Unek-unek Otak (zodiak) Cancer Tentang Konser #WannaOne World Tour.

06:24


Unek-unek Otak (zodiak) Cancer Tentang Konser Wanna One World Tour.






Konser World Tour Wanna One memang banyak mengukir kisah yang menarik untuk diikuti. Setelah World Tour di Jakarta yang meninggalkan banyak kisah, hingga saya gatel pengen nulis unek-unek. Sekarang muncul kisah baru dari World Tour di Malaysia.

Saya bukan Wannable ya. Sebelumnya saya udah jelasin kan tentang ini. Tapi, saya sedikit banyak mengikuti tentang sebelas cowok ganteng jebolan Produce 101 season 2 itu. Sebelumnya juga udah saya bahas tentang ini.

Ada apa dengan konser World Tour di Malaysia? Kenapa saya jadi nulis unek-unek lagi? Biar otak saya nggak meledak dan saya bisa tidur lelap. Hahaha. Padahal faktanya tetep, tidur lelap agak susah buat saya.

Lagi-lagi tahu ada rame-rame dari Bojone Daniel yang punya nama Linda. Hehehe. Linda emang Wannable aktif yang deket sama saya. Jadi, kami sering ngobrolin tentang Wanna One. Saya awalnya nggak nyambung. Tapi, demi fan fiction, saya pun mempelajari tentang Wanna One. Mulai dari nonton reality show mereka, bahkan sampai nonton Produce 101 season 2. Belakangan jadi nyambung kalau di ajak ngobrol Linda.

Linda kirim pesan WhatsApp, ngasih tahu katanya ada drama antar fansite di konser Wanna One di Malaysia. Sebelum ngasih tahu ini, Linda sempet cerita soal Jisung yang di bully karena pulang kampung pakek celana pendek. Biasalah. Netizen yang maha benar—yang mungkin juga anti fansnya Jisung—mulai menulis komentar buruk tentang Jisung. Yang sabar ya, Dek Jisung. Hidup ini memang penuh ujian. Makin tinggi pohon, makin kenceng juga angin yang menerpa. Dirimu kudu seterong, Dek. Hehehe.








Kembali ke drama antar fansite. Katanya udah ramai di Twitter. Saya kepo dong. Dan, langsung meluncur ke Twitter. Di Twitter belakangan temen kpopers yang aktif kebetulan juga Wannable. Jadilah begitu buka beranda, muncul tweet tentang drama yang disebutin Linda.

Suer saya syok pas tahu 'drama' yang dimaksud itu apa. Sesama fansite berantem di tengah jalannya konser Wanna One di Malaysia. Dari video yang diunggah, di atas panggung Wanna One lagi nyanyiin Boomerang. Wannable pun semangat ikutan nyanyi. Nah, di salah satu sisi yang gelap, ada penonton yang berantem. Entah itu dijambak apa dipukul. Videonya gelap. Serem juga nontonnya.

Penasaran? Iyalah. Kok bisa fansite berantem? Sepanjang saya suka Kpop, pertama kalinya bagi saya tahu ada fansite berantem. Walau sebenernya saya tahu fansite dari ToppDogg sih. Hahaha. Payah ya? Suka Kpop dari 2008, tapi tahu apa itu fansite dan masternim tahun 2013. Hebat banget lu, Kura!

Karena penasaran, pantengin TL Twitter. Oh, ternyata yang nyerang itu fansite si Gembul sama Daniel. Trus, yang diserang—awalnya katanya—fansite Baejin. Piye tho mbak-mbak iki kok bisa berantem di tengah jalannya konser? Bahkan, itu mbak fansite-nya Baejin sampai berdarah-darah. Di foto, di upload pula. Ngeri!

Setelah dapat informasi, ternyata bukan mbak fansite Baejin. Tapi, mbaknya fans Baejin yang sering kirim hadiah mahal ke Baejin dan hadiahnya sering dipakek sama Baejin. Baca bagian ini saya baper. Keinget snapback dari saya yang dipakek Hojoon. Heuheuheu...

Masih gatau sebabnya—sampai sekarang pun belum tahu, belum nyari tahu lagi juga—kenapa itu fansite Jihoon dan fansite Daniel sampai nyerang mbak fansnya Baejin. Di video lain, ada rekaman mbak fansite Jihoon dan fansite Daniel yang nolak di ajak ke kantor polisi. Bahkan, mbak fansite Jihoon marah karena ada yang rekam muka dia. Ini video disebarin tanpa sensor. Muka mbak fansite-nya nggak diblur atau ditutupi stiker.

Padahal ya, setahu saya nih, fansite paling anti nunjukin wajah mereka ke publik. Hal ini yang dulu bikin saya penasaran ke fansite ToppDogg. Demi mencari tahu wajah para masternim, saya rela pantengin video ToppDogg. Terutama yang fancam. Lalu, bikin screenshot kalau ada mbak-mbak yang terduga fansite. Lalu, gambar-gambar yang saya kumpulin, saya kasih lihat ke Kirana. Temen ToppKlass asal Indonesia yang tinggal di Aussie dan dateng ke fan meet ToppDogg. Kirana bilang, iya itu mereka.
Ya ampun! Gitu udah happy banget. Happy bisa liat wajah fansite ToppDogg. Seneng bisa tahu wajah fansite Hojoon favorit saya. Itu fansite Xero favorit saya juga cantik banget! Kayak model. Beberapa fansite ToppDogg bule. Mereka orang barat yang tinggal di Korea. Saya kenal dua fansite bule yang masih berteman di akun real sampai sekarang. Bahkan, fansite P-Goon pernah minta bantuan postingan dia minta di translate ke Bahasa Indonesia karena dia mau bikin proyek internasional termasuk Indonesia.

Fansite ini emang seringnya berkelompok ya. Dan, satu idol bisa punya dua bahkan lebih fansite. Ini saya tahunya juga dari ToppDogg. Hehehe. Bahkan, saya merasa saya lebih ngefans masternimnya daripada ToppDogg-nya. Wkwkwk. Selain kerjanya berkelompok, kadang nama akun mereka pun mirip-mirip. Kalau ToppDogg dulu, akun fansite yang belakangnya 'com' itu kebanyakan satu kelompok. Di kelompok itu cuman akun fansite Xero yang namanya nggak pakek 'com'. Tapi, dari interaksi mereka di Twitter, bisa ditebak kalau mereka satu kelompok dan always barengan. Bahkan, pernah pas fansite Xero nggak bisa pergi. Lupa saya pas fan meet di mana. Di barat pokoknya. Itu fansite Hojoon mau bantuin jadi fansite Xero. Rukun ya.

Walau berkelompok, mereka saling dukung. Ini ngomongin fansite-nya ToppDogg lho ya! Masternim Hojoon favoritku sering komentarin foto masternim Hojoon yang lain. Bahkan, kadang dia RT.

Saya nggak tahu kalau di fandom lain gimana. Bahkan fansite DB5K, 2PM, SHINee, dan FT. Island pun saya nggak tahu. Kan tadi udah saya bilang, saya tahu fansite ya dari ToppDogg. Hahaha. Tapi, saya rasa sama aja. Sesama fansite dalam satu fandom pasti saling dukung.

Makanya saya bingung. Ada apa dengan Mbak Fansite Mbul dan Mbak Fansite Daniel? Kok sampai nyerang Mbak Fansnya Baejin. Bahkan, nolak di ajak ke kantor polisi. Sedang, Mbak Fansnya Baejin sampai rela di tes DNA buat buktiin kalau dia nggak nyerang dua mbak fansite itu.

Semoga saja masalahnya cepat selesai. Aamiin...

Saya nemuin kalimat unik tentang Wannable. Saya sempet baca di Twitter, dan kebetulan saya ditandai juga sama Linda. Saya copas di sini ya.

Wannable ini emang bener-bener gak bermasalah sama fandom lain. Perang di dalam perfandomman Wannable itu ada 3 :
1. Wannable vs Wannable
2. Wannable vs agensi
3. Fansite member vs fansite member

Saya senyum ndiri bacanya. Hehehe. Emang unik kok ya Wannable itu. Perang sama sesama Wannable? Rebutan bias gitu? Kalau fans vs agensi, ToppKlass juga pernah. Fansite vs fansite? Ini yang baru pertama kali saya temukan. Nggak tahu dulu ada apa nggak. Saya tahunya ya baru fansite Wanna One ini.

Saya nggak ada tujuan apa-apa bikin tulisan ini. Saya hanya tuangin unek-unek di kepala saya aja. Maaf jika ada salah kata. Cerita selanjutnya, di postingan berikutnya ya.
NB: Gambar hasil dari Google search.

Tempurung kura-kura, 23 Juli 2018.
- shytUrtle -





Oke. Kita lanjut ngobrolin mbak-mbak fansite :D

Masih ada hubungannya sama postingan sebelumnya. Di tengah kepo 'drama fansite Wanna One', nggak sengaja nemu thread yang suer bikin saya tercengang. Thread tentang dugaan penipuan yang dilakukan salah satu fansite Wanna One. Fansite dengan nama unik yang katanya masternimnya orang Indonesia yang lagi ada di Korea sono.

Kenapa saya kaget banget? Dulu awal tahu Wanna One kan dari Master Key. Tahu siapa yang ikutan Master Key? Yap! Daniel dan Ong. Lucunya, saya pas pertama liat mereka saya tertarik sama Ong. Jadilah saya kepoin tentang Ong di IG. Dan, nemuin postingan yang ada tulisannya fansite itu. Saya lupa itu dari akun IG fansite-nya langsung atau re-upload. Nemunya dari pencarian sih. Bahkan, video Dylan versi OngNiel pernah saya re-upload di Facebook. Videonya dapet dari Bojone Daniel. Wkwkwk. Linda kesebut lagi.

Nah, semalem yang dibahas di thread itu fansite-nya si Ong itu. Di tweet udah ramai kok. Search aja udah nongol. Namanya akunnya juga disebut sama yang bikin thread. Thread-nya nggak cuman satu pula. Tapi, banyak. Itu kayaknya gerakan bikin thread dari para korban. Mendesak mbak fansite-nya untuk refund duit atau segera kirim barang. Semalem katanya total duit yang dibawa kabur 60 juta. Daebak banget kan!

Suer ini bikin saya kaget. Penipuan dilakukan fansite? Pertama kali juga saya dengernya. Wanna One dan Wannable emang unik. Penuh kejutan.

Saya belajar mengenal apa itu fansite dan masternim dari Cha di tahun 2013 ketika saya dikenalkan pada ToppDogg dan akhirnya ngefans ToppDogg sampai mau jadi admin akun fanbase ToppDogg Wizard Indonesia. Saya kagum dan juga penasaran. Itu yang bikin saya ngejar masternim ToppDogg. Berusaha dekat sama mereka. Bisa dapet balasan mention dari mereka itu bahagia banget. Apalagi ketika fansite Xero sampai ikutan nulis terima kasih. Aduuu seneng bisa ngenalin bahasa Indonesia ke masternim ToppDogg.

Lucunya, dulu sering masternim nanya ke kami apa kami orang India. Karena akun kami pakek nama belakang INDO. Bahasa Koreanya India kan Indo. Itu kenapa mereka salah paham. Seingat saya masternim Xero yang pertama nanyain soal itu. Lalu, saya jelasin kalau kami dari Indonesia. Negeri seribu pulau yang kaya raya. Saya juga bilang kalau di Indonesia ada kota yang kelilingi pegunungan seperti Daegu yaitu Malang. Hehehe. Promoin kota sendiri ini mah.

Mbak Masternimnya tertarik. Kita ngobrol banyak. Bahkan sampai bahas tradisi chuseok di Korea. Mbaknya nanya apa di Indonesia ada semacam itu. Saya jawab di Indonesia banyak tradisi karena banyak suku bangsa. Tapi, yang paling besar dirayakan ya lebaran dan natal. Bahkan, mbak masternim ini juga yang bantu riset saya waktu saya mau bikin novel setting Korea tentang sihir. Itu kenapa saya cinta sama mbaknya. Udah cantik, baik pula.

Yang bikin saya kagum dari fansite/masternim adalah mereka ngikutin idol kemanapun mereka pergi dengan biaya sendiri. Daebak! Biaya sendiri. Bisa bayangin tuh mereka pasti bukan orang biasa apalagi fans miskin macem saya. Hehehe.

Biaya sendiri ngikutin idol kemanapun mereka pergi lho! Nggak hanya fansign di Korea, tapi juga fan meet bahkan konser yang nyampek ke luar negeri. Gimana nggak daebak coba? Biaya sendiri lho! Nggak ditanggung agensi. Tadinya saya pikir masternim itu orang-orang yang direkrut agensi buat ngikutin dan motoin juga videoin kegiatan idol. Ternyata bukan! Masternim murni memakai fasilitas dan uang mereka sendiri. Daebak!

Nggak cuman itu. Masternim juga rajin kirim hadiah kalau idol ultah atau comeback. Mereka juga sering bikin proyek lalu didonasikan atas nama idol yang mereka dukung. Biasanya proyek macem gini kerjasama sama fans.

Fansite ini nggak cuman ngekor idol kemanapun mereka pergi. Foto-foto dan video yang mereka kumpulin biasanya mereka jual ke fans dalam bentuk kalender, VCD, DVD, atau photobook. Mungkin dari hasil penjualan ini ya mereka dapat duit sebagai ganti biaya mereka keliling dunia ngikutin idol. Tapi ya, berapa duit sih hasil jual. Udah saya yakin masternim itu orang kaya raya. Hehehe.

Jangan tanya kualitas gambar yang mereka ambil. Bagus!!! Saya pernah dapet kalender dari fansite Hojoon. Bagus banget. Kalender meja. Dapetnya gratis. Kalau dari fansite Xero—yang cantik dan baik itu—saya dapet stiker ponsel chibi Xero. Lucu bentuknya.

Setahu saya fansite ToppDogg nggak ada yang jualan. Kalau fansite Hojoon tuh tiap akhir tahun bagi-bagi kalender. Iya, dibagiin cuma-cuma bahkan ke overseas fans macem saya. Sayang pas dia bikin proyek tahun ini saya ketinggalan. Jadi, nggak kebagian dah. Dari fansite asal Thailand saya juga dapet kalender mini Hojoon. Buanyak. Gratis tis! Tanpa ongkir. Cuman pesannya suruh bagi-bagi sama TK yang mau. Amanah tuh. Saya jalanin dong. Ada beberapa TK yang saya kasih. Berbagi memang indah. Hehehe.

Mungkin karena alasan ini beberapa online shop dan Wannable jadi nitip barang ke mbak fansite Ong itu. Apalagi katanya dia orang Indonesia yang—awalnya katanya kuliah di Jerman—katanya tinggal di Korea. Saya jadi keinget masternim P-Goon dan Xero yang orang Rusia dan Amerika tapi tinggal di Korea. Mereka menjadi masternim. Tapi, nggak jualan sih. Hehehe.

Apalagi mbak fansite Ong-nya sering update pamer hasil fansign etc. Makin percaya lah ya. Tapi, tiba-tiba thread tentang mbaknya bermunculan. Thread yang hampir kesemuanya masih beranggapan baik, postive thinking tentang mbaknya bahwa mbaknya akan ada itikad baik kirim barang atau refund duit. Terlebih mbaknya ngaku papanya meninggal. Mereka janji bakal hapus thread tentang mbaknya kalau mbaknya klarifikasi.

Btw, kalau kalian googling tentang 'fansite Wanna One asal Indonesia', mbaknya ada di artikel lho! Coba aja deh. Cari, nanya ke Mbah Google.

Itu semalem ada yang share foto mbaknya juga. Cantik beneran. Nggak tahu asli atau nggak ya. Tapi, temen-temen sekolahnya ada yang nge-tweet juga lho. Mereka nggak percaya kalau temen mereka semasa SMA yang terkenal baik itu terduga melakukan penipuan.

Itu yang bikin thread juga udah melacak dll, tapi sampai saya kepo semalem, katanya belum ada titik terang.

Saya berharap masalah ini cepet kelar. Semoga segera terselesaikan. Aamiin...

Biar citra fansite yang saya juga kagumi nggak tercoreng sama kasus kayak gini. Kasian kan yang beneran kerja keras dan jujur. Yang awam ntar bisa aja nganggep fansite tukang tipu. Padahal nggak. Fansite rata-rata baik kok walau jarang ada yang mau interaksi sama fans.

Oya, dari hasil pelacakan mbak-mbak yang bikin thread, katanya itu mbak fansite dapat foto-fotonya Ong hasil beli. Trus foto-foto yang dia pos di IG, foto liburan etc, juga bukan real foto dia. Nah, trus foto mbaknya yang dibagi itu asli apa nggak?

Jadi ragu. Kalau bukan foto asli mbaknya kan kasian. Jadi keinget kasus tahun 2012. Kebongkarnya akun orang yang pakek foto ulzzang dan di akuin sebagai fotonya dia. Wkwkwk. Sampai ada war dua kubu di Facebook.

Apa pun itu semoga segera terselesaikan. Kasian yang duitnya dibawa. Ada yang kena 26 juta apa berapa gitu. Total 60 juta. Daebak!

Kalau kiriman dari fansite nggak nyampek, alhamdulillah nggak pernah. Tapi, pernah menang giveaway album ToppDogg dari TK Singapore, albumnya nggak nyampek. Ditanya resi nggak dijawab. Akhirnya relakan aja. Padahal udah seneng dapet giveaway. Eh, kenyataannya zonk. Hehehe. Tiga orang dari Indonesia yang menang. Ketiganya albumnya nggak nyampek. Kasian banget ya. Heuheuheu...

Semoga dari kasus Wannable dan fansite ini kita bisa memetik hikmahnya. Maaf jika ada salah kata. Terima kasih.

NB: Foto di dapat dari Google search.

Tempurung kura-kura, 23 Juli 2018
- shytUrtle -

 


You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews