Pada akhirnya aku mendapat pertanyaan, "Kapan nikah?" juga.

05:22


Dari event #NulisRandom2017


Pada akhirnya aku mendapat pertanyaan, "Kapan nikah?" juga. Hehehe.

Aku pikir nggak bakal dapat pertanyaan itu. Karena... karena... karena mungkin mereka lelah. Lelah bertanya pada perempuan yang jatuh hati pada pria di gambar dan di video ini. Tapi, ternyata aku salah.

Pertanyaan yang menyenangkan hari ini adalah, "Kamu kok kelihatan kurusan?"

CEWEK MANA YANG NGGAK BAHAGIA MENDENGARNYA?

Dibilang kurusan itu bak mendapat lotre. Eh? Emang pernah menang lotre? Hahaha. Terlebih buat cewek tambun kayak aku. Surga dunia!

Acara open house dilanjut. Sebenarnya aku nggak mikirin sih. Kalau dapat pertanyaan yang katanya banyak bikin sakit hati para jomblo itu, aslinya udah kebal sih. Cukup jawab dengan cengiran malu-malu (?) dan ekspresi kayak orang bego (??). Aman dah.

Tapi, belakangan pertanyaan keramat itu banyak dibahas di dunia maya. Sebenarnya aku mikir gini sih, emang masih penting ya buat nanya "Kapan nikah?"

Ini 2017. Cewek nggak kunjung nikah itu udah bukan hal yang patut diperbincangkan menurutku. Tapi, sayangnya nggak semua orang berpikir demikian. Mungkin maksud pertanyaannya baik sih ya. Biar yang ditanya makin semangat nyari jodohnya. Gitu kali.

Tapi, harusnya mikirin perasaan yang ditanya juga sih. Nggak semua bisa tahan sama pertanyaan maut itu. Gimana kalau yang ditanya sakit hati? Tersinggung? Kasihan kan.

"Hey, kamu kapan nikah? Undangannya lho tak tunggu!"
"Udah punya pacar? Apa belum? Mau dicarikan? Kapan nikah?"

Doeng!

Aku dapat pertanyaan itu juga. Hehehe.

Lagi-lagi aku tersenyum gaje, sok malu-malu dan pasang muka sok bego. Lalu berujar, "Kalau sudah tiba waktunya."

Iya kan? Bukankah jodoh, rejeki, dan mati dari seseorang itu hanya Tuhan yang tahu? Jadi, biar Dia aja yang ngatur segalanya. Yang penting kita di sini udah berusaha. Hasil akhirnya, pasrahkan saja pada-Nya.

Cuman emang nggak mudah untuk membuat orang lain memahami posisi kita yang nggak kunjung menikah ini. Orang lain kebanyakan langsung berpendapat hanya dari apa yang mereka lihat. Padahal seharusnya kan tidak melihat saja. Tapi, harus mendengar dan merasakan juga.

Banyak alasan dibalik kenapa seseorang nggak kunjung menikah. Bukan karena terlalu pilih-pilih aja lho ya. Kenapa sih cewek mandiri yang nggak kunjung menikah dikaitkan sama terlalu pilih-pilih?

Itu cara pandang yang diturunkan ya? Diwariskan sebagai sebuah tradisi gitu?

Heuheuheu... Susah juga.

Tidak akan mudah membuat orang lain mengerti dan memahami kita. Seringnya, kita lah yang harus mengerti dan memahami mereka. Nggak papa sih. Tapi, kalau nggak kuat. Ya udah. Senyumin dan tinggalin aja.

Kalau menuruti omongan orang, hidup kita tidak akan tenang. Karena, kita tidak akan pernah ada benarnya di hadapan orang lain. Jadi diri sendiri aja. Tapi, jangan sampai menyakiti hati orang lain ya. Kalau kita merasa sakit ketika dicubit, maka orang lain pun akan begitu.

Setelah mendapatkan pertanyaan, kapan nikah. Aku dapat angpao. Eh? Angpao? Iya, angpao. Amazing kan?! Udah nenek-nenek dapat angpao. Kekeke~ Alhamdulillah.

Lebaran masih baru dua hari. Mungkin hari-hari berikutnya bakal ada pertanyaan, kapan nikah, yang mampir ke telinga kita lagi. Jangan khawatir ya. Tuhan juga dengar itu kok. Jadi, pasrahkan saja pada-Nya.

Orang yang benar kasihan dan benar kepo itu sulit dibedakan. Jadi, cuekin aja. Bukankah jodoh itu rahasia Tuhan. Kalau rahasia umum, mungkin kita nggak akan terjebak dalam lingkaran kejombloan ini, kan?

Keep strong! Tetap berusaha. Siapa tahu jodoh kita mendekat di lebaran tahun ini dan kita dipertemukan dalam momen tak terduga. Ketemu di kios bensin misalnya. Hehehe.

Jodoh itu di tangan Tuhan. Dan cara Tuhan mengirimnya kepada kita bermacam-macam. Selama jodoh itu belum sampai pada kita, bisa jadi Tuhan belum bisa mempercayakan dia pada kita. Jadi, lebih baik memperbaiki diri saja. Kalaupun pada akhirnya jodoh tak datang di dunia, pasti dia akan datang di akhirat untuk kita.

Tempurung kura-kura, 26 Juni 2017.

. shytUrtle .



You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews