Review Korean Movie Parasite

17:17

Parasite (Korean Movie)


From AsianWiki

Profile

Movie: Parasite
Revised romanization: Gisaengchoong
Hangul: 기생충
Director: Bong Joon-Ho
Writer: Bong Joon-Ho
Producer:
Cinematographer: Hong Kyung-Pyo
World Premiere: May 21, 2019 (Cannes Film Festival)
Release Date: May 30, 2019
Runtime: 131 min.
Genre: Drama / Family
Distributor: CJ Entertainment
Language: Korean
Country: South Korea

Plot Synopsis by AsianWiki Staff ©

Ki-Taek (Song Kang-Ho) is poor and unemployed. He lives with his wife Choong-Sook (Jang Hye-Jin), son Ki-Woo (Choi Woo-Sik) and daughter Ki-Jung (Park So-Dam) in a damp, insect infested semi-basement apartment in a low income area of Seoul. When Ki-Woo takes his friend (Park Seo-Joon) to a nearby convenient store for drinks, he learns that his friend (who is going to study abroad) is leaving behind a good paying private tutoring job. His friend wants Ki-Woo to takeover the tutoring job while he is abroad. Soon, Ki-Woo enters the life of the wealthy Park family, with Ki-Woo's own family lurking in the periphery.

Notes

1. Movie is the fourth time director Bong Joon-Ho and actor Song Kang-Ho have worked together (prior films are “Memories of Murder”, “The Host” and “Snowpiercer”).
2. Filming began May 18, 2018 and finished September 19, 2018.
3. 8 character posters for movie "Parasite."
4. "Parasite" screens in the "In Competition" section at the 2019 Cannes Film Festival.
5. "Parasite" won the "Palme D'or" award at the 2019 Cannes film Festival.

Cast

Ki-Taek's Family
- Song Kang-Ho as Ki-Taek
- Jang Hye-Jin as Choong-Sook
- Choi Woo-Sik as Ki-Woo
- Park So-Dam as Ki-Jung

Mr. Park's Family

- Lee Sun-Kyun as Mr. Park
- Cho Yeo-Jeong as Yeon-Kyo
- Jung Ji-So as Da-Hye
- Jeong Hyun-Jun as Da-Song

Other

- Lee Jung-Eun as Moon-Gwang
- Park Seo-Joon as Min-Hyuk

Additional Cast Members:

Park Myoung-Hoon - Geun-Se
Park Keun-Rok - Chauffeur Yoon
Jung Yi-Seo - pizzeria manager
Lee Joo-Hyung - party man 3
Ahn Sung-Bong - man 1 provoking quarrel on street
Kim Kyu-Baek - drunk guy 1
Lee Dong-Yong - drunk guy 2
Lee Ji-Hye - vocalist
Kim Bo-Ryung - cellist
Go Gwan-Jae - doctor
Yoon Hye-Ri - JTBC reporter

Ki-Taek (Song Kang-Ho) miskin dan menganggur. Dia tinggal bersama istrinya Choong-Sook (Jang Hye-Jin), putra Ki-Woo (Choi Woo-Sik) dan putrinya Ki-Jung (Park So-Dam) di sebuah apartemen semi-basement yang lembab dan penuh serangga yang berpenghasilan rendah. daerah Seoul. Ketika Ki-Woo membawa temannya (Park Seo-Joon) ke toko terdekat untuk minum-minum, dia mengetahui bahwa temannya (yang akan belajar di luar negeri) meninggalkan pekerjaan bimbingan belajar pribadi yang bagus. Temannya ingin Ki-Woo mengambil alih pekerjaan bimbingan sementara dia berada di luar negeri. Segera, Ki-Woo memasuki kehidupan keluarga Taman kaya, dengan keluarga Ki-Woo sendiri bersembunyi di pinggiran.


Keluarga Ki Taek tinggal di sebuah ruang di bawah tanah/basement. Ki Taek dan istrinya pengangguran. Hingga membuat anak bungsunya, Ki Jung putus kuliah. Ki Woo si anak sulung pun menganggur. Mereka tidak punya uang sama sekali dan membutuhkan pekerjaan.

Minhyuk (Park Seojoon) mengunjungi rumah temannya, Ki Woo (Choi Woo Sik) dengan membawa sebuah batu yang menurut kakeknya adalah batu pembawa keberuntungan. Keduanya pun pergi minum. Lalu, Minhyuk menawarkan sebuah pekerjaan pada Ki Woo.



Awalnya Ki Woo menolak, namun setelah Minhyuk membujuknya, ia pun setuju. Minhyuk menyusun sebuah skenario dan memperkenalkan Ki Woo sebagai guru privat Bahasa Inggris yang baru untuk putri sulung dari salah satu keluarga kaya raya. Dengan sedikit kecurangan, Ki Woo pun mendapatkan ijazah.

Ki Woo berganti nama menjadi Kevin dan menjadi guru privat Bahasa Inggris untuk keluarga Park. Ki Woo datang ke rumah mewah itu dan disambut seorang wanita paruh baya. Ki Woo mengira wanita itu si pemilik rumah. Ternyata wanita itu hanya pembantu di rumah mewah itu.



Yeon Kyo (Cho Yeo Jeong) sang nyonya rumah menyambut Ki Woo dan menjelaskan peraturan yang harus dipatuhi Ki Woo. Seperti yang dikatakan Minhyuk, Yeon Kyo adalah wanita muda yang sederhana dan baik.



Ki Woo mulai mengajar Da Hye (Jung Ji So) dibawah pengawasan Yeon Kyo. Di hari pertama bimbingan, Ki Woo berhasil memenangkan hati Yeon Kyo dan Da Hye.



Saat ngobrol bersama Yeon Kyo di ruang tamu, Da Song (Jeong Hyun Jun) bungsu dari keluarga Park muncul dan mengganggu. Moon Gwang (Lee Jung Eun) asisten rumah tangga keluarga Park langsung mengajaknya pergi.



Yeon Kyo pun mengeluhkan tentang Da Song. Lalu, Ki Woo mengatakan jika ia punya seorang teman yang ahli dalam menangani Da Song. Yeon Kyo setuju bertemu dengan wanita bernama Jessica itu.

Skenario kedua dibuat. Ki Jung (Park So Dam) memerankan tokoh Jessica. Beruntungnya, ia berhasil memenangkan hati Da Song.


Saat kelas terapi untuk Da Song selesai, Tuan Park (Lee Sun Kyun) datang. Yeon Kyo memperkenalkan suaminya pada guru privat Da Song. Tuan Park meminta sopirnya mengantar Ki Jung.



Di mobil, sopir Tuan Park mencoba merayu Ki Jung dengan menawarkan untuk mengantar Ki Jung sampai rumah. Ki Jung menolak dan meminta berhenti di stasiun dengan alasan pacarnya telah menunggu di sana. Ki Jung melepas celana dalamnya dan meninggalkannya di dalam mobil.

Tuan Park yang menemukan celana dalam itu marah dan memecat sopirnya. Saat itu lah Ki Jung merekomendasikan ayahnya, Ki Taek (Song Kang Ho). Ki Taek pun memerankan Tuan Kim dan kemudian bekerja sebagai sopir pribadi Tuan Park setelah lolos ujian menyetir mobil.



Da Hye mengatakan ingin makan buah persik, tapi Moon Gwang melarangnya. Ki Woo dan Ki Jung mencari tahu. Ternyata, Moon Gwang alergi buah persik. Karenanya, tidak pernah ada buah persik dalam rumah keluarga Park.

Memanfaatkan kesempatan itu, Ki Tae mengatakan jika Moon Gwang menderita TBC. Yeon Kyo percaya dan akhirnya memecat Moon Gwang. Masuklah Choong Sook (Jang Hye Jin) sebagai ART dalam keluarga Park.



Ki Tae dan keluarganya berhasil bekerja dalam keluarga Park berkat Minhyuk. Namun, saat keluarga Park pergi liburan, rahasia mereka tidak sengaja ketahuan Moon Gwang, pun sebaliknya. Dari sanalah kekacauan dimulai.


Saya penasaran sama film ini karena sempat berseliweran di beranda Facebook. Nunggu subtitle-nya yang agak lama. Ternyata film-nya emang bagus.

Menurut saya, hal seperti itu bisa saja terjadi di dalam kehidupan nyata. Karena terdesak kebutuhan, lalu ada kesempatan dan kecerdikan membaca peluang, plus keberuntungan.

Drama keluarga, komedinya juga ada, tapi di ending disajikan adegan mengerikan. Lengkap deh!

Sepanjang nonton, saya dibikin sebel sama keluarga Ki Taek yang memanfaatkan kebaikan dan keluguan Yeon Kyo. Sempet kasihan ama Moon Gwang, tapi sebel ama suaminya. Saya pun sempat menebak jangan-jangan Moon Gwang kerjasama ama Ki Taek dan keluarganya. Ternyata salah! Salah besar! Sungguh tak terduga.

Sekian review dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata. Terima kasih. Selamat menonton.

Photo by: Hancinema.

Tempurung kura-kura, 23 Agustus 2019.
- shytUrtle -

You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews