Review Film Korea Alice: Boy from Wonderland

06:41


Review Film Korea Alice: Boy from Wonderland



Profile

Movie: Alice: Boy from Wonderland
Revised romanization: Aerriseu: Wondeoraendeueoseo On Sonyeon
Hangul: 앨리스: 원더랜드에서 소년Director: Huh Eun-Hee
Assistant Director: Kim Jin-Tae
Writer: Huh Eun-Hee
Producer: Choi Yoon, Choi Wook
Cinematographer: Kim Hak-Bae
World Premiere: July, 2015 (BiFan)
Release Date: December 10, 2015
Runtime: 115 min.
Genre: Romance / Mystery / Horror
Language: Korean
Country: South Korea

Plot Synopsis by AsianWiki Staff ©

Hye-Joong (Jung So-Min) can't remember anything before the age of 4. Every night she experiences terrible nightmares. Unable to cope with the nightmares anymore, she heeds the advice of a shaman and goes back to the villa where her family stayed 24 years ago. The villa is now known as "Wonderland." There, she meets Hwan (Hong Jong-Hyun), Soo-Ryun (Jung Yeon-Joo) and a white rabbit. During the next 15 days, Hye-Joong has to find something that is missing. If she succeeds her nightmares will stop.

Sinopsis

Hye-Joong (Jung So-Min) tidak bisa mengingat apa pun sebelum usia 4. Setiap malam dia mengalami mimpi buruk yang mengerikan. Tidak dapat mengatasi mimpi buruk lagi, dia mengindahkan nasihat seorang dukun dan kembali ke villa tempat keluarganya tinggal 24 tahun yang lalu. Vila sekarang dikenal sebagai "Wonderland." Di sana, dia bertemu Hwan (Hong Jong-Hyun), Soo-Ryun (Jung Yeon-Joo) dan seekor kelinci putih. Selama 15 hari berikutnya, Hye-Joong harus menemukan sesuatu yang hilang. Jika dia berhasil mimpi buruknya akan berhenti.

Saya tahu film ini saat men-download Heaven Postman (Postman to Heaven) di Youtube. Film ini turut muncul. Setelah membaca sinopsisnya di AsianWiki, saya pun tertarik untuk menonton. Akhirnya saya download juga filmnya. Walau tulisannya Eng sub, saat di download subtitle-nya tidak ada. Jadi, harus men-download Indo sub-nya dulu baru deh nonton.

Kesan pertama waktu nonton, di bagian awal, gila ini film serem banget!!! Mimpi buruk, darah di mana-mana, wanita berlumuran darah, dukun, dan sejenisnya. Wow banget! Ada adegan mudang (dukun) yang melakukan ritual. Pakek boneka dari jerami (entah dari akar atau jerami, bentuknya seperti itu), lalu beras dan sejenisnya. Ini keren! Menonton sisi magis dari Korea yang sebelumnya belum pernah saya tonton. Mudang yang duduk bersila dan merapalkan mantra, wow! Ini apa? Santet ala Korea? Hmm, saya semakin penasaran dan walau merasa agak ngeri, serem gitu nonton malem-malem, tapi lanjut sampai selesai. Fiuh... I feel so daebak! Kekeke.

Gadis muda bernama Hye Joong (Jung So Min) selalu mengalami mimpi buruk hingga mengganggu pekerjaannya. Ia selalu melihat kematian dalam mimpinya, dan kematian itu selalu menjadi nyata. Sering pula Hye Joong melukai dirinya sendiri setelah mengalami mimpi buruk.

Khawatir akan kondisi Hye Joong, Bibi Hye Joong (Park Hyun Suk) pun menemui seorang mudang (dukun) yang juga temannya sendiri. Mudang (Lee Seung Yeon) pun menemui Hye Joong yang terbaring di kamarnya. Di sana ia melihat arwah seorang wanita yang mengelus-elus kepala Hye Joong yang tidur. Tubuh wanita itu berdarah-darah.

Mudang menyarankan agar Hye Joong kembali ke rumah bernama Wonderland dan menemukan jawaban agar mimpi buruknya hilang. Namun, Hye Joong tidak boleh ditemani oleh siapapun termasuk bibinya sendiri. Mudang membuat jimat untuk Hye Joong. Ia berpesan jika misinya gagal, jimat itu harus di buka. Dan, ada satu jimat lainnya yang nantinya akan diberikan oleh seseorang di dalam villa.

Petualangan Hye Joong pun dimulai. Ia pergi mendaki sendirian menuju villa Wonderland. Tempatnya sangat indah. Dipenuhi bunga-bunga bermekaran dan di kelilingi hutan pinus yang asri. Di tengah perjalanan, Hye Joong dijemput oleh seorang pemuda—belakangan ketahuan namanya Hwan (Hong Jong Hyun). Pemuda itu mengatakan, Apa kau mau melihat kelinci? Tanpa ragu, Hye Joong pun mengikuti pemuda itu. Karena, pesan bibinya, nanti akan ada pelayan villa yang menjemputnya.

Sesampainya di villa, Hye Joong melihat wanita muda—belakangan diketahui namanya Soo Ryun (Jung Yeon Joo)—yang menatapnya aneh. Pertemuan pertama itu sudah membuat Hye Joong tidak nyaman. Hye Joong pun tinggal di villa untuk mencari jawaban, mengumpulkan ingatannya kembali demi menghapus mimpi buruk yang selalu menghantuinya.

Bibi Hye Joong pun turut mencari jawaban tentang villa Wonderland. Namun, semua orang yang berhubungan dengan tempat itu kalau tidak gila ya mati. Sedang orang-orang yang berada di dekatnya memilih tutup mulut. Karena, jika membicarakan tentang villa Wonderland akan mengalami kesialan. Dibantu Mudang, Bibi Hye Joong hanya bisa memantau dari jauh, namun tidak bisa melakukan apa-apa untuk membantu Hye Joong.

Setelah sampai di villa, Hye Joong tidak bisa menghubungi bibinya. Di villa, ponselnya tidak bisa digunakan karena tidak ada sinyal sama sekali. Hye Joong pun mulai mengalami hal-hal aneh. Mulai dari mimpi buruk, lalu melihat Soo Ryun gantung diri di pohon dan berdarah-darah. Bukan hanya itu, ia pun melihat Hwan berdarah-darah.

Hye Joong bertanya pada Hwan, di rumah itu ada berapa kamar. Hwan mengatakan ada lima kamar dan semua tidak dikunci. Hye Joong boleh masuk ke semua kamar itu, tapi dengan syarat sebelum masuk harus mengetuk pintu dulu. Suatu hari, Hye Joong menemukan satu kamar. Ia melihat gadis kecil lari ke kamar itu. Tapi, ketika mengejarnya, gadis itu masuk ke kamar dan kamar itu terkunci. Hwan melarang Hye Joong mendekati dan masuk ke kamar itu.

Mimpi buruk yang di alami Hye Joong membuka satu per satu misteri tentang hubungan Hye Joong, Hwan, dan Soo Ryun. Kenapa Hwan selalu berdarah-darah. Kenapa Soo Ryun tiba-tiba ingin membunuh Hye Joong. Munculnya sosok berjubah hitam, berwajah buruk rupa yang selalu menggendong kucing. Sosok kelinci putih yang merupakan peliharaan Hwan. Satu per satu mulai terbongkar dan perlahan Hye Joong mulai mendapatkan ingatannya kembali.

Walau judulnya Alice: Boy from Wonderland, jangan nonton film ini dengan anak-anak di bawah umur ya! Karena, film ini bukan dongeng seperti Alice In The Wonderland. Dan, lagi banyak adegan serem yang nggak cocok buat ditonton anak-anak. Terlebih, ada adegan dewasanya. Jadi, hindari menonton film ini dengan anak-anak.

Seperti judulnya, Alice: Boy from Wonderland, selama menonton film ini kita disuguhi pemandangan indah seperti di wonderland. Bangunan di tengah hutan yang megah. Hutan pinus yang dirimbun dihiasi hujan kelopak bunga yang dibawa angin. Kelinci putih yang bermain di tengah padang bunga yang sedang bermekaran. Sungguh indah bak di negeri dongeng.

Bukan hanya itu, sosok Hwan yang seperti pangeran yang selalu memakai baju serba putih, namun selalu memakai kaos kaki yang tidak sama di kaki kanan dan kirinya. Sosok Soo Ryun yang misterius. Ada kalanya ia tersenyum, ada kalanya ia tampak sedih, ada kalanya ia penuh dendam dan selalu ingin membunuh Hye Joong. Sosok wanita buruk rupa berjubah hitam yang selalu menggendong kucing bak nenek sihir dalam dongeng.

Adegan-adegannya pun banyak kejutan, bikin bingung, tapi juga bikin penasaran. Ngeri, tapi seru. Bikin bertanya-tanya dan enggan berhenti nonton walau rada serem. Tapi, di akhir, semua teka-teki terjawab. Jadi, puas lah karena ending-nya nggak nggantung. Hye Joong berhubungan dengan Hwan dan Soo Ryun. Kisah di balik hubungan mereka sangat mengejutkan. Bikin merinding.

Silahkan saja ditonton. Menurut saya misterinya dapet dan horornya juga dapet. Romance-nya juga dapet. Saya merasa nggak rugi udah habisin kuota buat download film ini. Kekeke. Film ini setting-nya di bulan Maret. Cocok banget ditonton di bulan Maret. Kekeke.

Satu pengetahuan baru yang saya dapat dari film ini. Di Korea sana, dipercaya kalau bayi meninggal, di alam sana mereka juga bertumbuh. Sama kayak kepercayaan di sini.

“Meninggal itu sama sekali tidak menakutkan. Yang paling menakutkan adalah dilupakan oleh orang yang kita cintai.”—Hwan.

Semoga bermanfaat. Maaf jika ada salah kata. Terima kasih.

Untuk review film lainnya bisa cek di sini
Tempurung kura-kura, 17 Maret 2019.
- shytUrtle -


You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews