[181230] One Day Trip To Blitar #2 - Candi Penataran

05:35


[181230] One Day Trip To Blitar #2 - Candi Penataran



Di tulisan sebelumnya udah cerita panjang lebar tentang setengah hari perjalanan ke Blitar. Nah, tulisan kali ini bahas lanjutannya.
Selesai makan siang di warung Soto Daging Bok Ireng “Bu Tin”, kami melanjutkan perjalanan menuju Candi Penataran. Lagi-lagi berbekal panduan Google karena sama-sama buta tentang jalanan Blitar. Di tengah perjalanan akhirnya nemu SPBU. Alhamdulillah bisa pipis. Hehehe.
Dua kali perjalanan ke Blitar (2015 dan 2018) nggak pernah kecewa sama toilet di SPBU Blitar. Airnya mengalir lancar dan bersih. Jadi, kalau beser kayak aku, jangan ragu buat mampir ke SPBU dan pipis di sana.
Tentang Candi Penataran udah nanya info ke Mbak Hesti Tina dan Mbak Ulik. Kalau kata Mbak Ulik, Candi Penataran lokasinya masih ndeso jadi susah penginapan. Rencana awal mau main ke sana naik kereta api di hari Sabtu, nginep dan balik hari Minggu. Mbak Ulik sempet nawarin tempat buat nginep dan siap nganterin ke candi. Sayangnya rencana ndak kunjung terwujud sampai di penghujung tahun 2018.
Pas mau ke sana ngabarin Mbak Ulik dan Mbak Hesti Tina. Kalau bisa sih pengen ketemuan gitu. Sayangnya keduanya kebetulan pas ada jadwal di hari Minggu itu. Ya sudah, belum rezeki buat ketemu. Kalau Mbak Hesti Tina udah bilang kabari aja kalau nyampek. Cuman pas nyampek lokasi, takut ganggu aja. Lagi hujan deres juga. Jadi sengaja nggak WA Mbak Hesti pas udah di candi. Maafkan daku, Mbak.
Dari warung soto lokasi candi kira-kira 20 menitan lah. Berbekal informasi dari Mbak Ulik, aku udah bayangin lokasi candi nggak beda jauh sama Candi Kidal lah. Masih sepi, hening, dan tenang. Tapi, ini jalan menuju candi kok rame banget ya kendaraan? Jadi ragu itu candinya sepi. Hehehe.
Sepanjang jalan menuju candi ada informasi tentang tempat-tempat wisata yang baru di buka. Kalau nggak salah ada Kampung Cowboy dan Kampung Indian. Pengen mampir sih, tapi kondisi hujan deres. Ya udah cuman bisa baca informasi sama bayangin kira-kira lokasinya kayak gimana. Heuheuheu...
Sepanjang perjalanan masih diguyur hujan. Daku galau dong. Kalau hujan gimana bisa keliling candi? Sepanjang perjalanan berdoa agar pas tiba di lokasi hujannya reda. Setidaknya sampai kami selesai berkeliling candi.
Waktu melihat gapura Selamat Datang di Kawasan Wisata Candi Penataran, seneng sekaligus nggumun. Takjub. Katanya daerahnya sepi, tapi kok begini rame? Jauh banget dari bayanganku. Super rame. Ternyata ada kolam renang kekinian di dekat lokasi candi. Oh, jadi itu sebabnya kawasannya jadi rame.
Mobil melaju pelan mencari tempat parkir. Alhamdulillah dapet yang ada peneduhnya. Apaan sih ini. Hehehe. Tempat parkirnya ada atapnya gitu. Setelah parkir, dengan pedenya aku memimpin rombongan berjalan ke arah kiri dari tempat parkir. Setelah nanya Kang Parkir yang lagi ngatur lalin, ternyata itu arah ke kolam. Wkwkwk. Daku di bully dong! Lagian itu rang orang tau aku salah jalan malah diikutin. Ndak ditegur. Kapok wes kliru pisan. Hahaha. Jadi, jalan ke candi itu ke arah kanan dari tempat parkir. Bukan kiri. Balik arah lah kami. Anggota rombongan pada ngedumelin aku. Aku cekikikan aja jalan di depan sama Rara.
Di sana tuh macem Borobudurnya Blitar. Suer rame banget. Kanan kiri jalan menuju candi banyak orang jualan. Pengunjung pun bejubel. Padahal bayanganku tempatnya bakalan sepi, hening, dan tenang. Ternyata rame. Padat pengunjungnya. Musim liburan juga kali ya. Tapi, tetep aja dibikin nggumun. Ternyata antusiasme rakyat buat berwisata sejarah masih tinggi. Alhamdulillah.
Nyari-nyari tempat jual tiket masuk nggak ada. Dapat informasi dari... lupa deh Mbak Ulik apa Mbak Hesti, katanya tiket masuk candi Rp. 5.000,- per orang. Ternyata nggak ada loket. Kami pun langsung masuk. Ternyata ada tempat ngisi buku tamu tepat di bawah pohon rindang di deket pintu masuk. Ini sama kayak di Candi Kidal. Bedanya di Candi Kidal udah ada gedung permanen buat penjaga. Nah di Candi Penataran kayak bangunan sementara doang.
Aku mewakili rombongan, mendekati Bapak Petugas yang duduk jagain buku tamu sambil pegang megaphone. Setelah ngisi buku tamu, aku nanya, “Maaf Pak, ini ndak ada iuran atau tiket masuk gitu?”
Kata bapaknya, "Seikhlasnya aja, Mbak.”
Aku mbatin, Sama kayak di Candi Kidal dan Candi Jago. HTM-nya seikhlasnya. Setelah membayar iuran seikhlasnya, aku pamit pergi.
Ini beneran bikin aku nggumun. Suasananya rame banget di dalam area candi. Banyak banget wisatawan lokal. Nah, pas kami belum masuk, dari jalan aku liat ada yang nari-nari. Kupikir mau ada event apa gitu. Pas udah masuk, ternyata itu bukan nari. Tapi, orang bikin video entah dance cover entah senam zumba. Di candi. Yap, di candi. Daku melongo dong. Kenapa bikin video joged-joged di candi? Entahlah. Aku nggak nonton juga.

Sebelumnya udah Googling, jadi udah dapat bocoran kalau area Candi Penataran itu luas. Pertama, kami langsung menuju Candi Candra Sengkala. Di sini rame orang selfie. Sampai kami yang harusnya masuk dulu ke dalam Candi Candra Sengkala nggak bisa. Kalah sama buibu yang pada selfie. Ya ampun. Akhirnya kami hanya bisa berdiri di samping dan di belakang candi.



Kasihan itu ada bapak-bapak yang dateng ke candi itu buat ritual. Beliau kalah sama buibu yang pada mau selfie. Akhirnya beliau cuman bisa duduk di belakang Candi Candra Sengkala sambil liatin buibu yang pada gantian selfie. Beliau sempet noleh dan senyum ke aku. Aku balas senyum sambil membatin, Yang sabar ya Pak. Mending ngalah daripada ribut sama emak-emak.  Hehehe. Aku pun pergi untuk melanjutkan ke area candi berikutnya.

Kami sampai di area Candi Naga. Candi ini bentuknya unik. Ada tangga naik ke atas dan puncaknya itu ada ruangan yang di dalamnya masih dikasih sesajen. Sama kayak candi sebelumnya, di sana pun rame orang pada selfie. ABG-ABG gitu deh. Aku lebih beruntung di Candi Naga. Bisa naik dan ngintip ke dalam.


Btw, semalam sebelum berangkat ke Candi Penataran, aku mimpi ketemu naga. Ternyata di Candi Penataran ada Candi Naga. Apakah itu namanya jodoh? Hehehe. Sayang di mimpiku keburu kebangun sebelum sempet mendekat dan ngelus naganya. Heuheuheu. Padahal seru kan bisa interaksi sama naga. Aku kan sangat menggilai naga.

Selesai dengan Candi Naga, lanjut ke Candi Utama. Di samping Candi Utama ada bangunan candi juga. Setelah ke candi itu, aku berjalan mengelilingi Candi Utama. Bangunannya lebih besar dari candi-candi sebelumnya. Setelah berkeliling, aku naik ke atas Candi Utama sama Rara. Sangat padat di lantai satu dan puncak Candi Utama. Kami nggak sempet ambil foto juga karena tiba-tiba gerimis. Yang bikin bete itu pas ada di puncak Candi Utama. Kekhusyukanku yang sedang menikmati keindahan alam sekitar dari puncak candi terganggu karena adanya pengjung yang kentut. Yap! Kentut dengan bunyi keras pula. Ndak sopan banget! Sebel dan udah gerimis juga, aku buru-buru ajakin Rara turun.


Kami sempat menepi ke pendopo yang ada di dekat Candi Utama karena gerimis semakin deras. Sambil nunggu hujan reda, kembaranku foto-foto pakek bawa anakku yang berjudul AIR. Hehehe. AIR emang identik sama candi ya. Kenapa? Beli dan baca yuk biar tahu. Kekeke.

Setelah gerimis reda, kami melanjutkan perjalanan mengelilingi candi. Kami mencari kolam dan ketemu. Lokasinya di dekat Candi Utama. Oya, sempet nemu buah maja juga. Sayang nggak berbuah. Ternyata di sekitaran candi banyak. Cuman aku nggehnya yang nggak berbuah doang. Hehehe. Maafkan aku yang nggal fokus.
Setelah menuruni tangga, cuman aku sama Rara yang turun. Kami sampai di arae kolam. Aku tertegun. Deja vu. Trus membatin, Ya ALLOH, ternyata di sini tempatnya. Pernah mimpi sama Tunjung, pergi bareng naik mikrolet Tumpang-Wates ke tempat pemandian mirip candi. Tempatnya rindang dan sejuk. Ternyata itu ada di Candi Penataran. Terkagum-kagumlah aku.
Di area kolam ini suasana mistisnya kerasa banget. Apalagi pas mendung dan gerimis. Makin kental rasannya. But not creepy. I feel so warm dan macem ada sambutan welcome gitu. Maybe perasaanku doang kali ya. Tapi, aku happy aja ngerasanya. Hehehe.
Di area kolam itu banyak orang berkumpul. Entah buat ngapain. Ada ikan-ikan di dalam kolam kecil yang airnya super bening itu. Katanya, di kolam itu ada ikan yang bentuknya tulang ikan doang. Iya ikan hidup dan berenang-renang, tapi bentuknya tulang ikan doang. Maybe orang ngumpul itu buat liat ikan itu kali ya. Tapi, pasti lah nggak semua orang bakal beruntung bisa liat ikan ajaib itu.
Aku ngajakin Rara turun buat cuci muka di kolam. Ada yang nyebut area kolam ini sebagai padusan. Katanya, kalau cuci muka di sana bisa awet muda. Aku cuci muka bukan karena ‘konon katanya yang cuci muka di sana bisa awet muda’. Tapi, karena pesan dari Nyai, kalau ke Candi Penataran suruh cuci muka di kolam. Sebut aja bagian dari misi. Kekeke.
Setelah Rara cuci muka, gantian aku. Nggak lama ngantrinya di kolam. Aku liat di dalam kolam ada beberapa uang koin. Ternyata ada yang percaya, kalau masukin uang koin ke dalam kolam sebelum cuci muka, bisa mendatangkan banyak keberuntungan. Aku ndak ikutan lempar koin. Pas mau balik ke atas, baru nggeh kalau orang-orang yang ngumpul ngerumuni kolam yang ada ikannya itu pada kasih makan ikan. Mungkin sambil berharap ketemu ikan ajaib yang aku sebut di atas kali ya.



Capek berkeliling, kami duduk-duduk dulu melepas lelah di dalam area candi. Setelah capeknya hilang, kami memutuskan untuk pulang. Ini nemu Tunjung Biru di tengah perjalanan pulang. Hehehe.


Keluar dari area candi, Rara minta jajan. Aku terkesima sama mamas yang jualan degan di depan area candi. Mendekatlah untuk beli. Mamasnya ini punya cara unik buat ngupas degan alias kelapa muda. Jadi, daging degannya bisa utuh bulet gitu. Jadi, setelah diminum airnya, daging degannya bisa dimakan. Untuk satu degan cukup bayar Rp. 10.000,- aja. Murah kan? Tonton keunikan mamasnya di video ini.

Kata Mbak Hesti, mamas penjual degan unik ini merupakan salah satu daya tarik dari Candi Penataran. Ada yang bela-belain ke candi cuman buat nonton aksi masnya lho! Emang unik sih. Udah ditonton belum videonya? Setuju kalau cara ngupasnya unik kan?

Dari beli degan, tergoda Takoyaki. Karena Takoyakinya ngantri, jadilah aku kejebak hujan dan kehujanan. Baju hangat basah karena hujan. Celana sepatu basah karena kehujanan. Untung di tas bawa sendal. Jadi bisa lepas sepatu pas di mobil. Bukan salah yang nurunin hujan sih. Andai tak tergoda Takoyaki, nggak bakalan kehujanan. Kan mintanya, jangan turunkan hujan sampai kami selesai mengelilingi candi. Karena udah selesai, jadilah hujan turun. Hehehe. Kedinginan deh karena basah kehujanan.

Karena udah di Blitar, sekalian mampir ke Makam Ir. Soekarno dong. Pakai panduan Google lagi. “Kayaknya kita dibulet-buletno deh sama Mbah Google,” kataku sambil liatin jalan.
“Iya Te kayaknya.” Mas Dian membenarkan.
“Nggak. Ini ntar nyampek parkiran yang bisa langsung ke makam itu lho.” Sahut Mbak Bidha dari belakang.




Ternyata bener. Kami masuk parkiran yang nggak sama kayak pas aku ke makam tahun 2015 lalu. Nyampek parkiran hujan deres. Ada dua ibu-ibu nawarin kembang buat nyekar. Kami tanya apa ada ojek payung, ibu-ibu itu bilang kalau payung beliau bisa disewa. Per payung Rp. 10.000,- aja. Murah ya. Payungnya gede. Bisa buat berdua. Bonusnya, kami dikasih tahu jalan tembusan yang langsung bisa membawa kami ke area makam. Lewat taman pemakaman, langsung deh nyampek makam.
Rame banget. Walau hujan, bapak petugas di pintu masuk masih rajin periksa tiket. Memes yang dapat tugas beli tiket. Tahun 2015 lalu, aku yang masuk buat lapor. Sama bapak penjaganya ndak ditarik tiket masuk. Suruh langsung masuk karena udah lapor. Kemarin, kami beli tiket Rp. 3.000,- per orang. Di makam ketemu buah maja yang udah berbuah.

Kami pun masuk. Aku, Memes, dan Rara ambil wudlu ke masjid deket makam. Setelah itu nyari tempat buat nyekar. Balik ke tempat kami duduk nyekar di tahun 2015 lalu. Itu gatau dah anak siapa yang pukul-pukulin punggungku pas lagi nyekar. Entah emak bapaknya ke mana. Anaknya mukul-mukul punggung orang dibiarin aja. Hehehe.
Kelar nyekar, kami balik ke pintu masuk. Nggak keluar lewat pasar. Pas ditanya penjaga, aku bilang mau ke toilet. Ya emang ke toilet kok. Kebelet pipis dan sekalian pulang. Hehehe. Tak sanggup diriku kalau harus lewat pasar. Sempit dan gerah pastinya. Kami pun balik ke parkiran dan pulang. Uang parkir mobilnya Rp. 10.000,- aja. Kalau di Candi Penataran parkir mobil Rp. 5.000,-

Dari makam, menuju Alun-alun Kota Blitar dengan panduan Google lagi. Maunya duduk-duduk santai sambil menikmati Es Pleret. Ini rekomendasinya Mbak Dian juga. Sayangnya pas nyampek alun-alun hujan. Kami batal turun deh dan gagal mencoba Es Pleret. Heuheuheu...
Kami pun memutuskan untuk pulang. Karena hujan sepanjang jalan, jadi batal berhenti di rest area hutan jati juga batal berhenti di Waduk Lahor. Aku yang sebelumnya ngantuk karena efek antimo yang telat, berusaha menahan kantuk karena jadi bagian pemandu arah dengan panduan Google. Melek sampai rumah deh. Hehehe.
Di tengah perjalanan nyari tempat makan buat makan malam. Googling lagi, nyari tempat makan di Kepanjen aja. Akhirnya semua setuju makan malam di Warung Nayamul Kanjuruhan Kepanjen. Di Warung Nayamul konsepnya prasmanan. Ambil sendiri nasi dan lauknya. Yang terkenal dari warung ini adalah kare ayam pedesnya. Nyobain dong aku. Dan, yang bikin hepi banget tuh ada menu wedang jahe. Hehehe. Betapa senangnya diriku. Habis mabok trus kehujanan nemu wedang jahe anget. Subhanallah. Alhamdulillah.


Kami pun sampai dengan selamat di markas Sarang Clover pada pukul setengah tujuh malam. 12 jam pas ya perjalanannya. Hehehe.
Alhamdulillah akhirnya diberangkatkan juga ke Blitar walau batal naik kereta. Orang serumah ikut, kalau naik kereta rempong di Blitar nya. Hehehe. Semoga next time bisa ke Blitar naik kereta. Aamiin...
Demikian cerita One Day Trip to Blitar nya Kurayui. Maaf jika ada salah kata. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tempurung kura-kura, 12 Januari 2019.
- shytUrtle -

 


You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews