¤ Amazing Trip, Beautiful Journey, Unforgettable Moment Part #2 ¤

08:38

¤ Amazing Trip, Beautiful Journey, Unforgettable Moment Part #2 ¤

tempurung kUra-kUra, 08.07.2013



Sambang ke Lamongan
Lanjut cerita sebelumnya. Ini cerita udah di bulan juni. Percaya, jika ada kemauan pasti ada jalan. Dan katanya kalau kita kepengen itu berarti kita mampu #apaseh. Jadi gini ceritanya, kan mupeng banget tuh mudik atau sambaing lah ke Lamongan. Udah lama banget pengen ke sana. Kangen sama semua suasana di sana dah. Hanya bisa nunggu. Nunggu diajak Ebes sama Memes mudik ke sono, biasanya se pas lebaran gitu. Padahal Emak (Nenek) juga udah pengen banget sambang ke Sendang-Lamongan. Menunggu kemungkinan yang masih mungkin (?) dan tiba-tiba ada jujulan (berita) kalau salah satu saudara di Sendang meninggal. Berita ini nyampek pas kami; aku, Ibu, Mbak; masih di Jogja. Mau nggak mau ya harus mau ke Sendang dong. Masak iya ada yang kesusahan ditunda buat kesana L Setelah rapat pleno (?) keputusan pun diambil kami pergi melayat pas tanggal merah, Kamis 6 Juni 2013.
Karena Malang-Lamongan jauh, kami pun harus berangkat pagi-pagi. Kata Bapak nanti biar puas di Sendangnya, bisa lama-lama gitu. Biasanya naik mobil langsung tidur, biar ntar pas nyampek Sidoarjo dan seterusnya mata tetep melek. Kenapa? Karena mata akan dimanjakan dengan pemandangan indah sepanjang perjalanan.
Melewati ‘desa garam’. Setiap kali melintas di sini jadi inget film Arang. Bukan cewek yang tiba-tiba muncul di dekat gudang garamnya lho ya, tapi suasananya itu. Selain desa garam dan tambak, hal lain yang selalu membuat saya pengen nyuruh mobilnya berhenti adalah pemandangan bunga lotus di pinggiran sawah. Subhanallah, sungguh indah dan eman. Pengen turun metik bunga lotus pink-nya dan ngambil benihnya. Tapi sayang cuman jadi sekedar ‘pengen’ dalam setiap perjalan ke sana sejak dulu kala. Ah, melas.
Ini ni, manusia cuman bisa berencana, tetep ya Tuhan yang nentuin gimana ntar maunya kejadian apa gitu. Yah, ini juga yang kami alami. Sarapan di… eum, Gresik apa ya…? Pokoknya makan pecel Lamongan hehehe. Nah, habis itu jalan lagi. Lama ya…? Niatnya berangkat pagi-pagi biar bisa puas di Sendang, eh malah nyasar. Nggak tanggung-tanggung nyasar 52 Km PP alias pulang-pergi. Wew~ 104 Km ye. Bukan nyasar ini mah, maruk emang wkwkwk. Kok nyampek di Selamat Datang Di Kota Tuban. What…? Tuban…? Ah. Babe… gimana bisa nyasar coba…? Kan penunjuk jalan. Nyampek makam Sunan Bonang. Wah, mungkin emang disuruh sambang ke sono kali ye, ampek nyasar begono dah. Balik kucing nyari jalan tembusan ke Lamongan. Wah, Alhamdulillah nemu juga. Wuik, ini jalan asri banget. Kanan-kiri pohon asem rimbun dengan buah dan daunnya yang lebat. Tapi suer nggak serem kayak di film horror hihihi.
Kalo tadi, pas nyasar tu ye, hutan jatinya dikit banget. Nah, jalan ini baru benar. Hutan jati yang agak panjang. heum, hutan jati lagi hehehe. Cirri khas perjalanan antar kota. Menurut saya lho ya hehehe.
Aroma pantainya kerasa banget. Tau kan gimana baunya pantai berikan…? Ya gitu deh. Rasain aja ndiri kalo maen ke Lamongan. Khas banget dah hihihi. Perkembangannya pesat banget. Gua Maharani, Tanjung Kodok, berubah semua. Saya dulu pernah mampir ke Tanjung Kodok tapi ya pas pantai gitu aja. Gua Maharani juga masih gua gitu aja. Pokoknya tempat wisata yang indah namun sederhana. Sekarang…? Jangan kau tanya. Disulap semua itu jadi tempat kece. Jadi WBL (Wisata Bahari Lamongan) dan Gua Maharani Zoo kalo nggak salah. Jadi ada jembatan penyeberangan kece gitu di udara. Hotel-hotel megah berdiri kokoh. Suer, dulunya yang pengen bulan madu ke Garut jadi pengen ke Lamongan aja. Eh? Bulan madu…? Hahaha.
Di tengah perjalanan. Ada satu bangunan yang narik perhatian. Kalo nggak salah namanya “rumah kost” gitu. Bangunannya kalo nggak salah warnanya oranye, trus bertingkat kayak rusun (rumah susun) gitu. Jadi keinget rusun ala Korea gitu. Sayang pas diambil fotonya kabur. Dicari di Mbah Google pun nggak ada. Eh, pengen nginep di sana. Kayaknya murah meriah dan nyaman gitu hihihi. Next time semoga bisa. Amin.
Masuk Desa Sendang Duwur. Jalan mulai kacau. Nggak ada aspal dan ukuran jalan juga minim. Sebut saja masuk hutan. Walau jalan nggak enak tapi demen lewat sini. Kenapa? Pemandangannya itu, subhanallah indah dan selalu bikin kangen. Ada rada serem juga sih, tapi suer keren. Kalo perjalanan pulang, mobil seolah sejajar dengan laut di hadapan sana. Keren dah pokoknya. Miris lihat bukit kapurnya. Makin parah keadaannya. Digaruk sana-sini. Kayak kulit yang dicakar-cakar, trus dicabik sampek berlubang. Pas lewat dan liat itu mereka kayak menjerit kesakitan. Yah, aroma mistis juga masih kental. Andai kata buat syuting film kolosal atau uji nyali cocok lah hehehe. Beneran miris banget kondisinya.
Langsung ke Sendang Ngisor. Di sini juga banyak perubahan. Kalau dulu kan terkenal dengan “Desa Petani Emas” nah sekarang udah beragam. Bahkan nemu home industry, batik apa gitu. Lumayan gede juga. Kita nyampek di rumah duka. Everything is change. Really. Rumahnya kayaknya dulu nggak gitu hehehe. Eh, nggak di duga ketemu saudara dari Mojokerto yang kebetulan melayat juga. Subhanallah. Ini namanya sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Jadi sekalian temu kangen gitu lah.
Ngumpul gini jadi inget dulu banget, jaman awal Bapak ngajakin kami ke Sendang buat nyambung tali silaturahmi. Suer nggak tahu kalo punya saudara di Sendang-Lamongan. Terkagum-kagum waktu pertama kali menginjakan kaki di sana. Trus Bapak cerita, yah inilah tanah asal leluhur kita. Jadi Nenek tuh asalnya orang Sendang-Lamongan yang dulu trus beradu nasib ke Malang. Trus Nenek nikah sama orang Malang. Gitu kata Babe. Woa~ ada tempat sebagus ini…? Heum. Rumah-rumah di sana tuh, mewah-mewah walau katanya Sendang itu ndeso. Dikenalin sana-sini sambil diceritain gitu dah. Ada dikasih tahu Sumur Leng Songo juga. Dan ada satu adat yang unik. Katanya di sana itu yang nglamar kalo mau nikah itu yang cewek. Jadi kalo andai kata Mas Jeje di sana tuh ya, saya yang ngalamar dia wkwkwk. Beda banget sama adat di sini, di Wates-Malang. Di sini mah cowok yang ngalamar cewek.
Kelar melayat, kami pisah sama saudara Mojokerto. Soalnya kami mau ada mampir ke saudara di Sendang Nduwur. Sekalian mau nyekar ke makam Raden Rahmat. Ini mah tradisi. Jauh-jauh dari Malang ke Sendang kalo nggak nyekar, rugi dong. Naik lagi dan singgah di rumah Mbak Elis. Ini rumah emang semacam apa ya, jujugan atau punden gitu lah. Soalnya dari dulu pasti ya njujugnya di rumah ini. Seneng bisa ketemu Mbak Elis dan baby-nya yang cantik. Minta maaf langsung soalnya pas nikahan nggak dateng trus pas Ibunya Mbak Elis meninggal juga nggak bisa ikutan melayat. Padahal almarhum itu sangat perhatian sama saya. Terakhir ke Sendang, saya digandeng mulu pas dianter nyekar ke makam Raden Rahmat. Sambil dielus-elus saya ditanya kapan mau nginep di Sendang. Saya cuman bisa menyanggupi. Nggak tahunya itu adalah pertemuan terkahir kami.
Haru rasanya pas tahlilan di makam. Tanggal 14 Juni 2103 saya harus berangkat ke Jogja buat ikut pelatihan nulis. Nah tanpa diduga tanggal 6 Juni 2013 saya dikasih kesempatan sama Alloh buat sambang ke Sendang. Nyekar ke makam Raden Rahmat, ketemu sanak saudara di Sendang. Ini… subhanallah. Hanya bisa menundukan kepala merasa haru.
Habis nyekar, ngumpul-ngumpul lagi. Di jamu makan lagi. Ada hal mengaharukan lagi. Kan ada saudara yang suaminya meninggal pas dia hamil dua bulan apa tiga bulan gitu. Nah pas ke sana kemaren anaknya cowok udah gede, umur dua tahunan kalau nggak salah. Pas saya lagi duduk, dia tiba-tiba nyamperin. Dia minta salim, cium tangan saya trus cium pipi kanan saya juga. Subhanallah. Padahal katanya biasae pemalu banget sama orang. Anak yatim, hah… terharu lagi dibuatnya.
Walau singkat, tapi subhanallah indah sekali. Pulang dengan perasaan senang dan rindu. Rindu kapan lagi bisa main ke sana. Keinginan yang belum terwujud, sambang dan nginep di Sendang. Subhanallah, pasti damai sekali di sana. Berhenti di area bukit kapur, foto-foto dan juga di pantai yang udah surut. Aneh dah, pas berangkat pasang trus pulangnya surut. Biasanya sih berangkat surut, pulang pasang -.-a. Lewat WBL dan hotel-hotel mewah itu. ah, kapan saya bisa liburan kemari? Nginep? One day. Amin.


  parade foto ^^v


                                                                       hutan jati


                                                    baru nyadar nyasar pas ketemu ini -.-

                                         bangunan sekolah yang agak ancient dan serem >.<


 jalan yang kanan-kirinya full pohon asem

                                                                         pantai :)


pohon siwalan




                                                       bukit pasir yang malang :(



                                                     makam Raden Rahmat



siwalan dan legen

jajanan khas Lamongan yang saya nggak tahu namanya :D


Keep on fighting.
.shytUrtle. 

You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews