Terima Kasih 2018

04:33


Terima Kasih 2018


Setiap tahun selalu mempunyai kisah sendiri-sendiri. Pun demikian dengan tahun 2018. Subhanallah. Alhamdulillah masih diberi umur hingga bisa menjalani nikmatnya kisah hidup sepanjang 2018.
Sejak akhir tahun 2014 jalan hidup saya memang sedikit berbeda dengan kehidupan sebelumnya. Berawal dari Oktober 2014 ketika saya mulai merasakan gejala mual di pagi hari. Hingga November 2014 divonis GERD dan Desember 2014 bed rest sebulan penuh. Alhamdulillah Maret 2015 udah mulai beraktivitas. Sejak saat itu setiap detik dari hidup saya adalah perjuangan. Hehehe. 2016 alhamdulillah semakin membaik dan 2017 boleh dikatakan saya udah bebas sensasi yang amat sangat mengganggu sekali pakek banget. Tahun-tahun penuh perjuangan yang alhamdulillah menempa saya untuk jadi lebih dewasa. Inshaa ALLOH...
Satu hal yang saya syukuri, walau kondisi up and down, naik turun, dari tahun 2015 saya masih bisa beraktivitas. Bahkan, masih bisa pergi keluar kota. Itu prestasi banget sejak saya kenalan sama GERD dan anxiety. Hehehe.
Ini nulisnya sambil inget-inget apa aja yang terjadi sepanjang tahun 2018. Sebenernya beberapa kisah udah saya tulis dan pos di Plukme. Sayangnya Plukme kayaknya lagi mengalami keeroran hingga web-nya tidak bisa ditemukan. Sedang cadangan catatan di ponsel sudah saya hapus. Ya sudah, mari mengandalkan memori otak saja. Heuheuheu...
Awal tahun saya sempat mengklaim jika 2018 adalah tahunnya Jagiya—motor bebek jadul punya saya. Tahun 2018 kemarin waktunya Jagiya servis turun mesin dan ganti plat. Untuk saya sendiri waktunya perpanjangan SIM. Ini mah puyeng urus duitnya. Kekeke.
Dimulai dengan servis total. Turun mesin. Karena nggak tega lihat Jagiya dibedah total—baca aja males—saya pasrahin itu Jagiya ke Paklek. Minta tolong dibenerin semua. Alhamdulillah cukup. Bulan Juni tiba, giliran urus ganti platnya. Karena sebelumnya perpanjangan ribet dan saya terpaksa bawa Jagiya ke bengkel karena tidak bisa gosok sendiri. Akhirnya milih pakek biro jasa aja. Kebetulan kakak iparnya temen ada yang bekerja di bidang itu. Alhamdulillah dibantuin. Agak lama karena mepet lebaran. Alhamdulillah urusan Jagiya beres dan dana yang disiapin cukup.
Ganti urusan perpanjangan SIM di bulan Juni juga. Selesai lebaran baru urus. Dan karena sehabis libur panjang, membludak dong yang mau urus perpanjangan SIM. Ngurus SIM ini rame rasanya. Kekeke. Pesan saya, tetaplah berada di jalur yang benar. Jangan nikung kayak saya. Ndak selalu happy ending soalnya. Hahaha. Sebenernya kalau bisa diurusin biro jasa juga, saya mau. Urus sendiri suer capek gila. Tapi, seru juga. Untungnya ada temen yang juga urus. Jadinya nggak boring pas ngantri dari jam 7 pagi sampai jam 2 siang. 8 jam an lah. Dan yang bikin saya lega, air toilet lancar. Wkwkwk. Kebahagiaan kaum beser like me.
Itu cerita tentang Jagiya. Patner jalan-jalan yang setelah di servis total malah jarang di ajak jalan-jalan. Hehehe. Kudu ngirit ya pren. Maafkan daku. Beruntungnya kamu masih berguna buat orang-orang di sekitarmu. Alhamdulillah.
Januari mulai belajar masukin uang ke dalam botol. Ini ajarannya si Finda. Dimotivasi juga sama Linda. Kalau Finda yang ngajarin pakek botol Aqua gede. Kenapa botol? Karena murah. Wkwkwk. Bukan sih, karena kalau botol kita susah mau ambil. Jadi walaupun kepepet itu duit inshaa ALLOH bakalan tetep aman. Nah, kalau Linda masukin duitnya ke celengan. Dia memotivasi karena bisa nonton konser Kpop—MUBANK Indonesia dan konser GD—dari hasil masukin uang kayak gitu. Motivasi saya? Saya pengen ke Jogja di tahun 2018. Kenapa Jogja?
Alhamdulillah saya dikasih kesempatan buat jadi moderator di grup GAI. Grup yang banyak membantu saya untuk sembuh dari GERD dan anxiety. Nah, karena tergabung dalam grup khusus admin dan moderator, saya dapat bocoran kalau tahun 2018 di Jogja mau ada seminar GERD dan anxiety. Kebetulan saya juga ada tugas yang belum dilaksanakan yaitu ke Jogja. Karena itu saya punya target 2018 ke Jogja. Karena itu juga saya getol masukin uang dalam botol. Hehehe.
Udah ngatur rencana, Agustus harus ke Jogja. Datang ke seminar sekaligus menyelesaikan misi yang diberikan pada saya. Tapi, manusia hanya bisa berencana. Tetep Tuhan Yang Maha Menentukan. Rencana berangkat Agustus, sama Tuhan diberangkatkan Juli. Alhamdulillah syukuri aja.
Pengalaman pertama beli tiket kereta api secara online. Ini udah saya bahas, tapi pos di Plukme. Mungkin nanti saya tulis ulang dan saya pos ulang. Beli tiket online itu seru. Serunya bisa dapat kortingan dan bisa nentuin tempat duduk sendiri. Tahun 2013 ke Jogja beli tiket di tempat. Kursi apa kata Mbak yang jual tiket. Kemarin beli online, bisa milih kursi sendiri. Karena baru pertama kali, nanya di grup Anxiety Pelakor, akhirnya dipandu sama Mbak Di. Alhamdulillah dapet kursi nyaman—deket toilet sama deket pintu—plus dapat diskonan banyak. Mbak Di yang kasih informasi kalau ada diskonan di Tiket.com. Makasih Mbak Di.
Karena beli online, jadi pengalaman cetak ke stasiun juga. Sempet ndak ngeh. Untung dibantuin sama mamas baik hati. Kekeke. Dan saya ternggumun-nggumun liat perubahan stasiun Kota Baru. Maklum 5 tahun ndak ke stasiun. Hehehe.
Akhirnya berangkat Juli dengan naik kereta api kelas ekonomi. Karena berdua dan perjalanan pagi, jadi pilih kelas ekonomi. Pengen rasain aja gimana. Nyaman juga sih. Ya tetep lebih nyaman yang eksekutif dong ya. Hehehe. Pengalaman baru dan itu menyenangkan. Alhamdulillah tugas ke Jogja kelar di bulan Juli. Tapi, Agustus batal berangkat lagi buat seminar. Hikmahnya berangkat bulan Juli, laut masih tenang. Jadi bisa dengan nyaman main-main di Parangtritis. Kalau nggak salah bulan Agustus itu laut mulai gelombang tinggi yang airnya sampai tumpah ke daratan. Tuhan memang selalu memberikan apa yang kita butuhkan. Subhanallah. Alhamdulillah.
Untuk urusan misi, bahasanya apa banget dah. Misi. Hehehe. Alhamdulillah untuk misi ke Blitar juga di berangkatkan tahun 2018 pada bulan Desember kemarin. Tuhan Maha Asik. Kejutannya selalu bikin senyum. Kita boleh aja berencana dan berusaha. Setelah itu biar Tuhan yang ngatur dan menentukan. Kisahnya bakalan lebih indah. Hehehe.
Urusan nge-trip alhamdulillah sepanjang 2018 bisa seneng-seneng sama temen dan keluarga. Entah itu wisata alam atau wisata kuliner. Alhamdulillah keturutan jalan sama bojone Daniel juga. Linda. Kekeke. Bojone Jeje dan bojone Daniel ngedate. Kekeke. Bisa balik ke Coban Bidadari juga. Sama Jagiya yang disetirin Rama. Anak mbarepku udah SMA. Dulu kemana-mana dibonceng, sekarang saya yang dibonceng. Hehehe.
Berhubungan sama Kpop nih ya, tahun 2018 ditemenin Wanna One. Comeback nulis fan fiction dengan cast mereka. Kenal mereka di pertengahan 2018. Kalau nggak salah inget nih. Gara-gara Linda, Nao, dan Rania. Oke akhirnya comeback nulis fanfic dengan cast sebelas dedek emesh nan tampan bentukan Produce 101 season 2 itu. Maybe nanti saya bikin catatan khusus tentang mereka.
Untuk urusan nulis, saya benar-benar bersyukur di tahun 2018 ini. Berkah berkelimpahan untuk urusan nulis. Bisa gabung proyek antologi. Pertama kalinya gabung proyek NUBAR (Nulis Bareng) dari Ae Publishing. Oya, bahas ini jadi inget. Tahun 2018 awal, bulan Maret kalau nggak salah itu tipes kambuh. Udah hampir rawat inap, tapi ndak dapat kamar di puskesmas. Akhirnya bed rest di rumah. Waktu kondisi dirasa udah baikan, diajak main ke Sumber Maron. Pulang dari sana drop lagi dan harus bed rest lagi. Mau rawat inap ndak dapat kamar lagi. Akhirnya bed rest lagi di rumah.
Ketika sakit itu lah saya ikutan proyek NUBAR. Alhamdulillah dibantu sama kakak-kakak tim. Jadi langsung saya copas ke badan Email. Dibantu editing dan segala macemnya. Dan, pertama kalinya saya dapat E-sertifikat.
Saya iseng ikutan proyek nulis dari Mbak Nisa, CEO-nya Ae Publishing. Alhamdulillah lolos seleksi. Ikutan lomba nulis cerpen horor di Be Javu Team, alhamdulillah lolos juga. Masuk untuk di bukukan. Banjir E-sertifikat deh. Hehehe.
Alhamdulillah ikutan paket terbit gratis di Pena Borneo. Jadi, anak kedelapan lahir berkat Pena Borneo. Dapat E-sertifikat lagi. Saya dapat dua paket terbit gratis di Pena Borneo. Alhamdulillah dua buku terbit di Pena Borneo. Satu lagi inshaa ALLOH tahun 2019 awal baru terbit.
Alhamdulillah dapat kerjaan yang masih ada hubungannya sama dunia nulis juga. Sebenernya tiga tawaran, tapi satu saya merasa ndak mampu jadi ndak berani ambil. Akhirnya terima dua saja. Kembali jadi ghost writer. Hehehe. Bedanya kalau sekarang bener-bener dibayar. Alhamdulillah.
Hal yang paling bikin saya terkejut adalah lolosnya cerpen yang saya kirim dalam seleksi Cerpen Haru yang digelar diadain Penerbit Haru. Sumpah ini kejutan banget. Pertama kali ngirim langsung lolos dan terbit. Happy banget jadinya. Maklum Penerbit Haru adalah penerbit favorit saya. Cerpen bisa lolos tentu aja bikin happy banget. Hehehe.
Tuhan memberi saya banyak kejutan di tahun 2018. Subhanallah. Alhamdulillah. Belajar banyak hal dan mendapatkan banyak hal. Alhamdulillah tahun 2018, mbak dan adek saya nikah. Saya kapan? Inshaa ALLOH kalau Tuhan ngasih rezeki dan waktunya tiba. Bukankah semua hanya perkara waktu? Dan, juga takdir. Kalau nasih inshaa ALLOH saya bisa ubah, tapi takdir? Itu mutlak kuasa Tuhan.
Ada peristiwa yang... apa ya cukup bikin saya down lah di tahun 2018. Entah kebetulan atau memang ramalannya tepat. Jadi, waktu main ke Jogja, saya menyempatkan berkunjung ke Alun-alun Kidul atau yang akrab disapa Alkid. Dari pertama main ke Jogja belum ada rezeki berkunjung ke Alkid. Alhamdulillah tahun 2018 diberi kesempatan berkunjung.
Ke Alkid ngapain sih? Tentu aja cobain ritual Laku Masangin dong! Alhamdulillah rezeki saya berhasil lolos lewat di tengah dua pohon beringin di tengah-tengah Alkid. Setelah sukses, saya kembali pada bapak-bapak yang membantu saya, mengajari saya cara yang benar untuk melakukan ritual Laku Masangin. Beliau katanya abdi dalem keraton. Nah, setelah selesai dengan ritual, beliau pun meramal saya. Salah satu isi ramalannya adalah akan ada dua cowok yang datang ke kehidupan saya. Bahkan sampai dikasih tahu inisialnya juga.
Ndilalah kersana Gusti ALLOH kok beneran ada. Intinya karena emang udah umur, jadinya ada yang mau jodohin gitu. Agak maksa pula. Sampai bikin heboh pula. Pokoknya bikin saya sampai histeris. Lebay ya? Emang bikin sumpek sih. Hehehe. Terserah dikatain pilih-pilih, ndak laku-laku dan sejenisnya. Yang pasti nikah itu bukan balapan. Dan, nikah buat selamanya. Jadi, wajar dong kalau saya berhati-hati dalam memilih pendamping hidup? Lagi pula, saya bahagia dengan hidup saya yang sekarang. Masalah nikah atau nggak, opo jare seng ngecet lombok. So, woles aja people.
2018 Tuhan juga membantu saya untuk menyelesaikan satu kewajiban saya. Alhamdulillah banget tentang ini. Semoga selalu dibimbing agar tetap bisa amanah dan lebih hati-hati lagi dalam menjalani kehidupan.

Terima kasih Tuhan untuk sepanjang tahun 2018. Kau memberiku banyak momen indah dan manis. Kau memberiku banyak keberkahan dan kebahagiaan. Terima kasih untuk membuatku menyelesaikan beberapa PR dan tanggung jawab. Terima kasih telah memberiku banyak kejutan yang tak hanya membuatku tersenyum, tapi juga membuatku menangis histeris. Cara-Mu ngajak aku guyon benar-benar super. Cara-Mu membuatku untuk jadi lebih dewasa dalam menjalani hidup benar-benar amazing! Novel tentang hidupku yang Engkau tulis di tahun 2018 ini benar-benar membuatku tersenyum takjub, tapi juga nangis kejer.
Terima kasih Tuhan untuk sepanjang tahun 2018 ini. Engkau mengajarkan aku banyak hal. Mempertemukan aku dengan orang-orang keren. Memberiku kesempatan untuk belajar banyak hal baru. Semua yang terjadi di sepanjang 2018 ini adalah karena-Mu. Karena kehendak-Mu.
Tolong, tetap bimbing dan tuntun aku di tahun 2019 nanti, Tuhan. Tolong jangan lepaskan aku. Tanpa-Mu, aku bukan apa-apa. Jika aku salah, tolong tegur aku. Tolong bantu aku agar menjadi manusia yang lebih baik lagi di tahun 2019 nanti. Hanya kepada-Mu aku bergantung.
Bagiku tahun 2018 adalah tahun yang penuh kejutan. Tidak hanya kejutan membahagiakan yang bikin aku senyum sambil nangis karena haru. Tapi, juga kejutan yang bikin aku nangis histeris. Hehehe. Kisah yang ditulis Tuhan buatku benar-benar amazing. Tuhan mewujudkan beberapa harapanku di tahun ini. Rencana yang aku buat dan aku pasrahkan pada-Nya jadi lebih indah ketika berjalan sesuai rencana-Nya. Subhanallah. Alhamdulillah.
Masih terus belajar untuk jadi manusia yang lebih baik lagi. Masih banyak PR yang harus dikerjain di tahun 2019 nanti. Tolong tetap bantu hamba-Mu ini ya Tuhan. Harapan terbesar saya, satu keinginan hamba itu terkabul di Tahun 2019. Semoga Engkau akan memberikannya untukku. Semua aku pasrahkan pada-Mu.
Kalimat terindah yang saya dapatkan di tahun 2018 ini adalah "Terima kasih. Kamu sudah mewujudkan impianku." Rasanya seneng dan haru waktu denger kalimat itu. Mewujudkan mimpi memang tidak mudah. Ketika bisa sama-sama mewujudkan mimpi, subhanallah bahagianya.
Terima kasih 2018. Terima kasih untuk semua kenangan manis, masam, happy, sad. Selamat datang 2019. Semoga bisa menjadi manusia yang lebih baik di tahun 2019. Aamiin... Happy new year everyone. Semoga di tahun 2019 kita semua dilimpahi berkah kesehatan, keberkahan umur, dan kebahagiaan. Aamiin...

Tempurung kura-kura, 18 Januari 2019.
- shytUrtle -


You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews