[170713] Kopdar #1 Member MAG (Malang Anxiety GERD).

06:47



[170713] Kopdar #1 Member MAG (Malang Anxiety GERD).




Hore!!! Akhirnya keinginan untuk kopdar aka kopi darat aka ketemuan di dunia nyata sama member GAI—yang kemudian tergabung dalam grup MAG (Malang Anxiety GERD)-yang domisili di Malang tercapai.

Tahu nggak, yang datang lho 40 orang. Tapi, sayangnya angka 0 -nya ngglundung entah ke mana. Jadi total ada 4 member yang datang. Hehehe.

Ampun! Eike jangan di bully ya!!!

Yap! Kopdar pertama dihadiri empat member aja. Ada beberapa alasan kenapa yang datang hanya empat orang saja.

Pertama, walau udah dikoar-koarkan sebelumnya. Acara kopdar pertama kemarin termasuk kategori mendadak. Kurang perencanaan.

Kedua, hari yang dipilih bukan hari Minggu. Kami kopdar di hari Kamis. Alasannya karena hari Kamis itu suami Mbak Nita libur, jadi Mbak Nita ada yang nganter dan bisa ikut. Trus, aku pribadi kerjaan di toko juga belum terlalu banyak. Jadi, bisa izin.

Karena acaranya hari Kamis, bukan hari Minggu. Banyak member yang nggak bisa datang karena alasan pekerjaan atau nggak ada yang nganter.

Ketiga. Ini masalah sejuta umat penderita GERD dan anxiety yaitu kekhawatiran akan kondisi diri sendiri yang (seringnya) merasa belum 100% sembuh. Aku dulu juga pernah di fase ini. Jadi, I feel you lah dulur-dulurku di MAG.

Yang dari awal semangat emang Mas Ajie. Dan, beliau ini bisa kapan aja. Jadi, yang pertama mendeklarasikan diri siap hadir ya Mas Ajie.

Sebenarnya kenapa kopdar tak kunjung terwujud, selain karena alasan umum sejuta umat penderita GERD di atas tadi adalah masalah tempat. Yap! Tempat akan diadakannya kopdar itu sendiri.

Walau domisili Malang semua. Bukan berarti tempat tinggalnya berdekatan kan. Walau ada yang kebetulan emang berdekatan kayak aku sama Mbak Nita, Mbak Fatonah, dan Mbak Masniya. Kita deketan. Jadi, andai kata berangkat sama-sama itu bisa.

Tapi, masalahnya yang single cuman eike doang. Yang lain udah punya keluarga. Jadi, nggak gampang juga buat hang out rame-rame ala-ala sosialita gitu. Apaan dah ini!

Aku pun walau single, kalau nggak ada temen buat berangkat. Nggak bakalan dapat izin juga dari Ibu-Bapak. Susah!

Halah! Kok malah curhat gini tho? Jadi, intinya emang masalah tempat dan waktu yang bikin kopdar susah tercapai.

Tuhan selalu punya skenario tersendiri. Disaat kami rempong, ribet dewe rundingan soal kopdar di seminggu terakhir waktu liburan sekolah yang tersisa. Tiba-tiba, "Gimana kalau kopdarnya di Kampung #6 Patok Picis Wajak aja? Hari Kamis?"

Seingatku sih aku yang nanya gitu. Dan, Sam Ajie langsung setuju. Mbak Nita juga. Woo hoo! Ladub kan!

Kebetulan Rabu ada gawean. Jadi, sekalian izin sama Kamis. Hehehe. Deal! Kopdar di Kampung #6 Patok Picis, Wajak.

Waktu itu Sam Joko bilang mau ikut. Diusahain ikut. Tapi, kemudian dibatalkan. Karena kondisi kurang fit dan emang jarak tempuhnya sih jauh dari tempat tinggal Sam Joko.


Kamis, 13 Juli 2017.

Pukul setengah sembilan udah standby menunggu Mbak Nita di selatan kantor polisi Wates.

Nunggu lumayan lama, Mbak Nita ngabari lewat SMS. Mbak, pokoke entenono aku yaaa.. Iki anakku sek tas adus, Mbak.

Itu aku dan patnerku udah nunggu setengah jam. Di saat yang hampir bersamaan, Sam Ajie kirim pesan via WhatsApp. Udah nyampek Wajak katanya.

Akhirnya aku SMS Mbak Nita, pamit berangkat duluan. Perhitungannya, Mbak Nita udah pernah ke HPS dan orang sini. Jadi, aku yakin Mbak Nita pasti bisa nemuin pertigaan masuk ke Patok Picis. Karena Mbak Nita nggak kunjung membalas, aku pun langsung berangkat duluan.

Ngebut dikit. Karena, Sam Ajie nggak tahu arah ke Patok Picis. Jadi, kasian kalau nyasar.

Nyampek di lokasi—yang sempet kejablasan dua rumah dari gang, belum ada siapa-siapa di sana. Maksudnya siapa-siapa itu yang masuk koloni kami. Ciee lah! Ikutan pakek istilah koloni. Itu kan istilahnya Mas Edo. Maaf ya, Mas. Istilahnya aku pakek.

Menunggu lagi. Mulai merasa haus, tapi nggak berani minum banyak-banyak karena lokasi masih jauh. Masak iya mau nebeng di mushola kayak pas ke HPS. Aduh! Padahal kan katanya nggak boleh ya. Tapi, mau gimana lagi. Waktu itu posisi udah kebelet pipis banget. Mau sekalian sholat belum masuk waktu sholat. Jadi, nebeng pipis doang. Maafkan aku...

Menunggu dan menunggu. Walau menunggu adalah pekerjaan yang paling membosankan, tapi tetep nunggu aja. Sampai pesan WhatsApp dari Sam Ajie masuk.

Ternyata... Sam Ajie ada di Wajak, utaranya pasar. What the!!! Daku udah lewatin itu pasar macet. Paksa aja dah Sam Ajie yang balik ke selatan. Daku males sama macetnya kalau putar balik. Ini sempet engkel-engkelan sama Sam Ajie di WA. Sam Ajie maunya aku balik aja. Tapi, aku maunya Sam Ajie yang balik ke pertigaan Patok Picis.

Di tengah percek-cokan via WA, Sam Ajie kirim foto. Terlanjur disediain menu makan katanya. Oh my!!! Daku udah dipinggir jalan! Lama juga! Sam Ajie-nya masih mau makan??

Ini awalnya aku kira Sam Ajie di warung makan. Ternyata di rumah sodaranya ya. Maafkan daku yang udah salah paham.

Karena Sam Ajie masih mau makan dan Mbak Nita ndak ada kabar. Aku langsung ngecling ke lokasi duluan.

Jahat kura-kura ini mah! Temennya nggak tahu rute dan medan malah di tinggal.

Hey!!! Aku juga ndak tahu rute dan medan lho!!! Sama-sama masih buta soal jalurnya.

Tapi, aku pikir, teman-temanku nggak akan nyasar. Mereka bisa tanya, kan? Ya udah! Aku jalan duluan ke lokasi.

Ternyata masuknya jauh. Dari jalan utama masuk ke gang itu jauh. Aku sampai nyuruh patnerku buat turun dan nanya. Khawatir nyasar soalnya.

Akhirnya ketemu jalan makadam itu. Kenapa harus ketemu jalur kayak gini lagi sih? Debunya itu lho! Aje gile! Alhamdulillah nyampek puncak dengan selamat.

Pas udah nyampek puncak, mikir lagi. Temen-temenku bisa nggak ya nemuin tempat ini? Temen-temenku bisa nggak ya melalui jalur yang sulit itu?

Ah! Mereka pasti bisa! Mereka kan orang-orang kuat.

Setelah hape sempet jatuh di parkiran karena markir motor sambil mikirin gimana temen-temen. Mondar-mandir di parkiran. Nungguin temen-temen. Pas Mbak Nita telpon, hape hang. Terpaksa harus lepas baterai.

Akhirnya naik dulu, nyari tempat duduk dan benerin hape. Lalu, kembali berkomunikasi sama temen-temen.

Yang nyampek duluan Sam Ajie. Sama temennya cowok. Pas udah duduk ngumpul, baru aku tahu kalau temen yang diajak Sam Ajie itu member GAI juga. Namanya Sam Togek. Woa!!! Senengnya!!! Jadi, kopdarnya nggak bertiga—aku, Sam Ajie, dan Mbak Nita-tapi, berempat sama Sam Togek.


Nggak lama kemudian, Mbak Nita bilang udah ada di parkiran. Aku yang jalan buat nyusul. Mbak Nita dateng sama suami dan anaknya.

Di tengah perjalanan menuju lokasi ngumpul, kami ngobrol. Suami Mbak Nita ikutan ngobrol. Beliau mengaku agak dibikin puyeng sama penyakit yang diderita istrinya. Bahkan beliau syok pas konsultasi ke seorang dokter di Surabaya yang kemudian menyarankan untuk membawa Mbak Nita ke rumah sakit jiwa, ke psikiater.

"Ya ALLOH... Masak bojoku iki gila?" kata suami Mbak Nita.
Hehehe. Emang kebanyakan masalahnya di pikiran yang eror. Tapi, bukan berarti gila lho ya!

Dan, ketika tahu ada orang yang pernah menderita sakit sama kayak Mbak Nita. Yeah, you are not alone! Ada kami bertiga dan masih banyak lagi di luar sana yang juga mengidap GERD dan anxiety.

Beruntung sekali suami Mbak Nita ini pengertian orangnya. Dulu, aku aja dikira pura-pura sakit karena males kerja. Baru setelah dirujuk endoskopi pada percaya kalau aku sakit.

Setelah menggusur tiga perempuan yang sempet nguping obrolan kami yang bisa jadi menurut mereka aneh. Kami duduk berkumpul di bawah rumah pohon utama. Rumah pohon paling besar dan paling depan di Kampung #6.


Mungkin nurut tiga perempuan itu, ini orang-orang apa sih! Apalagi waktu mereka ada di sana, Sam Ajie lagi bahas pengalaman dia berobat ke dukun yang sampai habis duit banyak. Hehehe. Welcome to dunia aneh kami!

Coba mau ikutan ngimbrung. Dapet ilmu baru tuh pasti. Hehehe. Sapa tahu ada keluarganya yang kena penyakit aneh bernama GERD dan anxiety juga. Kan bermanfaat tuh udah ngimbrung sama kami.

Kesan kopdar pertama, jelas seneng lah. Bisa ketemu di dunia nyata dan sharing secara langsung. Saling berbagi pengalaman. Saling berbagi tips.

Yang paling berkesan menurut aku ya kisah dari suami Mbak Nita. Saking pengennya istrinya sembuh, beliau konsultasi ke dokter di Surabaya. Walau ujung-ujungnya dibikin syok sama saran dari dokternya.

Keluargaku juga sempet kaget waktu aku minta izin mau periksa ke poli jiwa.

GERD dan anxiety, kamu tidak akan pernah paham apa itu sebelum kamu merasakannya sendiri.

Tapi, aku berharap tidak akan ada lagi orang yang menderita GERD dan anxiety. Deritanya jiwa dan raga soalnya.

Dari ngumpul kemarin, jadi tahu kalau Sam Ajie pernah berobat ke dukun sampai habis duit banyak. Jadi tahu Sam Togek yang pernah terbaring lama di ranjang. Jadi tahu kalau sebelum kopdar, Rabu malemnya itu Mbak Nita belanja dokter lagi. Dan, teman-teman jadi tahu kalau aku masih membawa kantong obatku ke mana pun aku pergi. Hahaha.

Ditemani berbotol-botol Aqua, buah sawo, keripik singkong, dan malkist. Kami duduk dan ngobrol. Itu menyenangkan sekali.

Yang bikin aku heran, Sam Togek itu kan orangnya gokil dan usil. Kok bisa ya kena GERD dan anxiety?? Hehehe. Kalau nurut aku, happy person kayak Sam Togek itu harusnya nggak bisa sakit lho.


Beneran harus sering-sering ngumpul deh. Biar nggak merasa sendiri. Biar cepet sembuh.

Jangan takut. Keluarlah. Hadapi dunia dengan tersenyum. Begitu kata SLANK.

Jadi, ayo bergerak!
Kita semua orang hebat!
Kita sehat!
Kita kuat!

Well, semoga next time bisa dateng semua. Di grup udah terkumpul 29 orang lho! Kalau datang semua kan keren tuh.
Sekian. Mohon maaf jika ada salah kata. Terima kasih.

Yang penasaran tentang Wana Wisata Kampung #6 bisa baca di sini:

Tempurung kura-kura, 18 Juli 2017.
. shytUrtle .


You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews