¤ Amazing Trip, Beautiful Journey, Unforgettable Moment Part #3 ¤

22:52

¤ Amazing Trip, Beautiful Journey, Unforgettable Moment Part #3 ¤

tempurung kUra-kUra, 11.07.2013




Behind The Story Of #KampusFiksi DivaPress



Nah, dari dua cerita sebelumnya, inilah puncaknya. Ok, saya pengen cerita dari awal prosesnya ya. Yuk…!

Stasiun Kota Baru Malang, 05 Juni 2013

Tanggal 14 Juni 2013 harus ke Jogja lagi dan pengennya naik kereta api, tapi belum beli tiket kereta api o.O Ough! Nan gonna michyo! Bukannya nggak niat, rencana udah ada tapi ya gitu ketunda mulu karena beribu kendala hahay #lebe. Akhirnya tanggal 5 Juni 2013 nekat (?) ke stasiun buat beli tiket. Alhamdulillah ditemenin Mbak Bidha Rara. Pukul 13.00 WIB langsung naek motor berdua ke stasiun. Untung udah tahu jalannya hehehe.

Ini pengalaman pertama. Perdana sekali pakek banget yang namanya ke stasiun, bagi saya. Tentu untuk cewek dudul macam saya, hal gini aja udah bikin nerpes setengah hidup ye. Nyampek stasiun, wuh kemana ini…? Nanya Mas yang jaga parkir, dikasih petunjuk. Ok, kami masuk. Eh, busyet! Rame amieur (@.@)? Saya cuman bisa bengong di depan pintu masuk, nggak tahu harus ngapain dan kemana.

Setelah berebengong ria selama beberapa detik, Mbak Bidha ngajakin cari tempat duduk. Duduk dulu biar adem. Ah, tetep aja panas, orang pasek di dalam sono. Masih bengong lagi saling sambil tanya “yokpo?”. Trus Mbak Bidha sok SKSD nanya sama cowok-cewek yang duduk di samping dia. Eh, si cowok jawab nggak tahu. Wew~ pelit amat ye. Udah duduk manis ready to run kayaknya, ditanya gimana caranya beli tiket jawab nggak tahu. Iyuh, sok banget. Ujungnya malah saya cek-cok sama Mbak Bidha L Akhirnya nekat ngikutin Bule masuk ke ruang Customer Service. Ngantri. Di sini mah adem, full AC. Nayamul setelah kepanasan di luar wkwkwk. Ngantri eh ada Mas-mas bawa tiket puanjanng sepanjang kereta api. Mbak Bidha nanya lagi. Mas kali ini lebih sopan. Dia jawab sambil senyum dan walau ujungnya dia juga nggak tahu prosedur beli tiket di sono gimana. Dia minta maaf soalnya dia beli online jadi ke sono tinggal ngambil tiket di Mbak cantik itu yang duduk di balik meja Customer Service. Yah, nggak ada cara lain lagi selain ngantri buat ngobrol langsung sama Mbak cantik itu. Giliran maju langsung dapet petunjuk dari Mbak cantik. Ok, matur tengkyu. Kami keluar lagi.

Mbak Bidha sok kepedean mau ngambil nomer antrian. Ane suruh nunggu aja. Eh, ujung-ujungnye dia balik sambil nyengol-nyengol khas dia banget. Dia bilang Pak Satpamnye kejem (?). Walah lebe. Masak kejem sih? Suka mukul pakek pentungan itu? Na salah apa coba? Ih, ngelantur dah. Akhirnya saya maju sendiri buat ngambil nomer antrian di Pak Satpam. Saya nunjukin formulir sambil minta nomer antrian. Kalau nggak salah dapet nomer 330 apa 333 gitu. Lupa dah. Mana Pak Satpamnya agak SKSD pula. “Eh? Mbak yang mau ke Jogja? Sendirian aja Mbak? Serius sendirian aja…?” Heboh banget ye ni Pak Satpam. Saya cuman bisa senyum sambil jawab “iya” buat semua pertanyaan SKSD-nya. Wew~

Nomer antrian udah di tangan, selanjutnya nyari kursi. Mbak Bidha dapet tempat duduk, nah kita sebelahan sama cowok kece badai. Wew~ nose bleeding dah litany wkwkwk #lebe abis. Kece menurut sudut pandang saya. Wajahnya manis dan posturnya tubuhnya itu kutilang darat alias kurus tinggi langsing dada rata. Uwa! Tipe ane banget. Segi body nurut saya Hanbyul LED Apple lah. Kok Hanbyul lagi sih…? Na emang mirip gitu kok, nurut saya sih hehe. Dan saya 100% membenarkan  pendapat anak saya, Va. Kata Va, “cowok kayak Hanbyul gitu mana mungkin jomblo, Umma?”. Beneran. Dia duduk sama ceweknya kok. Manja-manjaan gitu dah si cewek. Nggak risih juga walau di depan umum. Dunia milik berdua dah, yang lain; termasuk saya, cuman ngontrak. Stasiun pun milik mereka berdua, yang lain nebeng huhuhu. Ceweknya cantik, manja. Perfect couple lah istilahnya. Ah, dunia ini nggak adil. Yang cakep dapet cakep, na gimana nasib orang jelek kayak saya…?

Samping couple, depan couple. Mbak Bidha iseng nanya, “kamu nggak iri liat kayak gitu? Dimanja-manjain, dibelai-belai gitu. Berdua sama cowok kamu?”.

“Di depan umum…? Nggak banget deh ye. Mas Jeje nggak bakal mau kali. Kemesraan cuman buat kami berdua.” bwahahaha jawaban ngaco. Aslinya sih cuman jawab, “nggak lah. Malu-maluin kayak gitu. Ngapain juga ngiri.” Nasib jomblo sejati. Huhuhu *mewek peluk Mas Jeje.

Lumayan agak lama pakek banget, akhirnya nomer antrian saya dipanggil suruh maju ke loket #1. Wuih, mata benar dibuat adem liat cewek-cewek cantik dan ramah dengan senyum menawan hati dan suara lembut bak tepung. Ck. Mbaknya cantik banget.

Akhirnya dapet tiket buat naik kereta api Malioboro Ekspress. Eksekutif IF-A/Eks-2/7A untuk pemberangkatan tanggal 14 Juni 21013 dan Eksekutif IF-A/EKS-2/7D untuk pulang tanggal 17 Juni 2013. Lega. Hujan di luar pun mulai reda.

Eh, nggak sengaja di tempat parkir ketemu cowok kece tadi. Haduuu itu sweater yang dia pakek dia lepas trus di pakekin ke ceweknya, soalnya di luar masih gerimis mengundang gitu. Huaaa bikin NV banget. Huhuhu. Eh, Mbak Bidha nyeletuk, “masih pacaran mah wajar gitu. Coba udah nikah punya anak satu, heum biar lu mau keujanan bukan urusan gue.” Nyahahaha ane nyengir kuda.

Jagiya (baca: motor) sempet bikin parno. Dia ngadat di tengah jalan kota. Huaaa… untung ane jalannya pelan dan minggir. Huhuhu panik gilak. Tapi Alhamdulillah mau jalan lagi dia danh selamat sampai rumah. Subhanallah. Alhamdulillah.

***

#KampusFiksi DivaPress

Inilah puncak dari cerita. Behind The Story Of #KampusFiksi DivaPress. Mau curcol dikit nih. Jadi gini, sebenarnya ini bener-bener kejutan. Hadiah ulang tahun buat saya juga. Pas jelang akhir Mei apa pertengahan Mei gitu, lupa saya. Pokoknya waktu itu lagi capek banget, putus asa lah. Ikutan lomba tapi naskha katanya nggak masuk, masuk spam mungkin. Naskah yang dikirim sana-sini nggak ada kabar dan yang ada kabar justru penolakan. Rasanya pengen berhenti aja. Nggak mau berharap banyak juga buat lamaran yang saya kirim buat ikutan acara #KampusFiksi dari DivaPress. Tiba-tiba pas maghrib, adek yang di Garut, Yogi kirim sms. Yogi kasih selamat, katanya saya lolos buat jadi peserta #KampusFiksi. Diem natap layar hape. Serius ini…? Seneng tapi nggak percaya juga. Masak sih…? Pas habis sholat dicek, oh ternyata beneran. Cerpen “Secret Wish (5 Stars 5 Dreams)” udah nganter saya lolos ikutan #Kamfik. Huaaa pengen peluk Sulli, Jiyoung, MIR, Taemin san Sungjeong yang notabene jadi cast di ff oneshoot itu. Huhuhu bahagia dan terharu, kayak nasi mawut dah. Campur aduk jadi satu.

Preparing buat ke Jogja lagi. Add akun temen yang bakal jadi satu angkatan. Karena beberapa hari sesudahnya udah ada pengumuman dan saya positif masuk angkatan 3 yang berangkat Juni ntar ke Jogja. Makan dan tidur bener-bener di jaga. Soalnya udah dapet peringatan, ntar di sana pas hari H ane sakit. Huhuhu jangan dong.

Sempet ngrasain krisis percaya diri pula. Ngeluh ke Yogi, ke Va. Huah, pokoknya beneran krisis percaya diri. Orang-orang terdekat nggak hentinya ngasih semangat. Berasa kayak barang antic banget pas Yogi mensen Pak Edi bilang “nitip kakak saya, Pak.” Huhuhu beneran dibuat terharu. Tahu aja si Yogi kalau kakaknya ini dudul hehehe. Trus ada Va juga yang nggak lelah kasih support. My daughter hehehe gomawo. Mbak Bidha juga , makasih.



14 Juni 2013

Pukul 06.00 Bapak udah ribut sendiri. Saya yang mau ke Jogja malah Babe yang rempong -_-“. Susah dah. Padahal udah dijelasin semua ada jamnya dan kita udah punya kira-kira ndiri ya. Tapi yah yang namanya orang tua, kayaknya nggak afdol kalo nggak beribet ria. Secara anaknya udah segede kingkong juga. Ckckck. Maklumlah kalau khawatirnya agak berlebih, soalnya kan ini pertama kali saya naik kereta. Takut ketinggalan itu si Babe.

Di tengah pagi yang dingin, pukul 07.00 saya dibonceng Bapak, naik Jagiya ke Stasiun Kota Baru. Jadwal kereta berangkat jam delapan pagi. Saya pikir, halah pasti molor, tapi Bapak nggak mau ngulur waktu. Eh, ternyata emang keretanya on-time. Wew~ feeling Babe mbois hihihi. Nyampek stasiun langsung masuk ruang tunggu. Brrrr, beku. Ini ruangan AC-nya kenceng gilak. Padahal masih pagi dan ini Malang lhoh. Dingin. Ditambah AC huaaa hidung langsung mampet.

Setelah apa itu sh pokoknya yang periksa tiket, berdiri nunggu di deket pintu. Nggak lama pintu pun dibuka, saya masuk dan woa~ pas masuk ada angin semlilir menyambut. Wuh, berasa lagi dalam adegan film aja hehehe. Eh, tapi ini beneran. Jadi pas masuk ada angin berhembus, yah kayak di film atau sinetron gitulah. Inikah suasana stasiun yang sebenarnya? Rel panjang dan kereta itu sendiri. Ah, jadi keinget sama film India yang identik sama kereta. Kok film India sih…? Kenapa bukan Harry Potter…? Iya, inget Harry Potter juga sih. Malahan pas natap tembok saya inget adegan Harry dan yang lain lari trus blap, ilang nimbus tembok. Jadi senyum ndiri sampek Ibu-ibu di samping saya natap heran ke arah saya. Mungkin dipikir kenapa saya senyum-senyum ndiri di stasiun gitu yah?

Keretanya datang. Panjang dan silver. Nggak seperti yang saya lihat di internet, coklat dan penuh lukisan. Ketemu gerbong (eh, bener nggak tulisannya…?) langsung masuk dan nyari tempat duduk. Heum, adem lagi huhuhu. Alhamdulillah duduk deket jendela. Duduk manis menahan hawa dingin. Masih nerpes juga, takut mabok iya. Nggak lucu dong, pengalaman pertama perjalanan jauh sendiri, pengalaman pertama naik kereta api eh mabok. Malu-maluin suku kura-kura aja.

Nggak lama kemudian kereta mulai melaju. Pelan. Ada rasa deg-degan. Oh, pelan, pelan ternyata. Padahal kalo lihat kereta melintas itu kenceng banget ye, tapi di dalam berasa pelan. Enak banget. Perjalanan pun dimulai dengan meninggalkan kota Malang. Lewat rel gantung yang biasanya cuman saya lihat dari bawah pas lewat di jalan. Lewat jalan yang kanan-kirinya rumah warga yang nggak pernah saya temui kalau saya naik motor atau mobil. Iyalah, jalannya aja beda hehehe. Saya mikir, orang yang tinggal deket rel, tiap harinya apa bisa bobok tenang ya? Apalagi pas malam. Secara bunyi kereta lewat kan lumayan kenceng tuh. Tapi semua itu karena terbiasa dan semua terasa baik setelahnya.

Sepanjang perjalanan, subhanallah. Saya disuguhi pemandangan yang indah. Rasanya eman banget kalau dibuat bobok perjalanan pagi ini. Untung nggak minum antimo, jadi nggak ngantuk juga. Saya nggak pengen boboj, mau menikmati perjalanan perdana ini, naik kereta. Saya sempet kaget pas keretanya bunyi agak gimana gitu. Eh, ternyata bunyi gini pas naik jembatan. Lama-lama jadi terbiasa dan hafal. Saya pikir nggak akan ketemu hutan jati, eh salah. Tetep ketemu hutan jati. Bener kan ini hutan jati jadi cirri khas pemandangan perjalanan antar kota hehehe. Entah kereta ini berhenti berapa kali di beberapa stasiun. Stasiun itu bersih banget ya. Andai terminal juga gitu.

Lupa pas di stasiun mana, eh ada kios namanya Kios Novan. Saya ketawa ndiri, jadi inget Kak Novanka Raja. Mau update status dan tag Kak Novan, eh sinyal payah pakek banget. Ya sudah batal. Pengalaman dalam terowongan. Kereta masuk terowongan gelap dua kali. Saya nggak berani liat ke luar jendela. Mau lihat juga yang ada item doing, nggak keliatan apa-apa. Dan ngeri aja kalo tiba-tiba ada cewek cantik nebeng nempel di jendela kereta, hiks. Kalau cantik atau ganteng sih mending ya, nah kalau ancur…? Amit-amit dah.

Nyampek Stasiun Tugu Jogjakarta jam tiga sore. Sore yang lumayan terik dan stasiun yang lebih megah dari Stasiun Kota Baru Malang. Wow, lewat lorong. Keren. Berasa dalam film lagi hehehe. Sayang nggak ada pose-pose narsis di kereta juga di terowongan kece ini.

Sempet nunggu bentar trus dijemput Mbak Ayu. Langsung capcus ke Malioboro Mall dan makan siang di Solaria. Oya, jadi inget, di kereta makan nasi goreng. Duduk milih menu, eum… penasaran sama Ayam Rica-rica. Keinget Mas yang di Kalimantan kalau pas berapi-api promosi masakan rica-rica buatan istrinye. Ok, pilih Ayam Rica-rica. Tara! Ayam Rica-ricanya dateng ^^//. Langsung icip dan… huaaa asin… asinnya gilak! Ini keasinan atau emang rasa rica-rica itu emang seasin ini…?

Oya kelupaan. Pas mulai naik kereta itu seneng banget. Sms bermasukan ke inbox, ada Kak Tri Hastuti, Va, Yogi banyak dah. Trus temen-temen seangkatan juga sms. Temen curhat Tiwi, Aya, Gina, Langgam, Putri, Fairy. Trus sama Prama juga yang kebetulan beda kereta dan kejar-kejaran hehehe. Dan banyak lagi yang maaf ya lupa nggak kesebut. Terima kasih udah perhatiin saya J

Nyampek rumah Mbak Ayu, bongkar muatan. Nggak mau bawa banyak barang ke asrama #KamFik ntar, jadi beberapa ditinggal di rumah Mbak Ayu. Jam delapan malem diantar Mbak Ayu ke gedung #KampusFiksi. Suer nerpes, malah kepikian lari. Huaa botol sangat. Pikiran pengecut, pikran bodoh dan tolol. Rasa minder itu muncul lagi. Gemeter nggak karuan, dingin. Akhirnya Mbak Ayu menemukan gedung itu.

Kesan pertama lihat gedung #Kamfik, wuik gede. Namun nggak berasa angker (?). Sebelumnya dapet bocoran dari Asti, temen dari angkatan 1. Iya, bangunannya gede, megah. Dan kamar mandinya ada tiga. Tapi belum tahu, kan belum masuk. Masih merasa nerpes di luar gedung. Huh! Aku pasti bisa!

Diantar Mbak Ayu, trus disambut Mbak Ve sama Mbak Ita. Habis itu MBak Ayu pergi, huaaa I’m totally lonely jigeum. Calm down. Just keep smiling when you meet everybody. You can do it, Yui! Ya, I can do it. Just keep on smile to everybody. Podo mangan segone kabeh. Huft...

Masuk ada ketemu Pak Edi, salaman. Trus salaman juga sama Kakak-kakak panitia dan temen-temen yang lagi makan malam. Trus dikasih sandal sama Mbak Ita dan diantar ke lantai dua, buat naruh barang-barang. Wajah-wajah baru mendadak kepala saya random. Saya terus nyari dimana kah Tiwi? Gina? Langgam? Putri? Fairy? Prama? Aya? Tiwi mana Tiwi…?

Akhirnya di tengah kebingungan itu saya ketemu Tiwi, Langgam, Gina, Putri. Syok waktu ketemu Fairy. Huaa, jauh dari apa yang ada dalam otak saya. Nggak sesuai sama yang saya bayangkan hehehe. Semua keren, cantik wew~ Ketemu sama yang biasa ngegaje dif b, kita pun ngumpul di lantai dasar. Nungguin Aya. Berlima, aku, Tiwi, Gina, Langgam dan Putri. Ngobrol ngalor-ngidul-ngetan-ngulon, ngegaje nggak karuan sambil nunggu Aya. Nggak terasa udah jam sepuluh lebih. Gina, Putri sama Langgam kelihatan capek dan ngantuk. Nyisa aku sama Tiwi yang kayaknya masih 85%. Akhirnya sepakat kalau sampai jam setengah sebelas Aya nggak dateng, ya udah kita naik buat bobok. Ternyata pas kita bangkit dari duduk, eh Aya datang sama cewek berjilbab, ternyata si Mami aka Risma. Wah, pas deh. Kami pun naik bareng-bareng.

Langsung nata kasur buat bobok. Eum… apa karena julukan saya “juru kuncen” jadi tempat boboknya pas dapet depan pintu, ngadep pintu. Wow, kebetulan yanag indah J Saya bobok bareng Putri, Langgam, Tiwi dan Gina. Aya sama Mimi dapet tempat di deket dapur. Langgam sama Putri tepar duluan, mereka dapet tugas jadi alarm soalnya. Beneran kata Asti, kamar mandinya ada tiga jadi harus bangun pagi-pagi buat ngantri mandi. Habis itu Gina nyusul tepar. Woa, cewek satu ini emang Sleeping Beauty banget hehehe. Tinggal aku, Tiwi, Aya sama Mimi yang ngobrol ampek jam duabelas lebih.

Suer nggak bisa bobok karena F4 diangkatan kami ngegaje semalem suntuk di kamar VIP mereka. Di angkatan kami cuman ada empat cowok dan beruntung mereka dapet satu kamar yang bisa mereka tempati berempat. VIP banget ya.



Day 1st. June 15th 2013

Bangun jam tiga pagi. Eum, lebih tepatnya emang nggak tidur sih. Tapi masih pada terlelap. Tetep rebahan nunggu ada yang bangun. Lalu si Fairy bangun, sholat malam kayaknya. Jam empat baru berani bangun buat ngambil peralatan mandi dan ngantri buat mandi di kamar mandi luar lantai dua. Di bawah kosong tapi ogah mau turun akhirnya ada yang ngisi. Habis mandi, tiduran lagi nunggu matahari terbit dan jam pelatihan dimulai.

Jam setengah delapan sarapan. Hari pertama sarapan sama bubur ayam. Setelah itu acara pembukaan dan sambutan dari Pak Edi.

Oh, apa ini? Perut kembung dan sakit kepala menyerang. Ya Alloh, aku mohon jangan. Nggak konsentrasi ngikutin jalannya pelatihan. Mencoba bertahan. Perut makin nggak karuan dan kepala migraine juga nggak mau kalah. Di dalam sana meronta-ronta, namun saya tetap duduk diam. Bertahan. “Obat, aku butuh obat. Obatku mana. Obat.” terus meronta.

Sok kuat nggak ada guna. Akhirnya saya nyolek Mbak Ve minta minyak kayu putih. Mbak Ve sibuk nyariin eh Mas Syukur dateng, ditanyain kenapa. Aku jawab masuk angin trus dikasih minyak sama Mas Syukur. Saya buru-buru masuk kamar mandi, gosok perut pakek minyak kayu putih sebanyak-banyaknya. Di kotak obat saya nggak ada minyak kayu putih, jujur saya nggak terlalu suka aromanya. Mengingatkan saya pada rasa mabok. Kelar balut perut dengan minyak kayu putih, saya buru-buru naik ke atas, ke kamar, nyari obat. Waktu itu di atas cuman ada Mbak Eva, kembarannya Mbak Evi yang kebetulan semalem sakit. Obrak-abrik tas, bingung antara antalgin apa tolak angin. Akhirnya saya milih tolak angin. Habis itu balik ke bawah buat ikut bimbingan.

Obat buat migraine nggak kebawa, milih tolak angin. Ini pilihan benar apa salah? Duduk dan mencoba tenang. 15 menit lagi pasti membaik. Hanya membuat hangat perut namun tak menghilangkan migraine di kepala saya.

Nggak bisa ditahan lagi. Pukul 13.00 ntar ada praktek menulis sampai jam lima. Gawat kalau kepala masih koleng gini. Akhirnya nekat minum anatalgin. Tadinya maau minum dua sekaligus tapi nggak jadi. Minum satu aja dan nunggu reaksinya. Habis makan siang, minum obat lalu duduk diem nunggu reaksi. Dan jam praktek nulis pun dimulai.

Karena nggak ada laptop, saya dipinjemin netbook sama Mas Aconk. Huaaa terharu L. Nerpes juga pegang netbook. Maklum nggak pernah pakek beginian hehehe. Dapet tentor Mbak Ayun dan masuk kelompok 3. Tema tulisan “Cinta bukan hanya tentang coklat, parfum dan mawar”. Diem. Bingung mau nulis apa. Saya inget waktu itu Mbak Ve ngambil foto saya dari belakang, saya lagi pegang kepala. Kata Mbak Ve saya lagi galau. Padahal lagi perang sama diri sendiri nglawan migraine di kepala hehehe.

Cling! Dapet ide, langsung tulis di binder. Mbak Ayun nyamperin, khawatir waktu nggak cukup kalo saya tulis di binder dulu nggak langsung ngetik. Gimana? Udah kebiasaan gini? Trus Mbak Ayun bilang nggak papa asal bisa kelar. Mbak Ayun khawatir aja ntar nggak nutut. Don’t worry kakak tentor tersayang, semua pasti beres. Saya senyum semanis yang saya bisa buat nyembunyiin kesakitan saya. Mbak Ayun pun percaya.

All in my head but there is a migraine in my right head too. It’s not easy. Come on! Keep on fighting, Yui! Mulai ngetik dengan sesekali mata kanan terpejam untuk mengurangi efek sakit karena migraine. Satu-satunya yang tahu sikon saya cuman Tiwi yang duduk tepat di samping kiri saya. Ada satu lagi sih, Mbak Bidha yang terus sms-in saya. Huaaa suer pengen mewek dah waktu itu. Perang ini perang. Perang ngelawan diri saya sendiri L Alhamdulillah kelar ngetik jam setengah lima. Trus masih melawan migraine di kepala. Berulang kali cek ulang naskah cerpen. Banyak typo dan kalimat yang agak nggak enak dibaca. Perbarui lagi, dan waktu pengumpulan naskah tiba lalu time for take a rest.

Udah kelar mandi trus ngegaje di pojok lantai dua yang saya sebut pojok VIP. Kenapa pojok VIP…? Karena di pojok itu dihuni oleh tiga makhluk cantik, sebut saja saya, Aya dan Mimi wkwkwk. Emang F4 angkatan 3 #KamFik aja yang punya kamar VIP? Kami juga punya pojok VIP kekeke~. Ini pojokan semacam tempat pribadi gitu dah. Walau deket dapur. Tapi seneng soalnya pusat air putih juga di sini dan ada colokan buat charge hape juga plus satu kursi yang bisa buar ngeder handuk hihihi VIP banget lah. Sakit kepala sebelah masih demen ndekem di kepala sebelah kanan saya. Cuman diem dengerin temen-temen cerita. Ada Mbak Ulik yang ikut ngimbrung. Setelah sejak dari jum’at malem itu cuman kontak mata dan batin (?) akhirnya bisa ngobrol juga sama Mbak satu ini hehehe. Suer ini orang keren banget. Aku aja pas liatin dia, hua banget gitu dah. Langkahnya mantab dan penuh percaya diri. Gagah banget dah untuk ukuran seorang cewek. Mulai kenalan, trus Mbak Uliknya itu demen banget ngajakin dance “Sorry, Sorry-Super Junior” nyahahaha ane ketemu elep lagi dah ^^v.

Pas lagi asik ngegaje, Mbak Ayun naik trus duduk ngimbrung ngrumpi di pojok VIP. Mbak Ayun yang kebetulan jadi tentor kelompok 3, kelompok saya. Di sela obrolan Mbak Ayun tiba-tiba bilang, katanya ide cerita cerpen saya unik. Wuik…? Beneran…? Jadi tersipu, malu-malu kucing #halah. Bahkan sempet ngobrol singkat bahas cerpen itu. Habis itu mulai pusing mikir yel-yel buat kelompok 3 yang belum kelar.

Hari pun berubah gelap. Ngintip jadwal sih gathering di asrama DivaPress. Udah ready, nunggu di bawah soalnya mobilnya ngangkut tujuh orang per pemberangkatan. Pisah sama Mamah Tiwi , ada tinggal bareng Aya. Mimi dan Fairy. Nggak lama kami dipanggil buat berangkat. Eh, mobil hitamnya Mas Aconk udah diburu temen-temen yang lain. Kami berempat diem, lalu ada satu Kakak panitia manggil kami. Eh busyet, beneran dah kalo kami ini kelompok VIP. Betapa tidak, Kakak panitia itu udah bukain pintu mobil Honda Jazz Hijau yang super unyu~ suer dah pakek banget. Aya, Mimi sama Fairy langsung masuk dan duduk di kursi belakang. Saya diem di luar, masak saya duduk di depan…? Kakak panitia bukain pintu depan. “Depan satu, Kak?” pertanyaan bodoh itu justru nyolong aja keluar dari mulut saya (o.O”). “Iya.” jawab Kakak panitia. Huft, saya pun masuk dengan nerpes pastinya. Huaa… brrrr… AC-nya kenceng gilak. Mana nggak pakek jaket. Moga aja nggak terlalu jauh perjalanannya. Bisa berabe ini mah. Kali ini beneran berasa kuartet VIP kekeke~

Krik ~ krik~ krik~ sepi banget. Eh, nggak ding. Full musik dangdut koplo. Tapi penghuninya pada diem. Ada suara bisik-bisik di belakang, nah gua…? Membisu dan mematung di kursi depan. Iyah, hanya itu yang bisa saya lakukan. Diem sepanjang perjalanan. Suer yang saya rasakan kaku banget. Efek AC yang terlalu kenceng kali ye, jadi pada kaku kedinginan wkwkwk. Walau diem nggak berarti otak cancer saya yang mulai karatan berhenti ngayal. Heum, berasa jadi leader beneran dah. Kan biasanya tuh ya kalo KPOP Idol gitu kan leadernya duduk di depan, samping manajer yang nyetir. Wuih, gue banget dong. Huhuhu. Mulai dah otak ini mengembara entah ngayalin apa, sementara itu dangdut koplo masih setia menemani perjalanan kami. Saya senyum sendiri sambil natap keluar jendela, haduh malam ini berasa jadi orang kaya naik mobil mewah hihihi. Di tengah khusyuknya ngayal sambil cengingisan ndiri, dalam mobil gelap gulita dan saya noleh ngadep natap keluar jendela, jadi mungkin, mungkin nih, mungkin nggak ada yang tahu kalo saya cengar-cengir gaje sendiri. Tiba-tiba Kakak panitia nanya, “acaranya sampai jam berapa, Mbak?” Ngek. Khayalan gaje saya berhenti mendadak seiring dengan berhentinya mobil di lampu merah.

“Eng… tadi di jadwal sih jam setengah duabelas, Kak.”

“Ha…?” si Kakak kayaknya syok gitu.

“Dijadwalnya sih gitu. Tapi nggak tahu juga hehehe.” suer senyum saya kerasa kaku banget. Hiks.

Si Kakak manggut-manggut sambil lanjut nyetir dan bersenandung ngikutin biduan yang lagi asik nyanyi dangdut koplo.

Kami pun sampai. Untung deketan aja asramanya. Turun ada rame-rame. Apaan dah…? Rombong gitu. Suer muka ane culun. Trus disambut sama Pak RT aka Mas Joe, diajak makan. Saya masih bingung ini apaan yak..? Untung aja Pak RT berbaik hati memandu saya. Oalah ternyata ini namanya nasi kucing…? Wew~ keren. Untung lagi ini masih di pandu Pak RT, kalo nggak pasti saya salah ngambil menu nasi+ikan teri. Huah, bisa gawat tuh. Secara teri itu termasuk salah satu musuh besar saya L Terima kasih ya Pak RT J

Habis makan nasi kucing dan minum teh anget, acara di asrama DivaPress nyantai pakek banget. Ngobrol santai lah bareng siapa aja yang mau diajak ngobrol. Kebetulan waktu itu saya gabung bareng Mamah Tiwi ngobrol sama Mas Azis. Habis ngobrol acaranya lebih santai lagi. Ini semacam panggung hiburanlah. Dan kelompok kami, kelompok 3 dapet kehormatan buat tampil paling awal. Suer yel yel kami keren. Nurut saya lhoh. Ini ide temen-temen keren dah. Yang usul pertama itu Sylvia. Keren ide dia. Salut dah. Perform yang paling heboh itu performnya Mas Aconk. Suer kakak satu ini gokil habis. Dan saya jadi ngefans sama Mas Aconk kekeke~.

Ngomongin Mas Aconk jadi inget, pas hari sabtu apa minggu sore yah, lupa dah. Pokoknya sore pas lagi nyantai, Mas Aconk ngajakin anak sama istrinya ke lantai dua. Suer anaknya cute banget, manis, imut gitu >.< trus salim sama aku dan temen-temen yang kebetulan pada duduk-duduk nyantai di ruang tengah lantai dua gedung #KamFik. Suer di sini tuh kayak keluarga banget antara panitia dan peserta.

Nyampek kampus fiksi lupa jam berapa. Sempet ada kejadian lucu pas saya bareng Fairy nungguin mobil jemputan. Pas mobil Mas Aconk langsung diserbu. Belakang mobil Mas Aconk eh si Honda Jazz Ijo lagi. Langsung dah Fairy saya seret, lari-lari kecil balik ke asrama DivaPress lagi. Sungkan, masak kami lagi yang naik mobil itu. Langsung nyamperin Aya sama Mimi, ditanya kenapa saya lari-lari. Ya saya bilang aja si Honda Jazz Ijo dateng lagi. eh, mereka ketawa. Akhirnya kami berempat pulang naik mobil Mas Aconk. Nyampek gedung #KamFik langsung rawat dan siap-siap bobok. Malem minggu malam ini saya bobok bareng Aya dan Mimi di pojok VIP.  Malem sebelumnya kan udah bobok sama Mamah Tiwi, Putri, Langgam, dan Gina. Nah malam berikutnya saya milih bobok sama Aya dan Mimi. Biar rata bobok sama temen-temen yang biasa ngegaje bareng di Fb J Dan tetep dapat deket pintu. Yah, mungkin karena memang saya adalah Juru Kuncen hehehe.



Day 2nd. June 16th 2013



Hari kedua. Hari Minggu. Nggak mau ambil resiko, pasa sarapan saya sekalian bawa antalgin. Khawatir kayak kemaren, walhasil nggak konsen. Kemaren minum obat aja masih sakit, apalagi nggak minum. Fiuh… kenapa oh kenapa jadi begini…?

Pagi materi dan alhamdulillah bisa lumayan konsen. Antalgin banyak membantu dalam sikon ini. yah, walau jadi semacam kecanduan sama antalgin. But that’s ok. Sikonnya lagi mendesak pakek banget hehehe.

Momen ini lupa siang apa pagi. Mbak Ayun duduk deket sama Mamah Tiwi, trus Mamah Tiwi nanya, dari kelompok tiga cerpen siapa yang lolos. Mbak Ayun nggerakin kepala nunjuk ke arah saya. Saya juga Mamah Tiwi membeku selama beberap detik, lalu setelah kesadaran Mamah Tiwi kembali lebih dulu langsung dia bilang, “selamat ya.”. Prama yang duduk di samping kanan saya ikutan kasih selamat. Saya masih syok. Cengar-cengir, antara percaya dan nggak. Masak sih cerpen saya yang lolos…? Itu cerpen kan gaje banget, banyak kurangnya. Suer.

Jam istirahat siang minum obat lagi. Nggak asik dong kalo ntar cerpennya di bedah eh saya malah tepar. Neguk antalgin lagi setelah makan siang. Yang pasti udah nggak bisa tenang ini hidup (?). Deg-degan, keh ta hai dil bar bar #halah. Apalagi ketika acara dimulai. Itu cerpen sok PD amat yah nangkring atas ndiri. Ya ALLOH, pengen bisa mengecil aja kayak Alice L Seriusan ini nerpes nggak tanggung-tanggung. Tangan udah dingin semua. Huah, nggak karuan dah. Dan lagi-lagi Mas Aconk pinjemin saya netbook-nya. Huhuhu saya ngrepotin mulu dah.

Cerpen saya dibahas paling awal, dibedah habis-habisan. Itu banyak kurangnya pakek banget dan merasa beruntung itu cerpen gaje bisa dibedah langsung sama Pak Edi. Beneren terharu. Itu berusaha keras buat nahan air mata biar nggak meleleh. Malu kalo mewek di depan forum mah. Cerpennya dibedah paling lama. Iyalah, kan udah dibilang banyak kurangnya pakek banget. Typo dimana-mana. Huhuhu efek migraine ampuh banget ye. Bahkan saat evaluasi susah banget buat fokus 100% karena kepala kanan saya masih dihinggapi migraine.

Sempet berkecil hati waktu Pak Edi ngomong nggak begitu suka sama tema teluh dan santet, terlalu kuno L Namun beliau, Pak Edi emang irang baik. Cerpen itu pun di acc untuk di novelkan tentu saja di bawah bimbingan beliau. Subhanallah. Alhamdulillah. Maaf kalau bahasa saya sulit dipahami. Kata temen-temen itu bahasa kura-kura, hiks L Saya akan perbaiki kesalahan sebisa mungkin J Fighting!!!

Sore. Free. Ah, kenapa keakraban itu selalu terbentuk di akhir-akhir sih? L Bercengkrama, foto-foto.  Anget banget rasanya di lantai dua gedung #KampusFiksi. Orang kedua yang bikin saya syok setelah Mbak Ulik adalah Louiza *maaf kalo nulis namanya salah ya ~/\~ maaf*. Kan kita duduknya satu deret, dia itu diem banget anakanya. Seingat saya sih duduknya satu deret sama saya -.-a maaf kalo salah hehehe. Nah pas sore itu dia ikut ngimbrung di pojok VIP, eh ternyata lumayan bawel ya. Dan seneng banget dengerin dia ngomong dengan logat khas orang Jawa Barat. Dengerin dia ngomong saya jadi senyum-senyum sendiri keinget Va sama Tante Rani kalo ngomong hehehe.

Malam pun tiba. Setelah makan malam, tibalah sesi penutupan. Acara penutupan yang yah bikin haru. Walau sederhana tapi emang kata berpisah atau perpisahan itu bikin nyesek. Habis penutupan pada gila foto-fotoan. Saya bertahan ditempat saya duduk. Badan mulai panas dan sakit kepala mulai mendera lagi. Tiap kali ditanyain napa nggak ikutan foto-foto cuman bisa nyengir kuda, meringis semanis mungkin. Sempet foto sama Pak Edi, tapi nggak sama Mbak Ayun, Mbak Ita, Mbak Ve, Mas Sukur, Mas Aconk L

Minggu malam, selesai acara saya langsung minta jemput Mbak Ayu. Khawatirnya ntar nggak bisa istirahat lagi sementara badan saya makin panas dan besoknya udah harus balik ke Malang, naik kereta sendirian pula. Yah walau masih pengen ngumpul-ngumpul sama temen seangkatan. Habis pamitan, nungguin bentar bareng Aya dan Mimi yang juga balik minggu malam, nggak lama kemudian Mbak Ayu udah jemput. Goodbye chingudeul, goodbye onnideul, goodbye oppadeul L

Pas nyampek rumah Mbak Ayu trus tidur sendiri di kamar, eh udah kangen sama temen-temen di #KampusFiksi. Dan malam itu saya terjaga karena hujan yang lebat L

Day 3rd . June 17th 2013



Day 3rd. Emang udah nggak di #KampusFiksi lagi tapi masih di Jogja, di rumah Mbak Ayu. Huaaa demi apa aku bangun jam sepuluh pagi…?!!! Huaaaaa memalukan. Udah numpang di rumah sodara eh bangunnya bukan kesiangan lagi tapi emang siang. Huaaa malu, beneran malu pakek banget. Cuman bisa nyengir waktu Mbak Ayu nyapa, “selamat pagi.”. Huhuhu ini mah selamat siang. Karena semalaman nggak bisa tidur alhasil saya bangun jam sepuluh papi L Iya semalem ampek adzan subuh nggak bisa bobok. Jadi gitu deh, pas bisa bobok kebablasan. Mana di rumah Mbak Ayu itu enak banget suasananya kalau buat bobok.

Nikmat banget hidup gue senin pagi ini. Bangun sarapan udah siap. Nasi panas plus ayam bakar. Heumm… Trus seharian males-malesan di kamar nonton film. Pas habis hujan deras dibeliin Wedang Ronde, jadi anget banget dah badan. Habis maghrib mandi dan packing trus makan sama ayam bakar lagi lalu capcus ke Malioboro buat berburu Gudek pesenan Ibu.

Macet, tumben dah jalanan macetnya super. Ini nurut Mbak Ayu. Heran aja Senin, malem pula eh jalanan macet sepanjang itu. Mampi ke Bintang Swalayan bentar dan dapet gorengan. Eh, pisang molennya beda sama di Malang hehehe. Trus langsung capcus ke Andrea Hotel buat drop barang dan parkir mobil. Lalu perburuan pun dimulai.

Jalan kaki ke Malioboro yang padet banget di Senin malam itu. Ngantri foto di tulisan Jalan Malioboro. Katanya kan walau udah ke Jogja serasa belum ke Jogja kalau belum foto di sini hehehe. Ngantri dan saya diem nunggu, tapi Buk Yah sama Mbak Ayu heroic banget. Saya langsung di dorong maju dan dapet kesempatan foto dan cowok-cowok yang sedari tadi saya dateng nggak ada habisnya narsis di situ pun ngalah hehehe. VIP lagi nui gue.

Usai sesi foto (?) lanjut menyusuri jalanan Malioboro yang padat pengunjung. Huaaa, migraine kumat lagi. Sambil jalan sambil minum obat. Untung bawa antalgin di tas sangklet dan bawa aqua juga. Minum dan masih terus jalan ngekor di belakang Mbak Ayu. Momen penyerangan migraine kali ini lebih getol bohay dari sebelumnya. Saya nggak tahu dah, jalan asal jalan sambil terus memanjatkan do’a minta diberi kekuatan. Saya takut tiba-tiba ambruk di tengah keramaian. Selain malu, saya kasihan ntar yang harus ngangkat saya. Secara ini badan segede kingkong hehehe. Lagi-lagi ALLOH memberi pertolongan lewat antalgin yang saya minum. Pas mulai masuk Malioboro Mall, badan saya mulai berkeringat, bukan karena capek jalan saja tapi karena reaksi obat juga. Ternyata di kawasan Malioboro stan dimana biasa menyediakan Gudek udah pada tebal alias habis semua. Terpaksa harus ke pusatnya kata Mbak Ayu. Saya udah mau nyerah tapi nggak dengan Mbak Ayu. Keep on movin, keep on fighting nyari Gudek demi Ibu. Karena haus, Mbak Ayu beli jus buat kami. Aku milih coklat dan pas diminum, mak jleb dinginnya. Langsung tembus gigi dan kepala kekeke. Tapi delicious banget.

Akhirnya menuju pusat Gudek. Wuah, itu banyak deretan orang jual Gudek. Mbak Ayu pilih Gudek Yu Djum. Katanya ini yang paling terkenal seantero Jogja. Manut wae dah hehehe. Alhamdulillah dapet juga Gudek dan gratis pula. Huaaa makasih Mbak Ayu.

Habis dapet Gudek, kami istirahat di Andrea Hotel. Hotel punya Mbak Ayu. Suer suasananya nyaman di sini. Jalan yang cukup buat jalan kaki aja dan sikonnya emang nyaman banget. Duduk-duduk bentar di sana, ngaso. Jam setengah sepuluh saya pamit sama Mas Samir, suaminya Mbak Ayu dan masih diantar Mbak Ayu, Buk Yah juga Nico jalan kaki ke stasiun Tugu.

Nyampek stasiun, ngeluarin barang-barang dari mobil Mbak Ayu yang sudah terparkir di sana. Dianter sampai tempat pemeriksaan tiket dan di sinilah kami harus berpisah. Saya pamit pulang setelah merepotkan Mbak Ayu dari dateng sampai mau balik ini.

Mulai berjalan menuruni tangga. Saya menyusuri lorong terowongan panjang itu sendirian. Pas nyampek ujung lorong tiba-tiba mendengar kalau Kereta Api Maliboro Ekspress jurusan Jogjakarta-Malang sudah siap di jalur 2. Wot…?!!! Itu kereta saya. Huaaa!!!!! Saya langsung lari dalam terowongan yang sepi itu. Huhuhu… berlari dengan barang bawaan yah lumayan memberatkan langkah. Ditambah tangga-tangga yang lumayan tinggi itu. Benar-benar menguras tenaga.

Nyampek di atas, saya bingung dimana jalur 2 berada. Brok brok brok kembali berlari hingga menarik perhatian orang-orang yang duduk manis menunggu kereta mereka datang. Terang aja narik perhatian, orang yang lari gajah wkwkwk. Hush! Ini mah kura-kura tahu! Masih terus berlari sambil berbisik, keretaku mana keretaku. Dan mata saya tertuju pada seorang gadis cantik yang sedang duduk sendiri. Puh, seger nui mata. Langkah saya pun menurun pelan dan berhenti indah di depan gadis ini. “Mbak, maaf mau tanya, jalur dua mana?:” tanya saya buru-buru.

“Oh, itu.” jawab si Cewek sambil menuding ke arah belakang tempat ia duduk.

“Oh, makasih ya Mbak, makasih.” sambil munduk-munduk saya pamit undur dan kembali berali menuju jalur dua.

Huaaa iya itu kereta udah standby. Saya ngeliat Mbak Ulik udah berdiri di tangga siap naik kereta.

“Mbak Ulik!!!” panggil saya sambil narik lengan jaket Mbak Ulik.

Mbak Ulik mendelik lihat saya baru dateng. “Piye tho kok telat…? Iko-iko gerbongmu neng kono.”Mbak Ulik tuding-tuding.

“Ya udah. Sampai ketemu lagi ya Mbak Ulik!”

“Wes ndang cepet kono!”

Saya meringis dan kembali berlari menuju gerbong saya. Nyampek disambut Pramugari (nama pramugari kereta apa sih…?) cantik di pintu masuk. Balas senyum dan langsung masuk nyari kursi 7D ketemu dan langsung nata barang trus duduk nagtur napas. Huaah… lega setelah lari-lari kayak maling (?) dikejar Hansip.

Harus nahan kebelet pipis semalaman di kereta. Samping kiri saya bapak-bapak gitu dan mulai naik langsung bobok dengan posisi yang suer bikin saya terjepit bahkan nggak bebas bergerak dan harus nahan pipis itu karena jalan keluarnya ke haling si bapak ini. Huhuhu begadang semalaman dan di kereta. Nggak bisa bobok juga. Ada beberapa kali sms Mbak Ulik nggak dibales. Bobok juga orangnya. Baru nyadar kalo sebenernya kami bisa ketemuan di café kereta pas kereta udah mau nyampek Blitar. Huaa melasnya diriku dan dirimu ini Mbak Ulik.

Nyampek stasiun Kota Baru Malang jam setengah enam pagi dan Bapak udah nungguin. Alhamdulillah nyampek tempurung kura-kura dengan selamat. Setelah meminum sekotak susu coklat yang jadi bekal saya namun malah tak tersetuh sama sekali, saya pun bobok nebeng di kamar Mbak Bidha. Heumm… lembur bobok hehehe.

***

Dan ini menjadi kenangan indah tersendiri. Tentang sakit yang datang tiba-tiba ketika saya mengikuti #KampusFiksi DivaPress 3, mengingatkan saya pada peringatan seseorang bahwa saya bakal sakit di hari H. Itu benar adanya dan itulah perjuangan yang sebenarnya. Perang yang sebenarnya, perang melawan diri saya sendiri.

Selama mengikuti #KampusFiksi seolah menemukan keluarga baru. Benar-benar menyenangkan berada di sana. Merasa beruntung mendapat kesempatan ini. Terima kasih ya ALLOH. Terima kasih Pak Edi dan keluarga besar DivaPress. Terima kasih Mbak Ayu, Buk Yah, Nico dan Mas Samir. Terima kasih Mamah Tiwi yang udah ngrawat aku dengan baik hehehe. Terima kasih Mbak Ayun karena udah milih naskah cerpen saya. Makasih Mas Aconk yang udah pinjemin saya netbook, jadi saya tetep bisa berkarya walau saya nggak punya laptop. Terima kasih Mbak Ve, Mas Sukur, Mbak Ita dan semua panitia #KampusFiksi 3. Terima kasih Pak RT, Putri, Prama, Langgam, Gina, Aya, Mimi dan semua temen-temen satu angkatan di #KampusFiksi 3. Terima kasih buat hari singkat dan indah penuh makna ini.


 ini nih, saya kasih parade foto ^_^v

 jangan liat orangnya, liat tiketnya aja. perdana naik kereta ini hehehe ^^v


                                                                   gerbong gue PP

               ini dia gedung #KampusFiksi DivaPress (foto dapet ngrampok di grup kekeke)


                                               angkatan 3 #KampusFiksi DivaPress

                                                    me & CEO DivaPress Pak Edi ^^v

                      Lima Jagoan Jelita ^^ Putri, Gina, Mamah Tiwi, me and Langgam

                                                     Trio VIP ^^v Mimi, Aya and me

                                           Aya, Mbak Ulik, me and Fairy di Pojok VIP ^^


                                        kelompok 3 tersayang :) (ngrampok dari Mamah Tiwi)



oleh-oleh dari #KampusFiksi 3
    DivaPress ^^


                                    dan satu foto favorit hasil jepretan Latif Nur Janah ^^


 Keep on fighting.
.shytUrtle. 







You Might Also Like

4 comments

  1. Ada aku di salah satu foto, nyelip ahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ALLOH.. maap baru bales komentar ini. baru tahu kalo ada komentar masuk. hadeh..... lemot nian ini otak kura-kura :(

      Delete
  2. kereen nih, aku belum sempet ditulisin cerita KF 3 kemarin.. :)

    ReplyDelete
  3. ya ALLOH.. maap baru bales komentar ini. baru tahu kalo ada komentar masuk. hadeh..... lemot nian ini otak kura-kura :(

    ReplyDelete

Search This Blog

Total Pageviews