Perjuangan Mengejar Impian (2018)

21:20


Perjuangan Mengejar Impian (2018)



Mimpi itu bisa diusahakan. Kata-kata ajaib dari Mas Ghambie ini emang bener adanya. Mumpung masih Oktober, saya mau tuangin unek-unek tentang mimpi saya di sini.

Waktu saya kecil, impian saya random. Saat lagi gila sama Power Rangers, saya punya impian pengen jadi profesor. Biar bisa ciptain formula-formula unik. Ini sampai kebawa pas main. Pernah sekalinya nangkep ikan cemplon, ditaruh di rantang. Trus, di rantang yang ada air dan ikan cemplonnya dikasih perasan entah buah apa. Bentuknya merah kecil-kecil dari tanaman perdu. Nggak ada setengah jam, ikannya pada mati. Percobaan itu menghasilkan teori bahwa mungkin saja tanaman itu beracun. Akhirnya tanaman perdu itu saya cabuti dari kebun. Dimusnahkan. Ah, betapa indahnya masa kecil dulu. Hehehe. Dosa deh sama ikan-ikan yang dijadikan ikan percobaan. Maafkan kenakalanku di masa kanak-kanak dulu ya ikan T.T

Selain jadi profesor, saya juga pernah punya cita-cita pengen jadi dokter. Ini mungkin karena saya tumbuh di lingkungan puskesmas. Nurut saya keren aja gitu. Pakek jas putih is very keren! Sayang pas karnaval nggak pernah kebagian jadi dokter. Hiks!

Mimpi yang nurut saya paling konyol dan ekstrim adalah pengen jadi artis. Wkwkwk. Kalau inget impian ini saya malah ketawa. Artis bo! Artis! Penyanyi. Ya, waktu kecil emang pernah jadi penyanyi kampung. Hahaha. Dulu mikirnya, enak jadi artis. Bisa jadi apa aja dan bisa ke mana aja. Mana tahu kalau dunia hiburan itu sangat keras.

Kelas enam SD, impian saya berubah lagi. Pengen jadi pemandu wisata. Ini udah macem mendarah daging sekali. Bahkan, udah ada rencana setelah lulus SMP mau ambil SMK yang ada jurusan pariwisata. Seingat saya dulu ada. Lupa namanya. Tapi, saya terlalu takut untuk memperjuangkan mimpi itu. Akhirnya setelah lulus SMP, saya lanjut ke SMA. Tapi, bukan berarti impian itu saya kubur. Tidak. Nanti, lulus SMA mau kuliah di jurusan pariwisata. Impian kanak-kanak. Mana tahu kuliah pariwisata itu mahal walau cuman D3. Sedang orang tua saya hanya tenaga kontrak dan tukang kebun di puskesmas. Alhamdulillah bapak saya PNS walau jadi tukang kebun. Gaji kedua orang tua berapa, dan itu buat menghidupi 5 orang juga biaya sekolah 3 orang. Mimpi saya ketinggian. Hehehe.

Lulus SMA nurutin saran orang tua, ikut tes masuk ke AKBID. Padahal pengennya kuliah di SOB aja. Setahun. Lalu kerja, nyari duit buat lanjut kuliah. Waktu itu udah nabung buat beli formulir, tapi takut ntar kalau beli formulir dan diterima, orang tua nggak mau biayain. Tes di AKBID nggak lolos. Alhasil nganggur setahun. Tahun berikutnya ikut tes lagi, masih nggak lolos lagi. Lalu, menganggur untuk waktu yang cukup lama. Waktu nganggur, pernah mengadu nasib ke Bali. Tapi, kerja di sana tahan cuman seminggu. Hehehe. Masalah kerjaan, ternyata jodoh saya di Toko Fotocopy Azza. Bukan jadi profesor, dokter, artis, dan pemandu wisata.

Lalu, apakah mimpi-mimpi saya hanya menjadi sekedar mimpi? Tidak! Ada satu mimpi yang saya benar-benar berusaha keras untuk mengejarnya. Impian jadi penulis dan bisa menerbitkan buku.

Sejak kecil, saya suka ngayal. Entah itu karena saya zodiaknya cancer dan ada di bawah naungan bulan. Atau emang bawaan orok demen ngayal. Hehehe. Karena otak yang nggak bisa diem, saya merasa tersiksa. Sampai kakak sulung saya ngasih solusi. Saya disuruh nulis diary. Nuangin unek-unek di kepala di dalam buku diary. Sejak SD kelas berapa ya... lupa dah. Saya mulai menulis diary.

Awalnya cuman nulis tentang hari-hari yang saya jalani. Lama-lama mulai menuangkan isi khayalan saya. Sejak kelas 3 SMP, saya mulai nulis cerita fiksi. Dan, punya mimpi jadi penulis yang tulisannya bisa jadi buku.

Mimpi inilah yang benar-benar saya perjuangkan. Saat SMA, untuk uang saku, saya minta dijatah, dikasih sebulan sekali. Latihan buat nanti kalau kuliah dan ngekos biar bisa atur duit sendiri. Sejak pegang uang sendiri, uang jajan saya sisihkan buat beli tabloid. Waktu sekolah saya nyambi jual Avon. Ambil di temennya ibu. Jual jam tangan juga. Lumayan, dapat 10% dari harga jual. Bisa buat nambah uang jajan.

Menekan uang jajan seminim mungkin. Asal uang angkot udah ada, masalah jajan belakangan. Untungnya zaman SMA dulu saya masih bisa tahan lapar. Asal udah sarapan, bisa tahan seharian nggak jajan. Hehehe.

Dari beli tabloid, saya coba kirim-kirim puisi dan cerpen ke tabloid dan majalah. Zaman saya masih SMA komputer masih langka. Warnet baru ada pas saya udah kelas 3 apa 2 SMA gitu. Uang jajan mana cukup buat main ke warnet. Untuk naskah puisi dan cerpen, saya pakai jasa percetakan. Lebih murah dari biaya ke warnet. Diketikin orangnya dan di print. Lalu kirim via pos. Dari sini lah kisah keakraban saya sama Pak Pos dimulai. Hehehe. Selain rajin kirim surat cinta ke majalah dan tabloid, saya juga rajin kirim surat cinta ke kakak sulung saya yang ada di luar kota dan kakak kedua saya yang ada di luar pulau. Pak Pos sampai hafal ke saya.

Apakah puisi dan cerpennya ketemu jodoh di tabloid dan majalah? Tidak. Ketemu jodohnya di majalah cetak sekolah dan majalah dinding sekolah. Hehehe. Alhamdulillah. Masih ketemu jodohnya tho?

Semangat nulis tidak padam. Di sekolah, saat senggang, saya nulis cerita fiksi. Di buku tulis. Sampai ada beberapa buku. Ini pernah dibahas sama Nophy. Setelah dia beli dua buku saya. Hehehe. Dulu dia sering baca tulisan saya pas masih tulisan tangan. Padahal tulisan tangan saya sangat jelek dan sulit dibaca. Heuheuheu. Thanks, Nophy!

Sampai lulus SMA, masih rajin kirim puisi dan cerpen ke majalah. Alhamdulillah pas nganggur setahun itu masih dijatah uang jajan sama ibu. Jadi, uangnya dipakek buat mengejar impian jadi penulis. Biar karyanya dikenal. Walau belum ada yang berjodoh, tetep semangat kirim.

Pernah sekalinya nemu informasi pencarian naskah novel. Tapi, yang dikirim harus versi cetaknya. Saya yang belum kerja, mundur. Terhalang biaya. Dan, saya juga sempat berhenti mengirim naskah puisi dan cerpen karena masalah biaya. Nganggur, nggak enak minta jatah ke ortu terus. Walau masih dikasih jatah sih. Tapi, yang namanya usia udah nambah kan kebutuhan juga makin nambah. Akhirnya saya stop kirim-kirim naskah ke tabloid dan majalah. Tapi, saya tidak berhenti menulis.

Cukup lama jadi pengangguran. Dapat jatah dari ibu. Kadang kalau ada yang suruh nyuci, saya ambil. Kadang bantuin ibu kalau pas dapat pesenan masakan. Lumayan ada pemasukan walau nggak pasti. Sampai orang tua ngajakin buat merintis usaha dagang. Oke lah. Saya setuju. Dari sana usaha dagang dimulai dan akhirnya berdirilah Toko Fotocopy Azza tempat saya bekerja sekarang. Awalnya dulu toko mracang. Alhamdulillah orang tua bisa kembangin usaha sampai ada mesin fotocopy. Saya jadi karyawan tetapnya. Hehehe.

Anehnya, setelah ada kerjaan dan dapat gaji yang ya lumayanlah. Saya malah males untuk kirim naskah lagi ke tabloid dan majalah. Bahkan udah males beli tabloid juga. Saat itu teman dekat saya hanya radio. Oya, zaman SMA sempet punya hape. Beli seken dari uang tabungan sendiri. Eh, uang tabungan ditambahin orang tua kayaknya. Hahaha. Trus hapenya dijual pas udah nggak sekolah dan nganggur. Pas mulai tren hape warna dan kamera, sempet punya lagi. Itu udah kerja. Tapi, sempet dijual lagi.

Dulu saya mupeng banget sama Nokia 6600 Silver. Gara-gara sinetron ABG. Tapi, buat bisa dapetin itu macem mimpi yang nggak bakalan jadi nyata. Tapi ya, Tuhan itu selalu punya cara unik untuk memberi kejutan. Kakak kedua saya tiba-tiba mengeluh kalau hapenya, Nokia 6600 Black eror. Dan, mau dikasih buat saya. Wowowow! Mau aja dong. Akhirnya itu hape dikirim. Cuman hape sama charger. Katanya di Kalimantan sana udah dibenerin tapi ndak kunjung sembuh. Makanya dikirim ke Jawa. Siapa tahu di Jawa bisa dibenerin dan bisa saya pakek.

Setelah hape sampai di tangan, saya bawa ke Master. Buat di cek apa yang salah. Ternyata, kata Master itu nggak papa hapenya. Cuman ke format aja. Mungkin pas dibenerin itu kali ya. Semua di cek masih normal. Dan, jadilah saya punya hape impian saya. Nokia 6600. Walau bukan yang Silver. Konon katanya yang Black itu lebih bagus dari yang Silver.

Saya masih rajin menulis di buku tulis. Tapi, saya males buat kirim naskah lagi. Sampai pada tahun 2008, saya ketemu Mas Jeje aka Kim Jaejoong. Boleh dikatakan saya jatuh cinta pada pandangan pertama hanya karena liat foto dia di kalender duduk hadiah dari Rohma Eonni. Saya suka anime sejak kecil. Tapi, saya kenal Korea sejak 2006. Gara-gara drama Goong yang tayang di Indonesia. Karena dulu nyari lagu Mandarin, Jepang, dan Korea susah. Saya beli file-file lagu Mandarin, Jepang, dan Korea di Rohma Eonni yang saya kenal dari radio Puspita FM. Puspita FM dulu radio yang memutar lagu Mandarin, Jepang, dan Korea. Karena udah langganan, tiap akhir tahun dikasih bonus sama Rohma Eonni. Salah satunya kalender duduk yang mempertemukan saya sama Mas Jeje.

Hidup saya berubah 180° setelah jatuh cinta ke Mas Jeje. Saya yang sebelumnya anti sama internet, jadi belajar tentang internet. Karena pengen bikin akun Friendster, Facebook, dan sejenisnya yang bisa menghubungkan saya sama Mas Jeje. Dengan bantuan Firman dan Rendra—Rendra yang paling banyak berperan, akhirnya saya punya Friendster dan Facebook. Cuman dulu lebih aktif di FS daripada FB. Entah kenapa dulu kalau online FB itu lebih boros kuota dibanding FS. Ketika FS mulai eror, sepenuhnya pindah ke FB. Makasih Firman dan Rendra. Karena bantuan kalian, di sinilah aku sekarang.

Tahun 2009 akhir saya baru tahu kalau di Facebook ada layanan catatan. Dari sanalah saya mulai memperkenalkan tulisan saya ke publik. Dari hasil penelusuran, catatan pertama saya adalah pada tanggal 12 Oktober 2009. Karena itu, saya memilih tanggal 12 Oktober 2009 sebagai tanggal debut menulis saya.

Catatan saya pertama kali berkisah tentang kehidupan pribadi saya, tapi saya tulis seolah-olah itu kisah Cinderella. Ada yang kasih komentar, itu seneng banget! Lalu, mulai aktif menulis di catatan Facebook dan mulai rajin main ke warnet. Jadwal ke warnet satu sampai dua kali seminggu. Buat download lagu-lagu Korea. Hahaha. Ketahuan fangirl misqueen ini mah!

Kenal Mas Jeje, jadi mengenal serba-serbi dunia fangirl. Dari sana saya mengenal fan fiction dan mulai menulis fan fiction dengan tokoh Mas Jeje cs yang waktu itu masih tergabung dalam DB5K. Dan, perjuangan yang sebenarnya dimulai.

Saya pernah berada di zaman purba yang alay. Zaman yang waktu itu tren menulis chat dan status di Facebook dengan huruf campuran besar-kecil dan kadang di mix sama angka. Misal menulis, halo jadinya hAl0. Saya pernah alay. Hahaha. Parahnya ke-alay-an itu juga dibawa ke tulisan di catatan. Kalau ingat zaman itu rasanya malu banget. Tapi, itu emang fase yang harus saya lewati. Karena adanya fase itu, sampailah saya pada diri saya yang sekarang. Hehehe. Lucunya, karena kami sekumpulan fangirl yang waktu itu emang terjangkit virus alay, para pembaca setia fine aja baca tulisan saya yang kayak gitu.

Tahun 2009-2010 awal saya mulai punya pembaca setia. Sesama fangirl yang otaknya sama demen ngayalnya kayak saya. Jadi, saling bergantian membaca fan fiction yang kami tulis. Yang demen ngayal tapi nggak bisa nulis atau merasa nggak pede nuangin khayalannya ke tulisan, jadi pembaca. Kadang ada yang request buat jadi cast dan berpasangan sama biasnya.

Facebook saya isinya random. Karena saya juga random. Walau mayoritas sesama kpopers, tapi ada beberapa teman yang dari FS move on ke FB yang bukan kpopers juga. Selain kpopers, temen saya kebanyakan penggemar Harry Potter. Saya juga suka Harry Potter setelah nonton seri pertamanya dari VCD dipinjemin Dokter Agnes.

Karena dulu saya boleh dikatakan anti fans-nya SNSD, jadi saya nyari temen yang sesama Cassiopeia (fans DB5K) dan Safer/Stand (anti fans SNSD). Dari salah satu teman Safer, seingat saya itu Ci Nop. Saya ketemu sama akunnya Haris. Waktu itu dia sama Ci Nop bikin banyolan tentang SHINee di status Ci Nop. Tahu lah couple yaoi-nya di SHINee itu siapa aja. Onew sama mendiang Jjong yang ceritanya selalu rebutan Key dan Minho+Taemin yang tak lain anak-anak muda yang lagi dimabuk cinta. OnKeyJjong itu para bapak dan emak. Karena tertarik sama cerita yang dibikin Haris, saya add akun itu. Alhamdulillah diterima.

Dari Haris lah saya mengenal komunitas para penulis yang sebenarnya. Saya yang waktu itu udah punya ya lumayanlah pembaca setia, mendadak merasa kerdil. Saya tidak ada apa-apanya ketika ketemu sama penulis-penulis yang usianya lebih muda dari saya tapi tulisannya udah keren banget.

Dari berteman sama Haris, saya ketemu Dedek. Kemudian berteman juga. Dua pria ini adalah guru saya dalam menulis. Dari mereka saya belajar bagaimana menulis dengan benar. Kalau Haris masih sabar. Tapi, kalau Dedek sangat killer. Terutama untuk urusan EYD. Dedek adalah pembaca pertama yang secara langsung mengkritik tulisan saya. Terutama pada EYD. Saya pun belajar menulis dengan baik dan benar dibawah pengawasan guru killer, Dedek. Hehehe. Makasih Haris dan Dedek. Kalian banyak membantu saya bertumbuh.

Dari Haris, saya mengenal adanya penerbit indie. Hingga pada tahun 2011 buku pertama saya terbit. Buku fan fiction dari salah satu fan fiction buatan saya yang banyak pembacanya. Saat itu saya sangat bersyukur dan wow! My dream come true! Akhirnya aku bisa menerbitkan buku. Walau masih secara indie, tapi saya bangga. Saya senang. Akhirnya mimpi saya terwujud.

Mulus banget ya perjalanan karir menulisnya.

Big no! Itu tak semulus wajah Mas Jeje. Untuk bisa sampai di tahun 2011, tahun buku pertama saya lahir itu. Saya harus melewati drama hidup yang cukup menguras tenaga, pikiran, uang, bahkan air mata.

Hidup saya di kelilingi oleh orang-orang yang pada umumnya adalah buta teknologi. Di tahun itu, internet udah gampang. Tapi, nggak segampang sekarang. Hape udah bisa buat internetan. Tapi, nggak segampang sekarang. Terlebih saya tidak punya komputer ataupun laptop. Andalan saya hanya Blackjack (hape Nokia 6600 Black) dan warnet. Sedang bagi orang yang gaptek, jelas saja ke warnet itu hanya menghabiskan uang tanpa ada hasil. Dari sinilah drama dimulai.

Di dalam keluarga sendiri, orang tua tidak mendukung. Saya paham niat orang tua baik. Daripada uang di buang-buang buat beli pulsa internet dan ke warnet, mending ditabung. Orang tua kan nggak paham saya ke warnet ngapain. Tahunya ke warnet itu bayar dan nggak menghasilkan apa-apa. Wajarlah kalau beliau berdua jadi menentang apa yang saya lakukan.

Setiap kali saya izin buat main ke warnet, pasti ibu dan bapak uring-uringan. Bersyukur waktu itu saya sudah bisa nyetir motor. Jadi, ke mana-mana saya bisa bawa motor sendiri. Tanpa harus ngrepotin bapak buat antar jemput seperti waktu saya masih ikut les menjahit. Oya, saya pernah les menjahit dan sempat menjadi penjahit sebelum akhirnya bekerja di Toko Azza.

Sebelumnya saya bisa ke warnet dua kali dalam seminggu. Tapi, karena orang tua selalu uring-uringan, saya pun memotong waktu main ke warnet menjadi satu kali seminggu. Untuk menghemat waktu di warnet, saya pun mengandalkan Blackjack yang ternyata punya kemampuan unik. Kalau saya bawa kertas isinya tulisan ke warnet, jelas memakan waktu hanya untuk mengetik. Untuk mengakalinya, saya menemukan kemampuan unik Blackjack yang akhirnya menjadi jurus andalan saya.

Blackjack punya aplikasi catatan yang kapasitasnya lumayan besar. Hampir 5000 kata. Kemampuan itu juga berlaku saat digunakan dalam catatan Facebook jika online melalui Opera Mini. Zaman dulu online di hape ada pakai pulsa internet. Pulsa aktif kalau kita mengakses ke aplikasi yang menghubungkan ke internet seperti browser atau Opera Mini. Saya lebih nyaman pakai Opera Mini. 

Uniknya Blackjack, bisa tetap mengetik walau data internetnya mati. Ketika data dinyalakan kembali untuk posting, tulisan tidak hilang dan bisa langsung terposting. Itu alasan kenapa saya sangat bergantung pada Blackjack waktu itu. Selesai dengan nulis di buku, ditulis tangan pakek pulpen, baru diketik di Blackjack. Untuk satu episode bisa dua sampai empat postingan. Setelah di warnet, saya copy paste ke word. Saya edit, lalu pos ulang. Postingan sebelumnya saya hapus. Jadilah full satu episode. Setelah punya blog, tulisan saya copy paste dan publish di blog juga. Karena belum punya flashdisk, setelah edit di word dan publish ulang ya saya hapus file-nya. Mau disimpen di mana. Nggak ada tempat buat nyimpen.

Walau selalu cek-cok sama ortu, saya tetep bandel main ke warnet. Tetep nulis. Kalau dimarahin ya diem. Kalau terlalu menohok ya nangis di dalam tempurung kura-kura. Tapi, kalau waktunya ke warnet ya tetep berangkat lagi. Di rumah didiemin ortu udah akting sok cuek. Padahal ya hati nyesek dan nggak jarang menangis.

Tuhan memberi kejutan. Kakak sulung saya tiba-tiba dapat rezeki dan membeli komputer. Subhanallah. Alhamdulillah. Saya bisa ngetik nebeng di komputer kakak. Untuk mempermudah, saya pun membeli flashdisk. Dengan begini, mempersingkat waktu main ke warnet. Yang biasanya 3-4 jam, cukup 2 jam saja. Dengan adanya komputer dan flashdisk, saya juga bisa menyimpan file ketikan. Tapi, masih aja sering cek-cok sama orang tua. Kalau ngetik di Blackjack kan bisa disambi. Sambil jaga toko sambil ngetik. Kalau di komputer nggak bisa. Seringnya begadang. Atau kalau jam istirahat siang di toko.

Karena masih sering cek-cok, kakak sulung saya berinisiatif untuk membeli modem. Agar bisa internetan di rumah. Nggak usah ke warnet lagi. Saya setuju-setuju aja. Malah seneng di permudah. Hehehe. Tiap bulannya patungan buat isi modem. Tapi, cek-cok masih saja sering terjadi. Karena, intinya orang tua tidak setuju saya fokus nulis.

Puncaknya ketika saya kenal penerbit indie dari Haris dan saya pengen ikutan  nerbitin buku secara indie. Waktu itu saya dikenalkan ke Leutika Prio. Penerbit indie di Jogja. Biaya terbit indie waktu itu Rp. 500.000,-

Karena waktu itu gaji masih minim dan harus membagi untuk berbagai kebutuhan, tabungan saya belum cukup untuk biaya menerbitkan buku secara indie. Duit segitu udah amat banyak sekali buat saya. Udah mikir, harus gimana ya. Kebetulan waktu itu masih pegang uang punya nenek. Jadilah pinjem uang nenek dulu. Minta izin ke nenek, dikasih. Tapi, ndak berani bilang orang tua. Jelas bikin cek-cok lagi. Dengan dukungan dari kakak sulung dan nenek saya, bismillah. Saya pun maju, mengajukan naskah ke Leutika Prio.

Uang sudah didapat. Tapi, perjuangan belum berakhir. Mengirim naskah lewat web Leutika Prio dari komputer rumah nggak bisa. Berulang kali diunggah, gagal. Sedang naskah sudah ditunggu. Saya bingung, panik. Nggak ada pilihan lain selain ke warnet. Tapi, orang tua nggak kasih izin buat tutup toko. Udah nyesek banget. Sampai habis Maghrib pun belum dikasih izin berangkat. Sedang naskah sudah ditunggu.

Kakak sulung saya bersedia gantiin saya jaga toko. Saya disuruh ke warnet buat beresin naskah. Karena ke warnet malam hari, sehabis Maghrib. Kakak saya meminta bantuan salah satu temannya untuk menemani saya ke warnet. Habis Maghrib, berdua sama Mbak Us, naik motor ke warnet. Udah hampir Isya' kami berangkat. Nyampek warnet, isinya cowok semua di dalam warnet yang pertama kami datangi. Untungnya ada satu bilik kosong. Kami langsung pakai.

Tetep nggak bisa. Udah mau nangis di bilik. Tapi, Mbak Us menenangkan. Mbak Us minta bantuan mas penjaga warnet. Tetep nggak bisa. Udah beneran mewek. Mbak Us mengusulkan untuk mencoba di warnet yang lain. Saya setuju. Kami pun menuju warnet kedua. Sama kayak warnet pertama, isinya cowok semua. Kami dapat satu bilik lesehan kosong dan langsung mencoba.

Gagal lagi. Rasanya nyesek banget. Pengen teriak sama nangis kejer. Mbak Us lagi-lagi berusaha menenangkan. Kami lanjut ke warnet berikutnya. Hasilnya masih sama. Warnet berikutnya pun masih sama. Hingga tersisa satu warnet. Saya menggantungkan harapan pada warnet itu. Walau terkenal sebagai warnet paling lola, saya menepis gelar itu dan bismillah masuk. Hasilnya, tetep sama. Gagal unggah naskah. Udah down saya. Warnet terakhir dan gagal.

Hampir pukul sembilan malam saya pulang. Dengan wajah lesu dan putus asa. Di rumah masih kena omelan dan tatapan tidak suka dari orang tua. Saya cuman bisa nangis kejer di dalam tempurung kura-kura. Tapi, saya tidak berhenti berharap. Besok saya berjanji pada diri sendiri akan mencari warnet lain lagi untuk mencoba mengirim naskah.

Keesokan harinya menghubungi tim Leutika Prio. Curhat tentang usaha saya yang gagal walau udah gonta-ganti warnet. Alhmdulillah tim Leutika Prio memberi kemudahan. Naskah saya disuruh ngirim via Email. Hari itu juga saya kirim lewat komputer di rumah. Alhamdulillah berhasil. Tinggal menunggu proses.

Ketika orang tua saya tidak mendukung, orang lain malah mendukung. Ketika saya pulang malam, salah satu tetangga saya tahu. Lalu, bertanya dari mana kok sampai pulang malam. Kakak sulung saya menjawab kalau saya lagi usaha kirim naskah buat diterbitin jadi buku. Ibu saya, waktu itu mengutarakan pendapat yang keberatan sama apa yang saya lakukan sejak saya kenal sama internet dan mulai rajin nulis. Sebelumnya orang tua memang tidak tahu kalau saya sering kirim naskah ke tabloid dan majalah. Beliau berdua juga tidak tahu kalau saya mainan hape itu ngetik naskah. Saya sering dimarahi dengan tuduhan main hape aja hingga kayak nggak ada kerjaan lain. Padahal kerjaan yang jadi tugas saya selalu udah saya beresin sebelum saya duduk anteng jaga toko sambil ngetik naskah di hape.

Karena tetangga saya itu masih muda dan bekerja di sebuah sekolah, beliau tidak sependapat dengan ibu. Beliau malah memberi pujian dan mendukung saya. Membuat ibu saya speechless. Saya tidak mendengar langsung pujian itu. Saya hanya mendengar cerita itu dari kakak sulung saya. Tapi, saya merasa senang. Ada orang yang mendukung saya untuk meraih impian saya.

Ketika buku pertama saya terbit, Now or Never di tahun 2011. Saya seneng banget. Tapi, saya nggak bisa membagi kebahagiaan itu sama orang tua saya. Bahkan ketika Mas Ghambie merasa bangga karena pada akhirnya di desa kami, kampung kami ada penulis. Orang tua merasa itu bukan hal yang pantas dibanggakan. Hehehe. Sedih iya. Tapi, saya paham. Karena menurut mereka menulis buku tidak bisa menghasilkan uang.

Saya sempat merasa minder karena anak pertama saya lahir secara indie. Tapi, kemudian rekan-rekan seperjuangan membesarkan hati saya dengan mengatakan, mau indie atau mayor, lahirnya tetep sama jadi buku. So, nggak ada bedanya. Tetep aja itu namanya buku. Walau proses lahirnya lewat jalur indie. Saya mikir, ada benernya. Dijual pun sama-sama laku. Tergantung bagaimana kita memasarkan produk kita.

Setelah anak pertama saya Now or Never lahir pada September 2011, saya makin semangat nulis. Baik nulis fan fiction ataupun nulis untuk ikut event lomba menulis yang digelar penerbit indie dan mayor. Alhamdulillah hutang buat biaya lahiran anak pertama pun bisa terbayar. Hahaha.



Saya ikutan event lomba menulis kumpulan cerpen di penerbit Pustaka Jingga. Nggak menang. Cuman kalau mau terbitin di situ dapat diskon. Alhamdulillah tahun 2012, anak kedua lahir. Tepatnya pada Desember 2012. Buku kumcer Korea dengan judul Seoul Romance. Fan fiction rasa cerpen. Hehehe. Ada sebelas judul dengan tokoh yang tak lain adalah teman-teman kpopers yang jadi pembaca setia fan fiction buatan saya.


Apa kabar orang tua? Masih sama. Tetap merasa tidak bangga pada pencapaian saya yang bisa melahirkan anak lagi. Anaknya berupa buku lagi. Dan, pendapatnya masih sama; nggak bisa hasilin duit. Sedih? Iya. Sampai saya punya keinginan kuat untuk menembus penerbit mayor. Hanya agar orang tua saya bangga dan mengakui bahwa saya adalah penulis. Karena itu, rajin ngirim naskah ke penerbit mayor. Walau tertolak terus, tetap maju. Hehehe.

Tahun 2013, saya lolos masuk Kampus Fiksi Diva Press. Saya lolos seleksi dan masuk angkatan 3. Hal itu mengharuskan saya berangkat ke Jogja untuk mengikuti pelatihan menulis selama dua hari tiga malam. Dengan tabungan pribadi, tanpa meminta uang saku dari orang tua, saya minta izin berangkat ke Jogja. Perjalanan pertama tanpa orang tua. Perjalanan pertama naik kereta api. Berasa jadi Luna Lovegood yang mau berangkat ke Hogwarts aja. Hehehe.

Sepulang saya dari Jogja, tiba-tiba saya jadi sedikit terkenal di kampung. Ketika saya keluar, ada saja yang nanya tentang perjalanan saya ke Jogja itu ngapain. Kuliah kah, gimana kah kuliahnya. Usut punya usut, ternyata berita itu menyebar dari bapak. Alhamdulillah. Akhirnya ortu ada rasa bangga anaknya bergelut di dunia nulis sampai bisa ikut pelatihan ke Jogja.

Uniknya, karena berita keberangkatan saya ke Jogja untuk pelatihan nulis tersebar. Sepulang dari Jogja ada yang mengunjungi saya ke rumah. Kirain mau ngapain, ternyata wawancara pribadi. Nanya saya sampai bisa ke Jogja itu dengan tulisan hasil karya saya sendiri atau hasil copy paste di Google. Saya kaget, tapi kudu ngguyu juga. Kok ada ya orang sampai punya pemikiran kayak gitu. Waktu itu saya lagi di rumah sama Nao. Nao yang juga denger pertanyaan itu sampai melongo. Kaget ommanya dituduh copy paste di Google.

Saya jawab, alhamdulillah itu hasil pemikiran saya sendiri. Tapi, beliaunya masih nggak percaya dan melontarkan pertanyaan-pertanyaan memojokkan. Intinya, kok bisa cewek kuper kayak saya sampai bisa dapat tiket lolos pelatihan nulis ke Jogja. Hmm, padahal masnya nggak kenal banget juga sama saya. Rasanya pengen kasih liat dua anak saya yang udah lahir. Tapi, buat apa. Jadi, senyumin aja deh. Walau disangkal, nyatanya memang saya dari Jogja buat ikut pelatihan menulis. Jadi, terserah deh orang mau ngomong apa. Saya nggak ambil pusing.

Oya, ada yang kelupaan. Tahun 2012 saya beli laptop yang saya kasih nama gUi. Duitnya dapat pinjaman dari nenek lagi. Bayarnya disuruh nyicil santai-santai. Jadi, sejak ada gUi dan punya modem, saya udah nggak pernah main ke warnet lagi. Cuman jadi sering begadang aja. Hehehe.

Tahun 2014, saya ikut event menulis Bulan Narasi yang diadain Nulisbuku. Sebulan menulis. Walau belum beruntung, akhirnya saya bisa melahirkan anak ketiga pada tahun 2014. Judulnya T. Naskah T sudah lama saya tulis. Dan, naskah yang saya impikan bisa terbit. Alhamdulillah mimpinya jadi nyata. T beneran terbit jadi buku.


Di tahun yang sama, 2014. Saya mendapat kepercayaan untuk memegang proyek internasional berupa proyek fans book yang bakal dikirim ke Korea sebagai hadiah bagi anniversary pertama ToppDogg. 2013 akhir saya dimintai bantuan sama Cha untuk mengurus fanbase  untuk fandom ToppKlass yang merupakan pendukung boy band Korea ToppDogg. Kebetulan saya sama Cha suka sub unit Wizard. Jadilah kami membuat fanbase ToppDogg Wizard Indonesia di Twitter. Nama akunnya @TDWIZARD_INDO.

Proyek pertama kami mengirim hadiah secara patungan ke ToppDogg. Hadiah itu sampai. Karena proyek pertama sukses, kami pun bekerja sama dengan @ToppDogg_Indo untuk membuat proyek kirim hadiah ke ToppDogg. Dari kami sendiri, saya mengusulkan membuat fans book yang berisi kumpulan surat, puisi, ucapan selamat dan dukungan, grafiti, dan fanart. Proyek ini terbuka untuk ToppKlass di seluruh dunia. Dan, proyek fans book sepenuhnya diserahkan kepada saya.

Dengan kemampuan yang masih minim, saya pun menerima tanggung jawab itu. Artinya, saya bertanggung jawab penuh atas proyek. Mulai dari menerima surat, puisi, ucapan selamat dan dukungan, grafiti, dan fanart. Lalu, mengedit dan menyusunnya untuk menjadi naskah buku. Untuk surat yang ditulis dalam Bahasa Indonesia, saya harus menerjemahkannya ke dalam Bahasa Inggris. Untuk surat yang ditulis dalam tulisan hangul, tidak saya edit karena saya tidak bisa Bahasa Korea. Hehehe.

Alhamdulillah proyek fans book diikuti tidak hanya oleh ToppKlass Indonesia. Tapi ada dari Arab, Filipina, Kanada, dan Venezuela. Untuk pertama kalinya saya menulis narasi dalam Bahasa Inggris untuk mempermanis tampilan naskah. Alhamdulillah, buku berhasil terbit dan dikirim ke Korea. Sampai di pangkuan member ToppDogg dengan selamat.

Satu hal yang saya syukuri. Di Sarang Clover, saya punya Prime Dante Eonni yang bisa bikin cover buku. Ketika mengikuti event Bulan Narasi, salah satu syaratnya adalah harus membuat cover buku sendiri. Itulah pertama kalinya Prime Dante Eonni membuat cover untuk saya. Lalu, berlanjut ke cover buku From ToppKlass To ToppDogg yang merupakan anak keempat saya yang terbit pada tahun 2014. From ToppKlass To ToppDogg adalah anak dengan harga termahal. Maklum, di dalamnya ada gambar grafiti dan fanart yang berwarna. Jadi mahal harganya.


November 2014, saya vakum menulis karena sakit GERD dan anxiety. Janji untuk membuat buku untuk Sarang Clover pun belum bisa ditepati. Hingga tahun 2015 masih vakum menulis. Tahun 2016, baru kembali menulis lagi dan berhasil menepati janji dengan menerbitkan buku untuk Sarang Clover. Seingat saya awal 2016 AWAKE yang merupakan kisah horor based on true story lahir. Pada 2017, saya kembali menerbitkan AWAKE dengan bantuan LovRinz. Tidak ada yang berubah. Hanya saja AWAKE yang terbit di LovRinz mendapatkan ISBN dan ada tambahan tulisan based on true story pada sampulnya. Saya nggak nyangka, buku yang saya dedikasikan untuk Sarang Clover ini jadi buku terlaris. Subhanallah. Alhamdulillah.


Tahun 2016 menjadi tahun kembalinya saya ke dunia menulis setelah vakum. Novel fenomenal berjudul Cintaku Bersemi di Kios Bensin yang merupakan anak keenam saya lahir pada 2016. Akhir 2016. Kenapa jadi novel fenomenal? Novel yang nulisnya paling cepat. Dalam 10 hari sudah jadi. Lalu, terbit dengan bantuan LovRinz. Kerjasama pertama dengan LovRinz. Novel yang banyak ikut PO. Saya sendiri sampai dibuat terkagum-kagum karena banyaknya peminat novel yang terinspirasi dari kejadian nyata ini. Novel saya yang pertama kalinya dapat endors dari penulis mayor, Kak Riskaninda Maharani.

Boleh dibilang, novel Cintaku Bersemi di Kios Bensin ini yang membuat saya merasa bahwa saya adalah penulis yang sebenarnya. Mulai dari yang ikutan PO minta tanda tangan di novel. Ada yang menjadikan salah satu dialog dalam novel sebagai status. Lalu, ada juga yang me-review novel ini. Selama ini, setahu saya hanya novel mayor yang mendapatkan perlakuan seperti ini. Tapi, anak keenam saya yang terbit secara indie mendapat perlakuan yang sama. Subhanallah. Alhamdulillah. Mimpi saya jadi nyata.

Oktober 2017, anak ketujuh saya lahir. Judulnya AIR. Masih lewat jalur indie juga. Alhamdulillah. Peminatnya juga lumayan. Bahkan, ada orang yang tidak saya kenal tiba-tiba mengikuti saya di Instagram. Mengatakan kalau beliau membeli novel AIR. Lalu, setelah kenalan. Beliau juga membeli novel Cintaku Bersemi di Kios Bensin.

Desember 2017, salah satu cerpen saya terpilih sebagai salah satu cerpen yang lolos untuk dibukukan dalam kumcer Mantu. Saya ikut event di LovRinz ini dalam rangka ulang tahun Penerbit LovRinz. Jujur saya nggak nyangka naskah saya lolos. Itu pertama kalinya sejak saya debut nulis di tahun 2009. Naskah lolos untuk diterbitkan walau tidak menang. Subhanallah. Alhamdulillah banget.


Di tahun 2018 ini saya mendapat dua tiket terbit gratis dari Pena Borneo. Inshaa ALLOH dalam bulan ini atau awal bulan depan anak kedelapan saya lahir. Judulnya My Creepy Love Story. Kisah horror romance yang terinspirasi dari kejadian nyata.

Di tahun 2018 ini, untuk pertama kalinya juga saya mendapat E-sertifikat setelah mengikuti proyek Nubar 2 yang diadakan AE Publishing. Salah satu anak saya ada di dalam buku kumcer Selaksa Rasa Tentang Lelaki.



Yang bikin saya merasa bersyukur dan bahagia adalah walau anak-anak saya lahir secara indie, mereka punya pembaca setia. Ada yang selalu menantikan kehadiran mereka. Selain itu, Now or Never udah pernah di ajak terbang belibur ke Swiss. AWAKE diajak terbang berlibur ke Belanda. AIR dan AWAKE di ajak berlibur ke Jogja. Cintaku Bersemi di Kios Bensin di ajak berlibur ke villa di lereng Gunung Gede.

Tahun ini alhamdulillah saya bisa nyusul anak saya ke Jogja. Ikutan pose di Café Brick Jogja dan Alun-alun Kidul Jogja tempat anak saya AWAKE dan AIR sebelumnya berpose. Semoga next time bisa nyusul pose di lereng Gunung Gede, Swiss, dan Belanda. Aamiin... Kalau Tuhan berkehendak, bisa aja kan?

Mimpi menjadi penulis memang sudah terwujud, tapi bukan berarti perjuangan saya selesai sampai di sini. Saya masih punya keinginan bisa nembus penerbit mayor. Jadi, perjuangan masih belum berakhir. Semoga saja naskah saya ketemu jodoh di mayor. Aamiin...

Apa kabar orang tua? Alhamdulillah setelah saya sembuh dari GERD, hubungan saya dan orang tua membaik. Orang tua sudah bisa menerima impian saya yang pengen jadi penulis. Bahkan, sudah tidak pernah membahas tentang buat apa nulis, nggak menghasilkan uang. Alhamdulillah dari penjualan novel Cintaku Bersemi di Kios Bensin dan AWAKE, saya bisa mewujudkan keinginan untuk berwisata rohani, ziarah ke wali 4 bersama keluarga besar Sarang Clover. Walau semua tidak ikut, alhamdulillah, saya senang. Semoga next time bisa wisata rohani, ziarah bersama lagi dengan seluruh penghuni Sarang Clover.

Saya sedang mengikuti event Write The Fest yang di adakan Nulisbuku dan Storial. Judul karya saya Roommate. Mohon beri dukungan dan wish me luck. Terima kasih.

Kalian yang punya mimpi, jangan takut untuk mewujudkannya. Berjuanglah! Karena mimpi itu bisa diusahakan. Asal ada kemauan, pasti ada jalan. Kalau gagal, jangan menyerah. Bukankah kegagalan itu adalah sukses yang tertunda. Karena, dengan gagalnya kita, kita jadi mendapat pelajaran yang berharga hingga kita bisa lebih hati-hati lagi untuk melangkah.

Berjuang semampumu. Jangan menggantungkan pada orang lain. Mimpimu ya untukmu sendiri. Perjuangkan! Masa iya mimpimu mau kau gantungkan ke orang lain? Nggak ada yang bisa nolong kamu kecuali dirimu sendiri. Terutama kalian yang punya impian menjadi penulis. Jangan jadikan nggak punya laptop sebagai alasan nggak bisa menulis. Kalian hidup di zaman yang puluhan kali lebih enak dari zaman saya ketika merintis untuk mewujudkan mimpi saya. Sekarang hape udah pada canggih. Bisa nulis di hape, bisa copy paste juga. Nggak ada komputer atau laptop? Sekarang warnet menjamur. Tinggal pilih. Bagi yang masih sekolah, di beberapa sekolah udah ada free computering area kan? Atau ada lab komputer yang bisa digunakan murid. Manfaatin dong! Jangan males! Kalau kalian males buat berusaha meraih mimpi, gimana mimpi itu bakalan mendekat dan menjadi nyata.

Terus berjuang ya! Nggak ada yang nggak mungkin di dunia ini. Selama kita masih bernapas, kita masih punya harapan untuk bisa meraih impian.

Matur nuwun ingkang agung dateng Gusti ALLOH untuk semuanya. Untuk ide dan semua kejutan hingga saya sampai di titik ini. Terima kasih pada semua pihak yang membantu saya hingga saya sampai di titik ini. Terima kasih shi-gUi yang selalu mendukung saya hingga saya berada di titik ini. Tanpa kalian, aku tak akan ada. Tolong tetap berjalan di samping saya dan mendukung saya. Mari bersama-sama menjadi bersinar.

Maaf jika ada salah kata. Semoga bermanfaat. Terima kasih.


Tempurung kura-kura, 20 Oktober 2018.
- shytUrtle -

 


You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews