[191201] Ziarah Wali Lima 2019

18:02


Ziarah Wali Lima 2019






Alhamdulillah di tahun 2019 diberi kejutan bisa berkunjung lagi ke makam para wali di Jawa Timur. Perjalanan tanpa rencana. Undangan yang datang mendadak dan alhamdulillah di acc sama Gusti Allah. Berangkat!

Kita emang nggak akan pernah tahu Tuhan bakal ngasih kejutan apa. Akhir tahun ini saya fokus untuk perjalanan ke Kediri dan liburan bareng keluarga besar penghuni Sarang Clover ke Boon Pring Andeman. Tiba-tiba November kemarin ditawari untuk ikutan ziarah wali lima di kampung. Sepuluh hari sebelum tanggal keberangkatan kalau nggak salah ingat. Bayarnya murah, Rp. 90.000,- saja. Tidak perlu takut kelaparan karena panitia sudah menyediakan makanan. Wow banget!

Sempet bimbang, tapi karena sekeluarga setuju ikut, akhirnya saya pun ikut. Dan ziarah wali lima 2019 ini perjalanan yang penuh kejutan. Subhanallah banget!
Kenapa begitu? Baca aja curhatannya sampai kelar ya. Hehehe.

Tahun 2017 alhamdulillah Tuhan acc rencana wisata religi bersama seluruh penghuni Sarang Clover. Walau semuanya nggak ikut, tapi saya senang. Impian bisa tercapai. Dari hasil penjualan novel Cintaku Bersemi di Kios Bensin dan AWAKE euy! Masa penuh kejayaan yang paling saya rindukan. Kapan bisa merasakan ini lagi yak? Kekeke.

Setelah perjalanan itu, kangen pengen wisata religi lagi. Tapi ada aja. Udah nabung eh ada perlu ini itu. Hiks!
Ndilalah kersane Gusti Allah, bulan Desember dikasih kesempatan bisa ziarah wali lagi. Walau nggak sama-sama seluruh penghuni Sarang Clover, tetep disyukuri. Siapa tahu tahun depan ada rezeki lagi bisa ngajak keluarga besar ziarah lagi. Aamiin. Kejutan Tuhan siapa tahu.

Tapi perjalanan kali ini ceritanya jauh berbeda dari tahun 2017 lalu. Tahun 2017 lalu juga ada drama sih sebelum berangkat. H- berapa itu kaki saya ditabrak motor sampai bengkak dan nggak bisa jalan. Waktu ziarah kondisi kaki belum 100% pulih. Alhamdulillah dilancarkan.

Kali ini pun ada drama. Dimulai dari tindihen yang saya alami di Rabu malam, 27 November 2019. Tindihen parah yang bikin saya ketakutan seolah-olah maut udah di depan mata saya. Kondisi fisik belum pulih, Kamis malam, 28 November 2019 kembali tindihen. Membuat saya takut tidur dan terus berusaha terjaga. Hari Sabtunya, 30 November 2019 migrain datang menyerang. Dikasih obat sekali nggak hilang. Malam hari pun kembali minum. Efek tegang dan kurang tidur karena takut tindihen lagi.

Karena kondisi itu saya sedikit maksa ama Tuhan. Biasanya saya pasrah, udah terserah Tuhan aja baiknya gimana. Tapi kemarin itu, Tuhan tolong sembuhkan saya karena saya benar-benar ingin ikut perjalanan ziarah wali lima. Bukan karena uangnya, tapi kesempatannya itu lho! Pernah datang tawaran tapi di tanggal berangkat barengan sama tanggal mens. Kesempatan langka begini kan nggak datang dua kali. Makanya negosiasi ama Tuhan dan agak maksa. Kurang ajar emang ini kura!

Hari Sabtu saya habiskan dengan lebih banyak tidur. Alhamdulillah Minggu pagi saya terbangun dengan fisik lebih baik. Bersiap dan akhirnya berangkat! Tapi drama nggak berhenti sampai di sini. Selanjutnya pasti udah bisa ditebak apa. Yap! Bener banget! Om Parno mulai nyusup dan meracuni pikiran saya. Gimana kalau begini? Gimana kalau begitu? Rese banget emang Om Parno tuh! Perang sama diri sendiri deh jadinya. Gugup nggak karuan. Khawatir mabok, khawatir migrain kumat. Khawatir beser di jalan. Ah! Saking gugupnya sampai bolak-balik nebeng pipis di rumah tetangga. Padahal nggak pipis beneran juga. Tapi karena gugup plus parno jadi anyang-anyangen. Berasa kudu pipis mulu. Sialan!

Bus pun melaju. Antisipasi biar nggak mabok, nelen antimo dong! Malu kalau mabok. Kekeke. Next step is matiin AC di atas kepala. Saya sensi sama AC pasca kena GERD. Kaos kaki dan jaket udah dipakek. Eh jaketnya kebetulan jaket yang sama yang saya pakek waktu ziarah wali 2017 lho! Amazing kan! Do amat dikatain baju itu-itu aja. Emang saya bukan penganut paham harus baju baru kalau buat pergi-pergi.

Ngomong-ngomong soal kostum, kostum yang saya pakai untuk perjalanan kali ini dapat minjem. Wkwkwk. Kenapa? Karena kata Memes kalau rombongan begitu tuh pasti semua cewek pada pakek jubah atau gamis. Mampus! Masa saya mau pakek blus ama celana? Tahun 2017 emang pakek gitu sih. Tapi itu kan sama keluarga. Jadi woles saja. Nah ini sungkan aja kalau tampil beda sendiri. Lalu, kenapa sampai pinjem? Gamis ama tunik saya nggak ada yang muat. Huaaa!!! Badan melar kayak gajah beton dan gentong air. Hiks! Akhirnya minjem baju kakak. Heuheuheu. Drama selanjutnya ada hubungannya sama kostum. Lanjut curcol dulu yuk!

Biasanya walau udah nelen antimo saya masih ada efek mual karena masih ada parno. Uniknya kemarin itu nggak sama sekali. Bapak Sopirnya keren! Dari bus melaju saya nggak ada rasa mual sama sekali. Entah udah kebal ama antimo atau gimana, saya pun melek sepanjang perjalanan menuju makam pertama yaitu makam Sunan Ampel. Ketika perjalanan dimulai, kami mendapat roti dan air mineral. Terima kasih para panitia yang baik hati. Saya simpen keduanya karena udah sarapan dan kebetulan udah bawa air mineral juga. Air putih bekal wajib sejak kena GERD. GERD benar-benar merubah hidup saya. Hehehe.

Pengalaman pertama lewat tol baru. Ya ampun! Perjalanan jadi lebih singkat ya. Oya, karena si Apa Mbul diajak juga, doi paling semangat karena naik Tayo. Dari masuk tol happy banget dia karena bolak-balik ketemu Tayo. Dasar toddler! Kekeke.
Kami istirahat sejenak di rest area yang kalau kami mudik ke Sendang - Lamongan juga berhenti di sana. Kesempatan buat pipis dong. Yang bikin saya happy adalah ketika pipis di toilet rest area. Toiletnya bersih, wangi, no pesing, air mengalir lancar. Ketika saya tanya mas yang jaga sambil bersihin, berapa tarifnya. Masnya jawab, seikhlasnya saja. Terharu! Dengan fasilitas yang begitu bersihnya, tarifnya seikhlasnya. Semoga masnya rezekinya lancar. Aamiin. Berhenti di rest area ini jadi keinget menjes panas. Kekeke. Sayang kemarin itu belum ada menjesnya.

Akhirnya tiba juga di makam pertama, makam Sunan Ampel. Panasnya itu lho ndak umum. Lebih panas dari Wates. Yo jelas lah ya. Karena pakek gamis yang nggak ada kancing atau resletingnya, berasa diukep. Apalagi ke makam kan nggak ada jasa transportasi seperti becak atau ojek. Kita kudu jalan kaki di tengah hari. Auto nggobyos. Tapi masih aman. Ada air putih. Sambil jalan sambil minum terus, habis itu ke toilet lagi. Hehehe. Kami ke toilet di area parkir karena di area makam super duper ngantri.

Oya di makam Sunan Ampel ini udah diperbaiki lagi. Hampir seluruh area udah ada peneduhnya. Hingga nggak perlu takut kehujanan. Rame banget. Buat tahlilan nunggu ada area kosong dulu. Setelah ke makam Sunan Ampel, ziarah berikutnya ke makam Mbah Bolong. Masih di area makam Sunan Ampel. Makam Mbah Bolong ini rindang banget. Banyak pohon besar yang menaungi. Selanjutnya ke makam Mbah Soleh yang jumlahnya ada sembilan. Tidak ada foto di area makam ya. Katanya itu nggak boleh, nggak sopan. Dawuhnya Nyai Wening begitu. Jadi saya tidak mengambil foto di area makam sama sekali.

Sepanjang jalan menuju area makam Sunan Ampel itu surganya belanja. Bukan hanya baju tapi juga makan khas Arab. Salah satunya kurma. Tapi saya nggak beli kurma. Saya masih trauma makan kurma. Heueheuheu. Sebagai gantinya saya jajan roti maryam. Hehehe. Rp. 3.000,- sudah dapat satu roti maryam panas original. Emang beda ya rasanya kalau digorengin sama mamas penjualnya. Kekeke. Selain roti maryam, ada kebab juga. Kalau ziarah ke makam Sunan Ampel jangan lupa cobain ya! Anggurnya juga.




Perjalanan berlanjut. Tujuan selanjutnya adalah makam Sunan Giri. Kesan pertama yang muncul di otak saya adalah tangganya yang tinggi. Hehehe. Tapi saya nggak ada pikiran negatif atau parno sama sekali. Tahun 2017 saya sudah ke sini dan lolos. Saya yakin hari ini pun demikian. Tahun 2017 nyampek Sunan Giri waktu senja. Tahun ini tepat tengah hari. Karena masuk waktu makan siang, kami makan dulu di area parkir. Panitia mengeluarkan semua bekal untuk dinikmati bersama. Tapi saya makan bekal yang dibuatin Ibu. Hehehe. Bekal khusus untuk anak bungsunya yang punya lambung super sensi pasca GERD. GERD lagi. Emang dia biang keroknya kok!



Selesai makan siang, perjalanan menuju makam dilanjutkan. Saya naik andong. Masih sama dengan tahun 2017. Tarifnya udah naik ya. Rp. 40.000,- untuk enam orang. Kasihan banget ama kudanya karena kami keluarga jumbo. Heuheuheu. Maaf ya kuda. Kalau tarif ojek kayaknya Rp. 20.000,- bisa berdua atau bertiga tergantung besar kecilnya orang. Trus ada mikrolet juga, tapi saya nggak tahu berapa tarifnya.

Suhu semakin panas. Saya mampir toilet dulu buat pipis dan ambil wudlu. Selesai dengan ritual itu, mulai naik tangga yang super tinggi dan selalu mengingatkan saya pada Namsan Tower di Korea Selatan. Karena naik di siang bolong dengan suhu panas yang luar biasa dan kebetulan kostum yang saya pakai semakin mendukung hawa panas itu menyelimuti tubuh saya, perjalanan naik tangga jadi terasa berat. Dan tragedi itu terjadi. Sampai di tangga teratas, jantung saya berdetub kencang. Saya pikir wajar karena baru menaiki puluhan tangga. Napas saya juga tersengal-sengal. Hal terburuk, saya mulai tidak bisa merasakan diri saya sendiri. Tuhan! Masa iya mau pingsan?

Takut pingsan, saya memilih berhenti dan duduk di tepi jalan. Mengatur napas dan berusaha menenangkan diri sendiri. Hawa panas udah nggak karuan. Saya ditemani kakak sulung saya.

"Udah sampeyan naik aja. Aku tunggu di sini. Kayaknya aku nggak kuat buat lanjut. Bukan apa, liat di sana padet orang gitu. Yang ada ntar malah anxie aku." Saya nggak enak ama kakak.
"Emoh! Kamu pucet banget gitu. Ntar kalau kamu kenapa-napa gimana?" Kakak menolak.
"Nggak papa. Naik aja. Aku tak duduk di sini."
"Nggak wes. Aku di sini aja nemenin kamu."

Biasanya saya nggak akan menyerah sama keadaan begitu saja. Tapi saya cukup tahu diri bahwa itu semua di luar kemampuan saya. Kalau saya maksa naik malah bakal merepotkan orang-orang di atas sana. Tubuh saya udah kirim sinyal, jadi saya memutuskan berhenti. Itu pun belum bisa membuat saya tenang. Napas udah mulai teratur, tapi mual mendera. Walau sudah menghirup minyak kayu putih dan minum air putih banyak-banyak, tidak mengurangi gejala. Saya hanya bisa ngglempoh di pinggir jalan dan jadi tontonan sesama peziarah. Bahkan ada yang sampai kepo dengan mendekat dan melihat saya berulang kali. Embuh lah! I don't care! Yang pasti saya harus berhasil berdamai dengan diri saya sendiri. Saya nggak boleh nyusahin keluarga dan rombongan.

Setelah agak tenang, kakak saya menuntun untuk turun. Saya maunya lewat jalan naik aja biar nggak usah masuk pasar yang udah pasti tertutup dan sesak karena banyaknya perziarah. Tapi kakak saya nggak mau. Katanya, ntar kita dikira nggak bisa baca papan petunjuk. Saya berdalih situasinya darurat. Tapi kakak tetep nggak mau. Akhirnya ambil jalur pada umumnya.

Turun beberapa tangga berhenti dan duduk lagi. Badan udah kepanasan nggak nyaman. Bingung, tapi nggak mau nyerah. Setelah turun dan duduk berulang, akhirnya masuk pasar. Horor banget rasanya. Tapi seingat saya pasar di Sunan Giri nggak sepanjang pasar-pasar di makam lain. Karena di atas udah ada pasar juga. Jalan secepatnya yang saya bisa. Pokoknya harus cepat keluar dari pasar itu. Titik! Nerobos buibu yang jalan pelan sambil liat-liat barang dagangan. Saya udah nggak mikirin kakak lagi yang sebelum saya ngacir terlihat mampir ke salah satu lapak buat beli minum.

Set-set wes! Alhamdulillah bisa keluar dari pasar. Tapi masih panas setengah mati. Saya turun tangga dengan langkah agak gontai menuju tempat teduh deket ibu-ibu yang jualan Yakult. Tapi panas banget. Dudun di atas panas. Di bawah juga panas. Makin bingung dan lagi-lagi konsentrasi mulai buyar. Dalam kondisi seperti ini, tiba-tiba saya teringat salah satu adegan yang dialami idol cewek dalam realty show Korea Law of the Jungle. Ya Allah! Masa saya dehidrasi?

Dengan pandangan sedikit kabur, saya melihat kakak keluar dari pasar dan celingukan. Saya panggil sambil melambaikan tangan. Kakak buru-buru menghampiri dan memberikan sebotol Pocari Sweat dingin. Meminta saya meminumnya. Saya sempat ragu karena ada rasa asam. Tapi karena sebelumnya sudah makan, bismillah aja. Teguk Pocari dinginnya. Di tangga keluar saya melihat bapak dan kakak ipar. Lalu, kakak saya menghampiri untuk mengambil Apa Mbul.

Saya? Masih bingung karena kepanasan. Sampai semua keluarga ngumpul ngerumuni saya. Dalam kondisi itu saya terus bergumam, "Di mana pusat kesehatan? Atau klinik?"

Saya bisa mendengar apa-apa yang dikatakan bapak, ibu, dan keluarga yang lain, juga anggota rombongan yang mampir mengerumuni saya. Tapi, seolah saya ada di ruang terisolasi dan semakin tidak bisa merasakan diri saya sendiri.

"Kamu mau ngapain ke pusat kesehatan?" Entah siapa yang bertanya.
"Mau baringan." Karena yang saya ingat dari Law of the Jungle adalah si pasien dibaringkan di bawah pohon yang rindang.
"Di sini panas. Aku kepanasan. Aku nggak kuat lagi." Saya semakin bingung dan akhirnya melepas jilbab. Nggak peduli lagi ama sekitar. "Kipas mana kipas."

Karena nggak ada kipas, saya dikasih kertas doa sama kakak ipar. Menggunakan selembar kertas itu, saya berusaha mendinginkan tubuh saya. Tapi tidak optimal. Saya terus meracau mencari di mana pusat kesehatan dan ingin berbaring di sana. Untung Gendis bawa kipas elektrik dan langsung di arahkan pada saya. Lalu, saya dituntun untuk turun ke toilet dan didudukan di depan toilet. Di sana memang suhu panas sedikit menurun. Tapi saya masih belum bisa tenang karena masih dalam kondisi belum stabil. Mbak Anik datang membawakan sebotol Pocari dingin. Ibu meminta saya meminumnya hingga habis.

Pocari, air mineral teguk semua. Setelah kondisi agak stabil, dengan naik andong saya kembali ke parkiran ditemani ibu dan kakak. Sampai di area parkir mandek lagi di depan toilet. Tubuh saya masih ringan. Diem lama di sana. Pengen muntah. Buru-buru masuk toilet. Tapi di dalam nggak bisa muntah. Setelah merasa cukup kuat, berjalan pelan ditemani ibu dan kakak kembali ke bus. Di dalam bus disambut anggota rombongan yang menanyakan kondisi saya. Ibu yang jadi juru bicara. Menjelaskan bahwa kondisi saya memang kurang fit sebelum perjalanan. Saya langsung duduk dan menyalakan AC. Masih dengan kepala tanpa jilbab. Saya berusaha untuk tidur.

Kenyataannya nggak bisa tidur. Saya udah pasrah. Kalau di tempat tujuan berikutnya ndak kuat ya udah. Nyerah dan milih tetap tinggal di bus saja. Rasanya nyesek nggak bisa naik ke makam Sunan Giri. Tapi apa daya. Saya nggak berani ambil resiko dan memilih menyerah. Lebih baik menyerah daripada terus maju tapi berujung merepotkan orang lain. Sinyal yang dikirim tubuh saya nggak pernah salah. Segitu dahsyatnya efek dehidrasi. Walau sudah minum banyak, tubuh saya tetap mengalami dehidrasi. Serem!

Dari Sunan Giri ke tujuan berikutnya, Syekh Maulana Ishaq (ayah dari sunan Giri) lumayan jauh. Walau tidak bisa terlelap, saya memejamkan mata sepanjang perjalanan. Menenangkan diri.

Karena lokasi makam Syekh Maulana Ishaq dekat dengan area parkir, saya pun ikut turun. Lalu menunggu di gazebo di depan makam sementara anggota rombongan rata-rata mandi. Saya nggak mandi karena nggak bawa ganti. Pengalaman sebelumnya bawa gantu dan alat mandi tapi nggak bisa mandi. Perjalanan kemarin beda banget. Santai banget. Jadi nyesel nggak bawa baju ganti. Hiks!



Damai banget di lokasi makam Syekh Maulana Ishaq karena letaknya di pinggir pantai. Setelah ziarah, kami diberi waktu untuk jalan-jalan di pantai menikmati senja. Karena tubuh sudah lebih baik, saya pun ikut jalan-jalan di tepi pantai. Pengennya sih kaki nyentuh air laut. Tapi tidak bisa. Alhamdulillah nemu air degan walau nggak murni--dicampur air karena dijual dalam bentuk es. Air yang selalu sukses membantu memulihkan energi. Saya jadi lebih tenang dan percaya jika bisa melanjutkan perjalanan sampai akhir. Tidak lupa belanja kuliner seafood ikak tuna asap. Ini beli dilangganannya Ibu. Setiap ziarah ke sini selalu belinya di ibu paling pojok. Paling ramah dan paling murah katanya. Langsung deh ngeborong ikan tuna asap.



Karena lokasi makam Syekh Maulana Ishaq di Paciran, saya makin kangen sama Sendang, kampung halaman nenek dari bapak. Terlebih saat sampai di Sunan Drajat. Sampai di Sunan Drajat pas magrib. Pengurus lagi berbenah, dibangun di sana-sini. Kalau jadi bakalan bagus deh. Sayangnya saya nggak ambil foto juga.

Rezeki buat kami hingga bisa masuk ke dalam pendopo tempat makam Sunan Drajat. Ketika keluar dapat bonus kepala kejedot. Kekeke. Soalnya rombongan berikutnya udah kebelet masuk. Sedang rombongan kami belum keluar. Nikmat banget rasanya kejedot.

Tahun 2017 lalu saya sempat bikin panik anggota rombongan karena disangka hilang. Gara-gara Mbak Siti Maimun terakhir melihat saya di bawah pohon beringin besar, lalu saya tiba-tiba menghilang--aslinya ke toilet nganterin Thata--jadi dikira saya hilang dibawa makhluk halus penghuni pohon beringin. Terlebih Jed berusaha menelpon, tersambung tapi saya ndak terima panggilan. Jadi makin panik orang-orang. Sedang kakak mencoba menelpon, kata operator nomer saya tidak aktif atau berada di luar jangkauan. Maaf ya udah bikin panik karena kelamaan di toilet.

Tujuan selanjutnya adalah makam Syekh Ibrahim Asmoro Qondi. Syekh Ibrahim Asmoro Qondi atau Syekh Ibrahim as-Samarqandi dikenal sebagai ayahanda Raden Ali Rahmatullah (Sunan Ampel). Di area parkir anggota rombongan jamaah sholat, mandi, dan makan malam. Saya masih bertahan ndak mandi. Kekeke. Mau coba kuliner khas Tuban udah nggak ada selera makan. Isinya haus terus. Mau makan pun malas. Akhirnya jajan cilok. Dasar Kura! Kemana-mana yang dicari cilok.

Di pasar makam Syekh Ibrahim Asmoro Qondi ini mayoritas jualan olahan seafood yang dikeringkan. Jadi yang mau belanja cumi kering, ikan teri, ikan asin, di pasar ini surganya. Oya toilet dan kamar mandi melimpah ruah dengan air yang bersih dan mengalir lancar. Mulai dari area parkir ada dan rata-rata tempat mandinya itu menyediakan rest area. Jadi misal mau mandi trus leyehan sebentar bisa. Tinggal pilih tempat yang sesuai aja. Di pasar ini juga mulai ada penjual legen dan siwalan. Minuman dan buah khas Lamongan - Tuban.

Tujuan terakhir adalah makam Sunan Bonang. Kalau tahun 2017 lalu menjadi tujuan pertama, tahun 2019 menjadi tujuan terakhir. Kali ini tuh beda, bus diparkir di dekat Alun-alun Tuban. Lokasi ke makam juga lebih dekat. Bisa dijangkau dengan jalan kaki atau kalau mau naik becak juga bisa. Dari parkiran nyebrang ke alun-alun, lalu jalan kaki ke lokasi makam. Karena udah pukul sepuluh malam, di makam udah agak sepi. Pedagang di pasar juga udah banyak yang tutup. Sebenarnya kalau mau kuliner malam ada, tapi minat bukan makan udah ndak ada. Haus mulu! Hiks! Padahal makanannya menggoda iman banget. Hehehe.



Kami ada di Tuban sampai jam dua belas malam. Di sini pula kami beli legen dan siwalan. Karena lagi musim ya melimpah ruwah. Tinggal pilih aja mau yang mana. Sebenarnya kalau mau keliling alun-alun banyak area selfiable. Apa daya saya udah capek.

Oya, legen yang dijual ada dua macam. Satu buthek atau warna airnya lebih gelap, satu bening. Penasaran nanya dong ke bapak yang jual. Katanya kalau yang buthek itu lebih kental sedang yang bening lebih banyak kandungan airnya. Dari aroma yang buthek lebih menyengat. Dari segi rasa pun lebih tajam. Saya lebih suka yang bening. Tapi setelah minum satu sesap aja perut saya mual semalaman. Jadi yang perutnya sensi kayak saya mending hindari legen ya. Konsumsi siwalannya aja.



Ziarah wali lima 2019 lagi-lagi tak mengunjungi makam Syeh Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik. Katanya lokasinya di tengah kota hingga kesulitan untuk parkir.

Perjalanan kali ini berkesan karena mengunjungi dua makam baru. Pertama kalinya sowan ke sana. Lokasi yang membuat saya terkagum-kagum karena kemegahannya.

Perjalanannya juga santai banget. Tahu gitu saya bakalan ngajak temen-temen di Tuban kopdar di alun-alun. Hehehe. Tapi udah malem juga. Kasihan.

Selain Sunan Ampel dan Sunan Giri, rata-rata suasana makam longgar hingga nyaman buat duduk-duduk mengaji. Walau sempat ada drama, kejadian mengerikan, saya bersyukur bisa mengikuti perjalanan ziarah wali lima 2019.

Terima kasih Tuhan karena memberi kesempatan bagi saya untuk bisa mengikuti perjalanan ini. Terima kasih atas semua kejutannya.

Terima kasih kepada para panitia. Atas kesabarannya dan kesempatan yang diberikan kepada kami.

Terima kasih mbakku dan keluargaku. Maaf udah bikin panik. Saya pun nggak nyangka bakalan ngalamin dehidrasi sampai sebegitunya.

Thanks and sorry for everything.

Kisah ziarah wali 2017 bisa dibaca di 



Tempurung kura-kura, 04 Desember 2019.
- shytUrtle -



You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews