¤ Bilik shytUrtle – CERMIS Thursday 13th¤

06:10



¤ Bilik shytUrtle –  CERMIS Thursday 13th¤




                Woa!!! Today is Thursday 13th and today is L INFINITE b'day. Happy b'day meongsu hehehe. Tapi, tapi, tapi bilik hari ini bukan spesial L b'day note. Maaf ya L, hari ini nuna bikin bilik tapi biliknya bukan buat kamu. Lagian status kita kan udah 'mantan' makanya nuna cuman kasih ucapan happy b'day buat kamu plus kirim (gambar) tumpeng semalem. Kamu udah aku hibahin (?) ke Va, nuna yakin Va bisa rawat kamu lebih baik. Va kan cinta mati sama kamu L. Oh my GOD! Apa ini? Apa ini? Ough! This abnormal crazy tUrtle sedang menuangkan ke-abnormal-an telor dari otak cancer-nya, jadi mohon di maklumi dan di maafkan atas ketidakwarasan padanya. Dia memang jauh dari kata normal dan cenderung gila, tapi saya bisa jamin dia udah jinak kok. Virusnya juga udah ga sembarang di tularin.Dia mah 23% aman untuk didekati ㅋㅋㅋ.


Eum, bilik kali ini disebut CERMIS ya. Cerita Kamis, Cerita Gerimis, Cerita di Kamis yang Gerimis dan Cerita Mistis. Kebetulan.Kamis ini hujan nggak gerimis doang, tapi masuklah semua definisi CERMIS-nya. Iyakan? Maksa ini namanya hehehe.


Kapan hari saya lagi di dapur berduaan sama Me--nenek, ibu dari ibu saya- dan hening diantara kami. Nggak ada obrolan sama sekali. Saya fokus sama air yang hampir mendidih dan Me asik makan rambutan. Ini berlangsung sampai air mendidih dan saya menyeduh teh--ini hal nggak penting ditulis aja ih kUra-kUra. Sok detail banget masa-.


"Me, tindihen iku sopo ae iso ngalami tah?" tanya saya memecah kebisuan diatara kami. "Tindihen iku duduk penyakite wong tuwek yo Me?"


"Yo duduk lah. Sopo ae iso tindihen. Opo'o Te? Sampean tindihen a?" Me balik nanya.


"Iyo. Gelek e Me. Terakhir wingenane sampek kasur iku dihoyak-hoyak koyok ono lindu. Trus dodoku luoro pas wes iso tangi. Tak pikir aku wes ra iso tangi Me. Lha sikilku yo kaku kabeh. Aku keweden, opo iki wayahe aku mati Gusti. Tapi aku jek emoh mati saiki. Hehehe aku ampek ngeluh ngono."


 "Sampean iki medheni Te. Mosok sampek koyo ngono iku. Medheni temen."


"Iyo, Me. Aku ra goroh. Koyok dibekep sampek angel ambekan. Tak wacakno sembarang kalir ora iso cul. Trus pas istighfar peng telu iku baru iso tangi. Trus dodoku luoro gawe ambekan nah kasur iku hoyak-hoyak koyo ono lindu. Iki seng paling parah Me. Ampek keweden ape mati iku aku."


 "Bahaya ancen tindihen iku. Nek gak keruab ancen iso mati."


Kembali bungkam. Kenapa para orang tua--lanjut usia- yang saya tanya-tanya soal tindihen selalu menyelipkan kalimat yang semacam mantra 'skak mat' dalam obrolan kami? Yaitu kalimat, "jika tidak ketahuan dan dibangunkan, orang yang sedang mengalami tindihen bisa mati". Glek! Saya nelen ludah. Gimana nggak ngeri dengernya, belakangan saya sering banget ngalamin yang namanya 'tindihen' itu. Dan jangan kau tanya gimana rasa dan sensasinya. Sumpah nggak enak banget. Kesiksa. Seperti pada obrolan saya dan nenek saya di atas, ngeri. Bahkan saya sampai berpikir apakah saya mau mati? Apakah hanya sampai di sini hidup saya, Gusti? Pikiran dan ketakutan itu muncul karena saking tersiksanya saya waktu ngalamin yang namanya 'tindihen' itu.


Sebenarnya kata 'tindihen' ini nggak asing soalnya dulu salah satu penghuni Sarang Clover sering nyebut kata itu. Mimin tiap kali diajak begadang atau nginep di basecamp selalu nolak dengan alasan dia nggak bisa ninggalin Emaknya bobok sendiri gara-gara emaknya Mimin suka tindihen kalo bobok. Dan seperti yang diungkapkan Me dan beberapa lansia yang saya ajak ngobrol tentang tindihen, kala itu Mimin juga ngomong kalo tindihen itu bahaya kalo yang ngalamin nggak segera di bangunin. Bisa mati kata dia. Dulu saya mikirnya tindihen itu 'penyakite wong tuwek' atau penyakit yang hanya menyerang lansia. Tapi setelah saya sendiri mengalami tindihen di usia yang tergolong muda ini hehehe, saya jadi menghapus kesimpulan di otak cancer saya kalo 'tindihen iku penyakite wong tuwek'. Kesimpulan saya salah.


Semalem, sambil nunggu dunludan kelar saya memberanikan diri buat nanya ke Mbah Google tentang apa itu 'tindihen'. Saya penasaran sama fenomena nyeleneh satu ini. Lalu saya ngetik di kolom Google search 'tindihen'. Pencarian Google yang kebetulan semalem emang habis saya pakek nyari gambarnya Royal Pirates langsung menunjukan hasil. Anjir! Umpat saya dalam hati. Gambar-gambar yang muncul benar-benar menyeramkan dan membuat saya tercengang. Merinding. Mana semalem browsing pas udah jelang tengah malem dan sendirian pula. Pas banget dah momennya. Yang muncul gambar-gambar menyeramkan sebagai ilustrasi fenomena tindihen itu. Ada yang lucu juga sih. Orang bobok di tindihin gajah hehehe. Tapi yang dominan jadi pusat tatapan mata saya malah yang serem-serem hiks. Setelah mengambil beberapa gambar dan menyimpannya, saya beralih ke pencarian web. Membuka empat artikel tentang tindihen.


Weh, ternyata tindihen itu punya nama beken 'Sleep Paralysis' atau 'Kelumpuhan Tidur'. Dalam dunia Barat disebut 'Incubus' atau 'Old Hag' tergantung penampakan bayangan yang muncul katanya. Penjelasan secara ilmiah dan mistis juga ada. Detailnya Anda bisa nanya Mbah Google sendiri atau klik link ini --> http://imultidimensi.wordpress.com/2011/01/08/fenomena-tindihan-antara-medis-sain-dan-mistis/


 Mitosnya 'tindihen' itu adalah peristiwa buruk yang kita alami saat kita tidur yaitu kita ditindih sama setan, hantu, jin, roh jahat. Kita seolah-olah dibekep, dicekek ampek nggak bisa napas. Kaya diiket ampek ga bisa gerak sedang pikiran kita seolah sadar namun tubuh kita seolah mati, nggak fungsi. Keadaan dimana kita berteriak kenceng minta tolong tapi nggak ada yang denger. Nyiksa banget kan? Serem banget kan? Sumpah nggak enak banget rasanya dan efeknya ke badan pun benar-benar nggak enak. Badan jadi sakit semua, kaya remuk seolah habis kerja rodi ala romusha. Padahal fenomena itu nggak berjalan lama. Pada saya hanya dalam hitungan detik saja. Tapi efeknya benar-benar ruar biasa bikin badan remuk. Sakit semua dari ujung kepala ampek ujung kaki. Jangan sampek dah Anda ngalamin hal itu. Beberapa menjelaskan jika tindihen adalah bermimpi dalam mimpi. Bener juga sih nurut saya. Soalnya saya juga pernah ngalamin hal kaya gitu. Mimpi di dalam mimpi.


Kapan waktu si Kelinci pernah cerita kalo temennya ada yang sering tindihen juga. Tiap bobok suka kaya dadanya tertumpuk sesuatu yang berat hingga ia susah napas. Karena levelnya udah amat sangat nyiksa sekali pakek banget temennya si Kelinci ini pun minta tolong ke 'orang pinter'. Berkat bantuan 'orang pinter' itu temen si Kelinci bebas tindihen dan menurut 'orang pinter' yang membantu, temen Kelinci itu ditempelin (?) atau masih diikutin sama arwah mamanya yang udah meninggal. Serem. Lalu bagaimana dengan kasus saya??


"Nek ape turu kasure dikebasi disek gawe tebah. Kamar nek pas awake dewe tinggal iku di turoni setan, dituroni jin. Mangkane dikebasi cek rijik, cek jin karo setane ngaleh." Mbah nggak jera ngingetin kaya gitu pas zaman kecil dulu. Alhamdulillah ini jadi kebiasaan. Tapi walau sudah melakukan ritual menebahi kasur dengan penebah sebelum tidur, pada beberapa malam saya masih mengalami tindihen.


 "Lek ape turu raup wesuh, wudlu, cek pas turu ora diganggu setan." Dawuh lainnya. Alhamdulillah ini pun jadi kebiasaan. Namun pada beberapa malam saya masih ngalamin tindihen. Katanya tindihen cenderung nyerang orang yang boboknya telentang. Saya kalo bobok tengkurep dengan kedua tangan dibawah bantal--posisi inu adalah posisi yang dibiasakan ibu sejak saya masih kecil, tujuannya agar saya nggak garuk-garuk badan pas tidur- atau kalo nggak gitu posisi bobok saya mlungker meluk guling miring ke kiri atau ke kanan. Tapi pada beberapa malam saya masih ngalamin tindihen.


Penyebab tindihen adalah kurang tidur. Ini masuk banget ke saya. Kalo orang normal bobok 8-10jam/hari, saya hanya tidur 3-4jam/hari. Bahkan pernah nggak tidur selama tiga hari berturut-turut dan berujung dengan saya pingsan di kamar mandi hehehe.


Penyebab lainnya adalah perubahan jadwal tidur. Eum .-.a jadwal tidur saya mah gitu-gitu aja nggak pernah berubah. Kondisi mental seperti stress atau ketakutan untuk tidur. Stres iya mungkin. Stres mikir utang wkwkwk. Kalo takut tidur, saya malah amat sangat pengen sekali pakek banget bisa tidur yang lelap. Pules. Hiks. Bisa bobok lelap itu adalah berkah yang subhanallah, luar biasa banget buat saya.


Tidur terlalu larut malam. No comment. This is me banget. Saya tidurnya nggak larut malem, tapi pagi kekeke~


Gangguan tidur seperti narkolensi kram kaki di malam hari. Iya pernah ngalamin ini parah banget dua kali. Hiks.


Itu sebab-sebab secara ilmiah dan mistis. Lumayan banyak yang masuk ke saya ya. Dan katanya juga fase awal orang ngalamin tindihen itu usia 14-17 tahun. Saya nggak tahu tepatnya kapan saya ngalamin tindihen, yang pasti diusia 14-17 tahun saya nggak pernah ngalamin tindihen. Dulu saya juga selalu bobok dalam gelap, tapi belakangan saya jadi takut bobok dalam keadaan gelap setelah sering ngalamin tindihen. Belakangan makin sering dan nggak pandang waktu. Nggak peduli apa itu siang, sore atau malem tindihen makin sering nyamperin saya. Maen peluk-peluk saya sesuka jidat lebarnya. Eh kok jadi bawa-bawa jidat lebar dah??


Beberapa pengalaman tindihen emang bener-bener bikin nyesek on the top. Pernah suatu sore saya kecapekan banget. Sambil ngantri mandi saya rebahan di kamar. Di luar hujan jadi cocok banget dah buat relaksasi. Lampu saya matiin dan pasang headset dengerin musik slow sambil rebahan. Beberapa menit kemudian tiba-tiba mulut saya kaya di bekep. Saya teriak minta tolong, tapi nggak ada yang denger padahal saya bisa dengar dengan jelas suara canda tawa ibu, bapak, kakak sama Rara di luar kamar. Sakit banget. Tubuh terasa kaku. Saya coba berontak, makin kuat tekanan itu. Makin sulit buat napas. Akhirnya sembari terus melafalkan ALLOHU AKBAR saya melemaskan diri, pasrah menerima serangan yang saya rasakan. Alhamdulillah saya kembali tersadar. Seperti sebelumnya, ketika tersadar napas saya terengah-engah kaya orang habis lari jauh dan dada terasa sakit banget.


Pada suatu malam Jum’at, saya lagi online di twitter. Nah pas baru naik online eh @Bukune share foto penampakan hantu bule. Penampakannya orang separo, cowok nempel di belakang truk besar. Nah saya iseng bagi foto itu di FB. Bukannya nantang atau apa, saya mikirnya itu penampakan pasti bohongan dan lagian kalo hantu bule mana bisa dateng ke sini—ini apa bedanya ma nantang coba??- Suer nggak ada niatan nantang atau apa, hanya iseng bagiin foto di FB. Kebetulan pas pada ngumpul juga. Beberapa menit kemudian Tunjung nyamperin saya. Dia bilang lola di hape dia jadi nggak bisa lihat foto yang lagi di tag dan di tonton (?) rame-rame. Raut muka Tunjung berubah pas masuk tempurung kUra-kUra. Trus dia lihat foto yang saya share di FB lewat gUi. “Kurang ajar kamu! Ini asli tahu! Hapusen!” kata Tunjung usai melihat foto. Saya tiba-tiba ngeri. Buru-buru saya hapus foto itu baik di FB juga di recycle bin. Ampun. Tunjung ngomong asli. Dan setelah itu suasana berubah. Hawanya terasa nggak enak di sekitar saya. Nggak boleh matiin lampu utama nih ntar malem, batin saya. Kelar ngetik, sekitar jam sebelas malem saya mulai bersiap tidur. Kaya biasanya nggak langsung lelep dan tetep terjaga sampek tengah malam. Lalu mulai terlelap setelah lewat tengah malam. Saya berada di tengah kebun apel. Ada saya, ibu, Rara dan Tunjung. Mereka bertiga berdiri berdekatan di bawah satu pohon apel, sedang saya berada di depan mereka akan tetapi seolah ada sesuatu yang nempel di pundak saya. Saya bisa merasakan beratnya, tapi saya nggak bisa melihat wujud dari ‘sesuatu’ yang nempel di punggung saya itu. Segala bacaan do’a saya rapalkan, sampai pada do’a pamungkas namun ‘sesuatu’ itu tak kunjung melepaskan saya. Sesak. Tubuh saya kaku tak bisa digerakan. Saya teriak manggil nama Tunjung, minta bantuan dia tapi Tunjung hanya berdiri menatap saya. Lalu saya membaca Al-Ikhlas sebanyak tiga kali dan Alhamdulillah bisa terlepas dari jeratan ‘sesuatu’ yang benar menyiksa itu. saya terbangun dan melihat jam di hape yang menunjukan pukul setengah dua pagi.


Pernah juga pada suatu malam saya merasa seolah jantung saya di remas. Sakit banget. Pas terbangun, saya melihat sekelebat bayangan hitam mirip Dementor di Harry Potter terbang menjauh dari saya. Sakit di jantung yang saya rasakan usai peristiwa aneh itu masih terasa hingga beberapa hari. Selain bayangan hitam seperti Dementor yang sering terlihat adalah entah apa itu bentuknya seperti amoeba tapi besar, ada yang seperti ubur-ubur putih, wanita bertubuh gagak dengan wajah mengerikan dan bahkan wanita berbaju putih khas Mbak Kunti.


Jika menurut teori ilmiah apa yang saya lihat usai mengalami tindihen hanyalah halusinasi. Tapi berdasarkan kepercayaan masyarakat kami, itulah wujud-wujud makhluk yang mengganggu saya. Anda percaya yang mana? Terserah pada keyakinan Anda masing-masing v^___^v Saya hanya berbagi apa yang saya alami. Pengalaman tindihen yang benar-benar saya nggak pengen ngalamin itu lagi.




“Kamu tahu, saat aku masuk ke kamarmu—tempurung kUra-kUra- aku lihat penampakan itu sudah di sana, di pojok samping kirimu. Ya kaya gitu wujudnya. Cowok bule, cuman separo dengan wajah dan kondisi tubuh udah rusak.” Tunjung di pagi harinya ketika saya cerita soal mimpi di kebun apel.


“Jadi yang bekep saya di dalem mimpi itu dia?”


“Nurut kamu?”


“Aku nggak bisa lihat pastinya, tapi iya cowok.”



“Seperti itulah dia nempel di punggung kamu. Membelakangi kamu.”


“Jadi itu sebabnya aku tindihen? Tapi aku bacain mantra kok dia nggak ilang-ilang?”


“Iyalah. Orang kamu baca mantranya salah.” lalu Tunjung mengulangi bacaan yang saya rapalkan dalam mimpi.


“Ya ALLOH iya salah. Pantesan dia malah kaya ngetawain aku.”


“Makanya jangan panik. Tetap tenang dan baca doa.”




Saya tidak tahu apakah tips yang saya temukan di beberapa artikel itu manjur atau tidak. Saya juga berencana mempraktekannya. Siapa tahu saya bisa lepas dari gangguan tindihen. Sekian dan terima kasih. Mohon maaf sebesar-besarnya jika ada kalimat yang kurang berkenan dalam tulisan ini.

-shytUrtle_yUi-



tempurung kUra-kUra, 13 Maret 2014.

shytUrtle

ini beberapa ilustrasi tindihen yang saya dapet dari Mbah Google



You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews