Kisah Fans dan Idola.

04:27



Siapa sih yang nggak pengen di notice sama idolanya? Impian semua fans pastilah bisa di notice atau dikenali sama idolanya. Termasuk saya, iyalah.
Kesempatan bisa deket sama idol jelas nggak mungkin apalagi buat KPOPers yang nyata-nyata hidupnya terpisahkan jarak jutaan kilometer sama idolnya. Makanya yang bisa kita lakukan cuman ngayal dan nuangin khayalan itu lewat fanfict--buat yang hobi nulis.

Buat fans angkatan jadul, tentu dulu sangat sulit untuk bisa berinteraksi sama idola. Pengalaman saya sih gitu. Media sosial udah ada. Zaman dulu yang paling tren ya Friendster. Banyak akun dengan nama idol, tapi we never know itu real atau hanya akun fake. Kayaknya dulu yang bisa diakui keasliannya cuman akun Kevin Woo alias Kevin UKISS but still we never know itu 100% real apa just fake akun atau hanya akun roleplayer. Tapi makin ke sini idol makin terbuka membuka peluang bagi fans untuk bisa berinteraksi dengan mereka melalui akun media sosial. Banyal idol yang punya akun pribadi di Twitter.

Akun Mas Jeje, Mas Junki sama Jaejin. Dulu tiga akun itu yang sering saya rusuhin. Akun suami, abang sama adek. Hehehe... Lalu sering ngrusuhin akun L.Joe Teen Top, Jonghwan 100% dan ex member 100% Lee Sang Hoon. Alasannya karena mereka semua lahir di tanggal 23. Bersama Key SHINee saya menamai mereka Reed 23, tapi sayang Key nggak ada akun Twitter dan waktu itu saya belum punya akun di Instagram, jadilah hanya ngrusuhin akun L.Joe, Jonghwan dan Sanghoon. Itu sebelum akun L.Joe dan Jaejin di deact. Tapi sekarang Jaejin udah bikin akun baru lagi di Twitter cuman saya lupa username-nya apa (-.-")?

Kalau mau di notice idol sekelas Mas Jeje, Mas Junki, Key dan Jaejin itu hanya mimpi nurut saya. Mereka udah senior dan udah pasti banyak fans-nya. Susah kalo pengen mereka bisa ngenali kita walau kita rajin ngerusuh pakek mention/reply di Twitter atau komentar di IG. Ngarep sih ada tapi tetap aja itu suatu hal yang nggak mungkin. Kalau Cha dulu pernah dapet favorit apa retweet dari Kyumin LED Apple, tapi sesudahnya akunnya langsung nggak bisa di buka lagi. Kena hack. Fans kadang mengerikan juga.
Kalau saya nggak pernah dapet perhatian kayak gitu dari idol. L.Joe bikin open mention party nggak pernah lucky. ToppDogg bikin open mention party nggak pernah lucky. Bahkan pernah iseng ikutan open mention party-nya Jeje S4 juga nggak lucky. Nasib, nasib.

Dulu ngrusuhin Om Kaka juga nggak pernah dapet respon. Kalo dari Mbah Sujiwo Tejo pernah di retweet pas saya ngirim foto senja. Puh! Itu udah seneng sekali pakek banget.
Dasarnya saya emang ndendeng. Walau nggak pernah dapet respon tetep rajin ngrusuh. Paling gila zaman awal-awal suka Hojoon dan nemuin akun personal dia. Tiap hari ngrusuhin akun Hojoon sama Esya. Yang beruntung Esya, di follow back sama Hojoon pas di ultah dia. Lucky bener. Trus Ann juga lucky. Dia dapet balesan dari Nakta pas open mention party. Cuman ToppKlass tuh baik-baik. Belum pernah nemuin kasus akun ToppKlass di hack setelah dapet balesan dari ToppDogg. Atau mungkin fans sekarang pemikirannya emang udah lebih terbuka. Entahlah.

Bukan cuman ngrusuhin akun KPOP idol, saya pun ngrusuhin akun idola dari negeri sendiri. Seperti yang saya sebut sebelumnya ada Om Kaka SLANK, Mbah Sujiwo Tejo dan Jeje S4. Cuman Mbah Sujiwo Tejo saja yang pernah memberikan respon dengan me-retweet foto senja yang saya posting dengan mention akun beliau. Sampai saya tahu tentang Ki Prana Lewu dari Tunjung.

Waktu itu Jejak Paranormal mulai tayang dan pengasuhnya ada Ki Prana Lewu dan Kak Ana Cikey. Acaranya bagus. Udah pasti saya langsung follow akun Jejak Paranormal, Ki Prana Lewu dan Kak Ana Cikey. Lalu as usual mulai ngrusuh. Seingat saya yang pertama kasih respon itu Kak Ana Cikey. Beliau bales mention saya. Seneng banget pasti. Kalau screen capt-nya masih ada nanti saya posting. Lalu dapet respon juga dari Ki Prana Lewu. Awalnya cuman retweet, tapi akhirnya dapet balesan juga. I feel in heaven waktu dapet respon dari Ki Prana Lewu. Hehehe...

Selain Ki Prana Lewu dan Kak Ana Cikey, satu lagi akun seleb Indonesia yang suka saya rusuhin yaitu akun Kak Ria Winata. Saya suka banget sama seleb satu ini. Dia cantik, seksi, DJ dan praktisi juga. So wow banget. Awal-awal sempet ragu pas mau mention tapi akhirnya mention juga dan dapet respon. I'm so happy. Itu keajaiban. Saya lihat Kak Ria jarang bales mention fans. Am I the lucky one??

Kalau sama KPOP idol, bisa dapet balesan dari fansite noona-nya aja udah wow banget apalagi bisa dapet respon dari idolnya. Itu super wow namanya. Hehehe.
Ketika harapan mendapat respon dari Hojoon mulai terkikis, sebuah keajaiban datang ketika Hojoon tiba-tiba memposting selca dengan memakai topi yang saya kirim untuknya. Itu keajaiban. Subhanallah. Padahal saya sempet, apa ya, bisa dikatakan putus asa. Tapi keajaiban itu datang. Satu lagi bukti bahwa Tuhan tak memberikan apa yang kita inginkan tapi Tuhan memberikan apa yang kita butuhkan. Dengan dipakainya snapback itu saya yakin Hojoon juga menerima surat dari saya dan membacanya walau mungkin kemampuan Bahasa Inggris-nya sama minimnya kayak saya. Dan bolehkah saya merasa ke-GR-an dengan beranggapan bahwa finally Hojoon noticed me?? Izinkan saya menikmatinya. Keyakinan dan khayalan saya sendiri (*____*) Hati saya berbunga-bunga ketika menemukan postingan salah satu ToppKlass yang menulis "Item baru favorit Hojoon" sambil menyertakan foto Hojoon memakai snapback dari saya. Item baru favorit Hojoon? Oh my!!! *faint*

Ketika seorang fans mencapai titik tertentu yang dinilai sebagai suatu kedekatan dengan idola, tentu saja ada pujian dan rasa iri dibalik pujian. Saya sendiri pas Esya dapet folbek dari Hojoon merasa seneng tapi juga ngeluh kok bukan saya yang dapet folbek padahal kita ngrusuhnya sama-sama. Manusiawi sekali. Tapi jangan asal iri tanpa melihat perjuangan fans yang sampai bisa di notice idolanya.
Di bandingkan salah satu teman ToppKlass dari Thailand saya mah bukan apa-apa. Teman ToppKlass saya ini bahkan sampai pergi ke Korea. Dan ya dia bisa bertemu Hojoon dan Hojoon pun mengenalinya bahkan tak hanya mengingat namanya, Hojoon memberikan nama panggilan untuknya. Untuk bisa di notice sama idola itu butuh perjuangan dan pengorbanan, suer.

Ini cuman sekedar sharing ya, nggak maksud ngungkit-ngungkit atau apa. Dari pengalaman saya sendiri, untuk bisa direspon sama Mbah Sujiwo Tejo, Ki Prana, Kak Ria, Kak Ana itu butuh perjuangan. Stalk akun mereka, kalau mereka online buru-buru respon postingan mereka dan itu nggak cukup sekali aja langsung dapet. Usahanya berkali-kali. Kesel lihat fans lain dapet respon tapi saya nggak, sering. Tapi kesabaran itu memang selalu berbuah manis. Pada akhirnya usaha yang cukup melelahkan itu membuahkan hasil.

Untuk Hojoon malah lebih gila lagi. Pertama, kendala terbesar adalah bahasa. Saya nggak bisa Bahasa Korea dan kemampuan Bahasa Inggris saya juga sangat minim. Setahu saya kemampuan Bahasa Inggris Hojoon juga sangat minim. Ini kunci pertama untuk bisa komunikasi saja saya udah minus, tapi masa bodoh ah. Ada Google translate atau Bing. Hojoon kan bisa pakek itu buat terjemahin kiriman saya. Pede aja dah. Hihihi...
Nggak cuman ngerusuh gila-gilaan di Twitter tapi juga kirim surat secara langsung ke Hojoon. Nitip Kirana, nitip Dio, nitip Intan bahkan nitip salam ke fansite Hojoon dan koreografer ToppDogg. Ya, saya memang edyan! Gendeng tenan. Bahkan nekat bikin video photoslide Hojoon yang backsound-nya suara saya lagi nyanyi More Than Words - Westlife. Videonya di share sama Dio di fancafe. Kami benar-benar gila hanya untuk membuat Hojoon mengenali kami.

Puncaknya ketika ada proyek kirim hadiah untuk ToppDogg. Menguras sisa tabungan setelah digunakan travelling ke Jogja dua kali dalam sebulan dan perayaan hari raya, saya nekat ngirim beberapa barang ke Hojoon. Untuk ukuran saya itu sangat tidak murah tapi I do it cuz I feel glad to do that. Ya gila memang. Ikutan proyeknya sembunyi-sembunyi dari Emak. Kalau Emak tahu bisa dimarahin saya karena menghamburkan uang demi kirim hadiah ke Hojoon.

Harus rela berkorban materi, pikiran, fisik dan waktu lalu bersabar. Keajaiban itu pun datang. Saat ToppDogg showcase di Brasil, Gohn bertanya pada temen Dio, "Are you Dio?" padahal itu cuman temen Dio bukan Dio. Usaha Dio terbayar. Dan saya, pada akhirnya Hojoon memakai snapback pemberian saya dan menunjukannya pada dunia. Semua usaha kami terbayar sudah.

Harapan untuk bisa bertemu di dunia nyata itu ada, tapi semua terserah pada-Nya.
Well, sekian sharing, curhatan saya. Maaf jika ada salah kata dan terima kasih.

 Kak Ana Cikey



Ki Prana Lewu



Kak Ria Winata



tempurung kUra-kUra, 27 April 2016.
-- shytUrtle --

You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Total Pageviews