Review Film Korea The Dude In Me

05:02


Review Film Korea The Dude In Me




Profile

Movie: The Dude In Me / Inside Me
Revised romanization: Naeanui Neukom
Hangul: 내안의 그놈
Director: Kang Hyo-Jin
Writer: Shin Han-Sol, Jo Joong-Hoon, Kang Hyo-Jin
Producer: Kim Dong-Joon, Lee Seo-Yeol, Lee Seung-Hyo
Cinematographer: Son Sam-Woong
Release Date: January 9, 2019
Runtime: 122 min.
Genre: Fantasy / Comedy / Switched Bodies
Distributor: TCO
Language: Korean
Country: South Korea

Plot Synopsis by AsianWiki Staff ©

Dong-Hyun (Jin Young) is a high school student. One day, he falls from the rooftop and bumps into Pan-Soo (Park Sung-Woong) who is a passerby. Pan-Soo is a member of a criminal organization. When the two men wake up in the hospital, they discover that they have switched bodies.

Dong-Hyun (Jin Young) adalah siswa sekolah menengah. Suatu hari, ia jatuh dari atap dan menimpa Pan-Soo (Park Sung-Woong) yang merupakan pejalan kaki. Pan-Soo adalah anggota organisasi kriminal. Ketika kedua pria itu terbangun di rumah sakit, mereka menemukan bahwa mereka telah berganti tubuh.

Sampai bingung harus memulai tulisan ini dengan kalimat apa. Film ini keren! Tentang cinta lama belum kelar plus tentang hubungan ayah dan putrinya yang dikemas secara unik. Uniknya karena dikisahkan dengan proses pertukaran jiwa. Benar-benar berbeda dari film tukar jiwa yang saya tonton sebelumnya.

Tentang pertukaran jiwa memang selalu menarik untuk disimak. Bagi saya sih itu. Pun demikian dengan film ini. Ketika Kookie Noona membahasnya, saya sudah tertarik pengen nonton. Hingga kemarin, Kookie Noona membagikan link film ini yang sudah bisa di download plus Indo sub. Gomawo Kookie Noona.

Seperti yang saya tulis di atas, film ini keren! Apa ya, simpel tapi unik. Walau dipikir khayal lah ada kejadian kayak gitu; tukeran jiwa, tapi asik buat ditonton. Udah pasti kalau tukeran jiwa, jiwa A menempati tubuh B, pasti banyak keunikan terjadi.

Jang Pan Soo (Park Sung Woong) adalah seorang bos besar dari sebuah perusahaan yang bergerak secara ilegal. Dia mempunyai seorang istri—yang merupakan anak bosnya—tapi hidupnya tidak harmonis. Tadinya saya pikir wanita cantik yang tinggal di rumahnya adalah anaknya, ternyata istrinya. Hehehe.

Pan Soo akan melakukan apa saja untuk mendapatkan apa yang ia inginkan sehubungan dengan bisnisnya. Suatu ketika, ia harus menggusur sebuah pabrik mebel, tapi si pemilik enggan menyetujui karena ilegal. Pan Soo mengirim orang kepercayaannya Man Chul (Lee Joon Hyuk) untuk menyelesaikan masalah itu. Man Chul pun pergi ke pabrik mebel dan bertemu dengan pemiliknya Kim Jong Ki (Kim Kwang Kyu). Man Chul berhasil membuat Jong Ki tunduk.

Pan Soo pergi ke sebuah kedai. Di dalam kedai, hanya ada dia dan seorang pelajar. Ia pun memesan mie. Namun, rasanya tidak sesuai. Ia bertanya kepada pemilik tentang pemilik kedai itu sebelumnya. Nenek pemilik kedai mengatakan wanita yang berjualan di situ sebelumnya sudah meninggal. Di saat Pan Soo dan nenek pemilik kedai cek-cok, siswa yang selesai makan hendak membayar. Tapi, dompetnya ketinggalan. Nenek pemilik kedai menyuruh siswa itu pergi dan membebankan tagihan pada Pan Soo. Walau mengomel, Pan Soo akhirnya membayar tagihan. Nenek pemilik kedai pun berkata, Aku akan memberikan hadiah untukmu.

Pulang dari kedai mie, Pan Soo terjebak macet. Ada truk pengangkut sampah berhenti untuk mengangkut sampah hingga mobil Pan Soo tidak bisa lewat. Pan Soo pun turun dari mobil dan menelepon. Di rooftop sebuah gedung, ada seorang siswa yang berdiri di ujung rooftop. Hendak mengambil sepatu yang digantungkan pada antena. Siswa itu adalah siswa yang makan di kedai mie yang sama dengan Pan Soo. Karena ceroboh, siswa itu pun jatuh dan menimpa Pan Soo yang sedang berdiri di bawahnya. Dari sini lah kekacauan dimulai.

Ketika sadar, Pan Soo bingung karena dipanggil ‘haksaeng’. Ia terus berjalan dan menemukan sebuah kamar. Ia masuk ke dalam kamar itu dan terkejut menemukan dirinya sendiri sedang terbaring koma. Ketika menemukan cermin, ia kaget mendapati dirinya ada di tubuh lain. Tubuh seorang anak SMA bernama Kim Dong Hyun (Jin Young).

Dong Hyun ini penampilannya nggak banget. Dia berkacamata tebal dan badannya gemuk. Kali ini dugaan saya benar, Dong Hyun adalah anak Jong Ki.  Pan Soo yang berada dalam tubuh Dong Hyun pun akhirnya pulang bersama Jong Ki. Menurut dokter, Dong Hyun mengalami amnesia. Jong Ki pun memakluminya.

Tadinya saya kira setelah Pan Soo ada di tubuh Dong Hyun, ia akan mengerti susahnya hidup Jong Ki setelah ia merebut pabrik mebel milik Jong Ki. Sayang, tebakan saya meleset. Inti masalahnya bukan di situ. Lalu, melihat bagaimana teman-teman Dong Hyun memperlakukan Dong Hyun, saya pun menduga nantinya Pan Soo akan menyelesaikan masalah Dong Hyun. Ini nggak 100% salah, tapi cara penyelesaiannya unik. Nggak seperti yang saya duga, karena inti permasalahannya bukan di situ.

Petunjuk mulai terbuka ketika Dong Hyun mengejar Oh Hyun Jung (Lee Soo Min) untuk mengembalikan boneka Hyun Jung yang jatuh. Pan Soo yang berada di dalam tubuh Dong Hyun bertemu dengan ibu Hyun Jung yang membuatnya syok. Ia memanggil wanita itu dengan Mi Sun. Oh Mi Sun (Ra Mi Ran) memarahi Dong Hyun karena tak sopan padanya. Ia memukuli Dong Hyun hingga Dong Hyun lari terbirit-birit.

Pan Soo yang berada di dalam tubuh Dong Hyun syok. Akhirnya ia menemukan wanita yang ia cari-cari, namun sayang dengan kondisi ia sedang berada di tubuh orang lain. Pan Soo pun ke rumah sakit untuk menemui Man Chul. Awalnya Man Chul tak percaya jika Dong Hyun adalah Pan Soo. Setelah menyebutkan rahasia-rahasia Man Chul, pengikut setianya itu akhirnya percaya. Man Chul lah yang pertama kali mengetahui rahasia pertukaran jiwa Pan Soo. Man Chul pula yang selalu membantu Pan Soo.

Ini pertama kalinya saya melihat akting Jin Young dan saya dibuat kagum. Jin Young keren! Lucu pas penampilan dia gendut dan cupu. Tapi, pas udah diet dan jadi atletis badannya, jadi keren. Cocok sama sosok Pan Soo yang tegas dan garang. Kalau Park Sung Woong Ajushi, saya nontonnya pas jadi anatagonis. Jadi, di sini nonton Ajushi bertingkah kekanak-kanakan lucu juga. Nggegemis. Kekeke. Syok tuh pas Dong Hyun tiba-tiba mencium Mi Sun. Kyaaa!!! Jin Young kisseu Ajuma. Tapi, tapi… ah dia keren! Aktingnya total. Salut buat Jin Young!

Film ini saya rekomendasikan untuk ditonton. Ceritanya ringan, nggak bikin bosen walau durasinya dua jam. Banyak adegan yang sukses bikin ketawa. Terutama adegan di kedai milik Mi Sun. Tingkah Dong Hyun yang ada di dalam tubuh Pan Soo sukses bikin ketawa.

Menurut saya, film ini dongeng rasa modern. Nenek pemilik kedai adalah ibu peri yang membantu Pan Soo memperbaiki kesalahannya pada Mi Sun dan Hyun Jung. Memberi kesempatan Pan Soo untuk menyelesaikan cinta lama belum kelar dengan Mi Sun.

Silahkan ditonton. Sekian kesan dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Untuk review film lainnya bisa cek di sini


Tempurung kura-kura, 16 Maret 2019.
- shytUrtle -


You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews