Unek-unek tentang konser Wanna One di Jakarta 15 Juli 2018

06:30

                Unek-unek tentang konser Wanna One di Jakarta 15 Juli 2018



Ya ampon! Ini bikin kepala sesak. Meledak-ledak. Jadi, saya tulis aja ya. Daripada bikin saya kesiksa ndiri. Jadi, mending saya luapin dalam tulisan aja.

Sebelumnya maaf. Sebenernya saya nggak mau komentar tentang konser Wanna One di Indonesia yang digelar kemarin. Dan, saya tegasin di sini bahwa saya bukan Wannable. Saya hanya penyuka kpop yang kebetulan dibikin baper sama Wanna One karena sedang dalam proyek nulis fan fiction Wanna One.

Jangan tanya kenapa nulis fan fiction aja sampai baper. Bisa panjang penjelasannya. Karena di sini saya nggak mau bahas itu. Nulis bisa baper karena nulisnya pakek perasaan. Jelas tho?

Sebagai penikmat kpop yang dibikin baper sama Wanna One, saya udah nahan diri buat nggak kepo sama konser Wanna One di Indonesia. Tapi, apa daya. Rasa penasaran saya meledak-ledak. Pertahanan saya pun tumbang. Saya akhirnya lari ke Twitter dan mulai mencari #WannaOneinJakarta #WannaOneinJKT #WannaOneWorldTourInJKT

Munculah banyak hasil—yang didominasi Wannable yang nggak bisa dateng buat nonton. Waktu tweet-nya masih adem ayem, saya ikutan nyampah pakek hastag tersebut di atas. Ikut ramaiin suasana aja. Maklum, kangen fangirling. Dan, sapa tahu tweet saya bisa bantu jadi trending topic. Toh isi tweet saya nggak ngacau. Cuman cerita tentang godain Jessi dengan iseng nawarin diri jadi pengawal dia kalau mau nonton konser Wanna One. Lalu, tentang hari Minggu saya yang dari pagi nanya ke ibu acara gosip di TV jam berapa. Kali aja ada TV yang meliput konser. Rasanya beda lho nonton di TV sama nonton di Youtube.

Saya sempet off dari Twitter karena lanjutin upload foto liburan di Jogja. Off-nya lumayan lama. Sampai pas saya mau bobok, ada notifikasi kalau Nao balas mention saya di Twitter. Di sini awalnya. Hingga saya dibikin nggak bisa tidur nyenyak karena isi kepala saya sendiri.

Waktu saya buka Twitter buat liat balesan Nao, ada satu tweet lewat di beranda. Isinya, "Apa? Konser Wanna One rusuh?"

Yew! Langsung dah, rasa penasaran meledak lagi. Dan, saya lagi-lagi nggak nolak buat kepoin konser Wanna One di Jakarta.

Pantengin hasil pencarian satu per satu. Sedih, gemes, dan gregetan juga bacanya.

Tweet pertama tentang rusuhnya konser yang saya temukan adalah tentang konser yang rusuh karena saling dorong dan banyak yang pingsan hingga konser sementara harus dihentikan.

Lalu, ada juga tweet tentang fans yang upload struk belanjaan Guanlin. Ya ampon! Ini kurang kerjaan banget! Padahal di dalamnya ada informasi pentingnya. Tentang kartu kredit atau apalah gitu. Nggak paham juga saya.

Saking senengnya kali ya. Hingga nggak mikir tindakannya ntar bisa rugiin orang lain kalau ada pihak yang nggak tanggung jawab gunain informasi dalam struk itu. Dampak seneng yang kebangetan nggak bagus juga. Logika jadi nggak jalan.

Yang bikin saya geregetan, ada tweet tentang adanya penonton penyusup di tempat VIP. Di tweetnya ditulis 100 orang lebih. Tapi, setelah tanya sana-sini katanya sekitar 20 orang yang masuk ke tempat VIP tanpa gelang.

Menurut informasi, mamanya Cinta Kuya yang pertama tahu soal itu trus protes ke tim promotor. Tapi, sama timnya cuman disuruh sabar.

Sabar? Saya gagal paham.

Mamanya Cinta Kuya yang kaya raya aja bisa marah. Apalagi Wannable yang nabung berbulan-bulan buat bisa beli tiket VIP, buat dateng nonton Wanna One. Pasti jengkel dan marah banget.

Saya heran, kok bisa masuk tanpa tiket? Itu caranya gimana. Trus kok ya ndak malu sama Wannable lain. Kita emang nggak tahu gimana caranya itu penyusup bisa masuk tanpa tiket. Entah bayar entah gimana. Tapi, kan ya sebel aja. Kalau ngakunya Wannable kok ya ndak malu pakek cara itu. Tapi, mungkin karena Wannable yang niat banget pengen nonton tapi kehabisan tiket hingga menggunakan segala cara untuk bisa nonton. Apa pun cerita dan alasan di baliknya, baca tweet tentang penyusup itu bikin saya geregetan. Emosi juga.

Tweet selanjutnya, katanya pihak promotor nambahin kapasitas penonton secara diam-diam. Itu kenapa di dalam gedung jadi full, padet, sesak penonton. Sampai akhirnya dorong-dorongan dan banyak yang pingsan. Wannable menyangkal itu bukan salah mereka, tapi salah promotor.

Oke. Bisa jadi demikian. Tapi, yang bikin rusuh dengan saling dorong itu siapa kalau bukan Wannable? Nggak mungkin kan kalau penyuka kpop yang baper macem saya gini rela keluarin duit banyak buat pergi nonton konser kpop idol yang bukan fandom utamanya. Ya kecuali fans bapernya kaya raya yang nggak usah pusing mikirin duit.

Oke lah promotor disalahin dengan nambah kapasitas penonton hingga di dalam over dan sesak sampai padat dan banyak yang pingsan. Ini tega banget ya. Nggak mikir keselamatan penonton apa? Walau nyesel karena banyak penonton pingsan, tapi lega juga karena nggak ada korban jiwa.

Lagi-lagi dibikin sedih. Ngebayangin Wannable yang udah nabung, nahan diri buat beli ini itu, duitnya di tabung buat nonton konser. Tapi, pas di lokasi desak-desakan trus pingsan. Pas bangun, tahu-tahu konser dah kelar. Ya ampun... nyesek banget.

Bukan karena Wannable-nya kurang persiapan fisik. Tapi dalam kondisi seperti itu, menurut saya siapapun bisa tumbang. Walau persiapan fisiknya udah mateng. Kecuali kalau orangnya beneran strong. Bayangin aja di dalam ruangan tertutup, lalu desak-desakan. Panas, kurang oksigen. Orang sehat aja bisa sakit kalau kayak gini.

Desak-desakan, saling dorong ulah Wannable. Iya lah sapa lagi kalau bukan Wannable? Gini ya, Wannable juga manusia. Nggak semuanya tertib, baik, dan patuh pada aturan. Kalau semua baik, nggak akan ada kasus nipu sesama Wannable tuh. Di tweet ada lho kasusnya. Entah Wannable atau orang jualan doang sih. Nipu soal light stick. Udah di transfer, tapi pas di konser ngilang. Duitnya kagak balik. Duit itu emang godaannya gede. Kalau nggak amanah ya gitu. Bisa hilang akal. Jadinya nipu.

Balik lagi ke Wannable. Nggak semua Wannable baik, patuh, dan tertib aturan. Banyak pula sebab yang memicu aksi saling dorong. Alasan yang paling umum nurut saya sih karena itu konser the first and the last. Yap, karena konser itu yang pertama dan terakhir. Melonjaknya penonton hingga ditambahnya kapasitas saya rasa juga karena alasan ini. Masih banyak yang minat, tapi kehabisan tiket. Promotor tergiur keuntungan, jadi nambahin kapasitas penonton.

Karena pertama dan terakhir, udah pasti Wannble memanfaatkan momen konser sebaik mungkin. Sayangnya, tidak semua Wannable memanfaatkannya dengan bijak. Hingga terjadilah saling dorong. Pasti ada dong yang mikir, udah bayar mahal harus bisa maju biar bisa liat Wanna One sedekat-dekatnya, sepuas-puasnya. Makanya mereka berusaha maju walau harus saling dorong.

Kalau kayak gini butuh kesadaran masing-masing. Untuk saling ngerti dan saling jaga. Sayangnya kebanyakan dari kita, manusia itu egois. Mikirin diri sendiri. Gimana biar diri sendiri untung. Walau kadang nggak cuman rugiin orang lain, tapi juga dirinya sendiri.

Dan, melanggar perturan itu enak. Kalau nggak ketahuan. Makanya kebanyakan dari kita tergiur untuk melanggar peraturan selama tidak ketahuan. Saya rasa kasusnya pun demikian dalam konser Wanna One. Makanya banyak yang bandel. Walau disuruh mundur tetep aja maju. Kapan lagi nonton Wanna One. Ini konser pertama dan terakhir lho! Akhir tahun ini mereka dah bubar lho! Jadi, mari berusaha sekeras tenaga untuk maju agar lebih dekat sama Wanna One. Do amat banyak yang pingsan. Edan!

Yang bikin saya geregetan lagi, adanya tweet yang cerita tentang ulah Wannable yang ngatain fansite. Ya ampon! Ini fans otaknya di mana ya? Nggak mikir apa seberapa besarnya jasa fansite buat overseas fans macem kita-kita yang di Indonesia?

Masternim di dorong. Mereka udah bilang, "Tolong berhenti ini sakit." Fans Indo malah nyerang, ngatain masternimnya, "Kamu bisa liat mereka di Korea. Kembalilah ke Korea. Ini negaraku." Malah ada yang laporin fansite ke petugas dengan teriak-teriak, "Ini bawa kamera!"

Geblek! Beneran geblek! Kalau nggak ada fansite, kita nggak bakalan dapat update terbaru idol kita. Ngandalin foto official? Foto media berita? Itu nggak seindah foto-foto fansite ya. Nggak secantik foto-foto masternim.

Masternim/fansite itu nggak sekedar jalan nonton konser ya. Mereka kerja. Ngikutin idol kemanapun idol pergi dengan biaya sendiri. Lalu, mereka share foto dan videonya secara cuma-cuma. Kita tinggal nikmati dengan modal kuota/wifi. Tapi, begitu masternim berkunjung ke negara kita. Malah diperlakukan kayak gitu.

Bahkan fansite Guanlin sampai memar merah-merah karena di dorong. Tapi, dia bilang bukan luka itu yang bikin dia sakit. Dia sakit hati karena kata-kata dari Wannable Indonesia yang dorong dan maki dia.

Suer ini nurut saya fansnya geblek banget. Kalau sampai fansite ngetweet atau bikin postingan, maka nggak cuman fans Korea yang akan tahu. Tapi, juga fans seluruh dunia. Kalau orang Jawa bilang, fansite ini aji banget. Boleh dibilang macem abdi dalemnya kerajaan idol. Nah, kalau fansite ngetweet keluhan tentang kondisi di negara kita. Udah pasti seluruh dunia bakalan tahu. Hancur dah citra fans Indonesia. Apalagi ini Wanna One. Yang lagi nge-hits banget di Korea dan di dunia.

Kasian banget citra Wannable Indonesia tercoreng karena ulah-ulah fans geblek macem gitu. Padahal nggak semua Wannable buruk, jahat. Tapi, di mana-mana hal buruk/kejahatan lebih gampang dan cepat diingat daripada hal baik. Saya sedih banget. Kenapa kita nggak bisa jadi tuan rumah yang baik? Sedang Indonesia dikenal sebagai negara dengan orang-orangnya yang ramah.

Bahkan, kemarin sempet liat ada fansite, seingat saya fansite si Gembul Jihoon yang nulis Malay 2. Pas fan meet Wanna One di Malaysia emang rusuh ya. Itu kenapa dia nulis Malay 2. Mungkin situasi di Indo kemarin sama rusuhnya kayak pas fan meet di Malaysia. Trus, ada yang bilang fansite Jaehwan juga update marah-marah soal konser di Indonesia. Dia update pakek bahasa Inggris pula.

Sedih banget bacanya. Sayang banget. Padahal pas fan meet di Indonesia, Wannable Indonesia dah di puji-puji karena tertib. Giliran konser malah rusuh.

Sebenernya nggak sekali ini ya kedatangan idol Korea diwarnai kerusuhan. Waktu SHINee ke Indonesia juga sempet rusuh pas di bandara. Bahkan mendiang Jjong sampai cidera.

Semoga ke depannya, kita fans Indonesia bisa lebih bijak dalam bertindak saat ketemu idol. Hingga kita meninggalkan kesan yang baik buat mereka. Bukan ke idolnya aja, tapi ke fansite-nya juga. Fansite punya jasa besar lho pada overseas fans macem kita. Jadi, mari perlakukan mereka dengan baik juga. Jadi, keinget zaman masih aktif jadi admin fanbase ToppDogg. Sampai janjian buat ketemu fansite Hojoon dan XER0 kalau ToppDogg ke Indonesia. Sayangnya ToppDogg batal ke Indonesia. Kami gagal ketemu fansite. Nah, kalian yang bisa ketemu fansite sedekat itu kok malah disia-siakan. Bahkan, dimaki sampai fansite-nya sakit hati. Miris!

Sempet diskusi soal konser Wanna One kemarin sama temen yang demen nonton konser kpop idol favoritnya. Dia bilang, konser yang dia tonton nggak pernah rusuh. Fandom dia adem ayem manut sama aturan. Dia heran liat fans sekarang yang alay dan kadang brutal. Mungkin karena fans sekarang kebanyakan masih ABG ya. Jadi, labil. Panteslah kalau tingkahnya alay. Tapi, nggak semua fans zaman jigeum macem gitu. Yang tertib dan taat aturan, nggak alay juga banyak.

Untungnya masih ada kesan baik yang di posting juga. Seperti kata terima kasih pada Indonesi. Bahkan, sempet liat itu ada yang beli Indomie dan cemilan Indonesia lalu di pos. Nggak tahu dah fansite atau apa. Kayaknya fansite. Sekilas juga tadi liatnya.

Makasih buat bojone Daniel yang udah kasih update ke saya. Update yang akhirnya bikin saya nulis panjang lebar ini.

Seneng baca postingan di akun official Wanna One. Bertemu lagi? Hmm, semoga aja sebelum mereka bubar ada kesempatan ke Indonesia lagi. Semoga Wanna One juga fansitenya nggak kapok ke Indonesia.

Lega dah tuangin isi kepala ke tulisan. Maaf kalau ada salah kata. Saya cuman tuangin isi kepala saya tentang konser Wanna One kemarin. Jadi, maaf jika ada yang tidak berkenan. Terima kasih.


Tempurung kura-kura, 16 Juli 2018.
- shytUrtle -


You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews