Malem Minggu Heboh 8 Maret 2014

08:35



¤ Malem Minggu Heboh 8 Maret 2014 ¤




                bubar kumpul-kumpul eh puskesmas kebakaran sodara. alhamdulillah api udah padam. huft~ minim para pria tadi — bersama Bidha Rara dan 7 lainnya.”




            Semalem setelah heboh menutup gUi sebelumnya dengan mengorbitkan (?) status di atas. Subhanallah. Alhlamdulillah semua terkendali. Api bisa dipadamkan walau minim pria semalam. Bener-bener malem Minggu heboh dah. PUSKESMAS Poncokusumo (PUSKESMAS induk) kebakaran!!! Gimana nggak heboh coba??


            Ceritanya kemaren sehabis makan rame-rame duduk bersila pas Maghrib kami ngabisin buah rambutan satu kresek yang dapet supply dari kebun di Nongkosewu #eh kok jadi cerita ini (o.O”)? Iya kemaren Alhamdulillah Sarang Clover dapet kiriman banyak buah. Pas mau Maghrib pun dapet kiriman bakmi sama cap cay. Subhanallah. Bedug Maghrib berkumandang kami buru-buru melahap habis bakmi dan cap cay. Kenyang~


            Sehabis makan-makan suasana di dalem Sarang Clover panas gilak. Kita udah kaya di dalem oven aja. Si Tunjung ngajakin naik ke atap. Ngisis kata dia daripada di dalem panas kaya roti lagi di oven nunggu mateng. Ok sip, saya nyuci piring dulu yeh ntar nyusul. “Jangan lupa bawa lilin sama dupa ya nanti kalo nyusul ke atas,” seru Tunjung sembari menaiki tangga. Gila tuh anak abnormal. Emang mau ngapain di atap bawa lilin sama dupa?? Ngefet?? Aih~


            Kelar nyuci piring dll saya nyusul ke atap cuman bawa hape sama es teh kekeke~ (OMG!!! GEMPA SODARA!!! DUA KALI TERASA!!!) ß saat nulis part ini tiba-tiba gempa!!! Oh my GOD!!! Dan infonya à @infobencana: tidak berpotensi TSUNAMI: 5.4 SR, 115 km Tenggara KAB-MALANG-JATIM, 09-Mar-2014 20:42:16 WIB. Kami pikir efek Bromo yang katanya lagi aktif, Alhamdulillah bukan ternyata. Ok lanjut cerita yuk.


            Nyampek di atap, subhanallah… isis banget. Semlilir anginya asoy… berasa jadi bintang iklan es teh (???) Kami pun duduk bersila di bagian tengah atap, melingkar menatap langit malam. Subhanallah indahnya. Bintang emang nggak terlalu banyak yang nongol, tapi langit cerah. Dan bulan separo tampak seperti satu mata sayu yang sedang natap bumi. Sumpeh rada ngeri liatnya. Pas asik-asik duduk melingkar tiba-tiba si Tunjung ngomong gaje lagi, “Eh liatin tah. Di situ lho ada Kakek bungkuk pakek baju item-item jalan kesana-kemari,” celetuknya. Kami kompak terdiam. “Ndek mana?” tanyaku penasaran. “Itu tu di depan PUSKESMAS. Tuh terus jalan bolak-balik,” jawab Tunjung. Kami pun melihat ke bawah, ke PUSKESMAS tepatnya, tapi tak ada siapapun di sana. PUSKESMAS sangat bercahaya (?) semalam jadi andai ada orang ngumpet pun kelihatan. “Pasien ya?” tanya salah satu dari kami. “Iya,” jawab Tunjung enteng. Kami tahu tak ada siapapun di sana, tapi dengan entengnya Tunjung membenarkan jika sosok kakek bungkuk itu adalah pasien. Kami mengabaikannya dan kembali menikmati malam. Saya pasang headset, dengerin musik dan natap langit. Jangan tanya saya lagi negbayangin apa di otak cancer saya kekeke~


            Sekitar jam delapan malam kami pun turun. Sepi banget di luar. Pintu Sarang Clover pun di tutup. Saya mulai gerilya (?) di dalem Tempurung kUra-kUra mantengin monitor gUi sambil nyumpel telinga pakek headset dengerin musik. Ada yang bikin nasi goreng di dapur, ada yang liat tivi ada yang tiduran ada yang sibuk mainin hape dll lah. Setelah ramai bunyi penggorengan nasi (?) juga pesta poranya di luar sana—di luar tempurung kUra-kUra- tiba-tiba hening. Semua lampu dipadamkan. Heran ini orang-orang, habis makan nasgor langsung aja tidur. Gimana gak makin makmur badannya coba??


            Hening. Saya masih terjaga mantengin gUi. Tiba-tiba pintu Sarang Clover di gedor dengan sedikit tidak aturan. Cuman saya heran kok pada nggak ada yang keluar yah? Saya mah paling males urusan disuruh bukain pintu kekeke piss bro v^___^v. Lalu hape ibu bunyi dan tiba-tiba ibu berseru panik, “PUSKESMAS KOBONGAN!!!”—PUSKESMAS KEBAKARAN-. Sontak kami semua keluar dari persembunyian masing-masing. Bapak buru-buru keluar dan mungkin karena panik jadi susah buka pintu samping sedang Mbak Atik—salah satu perawat yang jaga malam- udah panik menunggu di luar pintu. Saya ikutan keluar. PUSKESMAS gelap gulita. Anjir! Mana berani saya nyusul bapak ke belakang. Kata Mbak Atik yang kebakar di bangunan paling belakang dan itu adalah rumah yang dulu kami tempati sebelum kami pindah di rumah yang sekarang.


            Haduuu ibu ikutan nyusul bapak. Saya bingung, khawatir. Ibu aja jalan cepet ga bisa apalagi lari, gimana kalo ada apa-apa di belakang sana? Misal api tambah gede kan ibu ga bisa lari. Nyari senter nggak ada, udah dibawa bapak kayanya. Haduuu cuman bisa mondar-mandir keluar masuk Sarang Clover. Ibu balik dengan ekspresi panik. “Coba kamu cari orang laki-laki minta bantuan cepat. Apinya gede nggak ada yang bantuin nyiram air.” Kata ibu. OMG! Buru-buru lari keluar. Busyet dah Baran Wates sepi mamring. Nelusuri rumah tetangga udah pada tutupan mua. Saya harus nyari cowok kemana coba?? Clingak-clinguk di tengah jalan raya yang panjang dan super sepi, noleh ke selatan sepi, ke utara sepi. Bapak muncul dengan baju basah semua nyerahin kunci dan suruh nyari bantuan juga. TUHAN!!! SAYA PANIK TO THE TOP!! Akhirnya nelfon paklek-paklek suruh bantuin. Kampung Baran Wates minim cowok semalem. Pada ke Masjid sih beberapa ikut pengajian tiap Sabtu malam. Dan bapak-bapak seadanya itu estafet kaleng nyiramin bagaian yang kebakar. Nggak ada selang sedang yang kebakar itu atap dan di bawah atap itu ruangan tempat penyimpanan kertas. Bisa dibayangkan gimana jika apinya sampai jatuh. Habislah itu rumah dinas.


            Sekitar setengah jam kemudian lampu di PUSKESMAS kembali menyala. Dengan semangat dan kerjasama Alhamdulillah akhirnya api padam. Jengkelnya setelah api padam banyak pria-pria lalu lalang. Ini benar-benar…


            Usai api padam, paklek pada ngumpul di depan rumah. “Aneh, yang kebakar lho atape dan di atap itu ga ada kabel listrik, kan katanya tadi karna koslet tuh,” kata Pak Oh sembari duduk melepas lelah di teras. “Emang sebelah mana yang kebakar? Kamarku dulu kah?” tanyaku. “Bukan. Dipojokan kamar mandi itu lho,” jawab Pak Oh. “Ha?? Di situ kan kayu doing. Emang nggak adaa kabel,” kataku merasa aneh. “Lha iya itu,” Pak Oh membenarkan. “Emang gede banget tadi apinya?” tanyaku lagi. “Murup mrukah kok gak gede lho arek iki yokpo se”. Saya nyengir gaje. “Aku mikirnya aneh, kok bisa kebakar ya?” kata Pak Oh lagi. “Nah itu dia teka-tekinya,” balasku ikut penasaran, mikir. “Udah gitu apinya kaya jalan ke selatan,” imbuh Pak Oh. “Jalan??” aku makin penasaran. “Iya. Jadi ya kaya jalan gitu ke arah selatan.” Wuik! Saya hening. “Apa mungkin ada Mbak Kunti maen korek api di atap ya?” canda Pak Oh. “Hahaha ada-ada aja,” aku ketawa maksa, hiks. Iya pernah sekali mimpi emang ada Mbak Kunti muka serem ketawa ngikik di atas atap salah satu bangunan PUSKESMAS itu, pas Pak Oh nyeletuk gitu jadi inget mimpi itu sekaligus gimana wujud si Mbak Kunti heuheuheu…


            Di luar udah tenang, kami pun masuk lalu liat ANTV yang tayang perdana “Jejak Paranormal” huaaa ada Ki Prana disana. Uwoooo!!! Nonton sama Tunjung itu seneng-seneng senep. Dia selalu ngomongin apa yang dia lihat dan parahnya apa yang dia sebutin dibenerin sama pernyataan Ki Prana. Can you imagine as I am?? Big no! Sambil nonton sambil membahas keganjilan penyebab kebakaran. Petugas PLN yang datang menyatakan nggak ada koslet di kabel. Missal koslet ampek kebakar pasti langsung padam semua listriknya. Nah itu listrik padam karena sengaja dipadami sama petugas piket begitu dikasih tahu ada kebakaran di belakang. Untung Mas Guruh yang rumahnya disamping TK dan deket dengan PUSKESMAS melihat kebakaran itu dan buru-buru memberi tahu satpam PUSKESMAS. Kalo nggak mungkin satu rumah dinas itu udah ludes di lahap si jago merah.


            “Kakek bungkuk tadi minta kita waspada, dan tahukah kau tadi bagaimana kakek itu berjalan? Dia berjalan bolak-balik dari utara ke selatan,” terang Tunjung di tengah acara nonton. Api menjalar dari utara ke selatan dan begitulah si kakek bungkuk berjalan bolak-balik. Subhanallah. Hanya ALLOH Yang Maha Tahu segalanya.


            Dan saya memilih kembali masuk ke dalam tempurung kUra-kUra ketika acara berganti menjadi “Angker Banget”. Saya nggak mau nonton ditemenin Tunjung sementara daerah yang ditelusuri adalah tempat perlintasan kereta api. Jangan tanya alasannya kenapa. Sekian dan terima kasih. Mohon maaf sebesar-besarnya jika ada kalimat yang kurang berkenan dalam tulisan ini.

-shytUrtle_yUi-



tempurung kUra-kUra, 09 Maret 2014.

shytUrtle

You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews