Review Korean Drama Flower Crew: Joseon Marriage Agency

04:44

Flower Crew: Joseon Marriage Agency




From AsianWiki


Profile

Drama: Flower Crew: Joseon Marriage Agency (English title)

Revised romanization: Kkotpadang: Joseonhondamgongjakso

Hangul: 꽃파당 : 조선혼담공작소

Director: Kim Ga-Ram

Writer: Kim Yi-Rang (novel), Kim Yi-Rang

Network: JTBC

Episodes: 16

Release Date: September 16 - November 5, 2019

Runtime: Mon & Tue 21:30

Language: Korean

Country: South Korea

Plot Synopsis by AsianWiki Staff ©

Lee Soo (Seo Ji-Hoon) is a blacksmith and lives with his father in the countryside. He is in love with Gae-Ddong (Gong Seung-Yeon). She is a bright and diligent woman, but she is all by herself. She is looking for her older brother, who was separated from her at an early age. Lee Soo wants to marry Gae-Ddong. To propose to Gae-Ddong and prepare for their wedding ceremony, Lee Soo hires the Flower Crew Matchmaking Agency. The agency consists of 3 handsome men: Ma Hoon (Kim Min-Jae), Do Joon (Byeon Woo-Seok) and Ko Young-Soo (Park Ji-Hoon). They are the best matchmaking agency in Joseon. On his wedding day, Lee Soo suddenly disappears.


Cast

Kim Min-Jae as Ma Hoon
Gong Seung-Yeon as Gae-Ddong
Seo Ji-Hoon as Lee Soo
Park Ji-Hoon as Ko Young-Soo
Byeon Woo-Seok as Do Joon
Go Won-Hee as Kang Ji-Hwa
Park Ho-San as Ma Bong-Deok
Jung Jae-Sung as Kang Mong-Koo
Lee Yoon-Gun as Moon Seok
Kwon So-Hyun as late king's wife
Jang Yoo-Sang as Kang
Ko Soo as Crown Prince (ep.1)
Cho Seong-Ha as King (ep.1)
An Se-Ha as peddler (ep.1)
Jo Ryun as inn owner (ep.2)
Jang Soo-Won as matchmaking client (ep.1)
Park Soo-A as Lee (Ep.1)
Choi Jin-Hyuk as military officer (ep.5)
Son Chang-Min as Yoon Dong-Sik (ep.5)
Lee Se-Young as shaman (ep.5)
Ji Il-Joo as Lee Hyung-Kyu
Lee Yeon-Doo as Choi Ji-Young


Additional Cast Members:

Jung Eui-Jae - Hyun
Ha Hoe-Jung - Eunuch Jang
Park Bo-Mi - Choon-Sim
Jung Yoon-Suk - Ma-Joon
Woo Hyeon - doctor (ep.1)
Jin Soo-Hyun
Mun Yong-Il
Jung Ji-Yoon


Lee Soo (Seo Ji-Hoon) adalah pandai besi dan tinggal bersama ayahnya di pedesaan. Dia jatuh cinta dengan Gae-Ddong (Gong Seung-Yeon). Dia adalah wanita yang cerdas dan rajin, tetapi dia sendirian. Dia mencari kakak laki-lakinya, yang terpisah darinya sejak usia dini. Lee Soo ingin menikahi Gae-Ddong. Untuk melamar Gae-Ddong dan mempersiapkan upacara pernikahan mereka, Lee Soo menyewa Agen Penjodohan Kru Bunga. Agensi ini terdiri dari 3 pria tampan: Ma Hoon (Kim Min-Jae), Do Joon (Byeon Woo-Seok) dan Ko Young-Soo (Park Ji-Hoon). Mereka adalah agen perjodohan terbaik di Joseon. Pada hari pernikahannya, Lee Soo tiba-tiba menghilang.




Nonton drama ongoing itu emang bikin lelah ya. Tapi, seru! Kekeke. Akhirnya selesai juga ini drama. Dan, saya seneng sama ending-nya. Hehehe.

Alasan saya menunggu dan pengen nonton drama ini adalah karena adanya Park Jihoon. Aneh yo? He'em! Saya bukan fans Park Jihoon tapi kok malah nunggu comeback aktingnya dia setelah dewasa. Eh! Bukan comeback, tapi debut akting setelah dewasa. Hohoho. (Nyebelin banget ini kura!)

Kedua karena ada Seo Jihoon juga dalam daftar cast. Kenapa? Saya pertama liat Seoji di drama Mama Fairy and The Woodcutter langsung jatuh hati sama sosok Geum yang dia peranin. FYI, nonton Mama Fairy buat riset waktu itu.

Ada dobel Jihoon, plus karena ini drama saeguk. Jadi makin penasaran dan menunggu rilis. Trus lagi, temanya bunga. Pas posternya rilis, para pemeran bawa bunga yang beda-beda. Ah! Pasti ada maknanya! Mungkin saya bunga-bunga itu mewakili karakter masing-masing tokoh.

Ketika drama ini mulai tayang, antusias dong! Ternyata sub judul per episodenya juga menggunakan simbol bunga. Jadi ada nama bunga dan sub judulnya. Bikin saya makin demen. Saya suka sekali bunga btw.

Berikut nama-nama bunga yang digunakan sebagai sub judul:

Episode #1-  Bunga Pisang
Episode #2 - Bunga Hortesia (hydrangea)
Episode #3 - Bunga Zinnia
Episode #4 - Bunga Botan (peony)
Episode #5 - Bunga angin
Episode #6 - Bunga Mimosa
Episode #7 - Bunga Pepermin
Episode #8 - Bunga Lili Paskah
Episode #9 - Bunga Marguerite
Episode #10 - Bunga Marigold
Episode #11 - Bunga Kangkung Putih
Episode #12 - Bunga Aster
Episode #13 - Bunga Lonceng
Episode #14 - Bunga Min Berkilau
Episode #15 - Wolfsbane
Episode #16 - Mawar Sharon

Bunga-bunga tersebut di atas memiliki makna tersendiri pastinya. Dan dalam drama ini sepertinya melambangkan dari sub judul di masing-masing episode. Kalau penasaran sama maknanya, silahkan saja nanya Mbah Google. Kekeke.




Lanjut ke tokoh ya!

Kim Min Jae as Ma Hoon



Leader dari Flower Crew. Pembawaannya tenang. Jelinya sundul langit. Pinternya juga di atas rata-rata. Jadi makcomblang karena nerusin cita-cita hyung-nya yang nggak sengaja dibunuh bapaknya sendiri. Sebenarnya dia nggak percaya cinta, dan dia belum pernah jatuh cinta. Tipikal cowok kaya, pinter, tapi ogahan mikir masalah cinta.


Gong Seung-Yeon as Gae-Ddong




Lead female dalam drama ini berasal dari kalangan budak. Kayak drama kebanyakan, sosoknya ceria dan slonong. Dia kerja serabutan asal dapat uang. Tujuan hidupnya adalah mencari abangnya. Julukannya Kepala Batu.


Seo Ji-Hoon as Lee Soo





Profesinya sebagai pandai besi. Tapi otaknya encer. Cakep (di mata saya kekeke) dan baik. Bijaksana juga.


Park Ji-Hoon as Ko Young-Soo



Cowok fashionista yang kalau dia beli apa-apa, pasti barang yang dibelinya itu langsung sold out. Demen wewangian dan pinter make up. Make up artist-nya Flower Crew lah dia.

Byeon Woo-Seok as Do Joon



Bangsawan yang tinggal di rumah Gisaeng. Informannya Flower Crew. Cowok tampan dan berkharisma plus pinter main musik yang digilai hampir oleh seluruh perempuan di Hanyang.


Go Won-Hee as Kang Ji-Hwa



Wanita bangsawan yang cantik, pintar, dan penuh ambisi. Hampir tak pernah tersenyum dalam kesehariannya walau pembawaannya sangat anggun.



Drama ini mengisahkan tentang sekelompok makcomblang laki-laki bernama Flower Crew (Kkotpadang) yang beranggotakan Ma Hoon, Do Joon, dan Ko Young Soo. Prestasi ketiganya sudah menyebar luas di Hanyang.

Suatu hari datang seorang pemuda pandai besi bernama Kim Soo ang ingin pernikahannya dengan gadis yang ia cintai bernama Gae Ttong ditangani oleh Kkotpadang. Awlanya Hoon terus menolak. Lalu, Soo memberinya sebuah tusuk konde yang terbuat dari emas. Hoon yang seorang bangsawan tentu merasa heran. Kenapa Soo memiliki tusuk konde yang hanya bisa dimiliki oleh ratu. Hoon pun akhirnya menerima dan bersedia mengatur pernikahan Soo.

Hoon pun mempersiapkan pernikahan mewah seperti yang diminta Soo. Sayangnya di hari pernikahannya Soo tiba-tiba menghilang, meninggalkan Gae Ttong. Kabar pun segera menyebar dan Gae Ttong semakin percaya jika ia dan hujan adalah sama dengan kesialan.

Hoon yang merasa bertanggung jawab atas pernikahan Soo dan Gae Ttong pun membantu Gae Ttong. Ia merasa kasihan. Terlebih isu yang beredar Soo kabur di hari pernikahan dengan membawa uang Gae Ttong. Ternyata Soo adalah anak raja yang hidup di luar istana, diasuh oleh ratu dan kepercayaan raja.

Walau udah jadi raja, Soo tetep pengen Gae Ttong yang jadi ratunya. Ia pun meminta bantuan Hoon untuk membantu mengatur ulang pernikahannya. Karena itu Hoon harus merubah Gae Ttong yang seorang budak menjadi bangsawan. Dari situlah satu per satu masalah muncul menghampiri Kkotpadang.

Walau temanya tentang makcomblang, tapi tetep ada konflik tentang perebutan tahta khas saeguk. Hoon yang tak lain adalah anak dari penasehat raja harus melawan ayahnya sendiri. Ma Bong-Deok (Park Ho-San) adalah sosok bangsawan dan pejabat negara yang kuat dan menguasi Joseon. Ini khas banget ya! Tiap saeguk seringnya ada tipe orang kayak gini.



Ma Bong Deok punya saingan bernama Kang Mong-Koo (Jung Jae-Sung). Keduanya sama-sama haus kekuasaan, tapi Tuan Kang kalah kuat dari Tuan Ma. Joseon ada di tangan Tuan Ma. Bahkan yang menentukan siapa raja dan mengendalikan istana adalah dia.



Tuan Ma membawa Soo ke istana dan menjadikannya raja dengan tujuan menjadikan Soo sebagai raja boneka. Sialnya, Soo nggak mau disetir sama Tuan Ma. Tapi, ia juga sendirian di istana. Ketika bapak angkatnya Moon Seok diusir dengan dalih perang, ia benar-benar berjuang sendirian. Walau begitu Soo tetap teguh ingin membawa Gae Ttong ke istana sebagai ratunya.



Dengan latar pernikahan drama ini menampilkan rumitnya konflik di istana tentang perebutan kekuasaan. Tuan Ma dan Tuan Kang sama-sama ingin bagian dari keluarga mereka jadi ratu. Terlebih Tuan Kang yang punya anak gadis bernama Kang Jihwa.





Drama ini juga menampilkan konflik antara bapak dan anak (Tuan Ma vs Hoon dan Tuan Kang vs Jihwa). Para anak itu ngebangkang dan melawan bapak-bapaknya yang ambius dan haus kekuasaan.

Dibanding kisah cinta tokoh utama (Hoon dan Gae Ttong), saya lebih tertarik pada kisah cinta Joon dan Jihwa. Ngenes banget mereka tuh. Joon yang playboy tiba-tiba jatuh hati ke Jihwa yang super dingin dan ambisius. Walau Jihwa juga suka ke Joon, tapi nggak mau ngakuin perasaannya.



Latar belakang para anggota Flower Crew pun mengejutkan. Terlebih Ko Youngsoo. Dia ternyata bukan bangsawan murni. Masa lalunya adalah seorang algojo yang nggak sengaja membunuh petugas kepolisian dan jadi buronan. Berkat Hoon dia dapat identitas baru dan hidup enak.







Sosok Youngsoo ini lawaknya Flower Crew. Tadinya saya pikir dia bangsawan geblek. Tapi, karena latar belakangnya yang seorang algojo, saya jadi paham kenapa dia geblek. Hehehe.







Alasan kenapa Youngsoo demen wewangian juga bikin haru. Karena dia dulu bau dan punya penyakit kulit hingga di jauhi. Dia pun sempet berkhianat ke Hoon karena ditekan Tuan Kang. Kok saya jadi bahas Youngsoo doang sih?

Tapi, saya salut sama Park Jihoon. Dia memilih karakter yang pas untuk debut aktingnya setelah dewasa. Karakter Youngsoo yang kekanak-kanakan dan manja emang cocok sama Park Jihoon. Aktingnya pun kelihatan alami. Mungkin karena udah sering akting pas kecil dulu kali ya.

Kalau untuk Kim Minjae, Seo Jihoon, dan Byeon Woo-Seok nggak perlu diragukan kemahiran aktingnya. Untuk karakter antagonisnya juga kece. Jihwa walau anggun tapi mematikan.

Untuk konflik antara bapak dan anak juga antara raja dan kedua penasehatnya juga kece. Orang-orang pinter pada adu otak untuk menjatuhkan satu sama lain. Tujuan Hoon mulia sih. Dia nggak mau bapaknya terus-terusan jadi jahat. Walau akhirnya bapaknya milih bunuh diri. Ini khas drama saeguk juga. Kalau tujuan gagal mending mati daripada dihukum.

Yang bikin saya lega dan bahagia adalah Soo yang berakhir jomlo. Wkwkwk. Nggak sih! Saya lega Soo nggak khilaf dan memilih mempertahankan tahtanya demi memberikan kehidupan yang lebih baik untuk rakyatnya. Raja yang pernah hidup jadi rakyat jelata gini ya. Jadi ngerti ama derita rakyat. Aku padamu Raja Lee Soo xoxo.



Tokoh yang saya sayangkan kematiannya adalah dayang kesayangan raja ini. Saya ngarepnya dia jadi pendamping raja. Eh malah mati. Hiks!



Konfliknya ndak terlalu rumit dan kadang bisa ketebak. Tapi, masih seru buat ditonton. So, silahkan yang mau nonton. Karena udah ending, jadi bisa nonton sampai puas.

Ternyata cewek yang jadi perwakilan Keluarga Ma ini ada hubungannya ama Jaejin lho! Katanya sih noona-nya.


Jadi keinget salah satu quote dari film India yang pernah saya tonton tapi lupa judulnya. "Seorang ayah tidak akan pernah menang dari anaknya." Drama ini membuktikan quote tersebut.

Cameonya lumayan banyak.



Tuan Yun yang keluarnya bentaran doang tapi kece

Calon ratu yang akhirnya nggak jadi ratu semua. Hehehe.




Sekian ulasan dari saya. Maaf jika ada salah kata. Terima kasih. Semoga bermanfaat dan selamat menonton.


Photo by: Hancinema.



Tempurung kura-kura, 07 November 2019.
- shytUrtle -

You Might Also Like

1 comments

  1. Uwuuu kecuy bgt sinopsisnya.. makasi bnyk, sangat ringan, menghibur tp ttp berisi

    ReplyDelete

Search This Blog

Total Pageviews