Resensi Novel Animal Farm

03:10

Resensi Novel Animal Farm

(Sumber gambar Gramedia.com)

Judul Buku : Animal Farm

Judul asli: Animal Farm

Pengarang Buku : George Orwell

Penerbit : Bentang Pustaka

Tahun Terbit : Edisi I Cetakan Pertama, Januari 2015
Edisi II Cetakan Pertama, Oktober 2016

Tebal Buku : iv + 144 hlm; 20,5 cm

Jenis : Fiksi Ingris (Bahasa Indonesia)

ISBN: eISBN 978-602-291-283-5


Sinopsis Animal Farm

Animal Farm adalah sebuah novel yang menceritakan tentang kehidupan dalam sebuah peternakan bernama Peternakan Manor. Peternakan luas itu milik Pak Jones. Ada banyak hewan yang tinggal di dalam peternakan itu.

Setiap malam, setelah Pak Jones dan istrinya tidur, para hewan berkumpul untuk mendengarkan pidato dari si tua Major. Babi tua yang paling dihormati dalam peternakan itu.

Dalam pidatonya, Major membagi kisah tentang mimpinya. Tentang pemberontakan dari para hewan untuk memperoleh kemerdekaan dan terbebas dari penindasan manusia. Major meninggal sebelum rencana pemberontakan itu berhasil dilakukan.

Setelah Major meninggal, para binatang yang tinggal di dalam Peternakan Manor ingin mewujudkan keinginan Major yaitu melakukan pemberontakan. Hari itu pun tiba. Di bawah pimpinan dua babi muda yang paling cerdas yaitu Snowball dan Napoleon. Para binatang melakukan pemberontakan dan berhasil mengusir Pak Jones beserta istri dan pegawainya.

Setelah pemberontakan itu, nama Peternakan Manor diganti menjadi Peternakan Binatang di bawah pimpinan Snowball dan Napoleon. Awalnya semua baik-baik saja. Snowball dan Napoleon menjalankan pemerintahan dalam Peternakan Binatang seperti apa yang diimpikan mendiang Major.

Snowball dan Napoleon yang tidak pernah sepakat dalam suatu hal pun akhirnya berseteru. Snowball akhirnya diusir dari Peternakan Binatang dan Napoleon berkuasa penuh. Karena ketamakannya, Napoleon menjadi penguasa yang kejam. Namun, para binatang tetap bertahan untuk mendukungnya.

Pada akhirnya Peternakan Binatang yang sempat ditentang keberadaannya oleh manusia bisa diterima. Napoleon menjalin hubungan kerja sama dengan manusia. Perternakan Binatang pun akhirnya kembali berganti nama menjadi Peternakan Manor. Masih di bawah kepemimpinan Napoleon yang tamak.

Beberapa unsur intrinsik yang terdapat pada Novel Animal Farm adalah :

Tema

Novel Animal Farm memiliki tema politik. Novel ini termasuk fabel dengan tema politik yang kental.

Penokohan

1. Major

Babi tua yang dianggap paling bijaksana dan paling dihormati di Peternakan Manor. Ia yang menyulut api pemberontakan di antara para hewan.

2. Napoleon

Babi muda yang cerdik dan licik. Ia dipenuhi iri hati kepada lawan politik. Ia juga rela melakukan berbagai cara untuk meraih kekuasaan dan untuk mempertahankannya.

3. Snowball

Babi muda yang cerdas. Ia memiliki keinginan tulus untuk memajukan dan menyejahterakan peternakan. Tapi seringkali ia terlambat melangkah dan kurang jeli dalam melihat langkah-langkah yang dilakukan oleh lawannya yaitu Napoleon.

4. Squealer

Babi muda yang memiliki kemampuan berbicara yang bagus. Ia memiliki kelebihan dalam menggiring opini publik namun secara mutlak berpihak pada penguasa benar atau salah. Ia berpihak pada siapa saja yang memberinya keuntungan.

5. Moses

Burung gagak yang selalu percaya akan adanya dunia langit yang indah. Tempat tidak ada keletihan dan hanya ada kebahagiaan. Ia selalu berpidato oada binatang lain tentang dunia langit itu

6. Boxer

Kuda pekerja keras yang rela mempertaruhkan segenap hidupnya dan keringatnya untuk peternakan tanpa pamrih. Tapi, ia bodoh. Ia tidak bisa membaca kecurangan yang dilakukan Napoleon dan para babi.

7. Benjamin

Keledai tua yang pintar. Ia binatang paling tua dalam peternakan. Tapi, ia lebih memilih tidak tergabung atau memihak pada salah satu pemimpin. Ia menjalani hidup sebagaimana mestinya.

8. Clover

Kuda betina tua sahabat Boxer. Ia penuh perhatian dan keibuan.


Alur

Novel Animal Farm menggunakan alur maju.

Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel Animal Farm adalah jangan pernah menyerah untuk memperjuangkan impian dan harapan kita. Kita harus menjadi manusia yang pandai agar tidak mudah diperdaya oleh manusia lain yang tamak.

Kelebihan dan Kekurangan Novel Laskar Pelangi

Kelebihan : Banyak sekali karakter yang disajikan secara unik. Ada karakter yang bisa dijadikan teladan. Ada pula karakter yang membuat emosi memuncak. Banyak pula pelajaran moral yang disampaikan.

Kekurangan : Ada beberapa kata-kata yang sulit dipahami karena menggunakan istilah asing tanpa ada penjelasan berupa foot note.

Kesimpulan

Novel Animal Farm adalah novel fabel tapi tidak diperuntukan anak-anak. Novel ini mengusung tema politik yang kental. Hanya saja digambarkan dalam dunia hewan. Semua karakter yang ada dalam Peternakan Manor (Peternakan Binatang) menggambarkan karakter-karakter umum dalam kehidupan manusia.

Banyak sekali pesan moral yang disampaikan dalam novel ini. Memberi kita pembelajaran tentang bagaimana kehidupan politik yang sebenarnya. 

You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews