Gagal Solo Trip Ke Blitar

02:36

Gagal Solo Trip Ke Blitar


Manusia hanya bisa berencana.

Dengan dua tiket ini harusnya saya berangkat ke Blitar pagi tadi. Rencana yang sudah saya susun dengan rapi, gagal di detik-detik terakhir. Nyesek? Dikit!



Selama ini Tuhan selalu mempermudah rencana perjalanan yang saya susun. Bahkan, rencana perjalanan ke pantai yang hampir gagal karena kendala ini itu pun akhirnya di acc sama Tuhan. Tapi, tidak dengan rencana solo trip ke Blitar hari ini.

Rencana awal sih bukan solo trip. Akhir tahun 2018 lalu alhamdulillah rencana perjalanan ke Blitar di acc. Dari perjalanan itu saya mendapat informasi jika di Candi Penataran ada event tahunan bernama Purnama Seruling Penataran. Mendengar cerita tentang uniknya acara tersebut, saya pun tertarik. Lalu, mengatur rencana perjalanan untuk datang ke event tersebut.

Kenapa bukan solo trip? Karena awalnya janjian sama Linda. Rencananya mau one day trip ke Blitar naik kereta. Tapi, karena ada info event di Candi Penataran, kami menyusun ulang rencana perjalanan ke Blitar. Kami pun sepakat pergi ke Blitar saat event Purnama Seruling Penataran digelar saja.

Udah persiapan. Nabung, cek penginapan terdekat dengan lokasi candi. Bahkan, dua teman saya di Blitar siap menampung jika kami. Mbak Hesti sama Mbak Ulik siap menampung kami di kediaman masing-masing.

Nurse Yulia mengirimkan poster event Purnama Seruling Penataran yang tahun ini digelar pada tanggal 16 Juli 2019. Seneng dong! Udah nunggu hampir 7 bulan, akhirnya jadwal event-nya keluar. Langsung mengirim poster pada Linda. Tapi, Linda nggak bisa pergi. Jadwal kami bentrok. Galau? Iya.



Udah nggak usah pergi aja. Tapi, pengen. Masa pergi sendiri? Gimana dong?

Di saat sedang galau, Mbak Ulik mengirim pesan pribadi. Menawarkan tempat singgah kalau saya mau dateng ke event. Kebetulan setiap tahun Mbak Ulik dapat tiket nonton event di Candi Penataran. Seneng dong bacanya. Tapi, masih galau juga. Akhirnya, oke deh saya pergi. Udah niat mau solo trip aja ke Blitar. Naik kereta.

Rencana pun mulai disusun. Cek tiket kereta ke Jogja via online kok mehong. Akhirnya beli tiketnya nitip temennya Mbak Menur. Alhamdulillah Rp. 12.000,- sekali berangkat. Jadi, PP Rp. 24.000,-

Belinya nitip. Tanpa harus ke stasiun. Terima kasih Mbak Menur. Terima kasih Upi yang udah bantuin saya beli tiket Malang-Blitar PP.

Aseek! Ke Blitar naik kereta Dhoho Penataran.

Terus komunikasi sama Mbak Ulik. Nyusun rencana bareng. Di Blitar nanti saya harus turun di stasiun mana. Lalu, bagaimana. Alhamdulillah Mbak Ulik siap jemput di stasiun. Mbak Ulik minta saya turun di Stasiun Blitar—pemberhentian terakhir. Saya manut aja.

Mbak Ulik juga udah nyusun rencana kalau saya udah ada di Blitar. Hari pertama fokus ke acara di Candi Penataran. Jadi, setelah sampai saya disuruh istirahat aja. Menyimpan energi untuk event malam hari di Candi Penataran. Menurut Mbak Ulik, acara biasa berlangsung sampai lewat tengah malam. Jadi, saya kudu bener-bener nyiapain fisik.

Di hari kedua baru ada rencana jalan bersama. Ke lokasi yang dekat-dekat saja sambil menunggu jadwal kereta berangkat.

Antusias banget dong saya! Mau ketemu teman yang udah lama banget nggak ketemu. Saya kenal Mbak Ulik di Jogja, saat kami sama-sama mengikuti Kampus Fiksi yang diadakan Diva Press. Kenal tahun 2013, alhamdulillah komunikasi masih terjalin hingga sekarang. Pernah sekali ketemu di MATOS. Lupa tahun berapa. Yang pasti ketemunya hanya sekejap mata karena saya datengnya telat sedang Mbak Ulik udah dijemput Mas Suami dan siap balik ke Blitar.

Waktu saya ke Blitar dua kali pun nggak sempat mampir ke rumah Mbak Ulik karena perginya rombongan. Sungkan kalau mau ngajak mampir-mampir. Setelah sekian lama, antusias banget, seneng banget dong mau ketemu lagi. Mau jalan-jalan lagi.

Udah prepare. Apa aja yang harus dibawa ke Blitar. Bahkan, kosongin memori hape buat persiapan foto-foto dan rekam video saat nonton event. Jaga kondisi juga menjelang hari H perjalanan. Makan dijaga, minum vitamin, istirahat cukup. Bismillah! Ladub ke Blitar!

Sekali lagi, manusia hanya bisa berencana. Tidak ada keluhan apa pun. Hari Minggu, saya berniat keramas karena udah seminggu nggak keramas. Di tengah proses keramas, entah kenapa saya hampir pingsan di kamar mandi. Kemarin saya membahas tentang ini. Katanya, saya mengalami hipotermia.

Monggo yang mau baca detailnya.



Kemarin berusaha memulihkan diri dengan makan dan istirahat cukup. Tapi, badan saya masih lemes dan kepala saya masih pusing. Galau! Lagi lagi galau!

Kalau kondisi saya seperti itu, udah pasti ortu nggak akan kasih izin berangkat. Atau menyerahkan keputusan pada saya, dan seandainya saya memilih tetap pergi, ortu akan mengizinkan namun dengan berat hati. Artinya, saya bakalan bikin ortu kepikiran.

Tentang diri saya sendiri, saya pun jadi meragu. Takut bagaimana kalau di sana nanti saya kumat dan malah merepotkan orang. Suer kemarin kepala masih berat, lemes, dan pusing. Bingung. Ada perang dalam batin. Satu sisi mendorong saya untuk tetap berangkat. Sebagai bentuk tantangan untuk diri sendiri. Untuk mengalahkan ketakutan saya sendiri. Tapi, di sisi lain meminta saya untuk mempertimbangkan keputusan itu kembali.

Fisik yang drop membuat mental saya ikutan down. Saya takut kalau ada apa-apa di jalan. Karena cuaca dingin yang ekstrim dan event-nya malam hari, saya takut ntar di sana kumat dan malah ngrepotin Mbak Ulik. Setelah berdebat dengan diri sendiri, saya pun memutuskan untuk tidak pergi. Menggagalkan rencana solo trip ke Blitar untuk menonton event Purnama Seruling Penataran.

Sedih? Banget! Tapi, balik lagi. Kita, manusia hanya bisa berencana. Tuhan lah yang mutlak menentukan rencana kita bakalan sukses atau gagal. Kemarin sempet nangis, cengeng ya. Sungkan juga ke Mbak Ulik. Tapi, Mbak Ulik justru membesarkan hati saya. Jika tak berjodoh hari ini, bisa jadi jodoh untuk bertemunya di lain waktu ketika saya sudah diberi izin untuk berkunjung ke Blitar lagi.

Udah jaga kondisi segala macem kalau udah takdirnya sakit ya sakit aja. Mana bisa menolak takdir Tuhan, ya kan?

Seperti yang saya tulis di atas, biasanya Tuhan mempermudah rencana perjalanan saya. Walau kadang ada sedikit kendala. Tapi, tidak dengan kali ini. Jujur rasa nyesek itu ada. Tapi, pasti hikmah di balik gagalnya solo trip ke Blitar hari ini. Entah apa pun itu.

Makasih Mbak Ulik buat segalanya. Maaf karena rencana gagal menjelang hari H. Semoga kita dipertemukan di lain kesempatan. Aamiin...

Makasih Mbak Hesti. Maaf ya lagi-lagi gagal buat ketemuan di Blitar. Semoga next time kita dipertemukan. Aamiin...

Tuhan, maafkan saya yang sempat menggerutu karena rencana perjalanan saya kali ini gagal. Tolong maafkan saya, Tuhan.

Sekarang saya tahu jawaban kenapa kadang di gerbong kereta banyak kursi kosong padahal waktu kita cek mau beli tiket kursi udah pada penuh. Mungkin, salah satu kasusnya kayak saya. Udah beli tiket, tapi gagal berangkat. Hehehe.


Tempurung kura-kura, 16 Juli 2019.
- shytUrtle - 





You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews