Cerpenku Lolos Seleksi Cerpen Haru Grup!

04:25


Cerpenku Lolos Seleksi Cerpen Haru Grup!

Sebuah kebahagiaan menjelang akhir tahun 2018. Cerpen yang saya kirim ke Penerbit Inari lolos seleksi dan di terbitkan di akun Wattpad Penerbit Haru. Rasa bahagianya sampai sekarang masih ada. Jadi, boleh ya saya berbagi momen bahagia ini.

Buat shi-gUi yang pengen kirim cerpen ke Penerbit Haru juga, berikut caranya. Karena tidak bisa di copy paste syarat dan kententuannya, maka saya copy paste link-nya saja ya. Silahkan kunjungi langsung untuk mengecek syarat dan ketentuan di Cara Mengirimkan Cerpen

Setelah mempersiapkan naskah berikut syarat-syarat lainnya, tahun kemarin saya mengirim naskah pada tanggal 22 September 2018.

Munafik kalau saya bilang nggak ngarep lolos. Tentu saja berharap lolos. Tapi, tidak berani terlalu berharap banget. Kita tahu kalau Penerbit Haru punya fans fanatik sendiri. Jadi, pasti banyak pula penulis yang berharap bisa menjadi bagian dari Penerbit Haru Grup.

Kalau saya dibilang fans fanatik, sepertinya bukan. Karena koleksi Buku Haru Grup punya saya masih sedikit. Tapi, saya suka sekali sama-sama buku-buku terbitan Penerbit Haru Grup. Seingat saya, buku Haru yang pertama saya beli adalah seri K-Iyagi. Lalu, saya tergoda promo The Lunar Chronicles yang diterbitkan Penerbit Spring. Saya tidak pernah kecewa dengan buku-buku Haru Grup. Sebenarnya saya tertarik pada hampir semua buku terbitan Haru Grup. Kendalanya hanya pada biaya atau duit. Kekeke.

Belakangan saya lagi demen sama seri J-Lit dari Penerbit Haru. Dimulai dengan Girls In The Dark karya Akiyoshi Rikako sensei, saya jadi suka sama J-Lit. Saya punya semua—untuk Giselle udah ikutan PO—karya Akiyoshi Rikako sensei yang diterbitkan Penerbit Haru. Selain itu, saya jadi suka pada serial Hyuoka karya Yonezawa Honobu sensei. Saya punya ketiga serinya yang sudah terbit. Sebentar lagi akan terbit seri keempat, sepertinya.

Tentu saja saya kepengen jadi bagian Penerbit Haru Grup. Menjadi salah satu yang beruntung, naskahnya lolos seleksi dan diterbitkan Penerbit Haru Grup. Semoga ada jodoh. Aamiin...

Sebenarnya awal-awal Penerbit Haru berdiri saya pernah mengirim naskah. Tapi, saya melakukan kesalahan dengan mengirim kumpulan cerpen. Tentu saja naskah saya ditolak. Karena, Penerbit Haru tidak menerima naskah kumpulan cerpen.

Kembali lagi ke bahasan semula. Setelah mengirimkan naskah, saya arep-arep alias berharap. Kan, tadi udah saya bilang di atas, walau tidak berani terlalu berharap, tapi saya tetap berharap cerpen saya lolos seleksi. Pada tanggal 1 Oktober 2018, saya mendapat Email balasan dari Penerbit Inari.


Hai,

Cerpenmu sudah kami terima. Harap menunggu keputusan dari tim redaksi terkait tentang cerpenmu paling cepat 2-3 bulan setelah balasan E-mail, ya.

Terima kasih atas partisipasinya. Selamat dan semangat berkarya! ^^

Salam hangat,
Tim Redaksi

Baiklah! Mari menunggu!

Kirim tanggal 22 September 2018 dan mendapat balasan tanggal 1 Oktober 2018 termasuk proses yang cepat. Mengingat Penerbit Haru Grup adalah penerbit besar yang pasti banyak orang yang mengirimkan naskah cerpen ke sana. Pada tanggal 29 Oktober 2018, saya kembali menerima Email balasan yang isinya benar-benar membuat saya kaget dan senang sekali.

SELAMAT, cerpen yang Anda kirimkan lolos dalam seleksi Cerpen Wattpad.

Cerpen Anda ini akan kami posting di Wattpad Penerbit Haru: https://www.wattpad.com/user/PenerbitHaru

Rasanya tak percaya dengan isi Email balasan. Tapi, ya... alhamdulillah. Cerpen saya lolos. Bersamaan dengan pemberitahuan itu, saya mendapat rincian proses yang menunggu persetujuan saya. Setelah membalas Email sebagai tanda setuju, pada tanggal 30 Oktober 2018 saya kembali mendapat Email balasan.

Terima kasih atas jawabannya.

Naskah Anda akan masuk proses editing.

Dalam waktu kurang lebih 3 minggu editor akan mengirimkan naskah yang telah diedit. Silakan berdiskusi bersama dengan editor.


Salam,
Penerbit Haru Grup

Alhamdulillah. Saya sangat bersyukur, sangat senang sekali. Pertama kali mengirim cerpen, langsung lolos. Saya merasa sangat beruntung.

Pada bulan November, tepatnya saya lupa. Ada akun baru mengikuti saya di Twitter. Akun tersebut memperkenalkan diri sebagai editor dari Penerbit Inari. Saya kaget dong! Sekaligus seneng. Demi apa saya di follow sama editor penerbit mayor favorit saya. Saya diminta cek Email. Ternyata ada Email masuk pada tanggal  8 November 2018. Email dari Mbak Editor Cantik yang follow saya di Twitter. Email tersebut berisi perkenalan sekaligus revisi cerpen saya. Saya juga diminta data untuk sertifikat cetak yang akan dikirim saya. Terbengong bacanya. Ternyata dapat sertifikat cetak juga tho! Daebak!

Saya pun segera melengkapi data dan mengirimkannya. Lalu, segera cek revisi cerpen saya. Revisinya menyenangkan. Pada cerpen diberi catatan tentang penggunaan kalimat yang kurang tepat, sekaligus kalimat pembenarannya. Jadi, kita tinggal baca dan bilang setuju ke editor pembimbing. Ntar yang benerin editornya. Pengalaman pertama juga sih didampingi editor kayak gini. Sebelumnya karya langsung dipermak sama editor. Seru juga dapat pengalaman baru. Alhamdulillah.

Seingat saya di Email ada pemberitahuan kalau cerpen saya akan terbit pada tanggal 18 Desember 2018. Seneng banget. Apalagi ketika jadwal terbit itu di pos secara resmi oleh Penerbit Haru di seluruh akun sosial media resminya. I'm feeling wow! Hehehe.


Sertifikat datang sebelum cerpen terbit. Paket cinta itu datang pada tanggal 19 November 2018. Merinding saya nerimanya. Padahal sering dapat paket. Kekeke. Ini postingan tentang paketnya Paket Cinta dari Penerbit Haru 

Selain sertifikat, saya juga dapat buku dan merchandise unik dari Penerbit Haru.


Akhirnya hari itu pun tiba. Tanggal 18 Desember 2018 cerpen saya yang berjudul My Candy Girl secara resmi di pos di akun Wattpad Penerbit Haru. Monggo dibaca ^^

My Candy Girl part #1

My Candy Girl part #2

Penerbit Inari juga ikutan promoin cerpen saya lho! Makin feeling wow! Hehehe.


Bagi saya, ini pengalaman menakjubkan di penghujung tahun 2018. Rasanya masih nggak percaya cerpen saya lolos dipercobaan pertama. Itu keajaiban. Kalau ada cerpen yang pas, saya mau coba kirim lagi. Hehehe. Akhirnya cerpen yang sempat mengendap lama di lambung gUi ketemu jodohnya di Penerbit Haru. Alhamdulillah.

Dari pengalaman cerpen lolos di Penerbit Haru, saya mendapat banyak pelajaran dan pengalaman baru. Salah satunya saya jadi rajin cek Email. Dan, yang paling berharga adalah untuk sebuah cerpen saja prosenya tiga bulan. Apalagi naskah novel, bisa lebih dari itu walau penerbit menyanggupi batas pemberitahuan paling tidak tiga bulan. Jadi, bagi teman-teman yang sedang berjuang menembus penerbit mayor, jangan patah semangat ya. Mari terus berjuang. Yakinlah bahwa suatu hari nanti naskah kita inshaa ALLOH akan menemukan jodohnya di penerbit mayor. Aamiin...

Sekian curhat panjang saya tentang naskah yang lolos di Penerbit Haru. Semoga bermanfaat. Maaf jika ada salah kata. Terima kasih.

Tempurung kura-kura, 23 Februari 2019.
- shytUrtle -

You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews