Kesuksesan Lagu Black Pink - Ddu Du Ddu Du di Indonesia.

05:34


Kesuksesan Lagu Black Pink - Ddu Du Ddu Du di Indonesia.




Secara tidak langsung, beberapa tahun terakhir saya melakukan penelitian tentang lagu-lagu yang digunakan sebagai back sound saat karnaval Agustusan. Menurut saya, tolok ukur kesuksesan sebuah lagu adalah ketika semua kalangan mendengarkannya. Bukan hanya fans atau kalangan tertentu saja. Dan, menurut penelitian saya, itu bisa dibuktikan ketika karnaval Agustusan.
Kenapa begitu? Karnaval Agustusan adalah hiburan bagi rakyat kalangan menengah ke bawah. Jika sebuah lagu sampai digunakan sebagai back sound sebuah tim karnaval, maka sebagian besar rakyat pasti menyukai dan mendengarkan lagu itu. Bukankah pembentukan tim karnaval itu melalui sebuah musyawarah bersama? Termasuk tentang pemilihan lagu yang akan mengiringi langkah tim saat karnaval berlangsung. Lagu yang terpilih pasti lagu yang sedang tren disukai banyak orang.
Contoh lagu tren yang pernah digunakan sebagai back sound berjamaah oleh peserta karnaval adalah Sakitnya Tuh Di Sini milik Cita Citata. Kalau ini menurut saya wajar. Penyanyi Indonesia dan musiknya dangdut. Udah pasti banyak yang suka. Kalau lagu impor alias lagu dari luar yang pernah dijadiin back sound berjamaah adalah Chahun Main Ya Naa. Lagu India yang merupakan soundtrack dari film Aashiqui 2. Tapi, yang digunakan versi remix-nya. Bukan versi aslinya. Selain itu lagu Despacito juga pernah dijadikan sebagai lagu back sound berjamaah saat karnaval.
Ketika lagu Black Pink - Ddu Du Ddu Du mendunia, saya jadi penasaran. Pas karnaval ada yang pakek lagu itu nggak ya buat dijadiin back sound. Sebelumnya saya belum pernah menemukan lagu Kpop yang dijadikan sebagai back sound karnaval. Ini dalam karnaval yang saya tonton. Nggak tahu kalau di daerah lain.
Untuk lagu Kpop atau lagu Korea, kami dari Sarang Clover sempat menjadi penyebar virus. Setiap kali ada pementasan, kami menggunakan lagu Kpop untuk pasukan joged yang turut meramaikan pentas. Tahun 2017 kemarin, tim kami menampilkan dance cover versi zumba dari Momoland - BBoom BBoom.
Ini video penampilan tim kami di pentas Agustusan yang membawakan dance cover versi zumba dari Momoland - BBoom BBoom.

Beberapa tahun silam, saat lagu dari JTL yang berjudul My Lecon menjadi hits di Indonesia. Banyak tim yang menggunakan lagu tersebut sebagai lagu pengiring penampilan dance. Setelah itu, saya tidak pernah mendengar lagu Kpop dalam event non Kpop di sekitar saya, kecuali dari tim saya sendiri.
Dugaan saya benar adanya, lagu Black Pink - Ddu Du Ddu Du benar-benar sukses di Indonesia. Dari video kiriman Linda, ada tim karnaval yang memakai lagu Black Pink - Ddu Du Ddu Du. Berikut videonya.

Telinga saya sendiri juga pernah mendengar lagu Black Pink - Ddu Du Ddu Du diputar oleh salah satu sound system kenamaan di tempat saya. Truk pembawa seperangkat perlengkapan sound system itu hendak digunakan untuk karnaval.
Yang belakangan viral pun menunjukkan betapa suksesnya lagu Black Pink - Ddu Du Ddu Du di Indonesia. Yaitu video bocah yang menyanyikan lagu Black Pink - Ddu Du Ddu Du untuk meredam rasa takutnya ketika akan diimunisasi. Rupanya kata Ddu du ddu du dan Aye aye menjadi magnet untuk menarik semua kalangan termasuk anak-anak.
Lagu Black Pink - Ddu Du Ddu Du yang sukses ini pun membuat Shopee, salah satu situs belanja online terbesar di Indonesia menggunakan jasa Black Pink sebagai model iklan untuk program khusus ulang tahun mereka. Iklan Black Pink ini pun sempat viral karena ada pihak yang keberatan iklan tayang di jam program untuk anak-anak. Bahkan, sampai ada petisi untuk memboikot iklan Black Pink yang menjadikan pro dan kontra di kalangan netizen Indonesia.
Black Pink benar-benar daebak, kan? Saya bukan Blink, tapi saya menyukai beberapa lagu Black Pink. Bahkan, awalnya saya sempat hendak menggunakan lagu As If It's Your Last untuk tim saya. Sayang gerakannya cukup membuat anak-anak kesulitan saat berlatih. Sedang waktu latihannya cukup singkat.
Selamat ya Black Pink. Lagu kalian sukses di Indonesia. Walau saya bukan Blink, sebagai pendengar lagu Kpop dari tahun 2008 saya ikut senang ada lagu Kpop yang bisa membahana sampai disukai masyarakat luas non kpopers. Sukses buat Black Pink.
Btw, tahun 2018 kemarin saya dapat nama panggilan Mbak Black Pink dari owner Pondok Pizza Mondoroko. Kekeke. Padahal saya bukan Blink. Tapi, nomer kontak saya tetep dikasih nama Black Pink. Awalnya karena saya komentar promosi pizza yang pakek kata In Your Area. Karena saya sering update tentang Kpop juga, akhirnya dipanggilah saya sebutan Mbak Black Pink. Nomu kiyowo. Kekeke…


Catatan: Artikel serupa pernah saya pos di Plukme.

Tempurung kura-kura, 21 Januari 2019.
- shytUrtle -




You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews