Manfaat Air Kelapa Untuk Wajah

04:34


Manfaat Air Kelapa Untuk Wajah


Menjelang akhir tahun lalu saya mengalami sedikit gangguan pada wajah. Bermula dari gantinya produk pelembab yang biasa saya pakai sejak masih SMA dulu. Pelembab yang biasanya berbentuk cream itu dalam varian barunya berganti gel. Ketika menggunakannya, entah karena masih penyesuaian atau apa, kulit saya jadi berubah. Yang biasanya lembut dan terasa lembab jadi kering. Parno dong! Habis satu tube, muka saya makin parah. Saya mikir, wah kayaknya nggak cocok sama formula baru ini. Akhirnya saya memutuskan untuk ganti pelembab.
Masih dari merk yang sama. Hanya saja saya memilih series yang sesuai sama usia saya. Ya biar kayak di iklan-iklan gitu. Hehehe. Karena masih percobaan, saya beli paket kecilnya saja. Awal pemakaian terasa panas di kulit dan kulit jadi kering. Saya pikir, oh masih penyesuaian. Nggak papa lah pakai sampai tiga minggu dulu—yang pada prakteknya jadi satu bulan lebih. Kulit makin kering. Ah, nggak cocok ini mah! Cari ganti lagi.
Ganti merk. Ikutan pakek series dari merk kosmetik lain yang dipakai ibu saya. Ibu cocok pakek series itu. Kebetulan sesuai sama usia saya juga. Sok kepedean langsung beli seriesnya yang paket besar. Biar lebih murah juga. Hasilnya sama kayak percobaan pertama. Oh, mungkin tidak cocok dengan varian ini. Ganti aloe vera series. Jerawat bermunculan. Ganti lagi acne series. Bukannya membaik, jerawat makin bejibun.
Frustasi, iya lah. Muka yang tadinya fine aja malah jadi hancur. Ini muka emang nggak halus banget. Saya ada milia, itu dapet turunan dari Ibu. Tapi, walau nggak halus, sebelumnya muka saya lembab lah. Nggak bermasalah. Waktu tiba-tiba muncul jerawat bejibun, gede-gede pula, panik lah. Akhirnya saya stop pakai pelembab apa pun. Udah lempar kasih bulek kasih mbak sepupu.
Saya teringat sama salah satu saudara saya yang pernah ada masalah sama wajahnya, trus sama Nyai Wening disuruh rajin cuci muka pakai air kelapa. Ajaibnya itu gangguan kulit wajah beres. Penasaran, saya pun nanya langsung ke Nyai Wening dan ke saudara saya. Nyai Wening iyain saya yang bilang mau ikutan terapi air kelapa. Disuruh pagi sama sore cuci muka pakek air kelapa. Tanpa menggunakan pelembab apa pun. Jadi, murni pakek air kelapa doang.
Kebetulan saya hidup di desa, deket pasar pula. Alhamdulillah. Saya nitip Ibu air kelapa. Alhamdulillah gratis. Gatau deh kalau di kota apa bisa dapat air kelapa gratis dari penjual kelapa di pasar. Sekali minta satu botol air mineral ukuran besar. Setiap pagi sama sore cuci muka pakai segelas air kelapa. Satu botol bisa jadi tiga hari.
Caranya gampang banget. Cukup cuci muka dengan segelas air kelapa di pagi dan sore hari. Selesai cuci muka, tepuk-tepuk wajah dengan pelan. Lalu tunggu sampai mengering dan bilas dengan air biasa (bukan air dingin atau air hangat).
Dua bulan saya rutin cuci muka pakai air kelapa tanpa memakai pelembab apa pun. Alhamdulillah masalah kulit yang saya alami teratasi. Jerawat yang sebelumnya bejibun perlahan hilang. Muka kembali normal.
Memang pakai cara alami kayak gini hasilnya agak lama. Tapi, itu benar-benar bekerja. Kita kudu sabar dan telaten aja. Maklum, sesuatu yang alami itu hasilnya tidak bisa instan. Namun, pelan-pelan tapi pasti. Dan, hasilnya inshaa ALLOH awet. Walau sekarang kulit wajah udah balik normal dan saya udah bisa pakai pelembab lagi. Saya tetap rutin cuci muka dengan air kelapa. Bedanya, sekarang hanya sekali sehari di pagi hari saja.
Silahkan dicoba bagi yang punya masalah wajah seperti saya. Siapa tahu cocok juga. Maaf tidak ada foto before dan after. No foto hoax? Hehehe. Terserah deh. Yang penting saya udah buktiin.
Semoga bermanfaat. Maaf jika ada salah kata. Terima kasih.

Tempurung kura-kura, 16 Januari 2019.
- shytUrtle -


You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews