Story of Me and ToppDogg's Fansite Noona.

06:14



Mengenal ToppDogg membuatku memiliki hobi baru yang aneh yaitu mengejar fansite noona. Bukan hanya itu, aku pun jadi hobi mengkoleksi screen capture dari favorit, retweet atau reply yang diberikan masternim atau fansite. Sesuatu yang tak lazim? Entahlah. Tapi ada kepuasan tersendiri melakukan itu semua.

Sejak tahu apa itu fansite dan siapa itu fansite noona, aku jadi tertarik sama mereka. KPOPers pasti tahu bagaimana misteriusnya seorang fansite noona. Orang yang selalu setia mendukung idola, mengikuti mereka kemana-mana untuk mengambil foto dan video dari idola. Dan mereka adalah orang yang bekerja individu, bukan dari perusahaan. Jadi mereka melakukan itu semua--mengikuti setiap kegiatan idola kemanapun mereka pergi- dengan biaya sendiri. Iya, biaya sendiri bukan dari perusahaan atau agensi tempat sang idol bernaung. Bisa kau bayangkan bagaimana kaya dan kerennya seorang fansite noona? Mereka tidak hanya mengikuti sang idol saat di Korea, tapi juga saat sang idol ke Jepang atau bahkan tur dunia. How cool and rich they are.

Misterius. Fansite noona selalu terkenal dengan image misterius. Mereka menjaga jarak dari fans biasa dan hanya bergaul dengan sesama fansite. Begitu informasi yang aku peroleh dari seorang teman ToppKlass. Bukan hanya itu, fansite noona jarang menunjukan wajah mereka. Seringnya mereka pakek masker pas dateng ngikutin kegiatan idol. Dan jika ada kamera yang menyorot, mereka akan menyembunyikan wajah dibalik kamera mereka atau dibalik banner yang mereka bawa. How mysterious they are.

Layaknya di dunia nyata yang selalu menjaga jarak dengan fans biasa, di dunia maya seorang fansite noona juga jarang berinteraksi dengan fans. Mereka hanya membagikan foto atau video namun jarang bahkan tidak pernah merespon jika ada fans yang memberi komentar walau komentar itu berupa pujian. Mereka juga memiliki aturan-aturan sendiri terkait foto dan video milik mereka. Misal diperbolehkan membagikan foto dan video asal tak merusak watermark mereka dan tetap memberikan source yang terhubung ke mereka. Ada yang mengizinkan upload ulang foto dengan aturan sama seperti di atas. Namun ada pula yang tidak mengizinkan foto-foto itu dibagikan atau diupload ulang hingga bagi kami--yang menjadi foreign fanbase- hanya bisa me-retweet kiriman mereka. Sebagai admin fanbase luar Korea harus benar-benar memahami bagaimana fansite. Meminta izin terlebih dahulu adalah hal terbaik jika ingin membagikan atau mengupload ulang foto fansite.

Aku yang sebelumnya nggak tahu fansite dan masternim/fansite noona itu apa main slonong aja. Langsung reply kiriman mereka ketika mereka membagikan foto. Ndilalah kersane Gusti ALLOH kok ya mensenku dibales sama fansite noona-nya Hojoon ToppDogg. Akhir tahun 2013 aku sering ngisruh mereka dengan mention-mention yang isinya kadang pertanyaan dan seringnya pujian juga ucapan terima kasih. Setelah tahu fansite dan masternim atau fansite noona itu apa, aku cuman bisa ternganga. Am I the lucky one cuz got reply from fansite noona? Setelah itulah hobi baruku yang--mungkin- tergolong nyeleneh muncul. Mengejar fansite noona. Berusaha mendapat perhatian mereka. Oh, what this!!! Tapi rasanya ada kepuasan tersendiri ketika ada temen yang mention atau kirim pesan pribadi yang isinya kekaguman mereka karena aku bisa dapet balesan dari masternim. Itu sesuatu yang langka bagi mereka dan ya aku beruntung bisa mendapatkan sesuatu yang langka itu. Dan tibalah satu masa di mana kau jadi lebih tertarik pada fansite noona dari pada idol yang mereka pegang.

Karena aku suka Hojoon, udah pasti yang sering aku rempongin adalah fansite Hojoon. Kebetulan fansite itu juga yang pertama aku follow setelah aku follow akun official ToppDogg.


HOJOON_com.

Suer dulu aku nggak tahu kalau itu akun fansite. Aku pikir hanya akun fans yang saking ngefansnya ke Hojoon makanya pakek username nama Hojoon. I know dia sering bagiin foto Hojoon but aku hanya mikir dia fans yang rajin dateng ke even fansign atau even lainnya. Makanya tanpa sungkan aku reply kiriman dia walau kemampuan Bahasa Inggris-ku amat pas-pasan sekali pake banget. Alhamdulillah dia paham.

Seingatku, yang heboh waktu tahu aku ada chatt sama HoCom-nim itu si Cha. Dan dari situlah aku tahu fansite dan masternim/fansite noona itu apa. Seingatku aku baru tahu tentang itu pada tahun 2014 yang artinya udah beberapa bulan dari aku suka ToppDogg dan suka mensenin fansite mereka. I am so stupid. Hahaha.

Tapi setelah tahu kalau HoCom-nim itu fansite, aku nggak berubah ke dia. Malah makin rajin respon kiriman dia. Our relationship was so nice. I think so. Setidaknya sampai peristiwa itu terjadi dan sejak saat itulah aku merasa hubungan kami tak semanis dulu.
Ketika aku sakit, salah satu temanku menceritakan hal itu pada HoCom-nim dan setelah peristiwa itu entah hanya perasaanku atau emang bener kenyataannya kayak gitu, hubunganku dengan HoCom-nim jadi agak renggang. Aku menyesalkan tindakan temanku tapi mau bagaimana lagi. Kita tidak bisa memutar kembali waktu untuk memperbaiki semua.

But she's really cute and nice person. Aku selalu mengikuti postingan dia di Twitter. Melihat foto dan video yang ia bagikan. Suatu ketika aku mengatakan kalau aku suka melihat Hojoon dari belakang, punggungnya seksi. Itu aku katakan setelah melihat satu foto hasil jepretannya yang ia pos di Tumblr. Foto Hojoon dari belakang. Sejak saat itu, dalam setiap even, selalu ada satu--atau lebih- hasil jepretannya berupa foto Hojoon dari belakang. Foto punggung Hojoon yang ia share di Twitter. She's really nice and I love the way she treat me. Setiap kali ia memposting foto punggung Hojoon, aku merespon, lalu ia memberikan respon balik. Nice.

Even kalender. Seperti yang aku tulis dicatatan sebelumnya, awal tahun 2015 HoCom-nim membuat even bagi-bagi kalendar. Sayang waktu itu aku lagi sakit dan nggak tahu ada even. Aku mensen dia dan bilang menyesal nggak bisa ikut even karena sakit. Dia mengatakan tidak apa-apa, tahun depan ikut ya. Awal tahun 2016 dia bikin even dan I'm join it. HoCom-nim menepati janjinya, memberikan satu kalendar padaku. She's so lovely.
Cerita kalender dari Hojoon Dot Com ini nyampek ke tanganku unik. Waktu itu aku sama Thata ke kantor pos di cabang yang paling deket sama daerah kami. Kebetulan Pak Pos yang biasa nganterin barang ke rumah ada di sana. Pak Pos-nya langsung mencolot heboh (?) waktu lihat saya muncul di kantor pos terdekat.


"Mbak Ayu, kebetulan sekali! Ada paket dari Jepang buat sampean." seru Pak Pos riang.
"Jepang?? Korea kali, Pak."
"Jepang, Mbak Ayu. Ini monggo."
Aku lihat amplop besar itu. "Oh iya Jepang." ucapku malu.
"Kan Jepang."
"Tapi yang ngirim orang Korea, Pak."
"Isinya apa sih Mbak?"
"Kalender."
"Oh kalender. Pantesan..."

Yang aku tahu HoCom-nim emang orang Korea. Aku juga bingung waktu tahu paketnya dikirim dari Jepang. Tapi dulu HoCom-nim pernah rest dan waktu aku tanya kenapa, dia bilang ada sedikit urusan mendesak. Lalu ia pernah posting foto--yang nurut aku mirip jalan nanjak ke kuil di Jepang. Apa dia stay di Jepang ya? Who knows.

"Thank U so much! I'm looking forward to see your message always haha ! Always Thanks!"
"Thank you for waiting me so long time....today I'm going to update HOJOON's pictures!!"
Ketika aku menunggu dan dia akhirnya muncul.


Ulah keisengan Vania (.) Dia mensen HoCom-nim dan bilang aku sakit. Begini reaksinya.
"@shyturtle_yui @felisa_vania 안녕하세여ㅠㅡㅠ 바빠서 늦게 봣는데요ㅜㅡㅜ 미안합니당ㅜㅜ 감기 괜찮아여? 몸이 아프지말구 화이튕해주세여~~~♡♡ㅠㅠ 저도 화이튕합씨땅!!ㅜㅜ 다시 호쥬니사진을 업뎃하니까 잘부탁드려여♡3"
"@felisa_vania @shyturtle_yui Someday, if we have time... I want to meet Your sister and U♡♡ Thanks for cheering me everyday."
I wish I could meet you in real Masternim.

I think she is cute when she reply me in Hangul hehehe.
"추석이...ㅎㅎㅎ 귀여운 사진을 정말 감사합니닷♡♡ㅠㅠ 이번주부터 스케줄이 많아서.. 바쁜날이니깜ㅠㅠ 열심히합니ㅣㄸ♡♡ㅠㅠ"
This is cute too.
"@shyturtle_yui @ToppDoggHouse Very very thanks!!! After eating...I'm upload to Hojoon's movie!!!! 기대해주세염♡♡ㅠㅠ"
"@shyturtle_yui @ToppDoggHouse Everyday Everywhere..Thanks for looking to my 전호준닷컴 pictures!! I'm very very HAPPY!!ㅠㅠ How did you feel??ㅎㅎ"
"@shyturtle_yui 항상응원해줘서ㅠㅠ 너무너무고마워요ㅠㅠ그리고..영상도ㅠㅠㅠ 앙ㅠㅠ 이런영상으로 내마음...ㅠㅠ 기뻣어여ㅠㅠ 감사합니다ㅠㅠ (@ToppDoggHouse)"

Dan masih banyak lagi. Aku punya banyak kenangan bersamanya sepanjang 2013-2016. Dan paling banyak screen capture tentang chatt kami juga. Call me crazy! Yes! Hahaha.


XEROGRAVITY0203

Sebelumnya nggak pernah kepikiran bakal bisa akrab-akraban sama fansite XER0 yang satu ini. Aku suka Hojoon dan pasti yang bakal aku peduliin just all about Hojoon. Begitulah aku ketika menyukai seseorang. Pun masalah fansite juga begitu. Walau mengikuti semua fansite utama wizard line, tapi tetap saja yang paling sering aku rempongi dengan mensen ya HoCom-nim.

Boleh dibilang XER0 adalah member kedua yang (sempat) menarik perhatian. Dulu ada dua fansite utama XER0 yang aku follow. Yang aktif sampai sekarang--kayaknya teman seperjuangannya HoCom-nim- ya XEROGRAVITY0203. Lupa pertama dapet respon dari masternim ini kayak gimana. Tahu-tahu sekarang udah temenan aja.

She is very kind. Dan menurut teman ToppKlass dari US yang pernah berkunjung ke Korea dan ketemu langsung sama fansite XER0 ini, Mbak XEROGRAVITY0203 itu cantik banget. Ramah pula. What a perfect lady for XER0.

Ada satu kenangan yang berkesan buatku sama XEROGRAVITY0203. Waktu itu lagi on fanbase dan aku mensen XEROGRAVITY0203. Setiap kali bilang terima kasih aku menyertakan kalimat "terima kasih" setelah menulis thanks atau kamsahamnida. XEROGRAVITY0203-nim ikutan nulis "terima kasih" dibalasannya. Bangganya aku. Dia mau pakek Bahasa Indonesia juga. Lalu satu malam kami chatt lagi dan XEROGRAVITY0203-nim tiba-tiba nanya apa kami dari India dan apakah "terima kasih" itu Bahasa India. Di sini kesempatan bagiku untuk mengenalkan Indonesia tercinta. XEROGRAVITY0203-nim akhirnya paham kalau kami dari Indonesia. Kalau nggak salah aku pernah mensen dia panjang banget ngejelasin tentang hari raya Idul Fitri.
Fansite noona dengan Bahasa Inggris terbaik. Menurutku. Setiap komunikasi pakek Bahasa Inggris terkesan nggak kaku. Udah cantik, baik, ramah pula. She's perfect. How lucky Jiho got her.

Pada akhirnya XEROGRAVITY0203-nim jadi masternim kedua yang sering aku rusuhin dengan mensen. Apalagi kalo dia ambil foto JoonRo (Hojoon and XER0) moment. She always reply me. Very kind.

Fansite pertama yang ngasih aku gift. 16 Maret 2015 XEROGRAVITY0203-nim mengumumkan kalo aku termasuk salah satu fans yang beruntung di even dia. Ini gara-gara idung merahnya Jiho. Wkwkwk. Waktu itu dia bikin even mau bagi stiker ponsel gratis, saratnya suruh pilih foto hasil jepretan dia yang kita suka dan mensen ke dia beserta alasan. Aku milih foto XER0 yang pakek hidung merah kayak hidung badut. Aku bilang itu ngingetin aku sama diriku yang suka dipanggil "tomato". Dan so lucky aku terpilih jadi salah satu pemenang.
EVENT 당첨자는 @my_baby_s2 @sangdoya0302 @O2O3_XER0 @qpk001 @shyturtle_yui 5분입니다 참여해주신 모든 분들 정말x203 감사드리고 멘션들 두고두고 보겠습니다 좋은 하루 되세요 XD

Then dia follow me lalu saling kirim DM untuk konfirmasi alamat. Dua minggu kemudian gift-nya dateng. Stiker ponsel chibi Jiho. Lucu. Pak Pos bilang aku dapet surat dari Hongkong. Lucu dah Pak Pos ga bisa bedain Hangul sama huruf Mandarin. Xixixi~
Makin ke sini makin cinta sama fansite satu ini. You know, beberapa hari yang lalu aku nekat DM dia buat nanya sesuatu tentang Korea and you know what she did? She help me untuk dapetin info yang aku mau. She's very nice and kind girl. Nggak hanya itu, dia juga support aku buat semangat nulis. Terharu. Nggak pernah nyangka bisa sedekat ini sama seorang fansite. Ini miracle. Keajaiban. Subhanallah. Tuhan Maha Keren.
Berharap bisa jadi teman baik selamanya. Dan berharap bisa ketemu sama dia di real world. Aamiin...


Fansite Hojoon.

Selain Hojoon Dot Com, hampir semua fansite Hojoon yang waktu itu ada dan aktif aku rusuhin juga. Ada HJ_EYES yang kemudian berubah jadi HJ_Springmoment. Ada With Hojoon, Joon2. Sapa lagi ya... lupa.

Springmoment ramah juga. Aku pernah ikutan even dia buat b'day Hojoon. Cuman fansite ini lucu. Dia kalo habis balas mensen suka diapus. Jadi kalo nggak pas onlen ya nggak tahu dia bales. Biasanya dia kasih jeda waktu dua jam. Dua jam setelah bales mensen, pasti dihapus. Lucu!!! Pernah chatt sama dia tentang postingan dia yang mengunggah foto cherry blossom. Dia bilang itu bunga yang tumbuh di dekat rumah dia. Cantik.
Kalo sama Yolojon kami pernah sama-sama melakukan Ice Bucket Challenge. Dari situ sempet chatt.

Fansite Hojoon yang paling sulit dikejar buat dapet reply atau paling nggak favorit itu Joon2. Ribuan mensenku nggak pernah dibales dan itu makin buat aku penasaran. Pada akhirnya dapet juga balesan dia. Hahaha. I'm so proud to my self *kibasin ekor.
Dulu ada fansite dari Jepang juga yang suka chatt. Lupa namanya aku. Udah lama nggak aktif sih. Fansite ToppDogg banyak yang rest bahkan close belakangan. Bahkan BJOOYA_com yang notabene fansite utama BJOO juga close Maret 2016 ini. Menyedihkan.


Fansite Hansol.

Seingatku aku cuman pernah chatt sama Fairy Ring. Dia yang sering balas mensenku. Kalau dari yang lain kayaknya nggak pernah. Bahkan pernah satu ketika pas chatt si Fairy Ring ini follow back aku. Salah pencet kali. Habis itu langsung di unfoll lagi. Hehehe. Kejadian serupa pernah terjadi sama fansite Yano yang namanya SANGWON_com. Sehabis aku komenin fanart dia, eh dia folbek aku.Tapi nggak lama kemudian langsung unfol. Kalo fanbase pernah di folbek HOJOON_com. Dia baru nyadar pas di mensen sama Vania. Sehabis itu langsung di unfol. Cute moment with fansite. Kekeke~


Fansite BJOO.

Ada pernah dapet balesan dari beberapa fansite BJOO, tapi rasanya kurang afdol kalo belum dapet balesan dari fansite utamanya yang terkenal kliller di kalangan ToppKlass. Ya, BJOOYA_com yang close Maret 2016 ini. Seingatku tanggal 19 Maret 2016.
Kenapa killer? Fansite satu ini nggak ngizinin siapapun re-upload fotonya. Peraturan untuk jadi anggota di web-nya juga keras banget. Setiap onlen fanbase cuman berani RT-in tweet dia aja. Yang nekat re-upload foto dia pasti ketahuan dan selalu kena tegur. Untungnya sampai detik dia close, ToppDogg Wizard Indonesia nggak pernah bikin masalah. Setidaknya kami menyisakan kenangan yang baik bersamanya.
Fansite paling jutek iya. Pasti paling pelit interaksi juga. Pertama dapet respon dari dia pas share fanart BJOO Arario era karya si tukang sayur HojoonTD. Itu tweet kami di retweet dan aku girangnya minta ampun. Just fansite tapi aku udah kegirangan. Yeah because she's very jutek.
2 Juli 2014 akhirnya aku dapet balesan dari dia walau hanya "@shyturtle_yui Thank you:)".

Itu rare moment dan aku seneng banget. Akhirnya semua fansite wizard pernah berinteraksi denganku, pernah bales mensenku. I'm proud of my self *kibasin ekor lagi.
Seingatku pernah dapet balesan dari SANGDO_com juga. Trus pernah curcol panjang sama fansite XER0 yang mau close. Sedih banget pas itu. Si fansite merasa nggak bisa ambil foto dengan baik, dia rasa hasil jepretan dia jelek. Waktu aku bilang bagus dan bujuk biar dia nggak close, dia bilang makasih tapi dia tetep close. Sayang copas chatt-nya keapus pas yoUngie kena virus.

Pernah chatt dengan fansite P-Goon dan XER0+Yano yang kemudian tanpa sengaja aku nemuin akun personal mereka. Ternyata keduanya orang asing yang tinggal di Korea dan jadi fansite. Kami saling follow di akun pribadi dan berteman baik sampai sekarang. Alhamdulillah. Sayang akun fansite mereka udah close semua.

Fansite P-Goon pernah minta tolong terjemahin even dia ke Bahasa Indonesia. Kaget juga seneng. Di tengah sakit nerjemahin proyek dari fansite P-Goon yang ternyata proyek amal. Notif proyeknya cukup panjang. Alhamdulillah kelar walau kondisi lagi sakit. Subhanallah.

Kayaknya harus cek screen cap yang numpuk ke simpen di gUi biar inget pernah make a good memory sama fansite sapa aja. Next post screen cap pict aja ya. Then aku mau share story of me and Hojoon XD

Maaf jika ada kata kurang berkenan. Terima kasih buat yang udah baca.

tempurung kUra-kUra, 31 Maret 2016.
-shytUrtle-

HOJOON_com







follow akun fanbase ToppDogg Wizard Indonesia




XEROGRAVITY0203












Fansite BJOO








Fairy Ring









Fansite Hansol








XER0 Fansite







Spring Moment














Sangwon_com follow me



Joon2

With Hojoon



Random fansite






















 

You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews