Thanks To: AWAKE - It's Sarang Clover Creepy Story.

05:23



Thanks To: AWAKE - It's Sarang Clover Creepy Story.




 



Ucapan terima kasih yang (amat sangat) tertunda (sekali pakek banget). Harusnya catatan ini dibuat setelah kelahiran anak kelima saya yang bernama AWAKE - It's Sarang Clover Creepy Story. Tapi entah karena sebab apa proses penulisannya jadi terus tertunda hingga dua bulan lamanya.


Hari ini anak kelima saya genap berusia dua bulan, jadi saya pengen corat-coret dikit tentang dia.


Selamat ulang tahun yang kedua bulan anakku "AWAKE - It's Sarang Clover Creepy Story". Semoga kelahiranmu ke dunia ini bisa memberi manfaat bagi siapa saja yang membacamu. Aamiin...


Membuat buku untuk Sarang Clover adalah keinginan sejak lama. Namun baru mendapatkan ide jenis tulisan yang akan dibuat buku pada pertengahan tahun 2014. Dan genre yang terpilih adalah genre horor. Genre yang saya pilih sendiri berdasarkan banyaknya kisah creepy yang kami alami. Tentunya setelah ide disetujui oleh seluruh penghuni Sarang Clover barulah rancangan dibuat. Mengumpulkan kisah-kisah yang tak hanya menurut kami paling menarik tapi juga yang "diberi izin" untuk dipublikasi.


Semua pengalaman creepy yang pernah saya publikasi di catatan facebook dan blog disetujui untuk dimasukan ke dalam buku. Lalu menyaring beberapa pengalaman lagi namun beberapa tidak "mendapat izin". Setelah dipilah-pilah ulang barulah fix cerita mana saja yang bakalan mengisi buku.


Sempat bingung mau kasih judul apa. Ini masalah klise buat saya. Suka kesulitan memberi judul. Mau dikasih judul apa buku kita? Tapi tak satu pun penghuni Sarang Clover yang membantu. Hingga akhirnya kata "AWAKE" muncul di otak cancer saya. Browsing untuk nyari tahu apa ada buku dengan judul yang sama. Alhamdulillah nggak nemu. Fix, pakek judul "AWAKE" lalu ditambah "It's Sarang Clover Creepy Story" untuk mempertegas genre buku dan buku untuk siapa.


Menurut saya kata AWAKE itu mewakili semuanya. Bisa berarti terjaga karena hampir seluruh penghuni Sarang Clover sering terjaga di malam hari. Dan pengalaman creepy yang kami alami sudah pasti membuat kami terjaga. Mbulet dan nggak masuk akal ya? XD


Selesai dengan judul berlanjut dengan konsep buku kita mau dibikin kayak gimana? Waktu itu sempet pengen dijadiin fan fiction saja dan (masih setia) dengan KPOP idol yang jadi cast-nya. Tapi saya mikir ntar kalo yang baca bukan KPOPers nggak bakalan paham. Nama cast udah sempet dipilih tapi akhirnya diganti dengan nama-nama penghuni Sarang Clover.


Judul, nama cast dan isi buku sudah ditentukan. Beralih ke desain cover. Tampilan luar buku kita mau dibuat kayak gimana. Awalnya mau sampul depannya bergambar dua gadis yang berdiri saling beradu punggung. Prime Eonni sempat membuat gambarnya. Satu gadis berambut keriting, gadis lainnya berambut lurus. Keduanya berdiri saling membelakangi dengan punggung menempel satu sama lain. Warna cukup menggunakan tiga warna yaitu hitam, merah dan putih. Sampai di sini entah karena apa saya jadi lalai sama proyek ini. Kalau tidak salah saya sibuk dengan proyek fans book untuk anniversary pertama ToppDogg. Dan sesudahnya pada November 2014 saya jatuh sakit, divonis terkena GERD.


2015. Kondisi saya sudah membaik walau masih sering up and down aka kambuh-sembuh. Di tengah perjuangan melawan sakit dan di tengah kehamilan Prime Eonni, kami mendiskusikan ulang tentang desain cover AWAKE. Saya maksa Prime Eonni untuk cepet-cepet bikin desainnya. Saya khawatir kalo keduluan Prime Eonni lahiran ntar desain covernya nggak ke garap. Jahat ya. Heuheuheu... Maafin saya Prime Eonni. Saya pasrahin desain cover ke Prime Eonni tapi tetap meminta warna sampul hanya menggunakan warna hitam, merah dan putih. 04 April 2015 desainnya selesai dan langsung disetujui oleh seluruh penghuni Sarang Clover.


Desaine dianggurno. File gambar desain cover saya simpen di dalem gUi dan yoUngie tapi cerita tak kunjung ditulis. Entah saya sendiri atau efek GERD yang bikin males. Bukan males sih, waktu itu kalau baru mulai nulis dapet beberapa lembar langsung ucing ala ebi alias kepala pusing. Katanya masih efek GERD. Ya sudah, terima saja. Nulis pelan-pelan. Semua file cerita yang sudah pernah dipublikasi dimasukin ke yoUngie. Kalau fisik pas bersahabat mulai edit, baca dan tulis ulang. Kalau pusing datang buat rebahan lagi. ALLOH... Terus berlangsung demikian hingga kelar dari opening sama closing buku. Alhamdulillah.


06 November 2015 mulai mengetik. Pembukanya saya ketik lewat yoUngie jadi tinggal copy paste pas online Facebook lewat gUi. Kamis malem Jum'at 06 November 2015 adalah pengetikan untuk bab satu. Baru beberapa kalimat udah ada gangguan. Lengkapnya baca saja di sini: https://www.facebook.com/notes/youandrow-amabelle/151105-thursday-night-creepy-story-invitation/10156035717530467/?refid=21&_ft_


Ternyata aturan tidak boleh menulis di Kamis malam itu masih berlaku walau satu tahun lebih saya hiatus.


Keesokan harinya Jum'at, 07 November 2015 mencoba kembali menulis lagi, tapi gangguan datang lagi. "Karena Apa Yang Kau Tulis Memiliki Nyawa" begitu kata Tunjung. Baca lengkapnya di sini: https://www.facebook.com/notes/youandrow-amabelle/151107-karena-apa-yang-kau-tulis-memiliki-nyawa/10156038169870467/?refid=21&_ft_


Toto kromoku kurang. Setelah paham salah saya apa, setiap kali hendak menulis selalu diawali dengan doa, memohon perlindungan kepada ALLOH lalu dilanjutkan dengan "nyambat" makhluk-makhluk astral yang ada dalam cerita yang kemungkinan hadir menemani dan mengoreksi cerita mereka yang sedang saya tulis. Alhamdulillah proses penulisan pun lancar.


Desember 2015 proses pengetikan selesai dan 12 Januari 2016 proses upload ke Nulisbuku selesai. 28 Januari 2016 buku AWAKE - It's Sarang Clover Creepy Story tiba dengan selamat di markas besar Sarang Clover. Subhanallah... Alhamdulillah... Perjuangan selesai dan janji sudah terbayarkan. Buku ini sekaligus menjadi hadiah anniversary Sarang Clover yang ke-10 pada 17 Maret 2016 lalu.


Terima kasih kepada ALLOH SWT atas limpahan rahmat dan bantuan yang tak henti-hentinya dikirimkan untuk saya berupa ide dan kemudahan hingga saya bisa menyelesaikan semua proses walau dengan perjuangan yang cukup berat.


Terima kasih kepada Tunjung yang dengan sabar memantau proses penulisan.


Terima kasih kepada Prime Eonni atas desainnya yang keren.


Terima kasih kepada seluruh penghuni Sarang Clover yang menyumbang cerita.


Dan terima kasih pada semua makhluk yang telah mengizinkan saya untuk mempublikasi keberadaan mereka.


Terima kasih kepada Akiyoshi Rikako Sensei. Buku Anda yang berjudul "Girls in the Dark" menginspirasi saya. Memberi jawaban atas kebingungan saya. Akhirnya saya menemukan metode penulisan yang tepat untuk buku saya setelah saya membaca habis buku Anda yang super keren itu.


Terima kasih kepada Nulisbuku.com yang lagi-lagi menaungi saya, lagi-lagi memberi kesempatan pada saya untuk mewujudkan mimpi. Satu lagi buku impian saya terbit karena Anda.


Well, demikian kisah proses kelahiran anak kelimas saya yang bernama "AWAKE - It's Sarang Clover Creepy Story". Walau sudah diedit berulang kali tapi masih terdapat banyak typo di dalamnya. Mohon maaf untuk kekurangan saya.


Semua cerita yang ditulis di dalam buku "AWAKE - It's Sarang Clover Creepy Story" berdasarkan kisah nyata. Based on true story. Semua pernah terjadi di dunia nyata.





Yang minat beli bisa hubungi saya di Twitter @shyturtle23 atau Facebook Youandrow Amabelle. Atau bisa ke web Nulisbuku.com klik di sini: nulisbuku.com/books/view_book/8290/awake-it-s-sarang-clover-creepy-story


Maaf jika ada salah kata. Sekian, terima kasih.


tempurung kUra-kUra, 28 Maret 2016.
.shytUrtle.

You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews