Sharing Kesehatan - Tentang Kandungan

04:21



Sempet bingung mau kasih judul apa, akhirnya ya itu sajalah. Sebenernya mau bikin tulisan tentang itu ganti kelas BPJS, tapi urusan saya sendiri belum 100% beres, jadi ditunda saja. Oke? Oke ajalah. Hehehe.

Cewek... perempuan... wanita. The most amazing creature dengan segala tetek bengeknya. Haduh bahasaku apalah.

Kali ini saya mau sharing tentang pengalaman yang baru saja kemaren terjadi. Semoga bermanfaat bagi yang membaca. Aamiin...

Catatan kali ini khususon cewek ya. Soalnya membahas masalah kandungan. Oke, mari kita mulai.

Jadi kemaren itu akirnya pergi ke Dokter Kandungan juga setelah sempat tertunda selama dua bulan. Rencananya emang Oktober tapi tunda lagi sampai November. Eh November tunda lagi sampai Desember ini.

Kalo kebanyakan orang tutup tahun buat seneng-seneng eh saya malah buat berobat. Kebetulan dari tahun kemaren begitu. Subhanallah... disitu seninya. Saya selalu diberi jalan berbeda untuk menikmati suatu momen. Tuhan Maha Asik.

Kenapa pergi ke Ginekolog aka Dokter Kandungan sedang saya masih gadis? Ini pertanyaan kuno yah. Emang harus nikah dulu buat periksa ke Dokter Kandungan? Ya ampun... plis. Cewek ada masalah kandungan nggak harus nunggu habis nikah dulu kali. Waktu Ibu operasi miom dua tahun yang lalu tetangga kamarnya adalah gadis 17 tahun yang kena kista dan harus operasi. Iya GADIS. Nah lho, masalah kandungan itu beragam. Jadi jangan takut buat periksa ke Dokter Kandungan misal Anda memang punya keluhan. Jangan karena masih gadis, masih perawan jadi takut. Kan sekarang Ginekolog juga banyak yang cewek tuh. Tinggal milih aja.

Hampir dua tahun terakhir tiap kali datang bulan, di hari pertama selalu tepar. Tidak bisa beraktifitas karena sakitnya yang luar biasa. Hanya bisa melungker di dalam kamar. Sebenernya ngrasain nyeri haid udah dari zaman SMA, tapi masih normal. Walau nyeri masih bisa beraktifitas. Kalo pas parah kasih Antalgin mah beres. Ilang sakitnya. Tapi dua tahun terakhir itu udah nggak bisa ngapa-ngapain di hari pertama mens. Setahun terakhir malah kalo mens hari pertama disertai (maaf) diare dan pusing berat. Kalo menurut artikel yang saya baca sih wajar. Katanya begitu. Tapi ada was-was juga sampai akhirnya berpikir, saya butuh ke Dokter Kandungan. Walau tertunda-tunda.

Desember ini datang bulan seperti biasa maju dua hari. Kebetulan pas dateng bulan itu pas barengan flu berat. Ditambah sensasi GERD yang masih suka muncul, jadilah tumpuk-tumpuk sensasinya. Dan sejak kena GERD, sebisa mungkin saya emang nggak mengkonsumsi obat pereda rasa sakit dan lebih memilih terapi herbal (kunyit+jahe+pala+adas bintang+madu) buat mertedakan nyerinya. Tapi tiga bulan terakhir herbal tea udah nggak bisa menetralisir sakitnya hingga saya harus nelen Spasmal di hari pertama haid buat meredakan sakitnya.

Masih berusaha menghalau sakit dengan herbal tea. Setelah minum herbal tea saya terlelap. Itu efek dari obat flu dan batuknya. Bangun tidur perut terasa kruwel-kruwel. Masih mikir santai, biasalah kalo hari pertama mens emang suka ada diare. Karena mendekati jam minum obat flu dan batuk yang kedua, saya milih makan siang dulu. Di tengah-tengah makan tiba-tiba terasa mual. Masih tahan. Suapan pertama berhasil masuk ke perut. Suapan kedua mual makin menjadi hingga membuat saya lari ke kamar mandi untuk memuntahkan makanan dalam mulut saya. Bertahan di kamar mandi tapi nggak bisa muntah. Tiba-tiba bumi kaya berputar. Ya ALLOH... saya takut pingsan di kamar mandi lagi kayak dulu. Saya pun manggil Ibu dan dibantu kembali ke kamar. Di kamar muntah-muntah hebat. Ibu sampai ketakutan dan saya mau dibawa ke UGD.
"Ndak papa, Buk. Biarkan saya muntah. Ini pengaruh mens saya. Sudah Ibu jangan panik," pinta saya disela acara howak-howek karena muntah. Ibu pun pasrah dan terus memijat tengkuk saya. Satu sendok nasi yang sebelumnya berhasil masuk perur terkuras keluar. Semuanya. Tapi lega karena rasa mual itu berkurang.

Sepuluh menit kemudian rasa mules diperut kembali datang. Ya ampun... ini serangan diare. Setelah yakin bisa menjaga keseimbangan, balik lagi ke kamar mandi dan terjadlah pengurasan di dalam sana. Alhamdulillah bisa menjaga keseimbangan sampai proses pengurasan selesai. Sesudahnya saya balik ke kamar dan langsung nelen Spasmal. Bismillah niat golek tombo. Setengah jam kemudian rasa sakit itu hilang dan bisa makan lagi tanpa mual lalu lanjut minum obat flu dan batuk.

Kemaren memutuskan periksa ke Dokter Kandungan. Memilih Klinik Bunga Melati Malang barengan sama Ibu yang periksa ke poli jantung. Berangkat pagi dan alhamdulillah dapet nomer antrian #1. Tapi Dokter baru dateng jam sembilan. Menunggu selama dua setengah jam cukup membuat pantat panas sodara. Hehehe.

Selama duduk menunggu, ngobrol sama dua ibu-ibu yang keduanya pasien jantung.
Ibu pertama menyapa saya dan bertanya saya mau berobat ke poli apa. Saya jawab kalo saya mau ke poli kandungan. Kontan beliau bertanya, "Sudah berapa bulan?" Doeng. Saya senyum sambil jelasin kalo saya ndak hamil dan memberitahu keluhan saya. Ibu tersebut langsung cerita kalo dulu beliau juga punya keluhan sama. Setelah periksa, barulah diketahui kalo salah satu rahim Ibu tersebut buntu. Tapi setelah Ibu tersebut menikah dan punya anak, keluhan nyeri berlebihan sewaktu haid pun hilang.

Nenek dari Ibu saya emang pernah melarang saya periksa ke Dokter Kandungan dan mengatakan nanti kalo saya nikah trus punya anak rasa sakit itu bakal ilang. Pernah denger beberapa kasus seperti itu emang ada dan mikir, apa saya termasuk yang itu? Tapi daripada menduga-duga saya pun memilih ke Dokter saja biar tahu pastinya. Alhamdulillah kemaren Nenek melepas saya dengan doa dan senyuman tulus.

Ibu pertama meyakinkan saya bahwa semua baik-baik saja dan saya tidak perlu takut. Subhanallah... dapet support dari orang asing. Indah sekali rasanya...
Ibu pertama pamit untuk mencari sarapan lalu tempat duduk beliau digantikan oleh Ibu kedua. Ibu kedua langsung ngajak ngobrol, nanya saya mau ke poli apa. Pas saya jawab poli kandungan, beliau nanya saya ada keluhan apa. Setelah dengar keluhan saya beliau pun mulai bercerita tentang anak sulungnya.

Menurut Ibu kedua, anak sulung beliau juga punya keluhan kayak saya kalo pas lagi haid. Pas diperiksain ternyata ada kista di rahimnya. P Menurut beliau penyebabnya adalah ketika mens si anak suka minum es. Akhirnya kistanya di angkat di RS Hermina Jakarta. Setelah kista diangkat, anak sulung Ibu kedua tersebut mulai merencanakan program hamil. Sayangnya takdir berkata lain. Si sulung dan suaminya mengalami kecelakaan dan meninggal.

Hati rasanya kayak ditonjok pas denger akhir dari cerita itu. Apalagi Ibu kedua langsung berkaca-kaca. Saya cuman bisa diem, memandangi Ibu kedua, menunggu beliau kembali bicara.
Selanjutnya beliau mengambill obat tetes mata dari dalam tasnya dan meminta saya membacakan aturan pakainya. Obrolan kami pun beralih ke bahasan pekerjaan bahkan sampai ke Gunung Bromo. Sayangnya saya tak duduk lama bersama Ibu kedua karena melihat bangku yang diduduki Ibu saya kosong, saya pun pamit pergi dan memilih menemani Ibu saya.
Jam setengah sembilan saya buru-buru ke toilet. Dulu pas Ibu mau USG disuruh minum air putih 5 gelas, saya khawatir bakal digituin juga. Jadi mending pipis dulu daripada ntar diisi air trus diteken-teken pas USG kan bahaya xD

Sampai jam setengah sepuluh Dokter belum juga dateng. Makin nervous. Beberapa menit kemudian nama saya dipanggil. Dengan deg-degan masuk ke ruang periksa. Disambut ramah sama Dokter Soebandi. Tanpa perkenalan. Biasanya kalo ke dokter kan kenalan dulu, ini tidak. Saya pun langsung meluapkan keluhan yang saya alami.
Pertanyaan klisenya udah pasti, "Sudah nikah apa belum?" Saya jawab belum. Pertanyaan berikutnya, "Usia berapa?" Pas saya jawab, Dokternya kaget dan mengulangi pertanyaan tentang usia. Kenapa selalu begitu ya? Orang nggak percaya sama usia saya yang sebenarnya dan selalu dikira beberapa tahun lebih muda dari usia saya. Amazing. Kekeke.

Curhat dan tanya jawab kelar, saya disuruh baringan. Ampun saya makin deg-degan. Perut diolesi gel sama Mbak Perawat dan langsung USG. Iya, langsung USG tanpa harus minum air putih lima gelas. Alhamdulillah.
Tuhan... ternyata USG itu sakit. Sakit pas diteken-tekennya itu. Sisa nyerinya masih terasa sampai sekarang.

"Ini dia masalahnya yang bikin sakit!" seru Dokter Soebandi pas nemuin masalah di rahim saya. Kemudian beliau mengucapkan bahasa medis dari penyakit saya.
"Jadi begini, darah mens yang seharusnya keluar semuanya ini tidak bisa keluar semua. Ada yang kembali ke jaringan otot rahim dan mengendap di sana. Itu yang menyebabkan sakit setiap kali mens."

Dokter Soebandi juga menuturkan kalau volume kandungan saya membersar. Yang seharusnya 5 koma berapa inci sudah membesar jadi 6 koma berapa inci gitu. Beliau juga menuturkan untung saya cepet-cepet periksa, kalo terlambat harus operasi. Subhanallah...

"Njenengan ada rencana menikah kapan?"
"Eung? Eumm belum ada Dokter," sambil senyum-senyum malu.
"Oh ya sudah kalau begitu. Soalnya begini, selama Njenengan dalam penyembuhan ini, Njenengan bakal ndak subur. Kalau ada rencana menikah dalam waktu dekat ini nanti kasihan kalau pengen cepet-cepet punya anak kan tidak bisa. Syukurlah kalau belum ada rencana menikah jadi kita sembuhin dulu sakitnya ya."

Huft... saya lega. Saya manut dah. Pengobatan selama enam bulan, it's ok lah.
Berikutnya Dokter Soebandi menjelaskan kalau obat dari poli kandungan itu tidak ditanggung BPJS jadi harus beli sendiri. Saya manut saja sambil membatin, pasti obatnya mahal. Kekeke. Setelah dikasih resep, saya disuruh balik periksa kalau pas lagi mens. Trus kalo obatnya ndak ada di apotek klinik, saya disuruh beli ke apotek Sejati. Yes, Sir! Saya pun berterima kasih dan pamit.
Setelah menyelesaikan administrasi, saya nyusul Ibu yang lagi ngantri ngambil obat di apotek. 
 Resep saya langsung dibawa maju sama Ibu, ditanyain ada apa nggak obatnya. Ternyata nggak ada. Yasudah, kita memang harus ke Apotek Sejati.

Nyampek apotek ngantri lagi. Lagi-lagi saya ingatkan, kalau Anda nebus obat ke apotek jangan bawa duit ngepres alias ngepas karena harga obat itu sungguh tidak dapat diprediksi. Atau baiknya nyari info harga obat dahulu sebelum beli. Hehehe.
Denger harga obat yang disebutkan bikin saya merinding. Suer mahal-mahal. Nah punya saya berapa?

Tibalah nama saya dipanggil dan disebutkan nominal harga obatnya. Oh my God! Mahal sekali. Saya sampai nanya dua kali ke Mbak-nya. Oh my! Saya nggak salah dengar ternyata. Habis bayar duduk lagi nunggu obatnya. Ya Tuhan... obatnya mahal sekali. Dan saya harus membelinya sampai bulan Juni. Uang! Saya butuh uang! Ah, sudahlah. Pasrah. Ndak mungkin Tuhan kasih ujian saa di luar kemampuan saya. Pasti ada jalan!

Oh, obat semahal itu pasti langsung untuk enam bulan. Masa iya? Nggak mungkin.
Di tengah perdebatan di dalam otak say sendiri, nama saya kembali dipanggil. Saya nerima obatnya dan langsung saya cek isinya. 2 X 14. Oh ternyata hanya untuk duapuluh delapan hari. Baiklah. Saya keluar dari apotek dan pulang dengan lesu.

Sepanjang jalan mikir, bisa nggak tiap bulan saya beli obat ini sampai lima bulan ke depan? Pasti bisa. Puasa dulu. Nggak beli buku. Nggak jajan. Nggak usah beli yakult dulu #eh Aaaaaaa... stres! Tidak. Tidak... saya nggak boleh stres. Ingat! Lambung juga harus dijaga. Karena pulang dengan beban pikiran itu, kepala saya pun pusing. Ampun Mak... Sampai rumah langsung tidur.
Sore harinya cek rujukan. berusaha keras membaca tulisan dokter dan menuliskannya dalam kolom pencarian Google. Hasil pencarian di arahkan pada Adenomyosis. Berikut penjelesannya:  
suryo-wibowo.blogspot.co.id/2006/05/adenomyosis.html?m=1

Ternyata Ibu Teman saya juga pernah mengalami kasus sepertu saya. Bahkan sampai operasi. Dan walau udah operasi, tetep harus pengobatan selama enam bulan malag lewat jalan injeksi bukan oral. Ya Tuhan... saya merasa masih beruntung karena tahu penyakit ini sejak dini. Sekarang sabar dan berusaha. Setiap penyakit pasti ada obatnya. Dan Tuhan nggak akan menguji kita di luar kemampuan kita.

Kalau ada keluhan jangan takut buat periksa ke Dokter. Mendeteksi lebih dini itu lebih baik. Semoga bermanfaat. Semoga kita semua selalu dilimpahi kesabaran, keikhlasan dan kesehatan. Aamiin...

tempurung kUra-kUra, 30 Desember 2015.
.shytUrtle.

You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews