih baik menyelamatkan diri sendiri tho. Hehehe.

Mulai sekarang belajar nggak egois yuk! Biar nggak merugikan orang lain. Kalau nggak suka parfum atau deodorant, ya pakek tawas. Itu efektif lho buat ilangin bau badan. Nggak suka tawas juga? Diusir dari dalem coba bau badannya. Pakek ramuan jamu misalnya.

Zaman masih ABG dulu, setelah mendapatkan haids yang pertama, Ibu rajin kasih saya jamu. Harus diminum. Katanya, biar ntar keringetnya nggak bau. Kalau dipikir-pikir, emang bener dan ada manfaatnya. Kalau di ketek sih mesti bau ya. Namanya aja di daerah lipatan dan ada bakteri yang pasti bikin bau. Tapi, lumayanlah dengan rajin minum jamu. Nggak mengganggu banget baunya. Kecuali kalau lagi dapet. Bawaannya badan bau mulu. Ini mau bahas parfum apa bahas bau badan sih? Maaf ya kalau melencong. Mari kembali ke jalan yang benar. Hehehe.

Sejak kapan saya suka parfum? Kalau nggak salah inget, sejak masuk masa puber. Hehehe. Kelas V atau VI SD. Udah mulai pakek parfum. Padahal belum dapet waktu itu. Tapi, udah seneng pakek parfum. Kecentilan? Iya, kali ya. Hehehe. Waktu itu temen udah ada yang pakek make up lho! Beneran. Masih SD padahal. Bukan sekedar pelembab dan bedak, ada yang mulai iseng pakek lipstick juga. Saya sempet pengen ikutan. Kebawa arus gitu. Tapi, kakak sulung saya killer. Kalau lagi iseng dandan, dimarahi. Nggak sesuai umur katanya. Tapi, kalau urusan pakek wewangian dibiarin aja.

Beli parfum menjadi semacam jatah jajan sendiri buat saya. Selalu sisihin uang jajan buat beli parfum. Ketika SMA, mulai beli parfum nggak cuman satu. Tapi, bisa tiga dalam sekali beli. Untuk Senin-Selasa, pakek parfum aroma A. Rabu-Kamis pakek parfum aroma B. Jumat-Sabtu pakek parfum aroma C. Karena seragam dipakainya dua hari jadi pakek aroma sama tiap dua hari itu.

Kebetulan waktu SMA, sekolah nyambi jualan produk Avon. Nggak jadi member, tapi bantuin temennya Ibu yang jadi member Avon. Lumayan, komisinya dapat 10%. Bisa buat tambahan uang jajan. Kalau mau beli pun dapat diskon 10% untuk saya. Mulai lah koleksi parfum-parfum mini dari Avon. Kan dulu ada tuh yang kemasan hemat 30ml apa berapa tuh. Dan, sering ada diskonan. Mulai deh beli-beli itu. Kalau temen-temen pada pesen ligloss, lipstick, bedak, dan sejenisnya. Saya tetep, parfum, parfum, dan parfum. Hehehe.

Tahun 2011 kalau nggak salah inget, Teen Top merilis MV No More Perfume on You. Entah kenapa saya jadi suka lagu ini. Hehehe. Dan, ada scene si cewek pakek parfum yang nurut saya botolnya unik. Saya jadi pengen parfum kayak gitu. Tapi, pasti mahal. Trus, karena temen ada yang jadi member Oriflame, dikenalin deh sama parfum Oriflame. Dari sana, saya ketemu sama Miss O. Salah satu parfum dari Oriflame. Biasanya saya nggak terlalu suka sama sesuatu yang berwarna pink. Tapi, karena bentuk botolnya unik, saya jadi pengen beli. Sayangnya waktu itu harganya cukup mahal untuk ukuran kantong saya. Jadilah belum keturutan beli Miss O sampai sekarang. Poor me!


Mungkin terdengar konyol ya. Jatuh cinta ke parfum karena botolnya. Nurut saya unik. Dan, mirip-mirip kayak di MV Teen Top - No More Perfume on You. Andai waktu itu pendapatan saya udah sestabil sekarang, mungkin udah beli itu parfum Miss O. Sayangnya waktu itu keuangan masih belum stabil. Belum berjodoh sama Miss O kali ya. Sekarang entah masih ada produk Miss O, atau udah nggak keluar lagi.

Ketika main ke Jogja tahun 2013, kebetulan di Mall Malioboro ada stan parfum murah. Belilah beberapa parfum. Sejak kenal Oriflame, jadi rajin berburu promo. Kalau ada promo parfum murah, beli. Kalau nggak salah pertama beli itu Moon. Trus kenal Mbak Khusnul. Tiap ada diskonan dikabari, jadi makin mudah kalau pengen beli parfum murah. Hehehe. Kalau nggak ada promo, nggak dapat diskon, mana sanggup beli. Kekeke.


Selain parfum, kalau ada diskonan body mist jadi beli juga asal masih terjangkau kantong. Dari kenal Mbak Khusnul juga jadi tahu bedanya body mist dan parfum. Kalau dulu semua wewangian disebut parfum. Ternyata ada jenis-jenisnya. Nambah ilmu lagi deh.

                                                         Body mist Oriflame


                                     Ini beli body mist dibonusin bedak sama Mbak Khusnul





Karena tahu saya demen parfum, salah satu mbak saya di Jogja, Mbak Kris kalau mudik ke Belanda, selalu beliin saya parfum buat oleh-oleh.

                                              Oleh-oleh dari Belanda



Selain jadi langganan sama Oriflame, pernah juga beli parfum itu yang katanya bibit parfum. Berburu aroma vanila biar samaan kayak Mas Jeje. Wkwkwk. Katanya kan Mas Jeje beraroma vanila. Sok-sokan dah beli di orang Arab yang jual bibit parfum.

Entah kenapa saya suka banget sama parfum. Kalau wangi, apalagi wanginya beda tuh berasa makin percaya diri aja. Sering ditanya orang pakek parfum apa karena dibilang aromanya enak. Lucunya, kalau mereka berhasil nemuin dan pakek aroma yang sama, saya jadi males buat pakek aroma itu. Wkwkwk. Padahal kan wangi parfum kalau udah nempel di badan orang kan jadinya beda. Cuman ogahan aja kalau ada yang ngembari aromanya. Tapi, pernah sih sengaja kembaran sama Ren. Beli parfum non alkohol yang aromanya sama.

Kalau nggak karena Memes ngomel-ngomel, botol parfum yang isinya udah habis pasti masih saya simpen. Karena Memes ngomel-ngomel karena saya ngumpulin rongsokan botol parfum, jadilah dibuang semua. Heuheuheu. Ini beberapa foto parfum yang berhasil saya temukan di FB. Bukan parfum mahal emang—kecuali yang dapat hadiah parfum dari Belanda. Pasti mahal itu ya, tapi begini aja saya udah bahagia. Kekeke.









Parfum membuatku bahagia. Parfum membuatku rileks. Parfum membuatku lebih percaya diri. Parfum memberiku kepuasan tersendiri. I love parfume!

                   Parfum unik yang belum bisa aku miliki sampai sekarang T.T


Tempurung kura-kura, 14 Februari 2019.
- shytUrtle -


You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews