[BTS] Novel AIR

04:54


[BTS] Novel AIR
 


Catatan yang tertunda setahun lamanya T.T
Maafkan emakmu ya, Sayang. Baru sekarang bikin tulisan tentang kelahiranmu.

Feel wow banget karena pakek istilah BTS. Hahaha. Bukan Bangtan Boys lho ya. Bukan pula behind the scene. Tapi, behind the story. Yey!!! Tepuk tangan. Hahaha. Apaan dah ini.
Alhamdulillah akhirnya proses kelahiran anak ketujuh yang bernama AIR lancar. Bener kata Mbak Bidha, “Anak ketujuh tho? Tenang. Nanti kamu pasti dapat pitulungan.” Alhamdulillah beneran dapat pertolongan. Prosesnya lancar dari awal sampai akhir.
Novel AIR ini kelar ditulis November tahun 2016 lalu. Isi kepala masih Lexi mulu dah. Hahaha. Dan, aku pernah bilang kan kalau dari pertemuan singkat sama cowok trail rider yang sampai sekarang masih aku panggil Lexi. Setelah ide untuk anak keenam, novel Cintaku Bersemi di Kios Bensin. Muncul lagi beberapa ide. Nah, Air ini salah satunya.
Hal yang paling aku syukuri sampai saat ini adalah Tuhan selalu memberiku ide di saat yang tepat. Dia benar-benar memberikan apa yang aku butuhkan.
Begitulah yang terjadi pada AIR. Ketika ada ide, nemu info lomba Sweet and Spicy di Twigora. Infonya nggak sengaja lewat di beranda. Tuhan benar-benar Maha Asik. Ide sesuai sama tema dan ketentuan lomba. Aku pun memilih tema Sweet.
Kak Riskaninda juga kasih info tentang lomba ini. Dan, mendukungku untuk ikutan. Bahkan, beliau siap mendampingi selama proses menulisnya.
Dan, majulah aku. Menulis novel AIR.
Kenapa judulnya AIR sih? Kenapa ya? Itu kata yang muncul di otakku sih. Dan, kenapa nama karakter utamanya juga Air?
Waktu itu konsep yang ada di kepala pengen bikin tokoh dengan nama tiga unsur utama kehidupan: air, api, dan udara. Mulai nyari nama. Entah kenapa kok sreg sama Air daripada Tirta atau Banyu. Untuk udara, aku pilih Bayu. Umum banget ya namanya. Tapi, aku suka. Api yang agak susah. Setelah googling, nemu nama Aidan. Jadilah pakai nama Air, Aidan, dan Bayu. Tiga bersaudara yang beda banget karakternya.
Untuk nama Dewanta Arkan, nggak sengaja nemu di tengah pencarian nama. Aku suka. Jadilah dipakai juga. Hehehe.
Kalau Uni... suka aja sih. Simpel. Menur itu sih nama tokoh yang aku dedikasikan untuk Mbak Siti Maimun. Hehehe.
Proses nulisnya emang nggak sekilat Cintaku Bersemi di Kios Bensin yang hanya kelar dalam waktu sepuluh hari. Tapi, alhamdulillah lancar. Bisa kelar sebelum deadline.
Udah baca contoh novel Sweet-nya juga. Dan, genre dari lomba ini dewasa. Jadi, ya jujur aja agak kesulitan. Hahaha. Jadi inget celetukan Rismon. Penulisnya aja belum kawin, mau nulis novel yang ada adegan kawinnya. Begitu kira-kira ujarnya. Hahaha. Nggak harus kawin dulu kan buat nulis novel yang ada adegan kawinnya. Duh! Apaan ini dah!
Tapi, beneran. Karena genre-nya dewasa jadi ya emang ada adegan dewasanya. Tapi, nggak porno atau terlalu vulgar. Jujur aku nggak bisa buat nulis yang vulgar.
Kelar tulis dan edit. Kirim dah buat lomba. Tapi, sayangnya aku belum beruntung. Emang nggak yakin menang sih. Pesaingnya berat-berat. Tapi, senang lah bisa ikut lomba di Twigora.
Selanjutnya novel AIR, aku lamarin ke Stiletto Book. Tapi, lagi-lagi belum beruntung. Akhirnya kembali pada jalur indie lagi. Dan, kali ini memilih kerjasama dengan Stiletto Indie Book. Akhirnya, pada Oktober 2017 anak ketujuhku, AIR terlahir ke dunia lewat bantuan Stiletto Indie Book.
Dalam prosesnya sempat mengalami revisi. Untuk cover juga sempat revisi karena aku typo menuliskan nama Kak Riskaninda sebagai salah satu endors dari novel AIR. Alhamdulillah, selebihnya lancar hingga AIR tiba di pangkuanku.

                            Dua cover yang sempat typo nama Kak Riskaninda.


                                                              Cover jadi.
 
Terima kasih pada Tuhan YME atas ide dan segala kemudahan yang diberikan selama proses penulisan hingga lahirnya AIR.
Terima kasih untuk semua pihak yang membantu dalam proses kelahiran AIR.
Terima kasih, shi-gUi. Yang selalu ada untukku.
Maaf catatan ini sama tertunda setahun lamanya. Hiks!


Tempurung kura-kura, 11 Oktober 2018.
- shytUrtle -



You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews