[181230] One Day Trip To Blitar #1 - Wisata Kuliner Soto Daging Bok Ireng “Bu Tin”

05:23


[181230] One Day Trip To Blitar #1 - Wisata Kuliner Soto Daging Bok Ireng “Bu Tin”





Alhamdulillah akhirnya perjalanan yang direncanakan dari tahun 2017 bisa terwujud di akhir tahun 2018. Hehehe. Setahun bok! Seingatku mulai bikin rencana perjalanan ke Blitar bulan Oktober tahun 2017. Sama Tuhan dikasih rezeki berangkat Desember 2018. Alhamdulillah. And this is my story about one day trip to Blitar, road to Candi Penataran.
Nulis catatannya agak telat pakek banget. Maaf ya. Sepulang dari Blitar saya tepar. KO. Jadi bed rest selama seminggu lebih. Heuheuheu...
Bingung dah mau mulai dari mana. Hahaha. Jadi gini, sebelumnya maybe aku udah pernah nulis kalau sebenernya tugas negara yang harus diemban itu ke Jogja dan ke Blitar. Cuman masalah waktu free. Terserah mau ke Jogja dulu apa ke Blitar dulu. Ndilalah kersane Gusti ALLOH diriku diberangkatkan ke Jogja dulu pada bulan Juli tahun 2018. Sehabis dari Jogja, banyakan diem di rumah. Nggak ada main-main baik ke tempat deketan rumah. Palingan keluar buat wisata kuliner doang.
Alhamdulillah akhir tahun 2018 itu bisa bersantai walau nggak ikutan liburan kayak anak sekolahan. Kerjaan nyantai banget. I enjoy it. Desember bener tetep kerja, tapi karena santai jadi berasa libur. Hehehe. Sama sekali nggak punya rencana liburan. Cuman wisata kuliner sama Kelinci ke Tangkilsari dan sama Linda wisata kuliner masakan Korea.
Kalau liburan ponakan pada pulang kampung. Liburan di Wates city tercinta. Dan biasanya kita di markas Sarang Clover adain trip tipis-tipis giti deh. Sekedar renang bareng ke Umbulan atau naik-naik ke Gubugklakah. Liburan kali ini pun Witch udah ngasih kode dengan kirim pesan via WhatsApp yang isinya, “Budhe, kalau aku mudik ke Wates ajak o dolen lho ya.”
Tahun berapa sih itu emang kita main-main ke Nusa Pelangi sama ke GSS di Gubugklakah sono. 2016 kalau nggak salah. Nah, tahun ini pengennya main bareng aku. Muter otak, mikir nyari tempat rekreasi yang deketan dan aman buat anak-anak. Inget ada Taman Keceh waktu chat sama Linda. Tapi, kendalanya kalau naik motor kita kekurangan driver. Akhirnya liburan kita di Sarang Clover ada trip rute pendek ke Taman Keceh dengan naik miyek aka mikrolet. Hehehe. Seneng banget bisa liburan bareng sama para penghuni Sarang Clover walau lagi-lagi ndak semuanya ikut. Bahagia itu nggak harus mahal kan.








Beres dengan liburan bersama ke Taman Keceh, tiba-tiba Mbak Bidha nyeletuk, “Gimana kalau kita ke Blitar?” Karena intip dana simpenan dolen masih ada, tanpa pikir panjang langsung bilang, “Oke. Kapan? Biar satu tugasku kelar. Januari dah mulai kerja lagi deh.” Setelah rundingan, akhirnya deal kita berangkat ke Blitar hari Minggu, 30 Desember 2018.
Sempet mikir, duh masa perjalanan ini gagal? Karena dapet sewa mobil, tapi ndak ada sopirnya. Galau jadinya. Alhamdulillah ada tetangga yang bisa bantuin nyopir. Di saat seperti ini keinginan pengen les nyetir mobil muncul lagi. Wkwkwk. Kan enak kalau bisa nyetir, tinggal nyewa mobil bae kan. Wujudin deh, kura! Hehehe. Semoga lah tahun ini ada rezeki. Aamiin...
Akhirnya hari Minggu kami pun berangkat ke Blitar juga. Start pukul 06.30 pagi dari markas Sarang Clover. Kita berangkat berdelapan sama sopir. Diiringi hujan gerimis. Ya ampun syahdu banget sih. Aku duduk di bangku tengah sama Memes dan Rara. Di depan ada Bapak nemenin sopir. Di belakang ada Mbak Bidha, Afra, dan Mas Hadi—kakak ipar. Bismillah, perjalanan pun dimulai.

Karena dasarnya emang mabukan alias gampang mabok darat, biasanya aku disuruh duduk di depan di samping pak sopir. Tapi, hari Minggu kemarin aku merasa ah I’m fine duduk di bangku tengah. Perjalanan sebelumnya oke aja dan nggak mabok. I feel fine sampai hampir separo perjalanan. Tapi... sialnya itu rasa mual dan pusing nongol. Aduuh ini apa banget! Akhirnya minum antimo sebagai tindakan pencegahan.
I wish itu antimo segera bekerja. Harusnya emang dikunyah, tapi aku telen aja. Walhasil ndak kunjung bekerja deh obatnya. Mas Dian yang sopirin mobil rada ngebut pula bawa mobilnya. Kombinasi yang sempurna. Kekeke. Akhirnya kibarin bendera putih tanda nyerah dan bilang ke Memes, “Mom, aku kudu mutah. Kresek ada nggak?”
Memes gerak cepat. Nyari kresek buat aku. Biasanya aku siapin kresek di tas. Tapi, karena kepedean nggak bakalan mabok, sengaja nggak bawa kresek di tas. Ternyata tumbang. Setelah obrak-abrik perbekalan, Memes nemuin kresek hitam dan kasih ke aku. Memes itu Ibu. Hehehe. Kreseknya gede banget. Don’t care lah! Masukin muka ke dalam kresek. Rasanya udah kayak di leher aja itu, tapi nggak kunjung muntah. Pusing makin menjadi. Tersiksa. Sampai nangis. Heuheuheu...
Memes sampai tuker posisi sama Rara. Rara sebelumnya di tengah, karena aku mabok, gantian Memes yang di tengah. Bantuin pijit tengkuk biar aku cepet muntah. Tapi... nihil. Nangis lah aku. Gara-gara mabok aku nolak buat di ajak berhenti di Lahor. Ntar aja kalau pulang. Lahor nurut aku lebih kece kalau senja. Jadinya aku nolak dan minta ntar pulang aja berhenti di Lahor kayak pas ke Blitar sebelumnya. Pas pulang ternyata hujan deres. Batal deh abadiin momen di Bendungan Lahor. Ini aku kasih foto lama tentang view di Waduk Lahor. Ini foto tahun 2015 waktu main ke Blitar.


Sumpah nyiksa banget itu mabok tapi ndak bisa muntah. Alhamdulillah nyampek di rumah Emak—sodara dari kakak ipar—yang lokasinya ada di Sebeng, Blitar. Begitu mobil berhenti, aku langsung turun dengan langkah gontai menuju teras dan langsung duduk di sana. Yang punya rumah sampai bingung liat tingkahku. Hehehe. Begitu liat tempat sampah, aku langsung nanya, “Mbah, niku tempat sampah nggeh?”
Mbah Budhe yang masih kebingungan cuman nganggukin kepala sambil jawab, “Enggeh.”
Lalu aku melihat toilet dan bertanya, “Kalau niku kamar mandi nggeh Mbah?”
Mbah Budhe masih bingung dan lagi-lagi menganggukkan kepala sambil menjawab, “Enggeh. Monggo kalau mau ke kamar mandi.”
Masih dengan gontai aku beranjak, membuang sampah ke tempat sampah dan masuk ke toilet. Berharap bisa muntah di sana. Hasilnya tetep nihil. Gusti... tolong hamba-Mu ini.
Keluar dari toilet, ternyata semua udah turun dari mobil. Aku pun masuk ke ruang tamu sambil cengar-cengir. Mbah Budhe baru ngeh kalau kami rombongan dari Malang setelah Kakak Ipar turun. Maklum lama ndak ketemu mungkin pangling sama aku. Hehehe. Maaf ya Mbah Budhe, dateng tiba-tiba duduk nggleso di emperan. Heuheuheu...
Rasa sakit itu belum hilang. Harapan cuman satu: bisa muntah. Lalu minum air putih banyak-banyak. Bekal yang selalu ada di tas ini mah. Hehehe. Sehabis minum air putih, buru-buru ke kamar mandi lagi. Rara ikutan, bantuin pijit tengkuk. Alhamdulillah bisa muntah. Aku malu dong sama Rara. Hahaha. Bukan omma yang ngrawat Rara, tapi Rara yang ngrawat ommanya. Heuheuheu... makasih Nduk. Maaf omma merepotkanmu.
Kejadian lucu pas berdua di kamar mandi sama Rara tuh pas aku udah bisa muntah, si Rara malah liatin itu barang menjijikan yang baru keluar dari mulutku. Yelah begini ditulis juga. Kan kudu eksplisit tho. Wkwkwk. Sorry ye too vulgar nulisnya.
”Udah jangan diliatin gitu dong! Jijik tahu! Maaf ya.” Aku negur Rara yang masih terbengong liat (maaf ya) muntahanku.
“Nggak, Ma. Aku baru tahu ini lho kalau makanan udah masuk lambung tuh jadinya kayak gitu.”
Tepok jidat Mas Jeje! Ampun dah ini anak. Sambil nyiramin muntahan, aku cuman bisa gelengin kepala mendengar alasan lugunya. “Ya kan udah dicerna sama asam lambung. Jadinya alus semua gitu.”
Rara manggut-manggut. Aku pun berterima kasih. Kami keluar kamar mandi bersama.


Liat aku mabok, Mas Dian minta maaf. Ternyata Mas Dian bawa mobilnya ngebut karena Mbak Bidha bilang trip kita hari itu ke Blitar sama ke Kediri. Pantesan aja ngebut. Khawatir waktunya nggak nutut. Setelah kita turun di Sebeng itu Mas Dian diajak ngobrol sama Bapak. Ditanyain kok bawa mobilnya ngebut banget. Bayangin aja, biasanya kita nyampek Blitar itu dua sampai dua setengah jam. Itu cuman satu setengah jam udah nyampek. Daebak banget kan! Akhirnya Bapak bilang nyantai-nyantai aja. Ke Kediri ntar bisa next time. Tau lah ya kalau mampir ke rumah sodara nggak bakalan bisa sebentar doang. Kayaknya Bapak dah feeling tuh nggak bakalan bisa ngrangkep ke Kediri.
Aku balik ke ruang tamu. Teh hangat udah tersaji di sana. Alhamdulillah. Aku pun mengambil segelas dan minum. Subhanallah. Nikmatnya. Mulut pahit dan perut yang kaku terasa hangat. Lalu, Mas Hadi belain panjat pohon kelapa buat metikin aku degan ijo. Alhamdulillah dapat tiga butir kelapa ijo. Sebutir aku minum airnya. Jadi keinget perjalanan ke Candi Borobudur. Setelah koleng karena antimo—minumnya mepet candi dan aku jadi sakau—aku dibeliin degan sama Mbak Ayu. Ceritanya kok hampir sama gini sih. Bentar lagi, habis minum degan pasti ngantuk. Itu beneran! Orang-orang ngumpul di ruang tamu saling bercerita, aku duduk gabung, tapi ketiduran. Wkwkwk. Maafkan aku. Sungguh ngantuknya tak tertahankan. Selain ngantuk, jadi beser. Pas mau lanjutin perjalanan, dua kali ke kamar mandi. Ampun! Ini mah sejarah terulang lagi namanya.


Melanjutkan perjalanan menuju Candi Penataran, aku disuruh duduk di bangku depan biar nggak mabok. Bapak gantian duduk di bangku tengah. Mas Dian bawa mobilnya juga udah nggak ngebut lagi. Udah santai. Dan, karena sama-sama nggak tahu jalanan Blitar—Mas Dian belum pernah nyopir ke daerah Blitar—kami mengandalkan panduan Google untuk menemukan Soto Daging Bok Ireng “Bu Tin”. Orang-orang ngiranya aku minta panduan ke Candi Penataran, tapi aku arahin dulu buat makan siang. Hahaha. Kebetulan udah masuk jam makan siang dan aku habis nguras. Jadi, isi perut dulu dong. Soalnya Googling tentang Candi Penataran areanya luas. Jadi, harus isi perut biar punya energi buat keliling candi. Posisi udah hujan waktu kami meninggalkan rumah Emak.
Waktu bikin rencana perjalanan ke Blitar, aku sempet nanya-nanya ke Mbak Dian, salah satu pegawai Puskesmas yang aslinya Blitar. Waktu itu rencananya mau one day trip ke Blitar naik kereta. Nah, Mbak Dian ini kalau mudik naik kereta. Jadilah nanya-nanya ke beliau. Mulai dari harga tiket kereta sampai rute ke Candi Penataran. Selain ke candi, apa ada tempat wisata yang satu jalur. Nah, Mbak Dian rekomendasiin kalau ke Blitar suruh cobain Soto Daging Bok Ireng “Bu Tin”. Katanya itu tempat makan udah legend banget. Mangkoknya pakek mangkok zaman dulu. “Makan di situ itu Mbak, satu nggak kenyang, dua nggak habis,” gitu kata Mbak Dian.
Penasaran dong aku. Karenanya diam-diam aku minta panduan buat nemuin warung legend itu dulu. Hehehe. Berkat panduan Google, kami pun menemukan warung Soto Daging Bok Ireng “Bu Tin”. Aku mah nggak tahu itu di bulet-buletin apa nggak sama Mbah Google. Sama-sama nggak tahu jalan Blitar soalnya. Hahaha.
Nyampek lokasi pas jam makan siang. Ini beneran di luar bayanganku. Aku pikir tempatnya besar dan luas kayak rumah makan modern gitu. Ternyata... nggak kayak gitu. Jadi macem kios kecil gitu. Apa sih ya warung kecil trus makannya di teras yang dikasih tenda. Nggak ada area parkirnya juga. Parkirnya ya di pinggir jalan raya. Tapi, jangan salah! Walau tempatnya kecil, rame! Yang dateng tuh mobil-mobil mewah. Koko-koko dan cici-cici yang tampan dan cantik. Bening ini mata liat wajah-wajah oriental. Hehehe.
Beneran kayak yang aku baca di artikel, yang jualan udah sepuh dan tetep mempertahankan warung seperti bagaimana awalnya usaha itu dirintis. Itu apa sih namanya, gerobak soto ya? Pokoknya yang itu lah. Tetep model jadul. Yang racik sotonya ibu sepuh itu. Mungkin beliau itu Bu Tin yah. Sayang nggak sempet fotoin walau aku sempet berdiri lama tak jauh dari tempat beliau berada. Terlalu ramai.
Setelah nunggu selama beberapa menit, akhirnya ada meja kosong yang cukup buat kami berdelapan. Alhamdulillah. Oya, yang bikin aku takjub juga itu mangkoknya. Kupikir kecilnya itu ya seukuran mangkok baso zaman aku SD. Ternyata lebih kecil dari itu sodara. Kalau di tempatku sini sih kayak mangkok dawetnya Wak Satamun. Dawet legendaris zaman aku SD. Yakin dah yang lain pasti pada syok juga. Wkwkwk.
Setelah duduk dan mengamati orang-orang yang pada makan, I know rombongan eike pada takjub liat mangkoknya. Hahaha. Aku sih senyum aja lalu nanya mau minum apa. Usai nyatet pesenan, aku berdiri untuk pesen ke ibu-ibu yang ladenin pembeli. Aku pesen 10 mangkok—padahal kami berdelapan—beserta minuman sesuai pesenan anggota rombongan. Anggota rombongan eike pada kasak-kusuk. Maklum, di tempat kami emang nggak ada warung macem gini. Nah, itu yang aku suka dalam setiap perjalanan. Try something different. Nyobain hal unik atau hal legend dari satu kota yang aku kunjungi. Kayak pas ke Jogja, makan siang di Kopi Klotok yang buat makan aja kudu baris panjang kayak sepur. Ini mah nggak ada apa-apanya dibanding perjuangan makan siang di Jogja. Hahaha. Sorry ya people, aku menyeret kalian ke cara menikmati perjalanan ala kurayui. Hehehe.
Pelayanannya nggak lama. Super cepet. Minuman cepat tersaji. Lalu mangkok-mangkok berisi soto daging. Set-set wes dah pelayanannya. Sepuluh mangkok pun tersaji. Karena Afra bobok, jadi sisa 3 mangkok. Aku, Rara, dan Mas Dian makan satu mangkok. Bapak dua mangkok. Dua mangkok yang tersisa dimakan bertiga sama Memes, Mbak Bidha, dan Mas Hadi. Sesuatu yang udah dilabeli legend itu memang beda ya. Dan, nggak pernah ngecewain. Thanks Mbak Dian atas rekomendasinya.
Oya, waktu pesen itu ditanyain sotonya pedes apa nggak. Aku minta nggak pedes dong. Karena ada anak-anak dan bayi. Tapi, kasih sambel kok sama ibunya. Walau mangkoknya mini, kecil, buatku porsinya pas. Kenyang makan seporsi. Isian sotonya ya kayak soto daging pada umumnya. Ada daging, taoge, seledri, koyah, dll. Dagingnya banyak walau mangkoknya kecil. Ada irisan apa sih kayak usus gitu. Enak. Nggak amis dan nggak enek juga makannya.
Satu porsi soto daging dihargai Rp. 10.000,- aja. Untuk minuman ada teh anget dan es teh. Es jeruk juga ada kayaknya. Aku lupa kapan hari pesen minumnya apa aja. Hehehe. Ada kerupuk juga yang kita bisa beli buat nemenin makan soto dagingnya. Murah banget nurut aku. Bersahabat lah sama kantong orang demen main dengan biaya minim macem eike. Hehehe. Untuk parkir mobil Rp. 3.000,- aja. Murah ya. Kirain lima rebu. Ternyata masih dikasih kembalian.

Niatnya pas makan siang mau sekalian nebeng pipis. Ternyata pas di lokasi, liat mungilnya warung dan ramainya pembeli, jadi lupa deh mau nanya toilet. Walhasil nyari pom bensin alias SPBU buat pipis. Nemunya di jalur menuju Candi Penataran yang lumayan jauh lokasinya. Untung bisa nahan. Kekeke...
Nah, kalau ke Blitar jangan lupa mampir ke Soto Daging Bok Ireng “Bu Tin” ya. Alamatnya di Jalan Kelud, Kepanjen Lor, Kepanjenkidul, Kepanjen Lor, Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur 66117. Ini alamat copy paste di Google. Hehehe. Pakai panduan Google aja kalau buta jalanan Blitar kayak kami.
Mencoba kuliner legend dari kota yang kita datangi adalah jejak yang membuktikan bahwa kita pernah berada di kota itu. Dan, kita menjadi bagian kecil dari sejarah tentang kota itu. Kenapa? Karena jika suatu saat teman kita ngomongin soal tempat legend itu, kita dengan bangga bilang, “Ah wes tahu!” Kekeke...
Oya, pas perjalanan dari Sebeng menuju Soto Daging Bok Ireng “Bu Tin” kami melewati hutan jati yang sekarang udah di sulap jadi rest area cantik. Ada tempat selfiable di tengah hutan jati. Sayang kami nggak berhenti. Lagi hujan deres pula. Kalau ke Blitar dan kecapean di jalan, boleh lah ngaso di sana baik saat berangkat atau balik. Ada kafenya juga lho! Dan ada deretan orang yang jual buah-buahan khas Blitar. Jadi, ngaso bisa sambil makan-makan dan berburu oleh-oleh.
Semoga tulisan ini bermanfaat. Maaf kalau ada salah kata ya. Di tulisan selanjutnya akan membahas tentang Candi Penataran. Terima kasih.

Tempurung kura-kura, 11 Januari 2019.
- shytUrtle -


 


You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews