Review Phillauri (film)

04:20


Review Phillauri (film)




Dari Wikipedia

Phillauri adalah film komedi fantasi India Hindi 2017 yang disutradarai oleh Anshai Lal dan diproduksi oleh Fox Star Studios bersama Anushka Sharma dan saudara lelakinya Karnesh Sharma di bawah bendera Clean Slate Films . Sutradara Navdeep Singh dan penulis Sudip Sharma dikaitkan dengan film sebagai Produser Kreatif. Film ini dibintangi oleh Anushka Sharma, Diljit Dosanjh , Suraj Sharma & Mehreen Pirzada dalam peran utama. Poster resmi pertama film ini dirilis pada 3 Februari 2017. Film ini dirilis pada 24 Maret 2017.

Sinopsis

Seorang lelaki muda Kanan ( Suraj Sharma ) kembali ke India dari Kanada untuk menikahi kekasih jangka panjangnya, Anu ( Mehreen Pirzada ), tetapi mengetahui bahwa ia adalah seorang Manglik (lahir di bawah bintang sial) dan harus menikah dengan sebatang pohon sebelum menikah dengannya. Dia enggan menikahi pohon, yang ditebang setelah selesainya upacara. Akibatnya, sejak hari itu dan seterusnya ia dihantui oleh roh seorang wanita bernama Shashi ( Anushka Sharma ), yang hidup di pohon tertentu dan karenanya mengklaim sekarang 'menikah' dengannya.

Gara-gara ngintip status Nurse Nila jadi penasaran sama film ini. Yang bikin penasaran karena ada Anushka Sharma. Saya jadi suka sama Mbak Anushka Sharma setelah nonton film Rab Ne Bana Di Jodi (2008). Setelah nanya judul filmnya apa plus dapat spoiler dari Nurse Nila, akhirnya download dan nonton juga. Waktu Nurse Nila bilang, "Iya. Dia jadi hantunya." Jadi makin penasaran deh. Kok Anushka Sharma jadi hantu?

Film di buka dengan adegan seorang pemuda yang dikejar-kejar tentang pernikahan. Pernikahan yang seolah akan membunuhnya. Ternyata pemuda itu ketiduran di pesawat dan mimpi buruk tentang pernikahan. Untung ada pramugari yang membangunkannya hingga ia terbebas dari mimpi buruknya.

Kanan (Suraj Sharma) berada di dalam pesawat yang mau landing. Ia dalam perjalanan dari Kanad untuk pulang ke India. Ketika ditanya petugas bandara, ia mengaku pulang untuk menikah. Di bandara, keluarga Kanan sudah menunggu. Mereka menyambut Kanan dan membawa pemuda itu pulang ke rumah megah milik keluarga tunangannya. Di rumah mewah itu pun pesta penyambutan digelar. Anu (Mehreen Pirzada) mempersiapkan pesta untuk menyambut kepulangan calon suaminya.

Ketika sedang berkumpul, Pendeta memanggil kedua keluarga untuk membacakan ramalan pernikahan. Ternyata Kanan diramal sebagai seorang Manglik (lahir di bawah bintang sial). Pendeta mengatakan Kanan harus menikahi sebuah pohon demi membuang sial. Kanan menertawakan hal itu dan menganggapnya konyol. Namun, ia tidak bisa menantang keluarga besarnya dan akhirnya setuju untuk menikah dengan sebuah pohon.

Upacara pernikahan Kanan dan sebuah pohon besar pun digelar. Pendeta menikahkan Kanan dengan salah satu pohon dari tiga pohon besar tempat yang bertuliskan Phillauri. Setelah ritual pernikahan itu selesai, pohon yang merupakan 'istri' Kanan pun ditebang.
 




Sejak kembali ke India, Kanan terlihat galau. Ia merasa terbebani dengan pernikahan yang sudah ditentukan keluarga besarnya itu. Namun, ia tak bisa menolak. Usai menikah dengan pohon, ia kembali ke rumah keluarga Anu dan tidur di salah satu kamarnya. Saat Kanan terlelap, muncul seorang gadis yang melayang-layang di udara. Gadis itu berwarna emas dan bercahaya. Ia melayang-layang di sekitar Kanan dan berusaha membangunkan Kanan. Karena Kanan cuek, hantu itu pun mengangkat ranjang Kanan dan menjatuhkannya hingga membuat Kanan terbangun. Kanan yang melihat hantu pun ketakutan hingga jatuh dan pingsan.

Keluarga besarnya pun membangunkan Kanan. Kanan mengatakan melihat hantu pada Anu, tapi Anu tak percaya dan mengatakan mungkin Kanan berhalusinasi akibat mengkonsumsi rokok (entah rokok atau apa, pokoknya dihisap dan bentuknya seperti rokok). Ketika kembali ke kamarnya, Kanan melihat hantu wanita itu masih berdiam di kamarnya. Takut, ia pun merengek meminta tidur bersama Anu. Anu pun akhirnya setuju. Namun, Kanan yang ketakutan terjaga sepanjang malam.

Pagi harinya, Kanan kembali ke kamarnya dan menemukan si hantu masih di sana. Ketakutan membuat salah satu pelayan di rumah Anu salah paham kepada Kanan. Ketika menyadari keberadaan Kanan, si hantu pun mengejar. Membuat Kanan ketakutan hingga jatuh ke dalam bak mandi. Hantu bernama Shashi (Anushka Sharma) itu akhirnya mengerti kenapa ia terjebak di rumah mewah itu. Itu karena Kanan menikahi pohon yang merupakan tempat tinggalnya, lalu menebang pohon itu. Karenanya, Sashi terikat dengan Kanan. Menurut Sashi, ia baru bisa terbebas dari Kanan jika Kanan mati. Kanan yang tidak mau mati muda pun bertanya apakah ada jalan lain untuk membuatnya lepas dari Sashi selain kematian. Sashi mengatakan tak tahu dan merasa dirinya memang terlahir sebagai hantu. Ketika Kanan bertanya, apakah sebelum menjadi hantu Sashi pernah hidup seperti dirinya, perlahan ingatan Sashi tentang siapa dirinya pun terungkap.

Waktu nonton film ini, nggak jauh beda kayak film India bertema romance kebanyakan. Yang ditonjolkan adalah kehidupan mewah dari dua keluarga kaya raya yang anak-anaknya saling jatuh cinta. Suer itu rumah keluarga Anu super gede kayak istana. Rasa komedinya juga nggak jauh beda dari film India yang sudah saya tonton. Misalnya kesalahpahaman antara pelayan keluarga Anu dengan Kanan. Hampir sama dengan kesalahpahaman dalam film Kal Ho Na Ho.

Film ini menceritakan kisah cinta dua pasang kekasih yaitu Kanan dan Anu di tahun 2017. Dan, kisah cinta Sashi di masa lalu. Fokusnya lebih ke kisah cinta Sashi di masa lalu. Ternyata Sashi adalah hantu yang terjebak di dunia selama 98 tahun lamanya.

Awalnya saya sempet nebak Sashi matinya dibunuh di pohon yang dinikahi Kanan. Karena itu, arwahnya terikat di sana. Tapi, setelah nonton nebak lagi kalau Sashi matinya bunuh diri di pohon itu. Ternyata bener. Sashi matinya gantung diri di pohon yang dinikahi Kanan.

Film ini boleh dibilang versi lain dari Romeo and Juliet. Atau, Romeo and Juliet versi India. Sashi jadi Juliet dan penyanyi Roop Lal 'Phillauri' (Diljit Dosanjh) yang jadi Romeo. Juliet sama-sama mati bunuh diri. Tapi, Romeo di film ini nggak mati bunuh diri. Tapi, dibunuh. Nah, ini juga bikin saya nebak-nebak. Awalnya saya kira kakaknya Sashi yang jahat. Tapi, ternyata kakaknya Sashi baik banget. Beneran merestui hubungan Sashi dan Roop.

Film ini juga mengangkat tragedi kelam di Amritsar pada tahun 1919. Sashi nggak bisa bersatu sama Roop itu karena takdir dan Sashi akhirnya bunuh diri karena Roop nggak dateng di hari pernikahan mereka. Mungkin karena malu. Sashi udah hamil anak Roop, tapi batal nikah.

Konflik kenapa kakak Sashi nggak restuin hubungan Sashi sama Roop adalah konflik umum yaitu tentang perbedaan kasta. Sashi gadis terhormat, sedang Roop berasal dari kasta sudra/gembel. Sashi seorang penyair hebat yang menggunakan nama samaran Phillauri. Sedang Roop adalah seorang penyanyi. Ketika saling jatuh hati, Sashi menulis puisi dan Roop menyanyikannya, menjadikan puisi Sashi sebagai lirik lagu.

Film ini juga tipe film CLBK, cinta lama belum kelar. Di ending sukses bikin saya mewek. Kekeke.

Semua konflik selesai dan teka-teki terjawab. Masalah pada kisah cinta Kanan dan Anu, juga kisah cinta Roop dan Sashi.

Merasa nggak rugi udah mencuri waktu selama dua jam untuk nonton film ini. Hehehe. Sebenernya saya lagi sok sibuk-sibuknya hingga sengaja nunda nonton film yang udah saya download. Tapi, pada film ini saya memberikan dispensasi. Semalam sengaja begadang buat nonton. Ternyata filmnya bagus. Jadi, nggak merasa rugi. Kekeke.

Makasih Nurse Nila. Rekomendasi filmnya bagus.

Untuk review film lainnya bisa cek di sini 





Tempurung kura-kura, 19 April 2019.
- shytUrtle -


 

You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews