Unek-unek Di Tengah Kehebohan Berita Kencan Kang Daniel Dan Jihyo Twice

01:32

Unek-unek Di Tengah Kehebohan Berita Kencan Kang Daniel Dan Jihyo Twice



Senin, 05 Agustus 2019 dunia fangirl Kpop dihebohkan dengan mencuatnya berita kencan Kang Daniel dan Jihyo Twice.

Yap! Kemarin berita tentang hubungan mantan anggota Wanna One dengan leader Twice itu dirilis oleh Dispatch.

Kpopers pasti nggak asing sama Dispatch. Yap! Benar sekali, berita yang dirilis Dispatch selama ini selalu benar. Artinya, mereka menyuguhkan fakta tentang Kpop idol yang tidak bisa dikuak oleh media lain. Makanya ketika berita apa pun itu yang dirilis Dispatch, fans pasti akan meragukan jika itu hanyalah bualan atau bukan fakta tanpa bukti.

Pun demikian dengan berita kencan Kang Daniel dan Jihyo Twice. Ketika Dispatch merilisnya, dunia fangirl langsung diguncang, dibuat heboh.

Saya pribadi yang tahu berita ini agak telat—tahunya dari postingan Kookie Noona—pun dibuat kaget. Sempet nanya, masa sih? Tapi, ini Dispatch lho! Berita yang mereka rilis selalu bener atau fakta. CMIIW.

Penasaran, saya pun lari ke Twitter. Ternyata di Twitter udah heboh. Twitter emang selalu lebih update dari Facebook ya! Dan, nggak lama kemudian, agensi Twice, JYP, mengkonfirmasi hubungan Jihyo dan Daniel. Iya, Jihyo sedang menjalin hubungan dengan Kang Daniel.

Waktu membaca berita itu, saya nggak tahu dengan apa yang saya rasa. Kaget, iya. Tapi, saya nggak tahu saya sedih atau senang. Yang pasti saya kaget. Lalu, saya kepikiran teman-teman saya yang Daniel stan atau fans berat Daniel. Apa teman-teman saya baik-baik setelah berita kencan Daniel dirilis.

Iya, saya paham Daniel juga manusia biasa yang pasti merasakan jatuh cinta, indahnya kasmaran, dan pengen berpacaran. Tapi, sebagai fangirl saya nggak bisa membohongi kalau ada bagian dalam diri saya yang menyayangkan kenyataan bahwa Daniel akhirnya ketahuan menjalin hubungan.

Seperti yang kita tahu, Daniel menyita perhatian setelah berhasil menduduki posisi puncak pada Produce 101 season 2. Daniel berada di peringkat pertama. Karena itu, Daniel mendapat julukan God Daniel, Presiden Korea, Pemilik Korea, dsb.

Dari julukan itu bisa bayangin kan betapa banyaknya fans Daniel di Korea. Di Korea saja! Belum di luar Korea, di dunia. Di Indonesia sendiri juga banyak sekali Daniel stan.

Mencuatnya berita kencan Kang Daniel tentu saja memunculkan pro dan kontra. Fans dan non fans—kpopers tapi bukan fans Daniel—berkomentar tentang fakta tersebut.

Semalam, selepas mengunggah episode terbaru dari fan fiction  ToppDogg, saya menyempatkan diri mengikuti perkembangan berita Kang Daniel di Twitter. Kurang kerjaan banget ya kura satu ini. Kekeke. Saya penasaran. Terlebih 'Daniel' menjadi trending topic di Indonesia.

Bermacam-macam postingan menanggapi berita kencan Daniel dan Jihyo. Sejauh pengamatan saya semalam, banyak yang memberi dukungan. Lalu, Baekhyun EXO turut menjadi trending karena lagunya yang berjudul UN Village. Lagu tersebut cocok menjadi soundtrack untuk Daniel dan Jihyo, katanya.

Selain itu, foto-foto love sign antara Daniel dan Jihyo pun mulai tersebar. Foto-foto interaksi keduanya sebelum berita kencan mereka dirilis pun mulai tersebar.

Saya berpikir, oh sepertinya publik mendukung hubungan Daniel dan Jihyo. Tapi, saya yakin, ada banyak gadis yang menangis karena dirilisnya berita yang kemudian diamini agensi sebagai fakta.

Saya bukan fans Daniel pun bukan fans Twice. Tapi, saya pernah menikmati karya keduanya. Gara-gara Mas Junki, saya jadi menonton MV Twice yang TT. Gara-gara Linda, saya jadi kepoin Wanna One—termasuk Daniel. Saya menonton MV dan reality show Wanna One karena sebuah proyek fan fiction.

Hal itu auto bikin saya merasa 'dekat' dong sama Wanna One. Itu kenapa saya kaget waktu berita kencan Daniel dirilis. Saya pernah merasa sebagai noona bagi Wanna One, noona bagi Daniel. Jadilah saya kaget waktu berita kencan Daniel dirilis, oleh Dispatch pula. Kemungkinan itu adalah hoax sangat kecil sekali.

Saya kepikiran bagaimana teman-teman saya yang mengaku sebagai Daniel stan. Apa mereka baik-baik saja?

Kebetulan ada salah satu yang membuat postingan berhubungan dengan berita itu. Dengan nada bercanda, saya bertanya apa dia baik-baik saja setelah mendengar berita itu. Saya pikir caption postingannya hanya bercanda. Ternyata tidak!

Setelah mengetahui berita kencan Daniel, teman saya langsung menghapus segala apa pun tentang Daniel di dalam ponselnya. Lalu, ia berkata akan membakar segala sesuatu tentang Daniel yang ada di kamarnya. Saya yakin dia pun pasti akan membatalkan rencana membali mini album Kang Daniel yang baru saja dirilis.

Album... mendadak saya teringat adik saya di Jogja yang baru saja nitip beli mini album Kang Daniel ke saya. Apa dia baik-baik aja? Tidak! Kata mamanya, adik saya patah hati.

Ya, rata-rata teman saya, Daniel stan pada patah hati.

Lebay? Hmm, mungkin bagi yang tidak pernah terjun ke dunia fangirl hal tersebut di atas adalah tindakan yang lebay. Tapi, bagi kami para fangirl, hal semacam itu adalah wajar. Terutama bagi fans garis keras yang terobsesi pada idolanya.

Seandainya saya berada di posisi teman dan adik saya, tidak menutup kemungkinan saya pun akan merasa patah hati. Dulu sekali, ketika saya pertama kali mengidolakan boyband yaitu Westlife. Saya juga merasakan sakit ketika bias saya terlibat gosip pacaran.

Waktu itu di Westlifa saya sangat menyukai Mark dan Nicky. Anehnya, saya merasa biasa ketika tahu Nicky udah punya pacar. Tapi, tidak dengan Mark. Kenapa? Mungkin karena waktu debut Mark masih jomblo yak. Sedang Om Nicky, status pacarannya emang udah jadi rahasia umum. Kalau nggak salah ingat, waktu itu Mark sempat terlibat gosip, katanya deket ama Mandy Moore. Auto dong saya ill feel sama Mandy Moore. Karena saya sangat menyukai Mark waktu itu.

Itu kenapa saya kepikiran teman-teman saya yang Daniel stan ketika berita kencan Daniel dirilis. Pasti sebagian besar dari mereka patah hati. Seperti apa yang saya rasakan ketika Mark terlibat gosip dengan Mandy Moore.

Selain itu, saya juga merasa was-was. Takut kalau bias saya tiba-tiba ketangkep basah berkencan. Ketika Key digosipkan dekat sama Nicole aja saya ill feel. Nah, ini jadi ketar-ketir sama Taemin. Tapi, berharap Mas Jeje aka Kim Jaejoong segera ketahuan punya pasangan. Saya ngarep doi segera menemukan pasangan, gadis idaman yang benar-benar membuatnya jatuh hati, saling mencintai.

Contohnya ketika Mas Joongki dikabarkan akan menikah dengan Song Hye Kyo. Saya kaget, tapi tidak sampai patah hati karena walau saya suka Mas Joongki, tapi rasa adek ke kakak. Sama kayak rasa suka ke Mas Junki. Tapi, beda rasa kayak ke Mas Jeje—dan, ehem, Taemin. Feel-nya like you wanna him as your boyfriend. Something crazy like that!

Jadi, seandainya ntar Mas Jeje atau Taemin ketahuan kencan, udah pasti saya ada rasa patah hati. Sama seperti kayak apa yang dialami oleh sebagian besar fans Daniel sekarang. Pun dengan fans Jihyo juga ya! Posisinya sama kalau kamu udah menjadi bucin dari idol yang kamu biasin.

Tapi, untuk Mas Jeje, saya beneran ngarep dia bakal berkencan dengan gadis yang ia cintai. Taemin, jangan dulu ya Dek. Potek hati noona ntar. Heuheuheu...


Ketahuan berkencan pun bukan hal mudah bagi sang idola. Terutama Kpop idol sekelas Kang Daniel dan Jihyo. Fans sama-sama banyak. Stan mereka juga sama-sama banyak. Nah, dari yang banyak itu, mayoritas menyetujui hubungan mereka apa nggak. Masalah intinya di situ.

Kenapa? Kasarnya, idol tuh hidup dari uang fans. Setahu saya seperti itu. CMIIW. Terutama di Korea yang dunia hiburannya punya aturan—tertulis san tidak tertulis—sangat ketat.

Zaman awal-awal saya suka Kpop, saya dibuat terkaget ketika mengetahui informasi bahwa idol yang baru debut tidak boleh pegang ponsel sendiri. Tinggal harus di dorm. Tidak boleh pacaran. Boleh pacaran asal sama seonbae/senior yang lebih tenar dari mereka, dan lain sebagainya. Mengabaikan itu fakta atau bukan, tentu saja aturan yang sedemikian rupa itu sangat mencengangkan. Karena berbeda jauh dengan dunia hiburan di negara kita.

Idol adalah segalanya bagi fans. Fans rela melakukan apa saja demi mendukung idolanya. Membeli album, datang ke event, fansign, konser, dan lain sebagainya. Mungkin itu alasan kenapa sering disebut idol hidup dari uang fans. Karena fans rela melakukan apa saja untuk idol. Terutama para fansite yang rela mengikuti idol kemana saja. Termasuk keluar negeri.

Sependek pengetahuan saya, skandal kencan idol di Korea sana lebih sering menimbulkan kontra. Walau tak jarang justru mendapat restu dari fansnya. Contoh, Taeyang dan Min Hyorin yang hingga menikah. Fans masih mendukung keduanya. Tapi, tidak sedikit pula yang ditentang oleh fans.

Ngomong-ngomong, Wanna One termasuk dalam list Kpop idol yang dilarang pacaran lho! Karena punya fans fanatik bejibun. Artinya, sebenarnya Kang Daniel pun termasuk dalam jajaran idol 'yang dilarang pacaran'. Dari sini kita bisa bayangin efek dahsyatnya berita kencan Daniel setelah dirilis.

Walau semalam saya menemukan di Twitter banyak yang memberi dukungan, tapi saya yakin tak sedikit yang menentang. Setelah pagi tadi iseng mencari berita tentang Daniel-Jihyo, saya menemukan satu artikel yang menyebutkan reaksi fans Korea terhadap berita tersebut. Yap, pro dan kontra!

Menurut saya pribadi, timingnya nggak tepat. Secara Daniel baru aja rilis mini album. Setelah dia vakum cukup lama, udah pasti fans menunggu dia kembali. Setelah dia melakukan comeback, fans udah pasti pesta pora merayakan kembalinya idola mereka. Tapi, tak selang lama, berita kencan itu muncul. Pasti banyak fans yang patah hati dan kecewa.

Salah satu alasan idol melakukan kencan secara diam-diam adalah penggemar. Mereka takut melukai penggemar pun takut kehilangan penggemar.


Balik lagi, idol pun manusia biasa yang ingin dicintai dan mencintai. Jadi, seandainya mereka jatuh cinta dan menjalin hubungan adalah suatu hal yang wajar. Namun, karena posisi mereka sebagai idol, menjadikan hal itu sedikit sulit. Bukannya mereka tidak tahu pada posisi dan resiko yang harus mereka tanggung setelah menjadi idol. Tapi, terkadang sesuatu bisa berjalan di luar kendali mereka. Pada kita juga demikian, kan?

Semoga saja tidak terjadi hal yang tidak diinginkan setelah dirilisnya berita ini. Bagaimanapun, selamat atas hubungan Kang Daniel dan Jihyo Twice. Untuk Daniel stan dan Jihyo stan, tetap kuat ya!

Saya membuat tulisan ini hanya menuangkan unek-unek di kepala saya. Maaf jika ada salah kata. Terima kasih.


Tempurung kura-kura, 06 Agustus 2019.
- shytUrtle -

You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews