5 Cara Mudah Mengatasi Darah Rendah

19:22

5 Cara Mudah Mengatasi Darah Rendah



Tekanan darah rendah (hipotensi) atau yang lebih dikenal dengan istilah darah rendah adalah salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami masyarakat umum. Kaum hawa yang paling sering mengalami hal tersebut.

Tekanan darah rendah terjadi ketika asupan darah ke otak kurang, dikarenakan kerja jantung dalam memompa darah ke seluruh arteri tubuh mengalami penurunan kekuatan. Tekanan darah normal adalah 120/80 mmHg. Jika di bawah angka tersebut, maka bisa dikategorikan sebagai darah rendah.

Gejala umum yang sering dirasakan ketika mengalami darah rendah adalah pusing tanpa sebab, mata berkunang-kunang, dan kliyengan—tubuh seolah oleng, seperti ketika sedang berada di atas kapal laut. Jika dibiarkan, kondisi tersebut dapat mengganggu aktifitas sehari-hari, karena tubuh akan diserang kelelahan, rasa kantuk yang terus menerus, bahkan pingsan.

Berikut ini langkah sederhana yang mudah dilakukan untuk mengatasi darah rendah.


1. Perbanyak Minum Air Putih

Tubuh yang mengalami dehidrasi bisa mengganggu kinerja tubuh. Jika kondisi tubuh terhidrasi, maka aliran darah yang membawa oksigen ke otak pun lancar sehingga kita terhindar dari darah rendah. Karenanya, penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan meminum delapan gelas air atau dua liter air per hari.


2. Minum Air Garam

Salah satu cara mengatasi tekanan darah rendah adalah dengan memenuhi asupan sodium dalam tubuh. Sodium terdapat dalam garam. Minum air hangat ditambah garam dan gula dua kali sehari bisa dilakukan saat tubuh mengalami darah rendah. Selain itu, bisa juga dilakukan dengan jalan menambah garam pada makanan yang dikonsumsi.


3. Konsumsi Madu

Satu sendok teh madu dicampur dengan segelas air hangat dapat mengatasi gejala pusing akibat darah rendah.


4. Istirahat

Ketika tubuh mulai merasa kelelahan, lekaslah beristirahat. Istirahat yang cukup adalah salah satu cara untuk mengatasi darah rendah.


5. Pola Makan Yang tepat

Mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah misalnya daging merah, bayam, buah bit, alpukat, tomat, delima, telur, hati ayam, asparagus, dsb.


Selain lima langkah di atas, tetap aktif bergerak atau rajin berolah raga juga dapat membantu mengatasi tekanan darah rendah. Contoh olah raga yang aman bagi penderita darah rendah adalah jalan kaki, renang, bersepeda, dan jogging.

Tempurung kura-kura, 10 Agustus 2019.
- shytUrtle -


You Might Also Like

2 comments

Search This Blog

Total Pageviews